Share to: share facebook share twitter share wa share telegram print page

Tanda Nomor Kendaraan Bermotor Indonesia

Contoh pelat nomor suatu kendaraan bermotor dari kota Jadetabek yang meliputi kota-kota sebagai berikut: Jakarta, Depok, Tangerang, Tangerang Selatan, dan Bekasi.
Pelat nomor AB (Daerah Istimewa Yogyakarta) yang memiliki rupa huruf yang agak berbeda dibandingkan pelat nomor daerah lainnya. Namun per Januari 2015, rupa huruf dalam pelat AB mulai disamakan mengikuti rupa huruf pelat nomor daerah lainnya.

Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) atau juga sering disebut pelat nomor atau nopol (singkatan dari nomor polisi) adalah pelat aluminium tanda nomor kendaraan bermotor di Indonesia yang telah didaftarkan pada Kantor Bersama Samsat. Di bawah Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2009, TNKB beserta STNK dan juga BPKB, merupakan bagian dari registrasi dan identifikasi kendaraan (Regident), serta bukti kepemilikan kendaraan bermotor yang sah.

Pelat nomor Indonesia dikeluarkan oleh Korps Lalu Lintas (Korlantas Polri), memiliki lambang dan juga tulisan "Korlantas Polri" sebagai tanda pengaman. Pelat nomor yang tidak dikeluarkan oleh Korlantas Polri dianggap tidak sah dan penggunanya dapat dikenakan tilang.

Setiap jenis kendaraan memiliki warna pelat nomor yang disesuaikan dengan fungsinya. Kendaraan pribadi, menggunakan pelat nomor warna hitam dengan tulisan putih. Kendaraan dinas menggunakan warna merah dengan tulisan putih, sedangkan kendaraan umum menggunakan warna kuning dengan tulisan putih. Berdasarkan Peraturan Kapolri Nomor 7 Tahun 2021, kendaraan pribadi secara bertahap menggunakan pelat warna putih dengan tulisan hitam.

Penggunaan tanda nomor kendaraan bermotor di Indonesia, terutama di Jawa, merupakan warisan sejak zaman Hindia Belanda, yang menggunakan kode wilayah berdasarkan pembagian wilayah keresidenan. Di luar Jawa, pembagian kode wilayah dilakukan baik menurut keresidenan, kewilayahan, maupun provinsi. Sebagai contoh, kode pelat nomor BL berlaku di seluruh Aceh, tetapi Sulawesi Selatan menggunakan tiga kode wilayah yang berbeda: DP, DD, dan DW.

Ada beberapa daerah yang mewajibkan Regident untuk kendaraan tidak bermotor. Sebagai contoh, Yogyakarta meregistrasi becak dengan kode wilayah YB. Regident ini dikelola oleh pemerintah daerah tetapi tidak dikelola oleh Korlantas.

Sejarah

Dua anak berfoto dengan mobil Plymouth berpelat AA 20 milik keluarga J.W. Bijleveld.

Pelat nomor mulai diperkenalkan pada tahun 1900, tetapi saat itu bentuknya masih sederhana; hanya mencantumkan kode daerah dan dan nomor registrasi kendaraan, tanpa adanya pembakuan resmi. Pelat juga tidak selalu dipasang di bagian depan dan belakang. Beberapa ada yang memasangnya di bagian samping kendaraan. Sebagai contoh, CH (Cirebon), kemudian SB (Surabaya), atau SOK (Pantai Timur Sumatra). Untuk keperluan internasional, Hindia Belanda memperkenalkan kode IN untuk kendaraan kenegaraan mereka. Pelat IN berbentuk elips, tetapi nomor registrasi di bawahnya berbentuk persegi panjang.[1]

Sistem yang lebih terstruktur kemudian diperkenalkan pada tahun 1917 dengan berlakunya Voorschriften omtrent den inhoud der aanvragen om nummer- en rijbewijzen, het opgeven nummers en letters, de modellen van nummer- en rijbewijzen, het aanleggen van registers van houders der bewijzen en het bekend maken van den inhoud der registers (Undang-undang tentang registrasi pelat nomor dan SIM, spesifikasi angka dan huruf, model pelat nomor dan SIM, penetapan daftar pemegang SIM, dan penerbitannya). Undang-undang ini menjadi yang pertama kalinya mewajibkan registrasi kendaraan secara nasional. Sistem berbasis keresidenan ini pertama kali mulai berlaku di Jawa dan kemudian disebar ke luar Jawa. Pada saat itu huruf-huruf yang digunakan sebagai kode wilayah adalah:[2]

Hingga dekade 1920-an, kode kewilayahan pelat nomor bertambah seiring pemekaran wilayah keresidenan. Contohnya, Bogor menggunakan kode pelat F, Bojonegoro menggunakan kode pelat S, dan wilayah Papua bagian barat menggunakan kode pelat DS.[1][3]

Desain pelat nomor semasa Orde Baru

Pada mulanya, desain pelat nomor Hindia Belanda dan Indonesia hanya berupa kode kewilayahan dan nomor registrasi. Memasuki dekade 1980-an, masa berlaku pelat nomor dihadirkan dengan format bulan dan tahun, dipisahkan dengan tanda pisah atau titik tengah. Desain ini kemudian ditingkatkan, dengan memberi warna berbeda pada bagian masa berlaku, hingga dekade 1990-an. Huruf-huruf yang digunakan adalah huruf-huruf embos. Dua variasi dari pelat nomor era Orde Baru adalah, masa berlaku dapat ditempatkan di atas maupun di bawah nomor polisi.[3][4]

Abad ke-21

Pelat nomor khusus mobil, truk, dan bus (berasal dari Jakarta) sebelum April 2011.

Seiring dengan bertambahnya jumlah kendaraan, desain dan spesifikasi teknis Tanda Nomor Kendaraan Bermotor mulai diatur dimensinya oleh Direktorat Lalu Lintas Polri (Ditlantas Polri). Ukuran TNKB pada dekade 2000-an adalah 395 × 135 mm (roda empat atau lebih) atau 250 × 105 mm (roda dua atau tiga), dengan huruf lebar dan antara nomor registrasi dan masa berlaku dipisahkan dengan garis.[5] Pada sudut kiri bawah dan kanan atas terdapat lambang Polisi Lalu Lintas; sedangkan sisi kanan bawah dan kiri atas terdapat tulisan "Ditlantas Polri" (ditulis dengan huruf kapital semua). Simbol ini menjadi tanda pengaman dan juga difungsikan untuk membuktikan keaslian TNKB.

Pelat nomor khusus mobil, truk, dan bus (berasal dari Jakarta) setelah April 2011.
Format plat nomor kendaraan pribadi khusus untuk plat dengan nomor registrasi pilihan (plat nomor cantik) sejak Agustus 2019 hingga Juni 2022. Rupa huruf yang digunakan adalah rupa huruf untuk TNKB pilihan (plat nomor cantik), dengan bahan yang lebih kuat, tulisan jenis FE-Schrift (en), dan lambang Korlantas yang lebih detail.[6]

Pada April 2011, desain TNKB diubah total. Ukurannya sedikit lebih panjang 5 cm untuk mengakomodasi jumlah huruf yang lebih banyak. Huruf-huruf yang digunakan juga langsing. Selain ukurannya yang sedikit lebih panjang ini, Korlantas Polri juga memperkenalkan lambang mereka yang lebih lengkap. Frasa "Ditlantas" digantikan dengan "Korlantas". Bahan baku TNKB adalah alumnium dengan tebal 1 mm, dengan garis tepi yang warnanya sama dengan warna tulisan. Ukuran TNKB untuk kendaraan roda dua atau tiga sekarang menjadi 275 mm dengan lebar 110 mm, sedangkan untuk kendaraan roda empat atau lebih adalah panjang 430 mm dengan lebar 135 mm.[7][8]

Format plat nomor kendaraan pribadi khusus mobil, bus, dan truk sejak Juni 2022.[9]

Pada Juni 2022, Korlantas POLRI mengubah skema warna TNKB untuk kendaraan pribadi dan persewaan yang sebelumnya menggunakan warna dasar hitam dengan tulisan putih, menjadi warna dasar putih dengan tulisan hitam. Penggunaan skema warna baru tersebut diberlakukan untuk memudahkan deteksi pelanggaran lalu lintas dengan kamera tilang elektronik.[9] Perubahan ini dianggap sebagai perubahan signfikan pada TNKB di Indonesia sejak era kolonial Belanda.[4]

Spesifikasi teknis

Desain

Tanda Nomor Kendaraan Bermotor berbentuk pelat aluminium dengan cetakan tulisan dua baris.

  • Baris pertama menunjukkan: kode wilayah (huruf), nomor polisi (angka), dan kode/huruf seri wilayah (huruf), dikenal dengan istilah nomor registrasi kendaraan bermotor (NRKB).
  • Baris kedua menunjukkan bulan dan tahun masa berlaku, masing-masing dua digit (misalnya 05•29 berarti berlaku hingga Mei 2029)
  • Pelat TNKB dicetak menggunakan mesin pres otomatis,[10] dan menggunakan rupa huruf yang sama untuk seluruh Samsat.
  • Lambang Korlantas Polri dicetak satu di pojok kiri bawah, dan dua tulisan "Korlantas Polri" di pojok kiri atas dan kanan bawah.

Warna

Format plat nomor kendaraan pribadi sejak Juni hingga akhir November 2022. Warna dasar diubah dari hitam dengan tulisan putih menjadi warna dasar putih dengan tulisan hitam.[9] (Saat ini masih digunakan untuk sepeda motor)
Format plat nomor kendaraan pribadi khusus untuk plat dengan nomor registrasi pilihan (plat nomor cantik) sejak Juni 2022 dan untuk kendaraan dengan nomor registrasi biasa (plat nomor biasa) sejak akhir November 2022. Warna dasar diubah dari hitam dengan tulisan putih menjadi warna dasar putih dengan tulisan hitam serta penggunaan tulisan jenis FE-Schrift (en).
Format plat nomor kendaraan komersial atau angkutan umum.
Format plat nomor kendaraan dinas milik pemerintah.

Warna TNKB (tanda nomor kendaraan bermotor) ditetapkan sebagai berikut:

  • Kendaraan bermotor perseorangan dan sewa: warna dasar hitam dengan tulisan berwarna putih.
    • Terkait dengan pemberlakuan Peraturan Kapolri Nomor 7 Tahun 2021, kendaraan bermotor perorangan dan sewa menggunakan warna putih dengan tulisan hitam. Tujuan dari penggunaan warna tersebut adalah untuk memudahkan deteksi perilaku pengguna jalan menggunakan Kamera tilang elektronik.[9]
  • Kendaraan bermotor angkutan umum: warna dasar kuning dengan tulisan berwarna hitam.
  • Kendaraan bermotor sebagai kendaraan dinas pemerintah: warna dasar merah dengan tulisan berwarna putih.
  • Kendaraan bermotor korps diplomatik negara asing: warna dasar putih dengan tulisan berwarna biru.
  • Kendaraan bermotor staf operasional korps diplomatik negara asing: warna dasar hitam dengan tulisan berwarna putih serta terdiri dari lima angka dan kode angka negara yang dicetak lebih kecil dengan format sub-bagian.
  • Kendaraan bermotor di kawasan perdagangan bebas (Free Trade Zone) yang mendapatkan fasilitas pembebasan bea masuk (berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan, kendaraan bermotor ini tidak boleh dioperasionalkan/dimutasikan ke wilayah Indonesia lainnya): warna dasar hijau dengan tulisan hitam.

Berikut tabel ringkasan, berdasarkan Peraturan Kapolri Nomor 7 Tahun 2021ː

Jenis kendaraan bermotor Warna dasar Warna tulisan
perseorangan, badan hukum, PNS dan Badan internasional putih hitam
angkutan umum kuning hitam
instansi pemerintah merah putih
korps diplomatik negara asing putih biru
di kawasan perdagangan bebas hijau hitam

Warna TNKB khusus kendaraan bermotor listrik

Ilustrasi TNKB khusus kendaraan listrik dengan standar baru (warna dasar putih) dan Nomor Registrasi Pilihan (Plat nomor cantik). Penempatan lis biru di bagian samping kanan TNKB dan penggunaan tulisan jenis FE-Schrift en hanya untuk plat nomor dengan Nomor registrasi pilihan (Plat Nomor Cantik)
Pelat nomor kendaraan bermotor listrik perseorangan.

Sesuai perkembangan zaman, maka POLRI menetapkan TNKB khusus Kendaraan Bermotor Listrik (KBL) dengan tambahan lis biru di baris bulan dan tahun berakhirnya TNKB sesuai dengan peraturan yang tertuang dalam Keputusan Kepala Korps Lalu Lintas Polri Nomor 5 Tahun 2020.[11][12]

  • Kendaraan bermotor listrik perseorangan dan sewa: warna dasar hitam dengan tulisan berwarna putih lis warna biru.
  • Kendaraan bermotor listrik angkutan umum: warna dasar kuning dengan tulisan berwarna hitam lis warna biru.
  • Kendaraan bermotor listrik sebagai kendaraan dinas pemerintah: warna dasar merah dengan tulisan berwarna putih lis warna biru.
  • Kendaraan bermotor listrik korps diplomatik negara asing: warna dasar putih dengan tulisan berwarna biru lis warna biru.
  • Kendaraan bermotor listrik di kawasan perdagangan bebas (Free Trade Zone) yang mendapatkan fasilitas pembebasan bea masuk (berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan, kendaraan bermotor ini tidak boleh dioperasionalkan/dimutasikan ke wilayah Indonesia lainnya): warna dasar hijau dengan tulisan hitam lis warna biru.[13]

Nomor polisi

Nomor polisi diberikan sesuai dengan urutan pendaftaran kendaraan bermotor. Nomor urut tersebut terdiri dari satu hingga empat angka, dan ditempatkan setelah kode wilayah pendaftaran. Apabila nomor urut pendaftaran yang telah dialokasikan habis digunakan, maka nomor urut pendaftaran berikutnya kembali ke nomor awal yang telah dialokasikan dengan diberi tanda pengenal huruf seri A-Z di belakang angka pendaftaran.

Penentuan nomor urut registrasi dialokasikan sesuai jenis kendaraan bermotor sesuai Peraturan Kapolri Nomor 7 Tahun 2021 yaitu:

No. Nomor Urut Registrasi Jenis Kendaraan Bermotor
1 1 s.d. 1999 Mobil penumpang
2 2000 s.d. 6999 Sepeda motor
3 7000 s.d. 7999 Bus
4 8000 s.d. 8999 Truk barang
5 9000 s.d. 9999 Kendaraan khusus

Khusus untuk wilayah hukum Polda Metro Jaya, nomor urut registrasi dialokasikan sebagai berikut:

No. Nomor Urut Registrasi Jenis Kendaraan Bermotor
1 1 s.d. 2999 dan 8000 s.d. 8999 Mobil penumpang
2 3000 s.d. 6999 Sepeda motor
3 7000 s.d. 7999 Bus
4 9000 s.d. 9999 Truk dan kendaraan khusus

Pelat nomor terkait

TCKB (Tanda Coba Kendaraan Bermotor)

Ada dua format TCKB atau TNKB sementara, yakni warna dasar putih dengan tulisan berwarna merah (atas) dan warna dasar putih dengan tulisan berwarna hitam ditambah kode akhiran "SS" (bawah)

Tanda Coba Kendaraan Bermotor digunakan pada kendaraan bermotor untuk transportasi dealer (pengiriman dari perakitan ke dealer, dealer ke dealer, test drive, riset otomotif, dan pengiriman ke konsumen) dan hanya berlaku selama 30 hari. Ada dua format yang digunakan, yakni:[14]

  • Warna dasar putih dengan tulisan berwarna merah. Format ini tidak memliki angka masa berlaku TNKB di bagian bawah plat nomor.
  • Format yang sama dengan format plat nomor kendaraan pribadi permanen, yakni warna dasar putih dengan tulisan berwarna hitam, ditambah kode akhiran "SS" (Sifat Sementara). Contohnya adalah: B 1409 SSL, huruf "SS" merupakan kesingkatan dari "sifat sementara" dan huruf "L" adalah huruf acak. Pada format ini terdapat angka masa berlaku TNKB di bagian bawah plat nomor, seperti TNKB yang sudah bersifat permanen, dan mulai Januari 2024 Polda Metro Jaya resmi mengganti akhiran plat sementara menjadi berakhiran masing-masing LK, AZ, PD, PC, dan BC, yang sebelumnya berakhiran SS, contoh: B 1634 LKD, B 1981 AZW, B 1580 PDW, B 1256 PCV, B 1123 BCF.

TNRP (Tanda Nomor Registrasi Pengoperasian)

Tanda Nomor Registrasi Pengoperasian digunakan pada kendaraan asing non-diplomat, terutama untuk angkutan antarnegara dan kegiatan internasional: warna dasar putih dengan tulisan biru.

TNKB Bantuan

TNKB Bantuan digunakan untuk kendaraan bermotor yang belum memiliki BPKB dan STNK selama satu bulan pelat nomornya belum turun dari UPT dan Samsat sebagai tanda bahwa surat-surat sedang dalam proses pengurusan.

Kendaraan tidak bermotor

Kendaraan tidak bermotor di Surabaya: warna dasar biru dengan tulisan putih.

Kode nomor polisi

Kewilayahan

Peta letak pelat nomor

Berikut kode wilayah pendaftaran kendaraan bermotor ditetapkan sebagai Peraturan Kapolri Nomor 7 Tahun 2021.

Huruf Wilayah Gambar
Pulau Sumatra
BA Sumatera Barat:
Kota Padang (BA xxxx A**/B*/O*/Q*/R*)
Lima Puluh Kota (BA xxxx C*/X*)
Pasaman (BA xxxx D*)
Tanah Datar di wilayah hukum Polres Tanah Datar (BA xxxx E*)
Padang Pariaman di wilayah hukum Polres Padang Pariaman (BA xxxx F*)
Pesisir Selatan (BA xxxx G*/I*)
Solok di wilayah hukum Polres Solok (BA xxxx H*)
Sawahlunto (BA xxxx J*)
Sijunjung (BA xxxx K*)
Kota Bukittinggi dan Agam di wilayah hukum Polresta Bukittinggi (BA xxxx L*)
Kota Payakumbuh (BA xxxx M*)
Kota Padang Panjang dan Tanah Datar di wilayah hukum Polres Padang Panjang (BA xxxx N*)
Kota Solok dan Solok di wilayah hukum Polres Solok Kota (BA xxxx P*)
Pasaman Barat (BA xxxx S*)
Agam di wilayah hukum Polres Agam (BA xxxx T*/Z*)
Kepulauan Mentawai (BA xxxx U*)
Dharmasraya (BA xxxx V**)
Kota Pariaman dan Padang Pariaman di wilayah hukum Polres Pariaman (BA xxxx W**)
Solok Selatan (BA xxxx Y**)
BB Sumatera Utara bagian Barat (Tapanuli):
Kota Sibolga (BB xxxx A*/L*/N*)
Tapanuli Utara (BB xxxx B*)
Samosir (BB xxxx C*)
Humbang Hasundutan (BB xxxx D*)
Toba (BB xxxx E*)
Kota Padang Sidempuan (BB xxxx F*/H*)
Tapanuli Selatan (BB xxxx G*)
Padang Lawas Utara (BB xxxx J*)
Padang Lawas (BB xxxx K*)
Tapanuli Tengah (BB xxxx M*)
Nias Utara (BB xxxx Q*)
Mandailing Natal (BB xxxx R*)
Kota Gunungsitoli (BB xxxx T*)
Nias Barat (BB xxxx U*)
Nias (BB xxxx V*)
Nias Selatan (BB xxxx W*)
Dairi (BB xxxx Y*)
Pakpak Bharat (BB xxxx Z*)
BD Bengkulu:
Kota Bengkulu (BD xxxx A*/C*/E*/I*/L*/U*/V*)
Bengkulu Selatan (BD xxxx B*/M*)
Bengkulu Utara (BD xxxx D*/S*/Q*)
Rejang Lebong (BD xxxx F*/K*)
Kepahiang (BD xxxx G*)
Lebong (BD xxxx H*)
Muko Muko (BD xxxx N*/T*)
Seluma (BD xxxx P*/R*)
Kaur (BD xxxx W*)
Bengkulu Tengah (BD xxxx Y*)
BE Lampung:
Kota Bandar Lampung (BE xxxx A**/B*/C*/Y*)
Lampung Selatan (BE xxxx D**/E*/O*)
Kota Metro (BE xxxx F**)
Lampung Tengah (BE xxxx G**/H*/I*)
Lampung Utara (BE xxxx J**/K*)
Mesuji (BE xxxx L**)
Lampung Barat (BE xxxx M**)
Lampung Timur (BE xxxx N**/P*)
Tulang Bawang Barat (BE xxxx Q**)
Pesawaran (BE xxxx R**)
Tulang Bawang (BE xxxx S**/T*)
Pringsewu (BE xxxx U**)
Tanggamus (BE xxxx V**/Z*)
Way Kanan (BE xxxx W**)
Pesisir Barat (BE xxxx X**)
BG Sumatera Selatan:
Kota Palembang (BG xxxx A**/I*/L**/M*/N*/O*/U*/X*/Z*)
Musi Banyuasin (BG xxxx B**)
Kota Prabumulih (BG xxxx C*)
Muara Enim (BG xxxx D**)
Lahat (BG xxxx E**)
Ogan Komering Ulu (BG xxxx F**)
Musi Rawas (BG xxxx G**)
Kota Lubuk Linggau (BG xxxx H**)
Banyuasin (BG xxxx J**/R*)
Ogan Komering Ilir (BG xxxx K**)
Penukal Abab Lematang Ilir (BG xxxx P**)
Musi Rawas Utara (BG xxxx Q**)
Empat Lawang (BG xxxx S*)
Ogan Ilir (BG xxxx T**)
Ogan Komering Ulu Selatan (BG xxxx V*)
Kota Pagaralam (BG xxxx W**)
Ogan Komering Ulu Timur (BG xxxx Y**)
BH Jambi:
Kota Jambi (BH xxxx A*/H*/L*/M*/N*/Y*/Z*)
Batanghari (BH xxxx B*/V*)
Tebo (BH xxxx C*/W*)
Kerinci (BH xxxx D*)
Tanjung Jabung Barat (BH xxxx E*/O*)
Merangin (BH xxxx F*/P*/X*)
Muaro Jambi (BH xxxx G*/I*)
Tanjung Jabung Timur (BH xxxx J*/T*)
Bungo (BH xxxx K*/U*)
Sarolangun (BH xxxx Q*/S*)
Kota Sungai Penuh (BH xxxx R*)
BK Sumatera Utara bagian Timur (pesisir Timur):
Kota Medan dan Deli Serdang di wilayah hukum Polrestabes Medan (BK xxxx A**/B*/C*/D*/E*/F*/G*/H*/I*/K**/L**)
Labuhanbatu Utara (BK xxxx J**)
Deli Serdang di wilayah hukum Polresta Deli Serdang (BK xxxx M**)
Kota Tebing Tinggi dan Serdang Bedagai di wilayah hukum Polres Tebing Tinggi (BK xxxx N**)
Batubara (BK xxxx O**)
Langkat di wilayah hukum Polres Langkat (BK xxxx P**)
Kota Tanjung Balai (BK xxxx Q**)
Kota Binjai dan Langkat di wilayah hukum Polres Binjai (BK xxxx R**)
Karo (BK xxxx S**)
Simalungun (BK xxxx T**/U*)
Asahan (BK xxxx V**)
Kota Pematang Siantar (BK xxxx W**)
Serdang Bedagai di wilayah hukum Polres Serdang Bedagai (BK xxxx X**)
Labuhanbatu (BK xxxx Y**)
Labuhanbatu Selatan (BK xxxx Z**)
BL Aceh:
Kota Banda Aceh dan Aceh Besar di wilayah hukum Polresta Banda Aceh (BL xxxx A**/J*)
Gayo Lues (BL xxxx B**)
Aceh Barat Daya (BL xxxx C**)
Aceh Timur di wilayah hukum Polres Aceh Timur (BL xxxx D**)
Aceh Barat (BL xxxx E**)
Kota Langsa, Aceh Timur dan Aceh Tamiang di wilayah hukum Polres Langsa (BL xxxx F**)
Aceh Tengah (BL xxxx G**)
Aceh Tenggara (BL xxxx H**)
Kota Subulussalam (BL xxxx I**)
Aceh Utara di wilayah hukum Polres Aceh Utara (BL xxxx K**/Q*)
Aceh Besar di wilayah hukum Polres Aceh Besar (BL xxxx L**)
Kota Sabang (BL xxxx M**)
Kota Lhokseumawe dan Aceh Utara di wilayah hukum Polres Lhokseumawe (BL xxxx N**)
Pidie Jaya (BL xxxx O**)
Pidie (BL xxxx P**)
Aceh Singkil (BL xxxx R**)
Simeulue (BL xxxx S**)
Aceh Selatan (BL xxxx T**)
Aceh Tamiang di wilayah hukum Polres Aceh Tamiang (BL xxxx U**)
Nagan Raya (BL xxxx V**)
Aceh Jaya (BL xxxx W**)
Bener Meriah (BL xxxx Y**)
Bireuen (BL xxxx Z**)
BM Riau:
Kota Pekanbaru (BM xxxx A**/J*/L**/N*/O*/Q*/T*/V*)
Indragiri Hulu (BM xxxx B**)
Pelalawan (BM xxxx C**/I**)
Bengkalis (BM xxxx D**/E**)
Kampar (BM xxxx F**/Z**)
Indragiri Hilir (BM xxxx G**)
Kota Dumai (BM xxxx H**/R**)
Kuantan Singingi (BM xxxx K**/XK-XZ)
Rokan Hulu (BM xxxx M**/U**)
Rokan Hilir (BM xxxx P**/W**)
Siak (BM xxxx S**/Y**)
Kepulauan Meranti (BM xxxx XA-XJ)
BN Kepulauan Bangka Belitung:
Kota Pangkal Pinang (BN xxxx A*/P*)
Bangka (BN xxxx B*/Q*)
Bangka Tengah (BN xxxx C*/T*)
Bangka Barat (BN xxxx D*/R*)
Bangka Selatan (BN xxxx E*/V*)
Belitung (BN xxxx F*/W*)
Belitung Timur (BN xxxx G*/X*)
BP Kepulauan Riau:
Kota Tanjung Pinang (BP xxxx A*/P*/T*/*T/W*/*W)
Bintan (BP xxxx B*/*B)
Kota Batam (BP xxxx C*/D*/E*/F*/G*/H*/I*/J*/M*/O*/Q*/R*/U*/V*/*V/X*/Y*/Z*/*Z)
Karimun (BP xxxx K*/*K)
Lingga (BP xxxx L*)
Natuna (BP xxxx N*)
Kepulauan Anambas (BP xxxx S*)
Catatan:
  • Untuk Kabupaten Kepulauan Meranti, huruf belakang X dimulai dari XA hingga XJ, sementara untuk Kabupaten Kuantan Singingi, huruf belakang X dimulai dari XK hingga XZ.
  • Kendaraan yang dimutasi
    • Dari wilayah hukum Polda Aceh, Polda Sumut, Polda Riau, Polda Jambi, Polda Sumsel, Polda Babel dan Polda Bengkulu menggunakan kode registrasi L*. Contoh: BK 7245 LD (asal Kota Medan atau Deli Serdang di wilayah hukum Polrestabes Medan)
    • Dari wilayah hukum Polda Sumatera Barat, menggunakan kode R*. Contoh: BA 7437 RL (asal Bukittinggi atau Agam di wilayah hukum Polresta Bukittinggi)
    • Dari wilayah hukum Polda Lampung dan Polda Kepri, menggunakan kode Y* atau *Y (khusus wilayah hukum Polda Kepri). Contoh: BE 9712 YD (asal Lampung Selatan) dan BP 1710 AY (asal Tanjungpinang)
  • Untuk Kepulauan Riau, mobil yang menggunakan kode registrasi V*, *V, Z* dan *Z tidak dapat dibawa keluar dari wilayah Kota Batam, karena mobil tersebut mendapatkan fasilitas FTZ.
  • Angkutan Umum
    • Wilayah hukum Polda Riau menggunakan kode registrasi *U dan *O dan *Y (khusus di wilayah hukum Polres Dumai).
    • Wilayah hukum Polda Kepulauan Riau menggunakan kode registrasi *U dan U*.
    • Wilayah hukum Polda Bengkulu, Polda Jambi, Polda Kepulauan Bangka Belitung, Polda Lampung dan Polda Sumatera Barat menggunakan kode registrasi *U.
    • Wilayah hukum Polda Sumatera Selatan menggunakan kode registrasi *O.
    • Wilayah hukum Polda Sumatera Utara menggunakan kode registrasi U*
  • Kendaraan Dinas
    • Wilayah hukum Polda Riau menggunakan kode Registrasi *P (sama seperti Jawa Timur)
    • Wilayah hukum Polda Sumatera Selatan, Polda Jambi dan Polda Kepulauan Bangka Belitung menggunakan kode Registrasi *Z.
    • Pemprov Kepulauan Riau menggunakan kode Registrasi A dan AA.
    • Wilayah hukum Polda Bengkulu menggunakan kode Registrasi *Y dan sebagian yang lama menggunakan kode Registrasi *Z (sama seperti di wilayah hukum Polda Sumsel dan Polda Babel).
    • Pemkab Aceh Selatanː BL 1-50 T dan BL xxxx TW[15]
  • Mulai Mei 2022 Polda Sumatera Barat mulai memberlakukan sistem tiga huruf di belakang pada pelat nomor Sumatera Barat (BA) untuk semua jenis kendaraan bermotor, terutama roda empat dan roda dua[16].

Contoh:

  • BA 9224 ND adalah pelat nomor angkutan barang asal Kota Padang Panjang atau Tanah Datar di wilayah hukum Polres Padang Panjang.
  • BB 5469 BN adalah pelat nomor sepeda motor asal Tapanuli Utara
  • BB 8330 KB adalah pelat nomor angkutan barang asal Padang Lawas.
  • BD 3714 WT adalah pelat nomor sepeda motor asal Kaur.
  • BE 1097 AMT adalah pelat nomor angkutan penumpang asal Kota Bandar Lampung.
  • BG 2941 AEJ adalah pelat nomor sepeda motor asal Kota Palembang.
  • BH 4693 MT adalah pelat nomor sepeda motor asal Kota Jambi.
  • BK 1993 AFG adalah pelat nomor angkutan penumpang asal Kota Medan atau Deli Serdang di wilayah hukum Polrestabes Medan.
  • BK 3172 ALY adalah pelat nomor sepeda motor asal Kota Medan atau Deli Serdang di wilayah hukum Polrestabes Medan.
  • BK 4321 MBR adalah pelat nomor sepeda motor asal Deli Serdang di wilyah hukum Polresta Deli Serdang.
  • BL 7998 AA adalah pelat nomor bus asal Kota Banda Aceh atau Aceh Besar di wilayah hukum Polresta Banda Aceh.
  • BL 3467 AAW adalah pelat nomor sepeda motor asal Kota Banda Aceh atau Aceh Besar di wilayah hukum Polresta Banda Aceh.
  • BM 3282 BCD adalah pelat nomor sepeda motor asal Indragiri Hulu.
  • BM 1991 AAG adalah pelat nomor angkutan penumpang asal Kota Pekanbaru.
  • BN 7256 WZ adalah pelat nomor bus dinas asal Belitung.
  • BP 1731 VB adalah pelat nomor angkutan penumpang asal Kota Batam.
Pulau Jawa
DKI Jakarta, Banten dan Jawa Barat
A Banten (sebelumnya bernama Keresidenan Banten):
Kota Serang dan Serang di wilayah hukum Polresta Serang Kota (A xxxx A*/B*/C*/D*)
Serang di wilayah hukum Polres Serang (A xxxx E*/F*/G*/H*/I*)
Pandeglang (A xxxx J*/K*/L*/M*)
Lebak (A xxxx N*/O*/P*/Q*)
Kota Cilegon dan Serang di wilayah hukum Polres Cilegon (A xxxx R*/S*/T*/U*)
Tangerang di wilayah hukum Polresta Tangerang (A xxxx V**/W**/X*/Y**/Z**)
B Jakarta Raya:
Kota Administrasi Jakarta Pusat (B xxxx A**/P**)
Kota Administrasi Jakarta Barat (B xxxx B**/H**)
Kota Administrasi Jakarta Utara dan Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu (B xxxx Q*/U**)
Kota Administrasi Jakarta Timur (B xxxx I*/R**/T**)
Kota Administrasi Jakarta Selatan (B xxxx D**/S**)
Kota Depok dan Bogor di wilayah hukum Samsat Kota Depok (B xxxx E**)
Kota Depok di wilayah hukum Samsat Cinere (B xxxx Z**)
Tangerang di wilayah hukum Samsat Kelapa Dua (B xxxx J**)
Kota Tangerang di wilayah hukum Samsat Kota Tangerang (B xxxx C**/G**)
Kota Tangerang di wilayah hukum Samsat Ciledug (B xxxx L**/O*/V**)
Kota Tangerang Selatan di wilayah hukum Samsat Serpong (B xxxx N**)
Kota Tangerang Selatan di wilayah hukum Samsat Ciputat (B xxxx W**)
Bekasi (B xxxx F**/M**/X*)
Kota Bekasi (B xxxx K**/Y**)
D Bandung Raya (eks Keresidenan Priangan) bagian tengah:
Kota Bandung (D xxxx A**–R*)
Kota Cimahi, Bandung, dan Bandung Barat di wilayah hukum Samsat Cimahi (D xxxx S**/T*)
Bandung Barat di wilayah hukum Samsat Cimareme (D xxxx U*/X**)
Bandung di wilayah hukum Samsat Soreang dan Samsat Rancaekek (D xxxx V**/W**/Y**/Z*)
E Cirebon Raya (eks Keresidenan Cirebon):
Kota Cirebon dan Cirebon di wilayah hukum Polres Cirebon Kota (E xxxx A*/B*/C*/D*/E*/F*/G*)
Cirebon di wilayah hukum Polresta Cirebon (E xxxx H*/I*/J*/K*/L*/M*/N*/O*)
Indramayu (E xxxx P*/Q*/R*/S*/T*)
Majalengka (E xxxx U*/V*/W*/X*)
Kuningan (E xxxx Y*/Z*)
F Bogor Raya (eks Keresidenan Bogor) dan Keresidenan Priangan bagian barat (tidak termasuk Depok):
Kota Bogor (F xxxx A**/B*/C*/D*/E*)
Bogor di wilayah hukum Polres Bogor (F xxxx F**/G*/H*/I*/J*/K*/L*/M*/N**/P*/R*)
Kota Sukabumi (F xxxx O*/S*/T**)
Sukabumi (F xxxx Q*/U*/V*)
Cianjur (F xxxx W*/X*/Y*/Z*)
T eks Keresidenan Karawang:
Purwakarta (T xxxx A*/B*/C*/I*/J*)
Karawang (T xxxx D*/E*/F*/G*/H*/K*/L*/M*/N*/O*/P*/Q*/R*/S*)
Subang (T xxxx T**/U*/V*/W*/X*/Y*/Z*)
Z eks Keresidenan Priangan bagian timur:
Sumedang (Z xxxx A**/B**/C**)
Garut (Z xxxx D**/E**/F**/G**)
Kota Tasikmalaya dan Tasikmalaya di wilayah hukum Polres Tasikmalaya Kota (Z xxxx H**/I*/J*/K*/L*/M*)
Tasikmalaya di wilayah hukum Polres Tasikmalaya (Z xxxx N*/O*/P*/Q*/R*/S*)
Ciamis (Z xxxx T**/V**/W**)
Pangandaran (Z xxxx U**)
Kota Banjar (Z xxxx X**/Y**/Z**)
Catatan:
  • Kendaraan dinas
    • Wilayah hukum Polda Metro Jaya menggunakan kode registrasi sesuai dengan instansinya. Contoh: B 2131 TIX (Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta) dan B 1432 PIB (PT Jakarta Propertindo).
    • Wilayah hukum Polda Jawa Barat dan Polda Banten menggunakan kode registrasi satu huruf (milik Pemkot dan Pemkab) atau tidak menggunakan kode registrasi sama sekali (milik Pemprov). Contoh: Z 250 N (milik Pemkab Tasikmalaya), A 1001 (milik Pemprov Banten)
  • Angkutan umum mobil penumpang
    • di wilayah hukum Polda Metro Jaya menggunakan angka 1000–2999. Contoh: B 1536 WT (angkutan Mikrotrans milik PT Transportasi Jakarta di wilayah hukum Polres Tangerang Selatan)
    • di wilayah hukum Polda Jawa Barat dan Polda Banten menggunakan angka 1900-1999. Contoh: D 1947 VC (angkutan umum asal Bandung di wilayah hukum Polresta Bandung), A 1995 ZY (angkutan umum asal Tangerang di wilayah hukum Polresta Tangerang)
  • Angkutan umum bus penumpang
    • di wilayah hukum Polda Metro Jaya menggunakan angka 7000–7999. Contoh: B 7302 UGA (angkutan bus BRT milik PT Transportasi Jakarta di wilayah hukum Polres Metro Jakarta Utara)
  • Wilayah Kota Depok dan Bogor di wilayah hukum Polres Metro Depok telah menggunakan kode baru Z** setelah ZOZ habis, namun langsung dimulai dari ZYA, bukan dari ZZA, dikarenakan kode ZZA - ZZZ sudah dipakai sebagai kode pelat dinas yang hanya berlaku 1 (satu) tahun sekali sejak dikeluarkan.
  • Untuk Wilayah Bandung Raya (Pelat D) menerapkan pelat nomor sementara untuk kendaraan roda empat (R4) dan roda dua (R2) yang berlaku hanya sebulan hingga pelat nomor tetap resmi diterbitkan. Wilayah Kota Bandung berakhiran QZZ/QZX/QXX/QXZ/ QGK/JXX (R4) dan RZZ/ RZX/ RXX/ RXZ (R2). Wilayah Bandung berakhiran YXX/ YYX/ ZXX (R4 dan R2). Wilayah Kota Cimahi dan Bandung Barat berakhiran TXX dan TXY (R4 dan R2).

Contoh:

  • A 1139 VNA adalah pelat nomor angkutan penumpang asal Tangerang di wilayah hukum Polda Banten.
  • B 1554 JJB adalah pelat nomor angkutan penumpang asal Tangerang di wilayah hukum Polda Metro Jaya.
  • D 1617 SBA adalah pelat nomor angkutan penumpang asal Kota Cimahi.
  • E 2187 YBF adalah pelat nomor sepeda motor asal Kuningan.
  • F 4556 FJM adalah pelat nomor sepeda motor asal Bogor di wilayah hukum Polres Bogor.
  • T 3897 QA adalah pelat nomor sepeda motor asal Karawang.
  • Z 2223 HAC adalah pelat nomor motor baru asal Kota Tasikmalaya atau Tasikmalaya di wilayah hukum Polres Tasikmalaya Kota.
Jawa Tengah dan DI Yogyakarta
G eks Keresidenan Pekalongan:
Kota Pekalongan dan Pekalongan di wilayah hukum Polres Pekalongan Kota (G xxxx *A/*H/*S)
Pekalongan di wilayah hukum Polres Pekalongan (G xxxx **B/*K/*O/*T)
Batang (G xxxx **C/*L/*V)
Pemalang (G xxxx **D/*I/*M/*W)
Kota Tegal (G xxxx **E/*N/*Y)
Tegal (G xxxx **F/*P/*Q/*Z)
Brebes (G xxxx **G/*J/*R/*U)
H Semarang Raya (eks Keresidenan Semarang):
Kota Semarang (H xxxx *A/*F/**G/*H/*P/*Q/*R/*S/**W/*Y/*Z)
Kota Salatiga (H xxxx **B/*K/*O/*T)
Semarang (H xxxx **C/*I/*L/*V)
Kendal (H xxxx **D/*M/*U)
Demak (H xxxx **E/*J/*N)
K Muria Raya (eks Keresidenan Pati):
Pati (K xxxx **A/*G/*H/*S/*U)
Kudus (K xxxx **B/*K/*O/*R/*T)
Jepara (K xxxx **C/*L/*Q/*V)
Rembang (K xxxx **D/*I/*M/*W)
Blora (K xxxx **E/*N/*X/*Y)
Grobogan (K xxxx **F/*J/*P/*Z)
R eks Keresidenan Banyumas:
Banyumas (R xxxx *A/*E/*G/*H/*J/*R/*S)
Cilacap (R xxxx **B/*F/*K/*N/*P/*T)
Purbalingga (R xxxx **C/*L/*Q/*U/*V/*Z)
Banjarnegara (R xxxx **D/*I/*M/*O/*W/*Y)
AA eks Keresidenan Kedu:
Kota Magelang (AA xxxx *A/*H/*S/*U)
Magelang (AA xxxx **B/*G/*K/*O/*T)
Purworejo (AA xxxx **C/*L/*Q/*V)
Kebumen (AA xxxx **D/*J/**M/*W)
Temanggung (AA xxxx **E/*N/*Y)
Wonosobo (AA xxxx **F/*P/*Z)
AB Daerah Istimewa Yogyakarta (sebelumnya bernama Keresidenan Yogyakarta):
Kota Yogyakarta (AB xxxx A*/F*/H*/I*/S*)
Bantul (AB xxxx B*/G*/J*/K*/T*)
Kulon Progo (AB xxxx C*/L*/O*/P*/V*)
Gunungkidul (AB xxxx D*/M*/R*/W*)
Sleman (AB xxxx E*/N*/Q*/U*/X*/Y*/Z*)
AD Solo Raya (eks Keresidenan Surakarta):
Kota Surakarta (AD xxxx **A/*H/*S/*U)
Sukoharjo (AD xxxx **B/*K/*O/*T)
Klaten (AD xxxx **C/*J/*L/*Q/*V)
Boyolali (AD xxxx **D/*M/*W)
Sragen (AD xxxx **E/*N/*Y)
Karanganyar (AD xxxx **F/*P/*Z)
Wonogiri (AD xxxx **G/*I/*R)
Catatan:
  • Huruf paling belakang pada pelat nomor Jawa Tengah merupakan kode wilayah registrasi.
  • Kendaraan mutasi
    • di wilayah hukum Polda DI Yogyakarta menggunakan kode XX, XY dan YY.
    • Kendaraan di wilayah hukum Polda Jawa Tengah menggunakan kode registrasi *X digunakan untuk kendaraan mutasi atau hanya digunakan untuk pelat sementara, contoh: AA 8220 XX.
  • Angkutan umum dan angkutan barang berpelat kuning
    • Pelat warna dasar kuning (angkutan umum dan angkutan barang berpelat kuning) di wilayah hukum Polda DI Yogyakarta menggunakan format huruf depan *A - *Z (kecuali * adalah U), dengan tanda (*) menunjukkan kode wilayah registrasi. Contoh: AB 7028 ZR (asal Sleman)
  • Kendaraan dinasː
    • di wilayah hukum Polda Daerah Istimewa Yogyakarta menggunakan format huruf belakang U*, dengan tanda (*) menunjukkan kode wilayah registrasi. Contoh: AB 1230 UB (milik Pemkab Bantul)
  • Khusus penomoran di wilayah hukum Polda Jawa Tengah yang baru, untuk kendaraan pelat kuning menggunakan kode Ø* sedangkan pelat merah menggunakan kode X*, dan sepeda motor pelat merah menggunakan penomoran 6000-6999. Sedangkan huruf Ø dan X (kecuali untuk penomoran 2000-5999) tidak diperuntukan untuk kendaraan pribadi/pelat hitam karena sudah dipakai untuk pelat kuning dan pelat merah.
  • Mulai Februari 2020, Polda Jawa Tengah telah resmi mengubah penomoran kendaraan khusus sepeda motor, bus, angkutan barang, angkutan penumpang dan angkutan umum (registrasi ulang/registrasi nopol baru).
  • Mulai November 2020, kode registrasi belakang wilayah DI Yogyakarta yang semula terletak paling belakang resmi berpindah ke depan.

Contoh:

  • G 4263 GI adalah pelat nomor sepeda motor asal Pemalang.
  • H 8776 BG adalah pelat nomor angkutan barang asal Kota Semarang.
  • K 1658 XE adalah pelat nomor mobil dinas asal Blora.
  • R 4956 AKB adalah pelat nomor sepeda motor asal Cilacap.
  • AA 1572 WE adalah pelat nomor kendaraan penumpang asal Temanggung.
  • AB 1234 RA adalah pelat nomor kendaraan penumpang asal Gunung Kidul.
  • AD 7112 ØF adalah pelat nomor angkutan umum (selain angkot) asal Karanganyar.
Jawa Timur
L Kota Surabaya (L xxxx A**–Z*)
Plat nomor Surabaya
Plat nomor Surabaya
M eks Keresidenan Madura:
Pamekasan (M xxxx A*/B*/C*/D*/E*/F*)
Bangkalan (M xxxx G*/H*/I*/J*/K*/L*/M*)
Sampang (M xxxx N*/O*/P*/Q*/R*/S*)
Sumenep (M xxxx T*/U*/V*/W*/X*/Y*/Z*)
N eks Keresidenan Pasuruan-Malang:
Kota Malang (N xxxx A**/B**/C**/D**)
Malang di wilayah hukum Polres Malang (N xxxx E**/F*/G**/H**/I*)
Kota Batu dan Malang di wilayah hukum Polres Batu (N xxxx J*/K*/L*)
Probolinggo di wilayah hukum Polres Probolinggo (N xxxx M*/N*/O*)
Pasuruan di wilayah hukum Polres Pasuruan (N xxxx S*/T**)
Probolinggo dan Kota Probolinggo di wilayah hukum Polres Probolinggo Kota (N xxxx P**/Q*/R*)
Lumajang (N xxxx U*/Y**/Z*)
Pasuruan dan Kota Pasuruan di wilayah hukum Polres Pasuruan Kota (N xxxx V**/W*/X*)
P eks Keresidenan Besuki:
Bondowoso (P xxxx A*/B*/C*)
Situbondo (P xxxx D*/E*/F*)
Jember (P xxxx G*/H*/I*/J*/K*/L*/M*/N*/O*/P*)
Banyuwangi (P xxxx Q**/R*/S*/T*/U*/V**/W*/X*/Y*/Z*)
S eks Keresidenan Bojonegoro, Mojokerto, dan Jombang:
Bojonegoro (S xxxx A**/B*/C*/D*)
Tuban (S xxxx E**/F*/G*/H*/I*)
Lamongan (S xxxx J**/K*/L*/M*)
Mojokerto di wilayah hukum Polres Mojokerto (S xxxx N**/P*/Q*/R*)
Jombang (S xxxx O**/W**/X*/Y*/Z*)
Mojokerto dan Kota Mojokerto di wilayah hukum Polres Mojokerto Kota (S xxxx S*/T*/U*/V*)
W Gresik (W xxxx A*/B*/C*/D*/E*/F*/G*/H*/I*/J*/K*/L*/M*)
Sidoarjo (W xxxx N**/O*/P*/Q*/R*/S*/T*/U*/V*/W*/X*/Y*/Z*)
Pelat Nomor Sidoarjo (3 Huruf)
AE eks Keresidenan Madiun:
Kota Madiun dan Madiun di wilayah hukum Polres Madiun Kota (AE xxxx A*/B*/C*/D*)
Madiun di wilayah hukum Polres Madiun (AE xxxx E*/F*/G*/H*/I*)
Ngawi (AE xxxx J**/K*/L*/M*)
Magetan (AE xxxx N*/O*/P*/Q*/R*)
Ponorogo (AE xxxx S**/T*/U*/V*/W*)
Pacitan (AE xxxx X*/Y*/Z*)
AG eks Keresidenan Kediri:
Kediri dan Kota Kediri di wilayah hukum Polres Kediri Kota (AG xxxx A**/B*/C*)
Kediri di wilayah hukum Polres Kediri (AG xxxx D*/E**/F*/G*/H*/I*/J*/O*)
Blitar di wilayah hukum Polres Blitar (AG xxxx K**/L*/M*/N*/O**)
Kota Blitar dan Blitar di wilayah hukum Polres Blitar Kota (AG xxxx P**/Q*)
Tulungagung (AG xxxx R**/S*/T*)
Nganjuk (AG xxxx U*/V**/W*/X*)
Trenggalek (AG xxxx Y**/Z*)
Pelat Nomor Nganjuk (3 Huruf)
Catatan:
  • Pelat warna dasar kuning (angkutan umum dan angkutan barang berpelat kuning) menggunakan format huruf belakang U*, sedangkan penggunaan pelat warna dasar merah (kendaraan dinas) menggunakan format huruf belakang *P, dengan tanda (*) menunjukkan kode wilayah registrasi. Khusus kendaraan angkutan umum seperti angkot, hanya menggunakan angka 300-1999 saja. Contoh : AG 1980 U'J' (asal Kediri di wilayah hukum Polres Kediri) dan AE 1670 F P (kendaraan dinas milik Pemkab Madiun)
  • Kode nomor polisi L adalah satu-satunya kode wilayah yang hanya dimiliki oleh satu daerah setingkat kabupaten/kota.
  • Pelat L menerapkan pelat bantuan dengan format US*, UU*, atau PR* berlaku satu bulan sejak dikeluarkan sambil menunggu STNK baru selesai. (contoh: L 1018 PRN)
  • Kendaraan dinasː
    • Pemkot Mojokertoː S 1-88 SP[17]
    • Pemkot Probolinggoː N 1-80 RP[18]

Contoh:

  • L 1246 BBD adalah pelat nomor kendaraan pribadi asal wilayah Kota Surabaya.
  • M 9723 NC adalah pelat nomor kendaraan angkutan barang pribadi asal wilayah Sampang.
  • N 2553 EGB adalah pelat nomor sepeda motor pribadi asal Kabupaten Malang di wilayah hukum Polres Malang.
  • P 7313 GP merupakan pelat nomor angkutan dinas milik Pemkab Jember.
  • S 1065 NP merupakan pelat nomor mobil dinas milik Pemkab Mojokerto.
  • W 9804 UH adalah pelat nomor angkutan barang umum asal wilayah Gresik.
  • AE 3356 JBD adalah pelat nomor sepeda motor pribadi asal wilayah Ngawi.
  • AG 1695 CZ adalah pelat nomor mobil pribadi asal Kota Kediri atau Kabupaten Kediri di wilayah hukum Polres Kediri Kota.
Bali dan Nusa Tenggara
DH NTT (Pulau Timor):
Kota Kupang (DH xxxx A*/H*/K*)
Kupang (DH xxxx B*/N*)
Timor Tengah Selatan (DH xxxx C*)
Timor Tengah Utara (DH xxxx D*/M*)
Belu (DH xxxx E*/T*)
Sabu Raijua (DH xxxx F*)
Rote Ndao (DH xxxx G*)
Malaka (DH xxxx J*)
DK Bali:
Kota Denpasar dan Badung di wilayah hukum Polresta Denpasar (DK xxxx A**/B*/C*/D*/E*/I*/X*)
Badung di wilayah hukum Polres Badung (DK xxxx F**/J*/O*/Q*/Y*)
Tabanan (DK xxxx G**/H*)
Gianyar (DK xxxx K*/L*)
Klungkung (DK xxxx M*/N*)
Bangli (DK xxxx P*/R*)
Karangasem (DK xxxx S*/T*)
Buleleng (DK xxxx U*/V*)
Jembrana (DK xxxx W*/Z*)
DR NTB (Pulau Lombok):
Kota Mataram (DR xxxx A*/B*/C*/E*/F*/N*/O*/P*/R*/X*)
Lombok Utara (DR xxxx D*/G*/M*)
Lombok Barat (DR xxxx H*/J*/K*/T*/W*)
Lombok Timur (DR xxxx L*/Q*/Y*)
Lombok Tengah (DR xxxx S*/U*/V*/Z*)
EA NTB (Pulau Sumbawa):
Sumbawa (EA xxxx A*/C*/D*/E*/F*/P*)
Sumbawa Barat (EA xxxx H*/K*)
Kota Bima (EA xxxx L*/S*)
Dompu (EA xxxx M*/N*/Q*/R*/T*)
Bima (EA xxxx W*/X*/Y*/Z*)
EB NTT (Pulau Flores dan kepulauan):
Ende (EB xxxx A*)
Sikka (EB xxxx B*)
Flores Timur (EB xxxx C*)
Ngada (EB xxxx D*)
Manggarai (EB xxxx E*)
Lembata (EB xxxx F*)
Manggarai Barat (EB xxxx G*)
Nagekeo (EB xxxx H*)
Alor (EB xxxx J*/K*)
Manggarai Timur (EB xxxx P*)
ED NTT (Pulau Sumba):
Sumba Timur (ED xxxx A*)
Sumba Barat (ED xxxx B*)
Sumba Barat Daya (ED xxxx C*)
Sumba Tengah (ED xxxx D*)
Catatan:
  • Angkutan umum mobil penumpang di wilayah hukum Polda Nusa Tenggara Barat menggunakan angka 1900-1999. Contoh: DR 1947 AC (asal Mataram), EA 1942 S (asal Kota Bima)
  • Kendaraan dinasː
    • Pemkab Bangliː DK 1-100 P[19]

Contoh:

  • DK 2026 AEI adalah pelat nomor sepeda motor asal Kota Denpasar atau Badung di wilayah hukum Polresta Denpasar.
  • DH 8712 H adalah pelat nomor pickup bak terbuka baru asal Kota Kupang.
  • DR 1922 AR adalah pelat nomor taksi pelat kuning asal Kota Mataram.
  • EA 1214 HA adalah pelat nomor mobil baru asal Sumbawa Barat.
  • EB 7212 PA adalah pelat nomor bus baru asal Manggarai Timur.
  • ED 8044 C adalah pelat nomor angkutan barang baru asal Sumba Barat Daya.
  • DK 1907 FBX adalah pelat nomor mobil baru asal Badung di wilayah hukum Polres Badung.
  • DH 1849 G adalah pelat nomor mobil baru asal Rote Ndao.
  • DR 1184 DP adalah pelat nomor mobil baru asal Lombok Utara.
  • EA 9017 ST adalah pelat nomor ambulans asal Kota Bima.
  • EB 4262 FK adalah pelat nomor motor baru asal Lembata.
  • ED 3587 DL adalah pelat nomor motor baru asal Sumba Tengah.
Kalimantan
DA Kalimantan Selatan:
Kota Banjarmasin (DA xxxx A**/C**/I**/J**/N**/S**/T**/V**/X*)
Banjar (DA xxxx B**/O**/Q**)
Hulu Sungai Selatan (DA xxxx D**)
Hulu Sungai Tengah (DA xxxx E**)
Hulu Sungai Utara (DA xxxx F**)
Kota Baru (DA xxxx G**)
Tabalong (DA xxxx H**/U**)
Tapin (DA xxxx K**)
Tanah Laut (DA xxxx L**)
Barito Kuala (DA xxxx M**)
Kota Banjarbaru (DA xxxx P**/R**/W**)
Balangan (DA xxxx Y**)
Tanah Bumbu (DA xxxx Z**)
KB Kalimantan Barat:
Kota Pontianak (KB xxxx A*/H*/O*/Q*/S**/W*)
Mempawah (KB xxxx B*)
Kota Singkawang (KB xxxx C*/Y*)
Sanggau (KB xxxx D*/U*)
Sintang (KB xxxx E*)
Kapuas Hulu (KB xxxx F*)
Ketapang (KB xxxx G*)
Melawi (KB xxxx J*)
Bengkayang (KB xxxx K*)
Landak (KB xxxx L*)
Kubu Raya (KB xxxx M**/N*)
Sambas (KB xxxx P**/T*)
Sekadau (KB xxxx V*)
Kayong Utara (KB xxxx Z*)
KH Kalimantan Tengah:
Kota Palangkaraya (KH xxxx A*/Q*/T*/Y*)
Kapuas (KH xxxx B*/C*/U*)
Barito Selatan (KH xxxx D*)
Barito Utara (KH xxxx E*)
Kotawaringin Timur (KH xxxx F*/L*/W*)
Kotawaringin Barat (KH xxxx G*/V*)
Gunung Mas (KH xxxx H*)
Pulang Pisau (KH xxxx J*)
Barito Timur (KH xxxx K*)
Murung Raya (KH xxxx M*)
Katingan (KH xxxx N*)
Seruyan (KH xxxx P*)
Lamandau (KH xxxx R*)
Sukamara (KH xxxx S*)
KT Kalimantan Timur:
Kota Balikpapan (KT xxxx A**/H*/K*/L*/Y*/Z*)
Kota Samarinda (KT xxxx B**/F*/I*/M*/N*/S*/W*/X*)
Kutai Kartanegara (KT xxxx C**/J*/O*/S*/U*)
Kota Bontang (KT xxxx D**/Q*)
Paser (KT xxxx E**/J*/S*)
Berau (KT xxxx G**)
Kutai Timur (KT xxxx J*/R**/S*)
Kutai Barat (KT xxxx P**)
Mahakam Ulu (KT xxxx T*)
Penajam Paser Utara (KT xxxx V*)
KU Kalimantan Utara:
Bulungan (KU xxxx A*/B*)
Kota Tarakan (KU xxxx G*)
Tana Tidung (KU xxxx H*)
Nunukan (KU xxxx N*)
Malinau (KU xxxx S*)
Catatan:
  • Angkutan Umum
    • Wilayah hukum Polda Kalimantan Timur dan Polda Kalimantan Utara menggunakan kode registrasi *U
  • kendaraan dinas
    • Pemda Kalbarː KB 1-88[20]
    • Pemda Kaltimː KT 1-62
    • Untuk Kalimantan Tengah, menggunakan kode *U dengan (*) sebagai kode wilayah registrasi. Contoh: KH 1 AU adalah pelat nomor mobil Dinas Wali Kota Palangkaraya.
  • Kendaraan mutasiː
    • Untuk Kalimantan Timur, kendaraan yang dimutasi menggunakan kode X* atau *X dengan (*) sebagai kode wilayah registrasi. Contoh: KT 1945 XC adalah pelat nomor mobil mutasi dari Kab. Kutai Kartanegara dan KT 5226 IX adalah pelat nomor motor mutasi dari Kota Samarinda.
    • Kendaraan yang dimutasi ke wilayah hukum Polda Kalimantan Selatan menggunakan kode T* dengan (*) sebagai kode wilayah registrasi. Contoh: DA 8564 TJB adalah pelat nomor angkutan barang mutasi ke wilayah Kota Banjarmasin.
  • Kalimantan Timur
    • Untuk Kutai Timur, huruf belakang J dimulai dari JG hingga JM, sementara untuk huruf belakang S dimulai dari SN hingga SR.
    • Untuk Kutai Kartanegara, huruf belakang J dimulai dari JN hingga JZ, sementara untuk huruf belakang S dimulai dari SI, SJ dan SK.
    • Untuk Paser, huruf belakang J dimulai dari J, JA hingga JD, sementara untuk huruf belakang S dimulai dari SS dan ST.
    • Kota Samarinda menggunakan kode S sampai dengan SD, lalu SY dan SZ.
  • DA dipakai di Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur dan Kalimantan Tengah sebelum pembagian provinsi, sedangkan BR dipakai di Kalimantan Barat saja sebelum diganti menjadi KB[21].
  • Seluruh Kabupaten/Kota di Provinsi Kalimantan Selatan untuk semua jenis kendaraan bermotor menggunakan tiga kode registrasi belakang. Dua kode registrasi masih berlaku selama masih ada slot tersedia.
  • Pelat nomor Kalimantan Utara (KU) mulai berlaku sejak bulan April 2017.[22]
  • Pelat nomor Kalimantan Barat (KB) merupakan pelat nomor istimewa yang diperbolehkan masuk wilayah negara Malaysia dan Brunei Darussalam tanpa pengenaan surat lapor keluar daerah, karena Kalimantan Barat merupakan pintu masuk utama menuju ke Sarawak, Malaysia, dengan tiga pos lintas batas yang ada di wilayah ini, yaitu Aruk, Entikong, dan Nanga Badau, contoh: KB 1878 ZR (asal Kayong Utara). Selain kendaraan berpelat KB maka diwajibkan membuat surat lapor keluar daerah jika ingin memasuki negara Malaysia di negara bagian Sarawak sampai negara bagian Sabah dengan melintasi Kesultanan Brunei Darussalam.

Contoh:

  • DA 7118 THK adalah pelat nomor bus mutasi ke wilayah Tabalong.
  • KB 4187 PAE adalah pelat nomor motor baru asal Sambas.
  • KH 1948 JA adalah pelat nomor mobil baru asal Pulang Pisau.
  • KT 3558 BEB adalah pelat nomor motor baru asal Kota Samarinda.
  • KU 8564 S adalah pelat nomor pickup kabin ganda baru asal Malinau.
Sulawesi
DB Sulawesi Utara (Daratan):
Kota Manado (DB xxxx A*/L*/M*/R*/T*/V*)
Minahasa (DB xxxx B*/Q*)
Kota Bitung (DB xxxx C*/O*)
Bolaang Mongondow (DB xxxx D*)
Minahasa Selatan (DB xxxx E*)
Minahasa Utara (DB xxxx F*/W*)
Kota Tomohon (DB xxxx G*)
Bolaang Mongondow Utara (DB xxxx H*)
Minahasa Tenggara (DB xxxx J*)
Kota Kotamobagu (DB xxxx K*)
Bolaang Mongondow Timur (DB xxxx N*)
Bolaang Mongondow Selatan (DB xxxx P*)
DC Sulawesi Barat:
Mamuju (DC xxxx A*/G*/L*/P*)
Majene (DC xxxx B*/Q*)
Polewali Mandar (DC xxxx C*/N*)
Mamasa (DC xxxx D*)
Pasangkayu (DC xxxx E*/X*)
Mamuju Tengah (DC xxxx F*)
DD Sulawesi Selatan (bagian selatan):
Kota Makassar (DD xxxx A**/I*/K*/M*/O*/Q*/R*/S**/U*/V*/X**)
Gowa (DD xxxx B*/L*/N*/Y*)
Takalar (DD xxxx C*/P*)
Maros (DD xxxx D*/T*)
Pangkajene Kepulauan (DD xxxx E*/W*)
Bantaeng (DD xxxx F*)
Jeneponto (DD xxxx G*)
Bulukumba (DD xxxx H*/Z*)
Selayar (DD xxxx J*)
DL Sulawesi Utara (Kepulauan):
Kepulauan Sangihe (DL xxxx A*)
Kepulauan Talaud (DL xxxx B*)
Kepulauan Sitaro (Siau Tagulandang Biaro) (DL xxxx C*)
DM Gorontalo:
Kota Gorontalo (DM xxxx A*/J*/X*)
Gorontalo (DM xxxx B*/H*)
Boalemo (DM xxxx C*)
Pohuwato (DM xxxx D*)
Bone Bolango (DM xxxx E*)
Gorontalo Utara (DM xxxx F*)
DN Sulawesi Tengah:
Kota Palu (DN xxxx A*/I*/N*/V*/Y*)
Donggala (DN xxxx B*/J*)
Banggai (DN xxxx C*/R*)
Toli-Toli (DN xxxx D*)
Poso (DN xxxx E*)
Buol (DN xxxx F*)
Morowali (DN xxxx G*)
Banggai Kepulauan (DN xxxx H*)
Parigi Moutong (DN xxxx K*/P*)
Tojo Una-Una (DN xxxx L*)
Sigi (DN xxxx M*)
Banggai Laut (DN xxxx Q*)
Morowali Utara (DN xxxx U*)
DP Sulawesi Selatan (bagian utara):
Kota Parepare (DP xxxx A*/L*/M*)
Barru (DP xxxx B*/N*/O*)
Sidenreng Rappang (DP xxxx C*/P*/Q*)
Pinrang (DP xxxx D*/R*/S*)
Kota Palopo (DP xxxx E*/T*)
Luwu (DP xxxx F*/U*)
Luwu Timur (DP xxxx G*/V*)
Luwu Utara (DP xxxx H*/W*)
Enrekang (DP xxxx I*/X*)
Tana Toraja (DP xxxx J*/Y*)
Toraja Utara (DP xxxx K*/Z*)
DT Sulawesi Tenggara:
Konawe (DT xxxx *A)
Kolaka (DT xxxx *B)
Buton (DT xxxx *C)
Muna (DT xxxx *D)
Kota Kendari (DT xxxx *E/*F/*I)
Kota Baubau (DT xxxx *G)
Konawe Selatan (DT xxxx *H)
Kolaka Utara (DT xxxx *J)
Bombana (DT xxxx *K)
Wakatobi (DT xxxx *L)
Konawe Utara (DT xxxx *M)
Buton Utara (DT xxxx *N)
Konawe Kepulauan (DT xxxx *O)
Muna Barat (DT xxxx *R)
Kolaka Timur (DT xxxx *T)
Buton Selatan (DT xxxx *W)
Buton Tengah (DT xxxx *Y)
DW Sulawesi Selatan (bagian tengah):
Bone (DW xxxx A*/E*/F*/G*/H*)
Wajo (DW xxxx B*/L*/M*/N*/O*/P*)
Soppeng (DW xxxx C*/Q*/Y*)
Sinjai (DW xxxx D*/V*/Z*)
Catatan:
  • Angkutan Umum
    • Wilayah hukum Polda Sulawesi Tenggara menggunakan kode registrasi U* (seperti Jawa Timur) dengan tanda (*) menunjukkan kode wilayah registrasi. Contoh : DT 1925 UE (asal Kota Kendari).
    • Wilayah hukum Polda Sulawesi Tengah menggunakan kode registrasi *U. Contoh : DN 7962 AU (asal Kota Palu)
  • Huruf paling belakang pada pelat-pelat nomor Sulawesi Tenggara merupakan kode wilayah registrasi (seperti Jawa Tengah).

Contoh:

  • DB 9422 HK adalah pelat nomor angkutan barang baru asal Bolaang Mongondow Utara.
  • DC 1339 XG adalah pelat nomor mobil baru asal Pasangkayu.
  • DD 1025 XBA adalah pelat nomor mobil baru asal Kota Makassar.
  • DL 6166 AT adalah pelat nomor motor baru asal Kepulauan Sangihe.
  • DM 5689 JR adalah pelat nomor motor baru asal Kota Gorontalo.
  • DN 4855 K adalah pelat nomor motor baru asal Parigi Moutong.
  • DP 7879 VA adalah pelat nomor bus baru asal Luwu Timur.
  • DT 1411 GD adalah pelat nomor mobil baru asal Muna.
  • DW 1811 QU adalah pelat nomor mobil baru asal Soppeng.
Maluku dan Papua
DE Maluku:
Kota Ambon (DE xxxx A*/L*/N*)
Maluku Tengah (DE xxxx B*)
Maluku Tenggara (DE xxxx C*)
Buru (DE xxxx D*)
Kepulauan Tanimbar (DE xxxx E*)
Kepulauan Aru (DE xxxx F*)
Seram Bagian Barat (DE xxxx G*/O*)
Seram Bagian Timur (DE xxxx H*)
Kota Tual (DE xxxx I*)
Maluku Barat Daya (DE xxxx J*)
Buru Selatan (DE xxxx K*)
DG Maluku Utara:
Kota Ternate (DG xxxx A*/K*/Q*)
Kota Tidore Kepulauan (DG xxxx B*/L*)
Pulau Taliabu (DG xxxx H*)
Pulau Morotai (DG xxxx J*)
Halmahera Barat (DG xxxx M*)
Halmahera Utara (DG xxxx N*)
Halmahera Selatan (DG xxxx P*)
Kepulauan Sula (DG xxxx R*)
Halmahera Tengah (DG xxxx S*)
Halmahera Timur (DG xxxx T*)
PA Papua, Papua Selatan, Papua Tengah, dan Papua Pegunungan:
Kota Jayapura (PA xxxx A*/F*/R*)
Jayawijaya, Mamberamo Tengah, Nduga, Pegunungan Bintang, Yahukimo, dan Yalimo (PA xxxx B*/Y*)
Biak Numfor (PA xxxx C*)
Mimika (PA xxxx D*/H*/M*)
Paniai dan Deiyai (PA xxxx E*)
Merauke dan Asmat (PA xxxx G*)
Jayapura (PA xxxx J*)
Nabire, Dogiyai, dan Intan Jaya (PA xxxx K*)
Kepulauan Yapen (PA xxxx L*)
Waropen (PA xxxx N*)
Puncak Jaya dan Puncak (PA xxxx P*)
Keerom (PA xxxx Q*)
Sarmi (PA xxxx S*)
Mappi (PA xxxx T*)
Supiori (PA xxxx U*)
Boven Digoel (PA xxxx V*)
Mamberamo Raya (PA xxxx X*)
Tolikara dan Lanny Jaya (PA xxxx Z*)
PB Papua Barat dan Papua Barat Daya:
Sorong (PB xxxx A*)
Teluk Bintuni (PB xxxx B*)
Pegunungan Arfak (PB xxxx D*)
Fakfak (PB xxxx F*)
Manokwari (PB xxxx G*/H*/M*)
Kaimana (PB xxxx K*)
Manokwari Selatan (PB xxxx L*)
Tambrauw (PB xxxx P*)
Kota Sorong (PB xxxx Q*/S*)
Raja Ampat (PB xxxx R*)
Sorong Selatan (PB xxxx T*)
Maybrat (PB xxxx V*)
Teluk Wondama (PB xxxx W*)
Catatan:
  • Angkutan Umum
    • Wilayah hukum Polda Maluku menggunakan kode registrasi *U. Contoh: DE 1009 JU (asal Maluku Barat Daya)
  • Kendaraan Dinas
    • Wilayah hukum Polda Maluku menggunakan kode Registrasi *M. Contoh: DE 1755 FM (asal Kepulauan Aru).
    • Wilayah hukum Polda Maluku Utara menggunakan kode Registrasi *# dengan tanda (*) dan (#) menunjukkan inisial kabupaten/kota (kecuali Ternate). Contoh: DG 1073 KT (asal Ternate), DG 5332 MU (asal Ternate), DG 1332 TK (asal Tidore Kepulauan), DG 8001 HU (asal Halmahera Utara), DG 2972 HG (asal Halmahera Tengah), DG 3206 HT (asal Halmahera Timur), DG 3272 PM (asal Pulau Morotai).
    • Wilayah hukum Polda Papua menggunakan kode Registrasi *Z, contoh: PA 1310 RZ (Kota Jayapura).
    • Wilayah hukum Polda Papua Barat menggunakan Angka 5000-5999, contoh: PB 5023 P (Kabupaten Tambrauw).
  • Kabupaten/kota yang dicetak miring di Provinsi Papua (pada waktu itu, DS) mulai beralih ke kode baru PB (Papua Barat) setelah Mei 2013, contoh: PB 2918 KJ (Kaimana).
  • Mulai Juli 2016, kode Provinsi Papua (DS) berubah jadi PA, contoh: PA 1946 AF (Kota Jayapura).

[23]

Contoh:

  • DE 1808 F adalah pelat nomor mobil baru asal Kepulauan Aru.
  • DG 8418 KT adalah pelat nomor pickup kabin ganda dinas baru asal Kota Ternate.
  • PA 7713 AM adalah pelat nomor bus baru asal Kota Jayapura.
  • PB 9013 BQ adalah pelat nomor truk baru asal Teluk Bintuni.
Tidak digunakan
BR Kalimantan Barat (telah berganti menjadi KB) [24]
DF Timor Timur (telah menjadi negara sendiri)
DS Papua (sebelum Juli 2016) dan Papua Barat (sebelum Mei 2013)
Lainnya (tidak bermotor)
BS Kota Banjarmasin: Becak (kode ini hanya dimasukkan di akhiran saja, contoh: DA 100 BS)
SB Kota Surabaya: Becak (warna dasar biru dengan tulisan putih), contoh: SB 4728 AA
YB DI Yogyakarta: Becak, contoh: YB 0886 KTB
YK DI Yogyakarta: Kusir, contoh: YK 0255 KTB
KS Kota Surakarta: Becak, Contoh: KS 001

Pelat nomor khusus

Presiden dan pejabat pemerintahan pusat

Dalam acara khusus, plat nomor kendaraan dinas Presiden Indonesia tidak menggunakan format "RI 1", melainkan "INDONESIA 1". Mobil ini pernah digunakan sebagai kendaraan dinas mantan presiden Soeharto, B. J. Habibie, dan K.H. Abdurrahman Wahid.

Mobil dinas pejabat negara memiliki pelat nomor khusus. Jika pada saat pejabat tersebut bertugas ke wilayah di luar ibu kota RI atau kunjungan dinas ke luar negeri, maka pelat nomor tersebut akan dipasangkan pada mobil yang dinaiki oleh pejabat bersangkutan.

Terdapat dua jenis TNKB pejabat pemerintahan pusat, yaitu TNKB "RI" dan TNKB "INDONESIA". TNKB "RI" selalu berwarna hitam (seperti kendaraan pribadi), sedangkan TNKB "INDONESIA" selalu berwarna merah (seperti kendaraan dinas).[25][26]

Berikut ini adalah daftar nomor polisi untuk kendaraan pejabat penting di Indonesia:

Catatan: Nomor kendaraan Pejabat Negara / Menteri sering berganti, hal ini disesuaikan dengan jumlah anggota Kabinet. Misalnya pada Kabinet Indonesia Bersatu II (2009-2014) jabatan Sekretaris Kabinet bukan setingkat menteri, sehingga Nomor Kendaraan untuk beberapa menteri berubah. Sebagai contoh saat ini Kepala BIN menggunakan RI 49.

Dewan Perwakilan Rakyat

Pada Mei 2021, DPR meluncurkan pelat nomor khusus, yang dilengkapi dengan lencana DPR. Maksud dan tujuan dari pembuatan pelat nomor tersebut adalah untuk memudahkan dalam memantau perilaku anggota DPR saat berkendara. Per 2021, format angka pelat nomor untuk pimpinan dan anggota DPR adalah sebagai berikut:[37]

  • 1-00: Ketua
  • 2-00 – 5-00: Wakil Ketua
  • 6-xx: Ketua Fraksi
  • 7-xx: Sekretaris Fraksi
  • 8-xx: Bendahara Fraksi
  • xx-01: Fraksi PDIP
  • xx-02: Fraksi Partai Golkar
  • xx-03: Fraksi Partai Gerindra
  • xx-04: Fraksi Partai NasDem
  • xx-05: Fraksi PKB
  • xx-06: Fraksi Partai Demokrat
  • xx-07: Fraksi PKS
  • xx-08: Fraksi PAN
  • xx-09: Fraksi PPP
  • 6-I – 6-XI: Ketua Komisi I–XI
  • (7-10)–(I-XI): Wakil Ketua Komisi I–XI
  • xx-XII: Mahkamah Kehormatan Dewan
  • xx-XIII: Badan Legislasi
  • xx-XIV: Badan Kerja Sama Antarparlemen
  • xx-XV: Badan Urusan Rumah Tangga
  • xx-XVI: Badan Anggaran
  • xx-XVII: Badan Akuntabilitas Keuangan Negara
  • xx-XVIII: Sekretariat Jenderal
    • 6-XVIII: Sekjen
    • 7-XVIII: Kepala Badan Keahlian
    • 8-XVIII: Deputi Persidangan
    • 9-XVIII: Deputi Administrasi
    • 10-XVIII: Inspektur Utama
    • 11-XVIII: Kepala Biro Umum
  • (nomor anggota)-(nomor fraksi): Anggota DPR

Begitu pelat nomor ini diluncurkan, pelat nomor ini dikritik oleh Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia (Formappi) karena dianggap sebagai bentuk "kemunduran". Seorang peneliti Formappi bernama Lucius Karus menganggap bahwa anggota DPR yang menggunakan pelat nomor DPR merasa "ingin lebih dikenal publik."[38]

Penggunaan pelat nomor tersebut juga menuai kontroversi, karena ada seorang polisi yang mencoba menangkap kendaraan yang dipasangi pelat nomor DPR. Menurut petugas tersebut, penggunaan pelat nomor DPR tersebut belum disosialisasikan sampai kepada petugas yang bersangkutan.[39]

Angkatan bersenjata

Plat nomor khusus Detasemen Markas Besar TNI
Plat Nomor khusus Kopasgat TNI Angkatan Udara
Daihatsu Xenia dengan Plat nomor khusus TNI Angkatan Laut
Plat nomor khusus Kopassus TNI Angkatan Darat

Berikut ini adalah daftar kode registrasi TNI dan POLRI di Indonesia:

TNI

  • -00 :Markas Besar TNI
    -01 :Sekolah Staf dan Komando TNI
    -02 :Akademi TNI
    -09 :Badan Pembinaan Hukum TNI
    -10 :Badan Perbekalan TNI
    -14 :Pasukan Pengamanan Presiden


TNI AD

  • -00 :Markas Besar TNI AD
    -01 :Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat
    -02 :Komando Pasukan Khusus
    -03 :Komando Daerah Militer Jayakarta
    -04 :Komando Pendidikan Dan Latihan Angkatan Darat
    -05 :Komando Daerah Militer Iskandar Muda
    -10 :Akademi Militer
    -20 :Sekolah Staf Dan Komando Angkatan Darat
    -30 :Pusat Teritorial
    -31 :Pusat Kesenjataan Infanteri
    -32 :Pusat Kesenjataan Kavaleri
    -33 :Pusat Kesenjataan Artileri
    -34 :Pusat Polisi Militer
    -41 :Pusat Zeni
    -42 :Pusat Perhubungan
    -43 :Pusat Peralatan
    -44 :Pusat Perbekalan dan Angkutan
    -45 :Pusat Kesehatan
    -46 :Direktorat Ajudan Jenderal
    -47 :Direktorat Topografi
    -48 :Direktorat Keuangan
    -49 :Direktorat Hukum
    -51 :Dinas Penerangan
    -52 :Dinas Pembinaan Mental
    -53 :Dinas Psikologi
    -54 :Dinas Penelitian Dan Pengembangan
    -55 :Dinas Informasi Dan Pengolahan Data
    -56 :Pusat Penerbangan
    -57 :Dinas Pengadaan
    -58 :Dinas Jasmani Militer
    -I~VI dan -XII~XVIII :Milik Kodam se-Indonesia

TNI AL

  • -00 :Markas Besar TNI AL/Koarmada RI
    -01 :Komando Armada I
    -02 :Komando Armada II
    -03 :Komando Armada III
    -04 :Komando Lintas Laut Militer
    -05 :Korps Marinir Republik Indonesia
    -08 :Sekolah Staf dan Komando
    -I~XIV :Milik Lantamal se-Indonesia


TNI AU

  • -00 :Markas Besar TNI AU/Koopsudnas
    -01 :Komando Operasi Udara I
    -02 :Komando Operasi Udara II
    -03 :Komando Operasi Udara III
    -04 :Komando Pemelihara dan Materiil
    -05 :Komando Pendidikan dan Latihan
    -10 :Komando Pasukan Gerak Cepat

Kementerian Pertahanan RI

  • -00 :Kementerian Pertahanan
    -02 :Lembaga Ketahanan Nasional
    -05 :Direktorat Jenderal Material, Fasilitas dan Jasa


POLRI

  • -00 :Markas Besar POLRI
    -I :Polda Aceh
    -II :Polda Sumatera Utara
    -III :Polda Sumatera Barat
    -IV :Polda Riau
    -V :Polda Sumatera Selatan
    -VI :Polda Kalimantan Barat
    -VII :Polda Metro Jaya
    -VIII :Polda Jawa Barat
    -IX :Polda Jawa Tengah
    -X :Polda Jawa Timur
    -XI :Polda Bali
    -XII :Polda Kalimantan Timur
    -XIII :Polda Kalimantan Selatan
    -XIV :Polda Sulawesi Selatan
    -XV :Polda Sulawesi Utara
    -XVI :Polda Maluku
    -XVII :Polda Papua
    -XVIII :Polda Kalimantan Tengah
    -XIX :Polda Sulawesi Tengah
    -XX :Polda Sulawesi Tenggara
    -XXI :Polda NTB
    -XXII :Polda NTT
    -XXIII :Polda Banten
    -XXIV :Polda DIY
    -XXV :Polda Lampung
    -XXVI :Polda Jambi
    -XXVII :Polda Bengkulu
    -XXVIII :Polda Bangka Belitung
    -XXIX :Polda Gorontalo
    -XXX :Polda Maluku Utara
    -XXXI :Polda Kepulauan Riau
    -XXXII :Polda Papua Barat
    -XXXIII :Polda Sulawesi Barat
    -XXXIV :Polda Kalimantan Utara

Korps diplomatik dan konsuler

Pelat nomor milik korps diplomatik menggunakan kode "CD". Kode 76 menandakan bahwa kendaraan ini dimiliki oleh Bank Pembangunan Asia (Asian Development Bank/ADB).

Mobil milik korps diplomatik (perwakilan negara asing maupun organisasi internasional) memiliki kode registrasi CD untuk Korps Diplomatik, CC untuk Korps Konsulat, dan CH untuk Konsul Kehormatan, diikuti dengan kode negara dan nomor urut. Untuk mendapatkan BPKB dan STNK, haruslah mendapatkan rekomendasi dari Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia.

Berikut ini adalah tabel nomor polisi untuk korps diplomatik di Indonesia:

Kode Negara atau Organisasi Kode Negara atau Organisasi Kode Negara atau Organisasi
12  Amerika Serikat 57  Suriah 102  Kuwait
13  India 58 Perserikatan Bangsa-Bangsa Badan Program Pembangunan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNDP) 103  Laos
14  Prancis 59  Selandia Baru 104  Palestina
15  Britania Raya 60  Belanda 105  Kuba
16  Filipina 61  Yaman 106 Organisasi Antar-Parlemen ASEAN (AIPO)
17  Vatikan 62 Kesatuan Pos Sedunia (UPU) 107  Libya
18  Australia 63  Portugal 108  Peru
19  Norwegia 64  Aljazair 109  Slowakia
20  Irak 65  Korea Utara 110  Sudan
21  Pakistan 66  Vietnam 111 Yayasan Perhimpunan Bangsa-bangsa Asia Tenggara
22  Belgia 67  Singapura 112 Perserikatan Bangsa-Bangsa Utusan Sekjen Perserikatan Bangsa Bangsa
23  Myanmar 68  Spanyol 113 Center for International Forestry Research (CIFOR)
24  Uni Emirat Arab 69  Bangladesh 114  Bosnia-Herzegovina
25  Tiongkok 70  Panama 115  Lebanon
26  Swedia 71 Dana Anak-anak Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNICEF) 116  Afrika Selatan
27  Arab Saudi 72 Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNESCO) 117  Kroasia
28  Thailand 73 Organisasi Pangan dan Pertanian (FAO) 118  Ukraina
29  Mesir 74 Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) 120  Uzbekistan
30  Italia 75  Korea Selatan 121  Qatar
31  Swiss 76 Bank Pembangunan Asia (ADB) 122 Perserikatan Bangsa-Bangsa Dana Penduduk Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNFPA)
32  Jerman 77 Bank Dunia 123  Mozambik
33  Sri Lanka 78 Dana Moneter Internasional (IMF) 125  Timor Leste
34  Denmark 79 Organisasi Buruh Internasional (ILO) 126  Suriname
35  Kanada 80  Papua Nugini 127  Ekuador
36  Brasil 81  Nigeria 128  Zimbabwe
37  Rusia 82  Chili 129 Organisasi Internasional untuk Migrasi (IOM)
38  Afganistan 83 Perserikatan Bangsa-Bangsa Komisi Tinggi Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk Urusan Pengungsi (UNHCR) 130  Azerbaijan
39  Serbia 84 Program Pangan Dunia (WFP) 131  Somalia
40  Republik Ceko 85  Venezuela 132  Georgia
41  Finlandia 86 Perserikatan Bangsa-Bangsa Komisi Ekonomi dan Sosial Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk Asia dan Pasifik (UNESCAP) 133  Paraguay
42  Meksiko 87  Kolombia 134  Oman
43  Hungaria 88  Brunei 135  Armenia
44  Polandia 89 Perserikatan Bangsa-Bangsa UNIC 136  Bahrain
45  Iran 90 International Finance Corporation (IFC) 137  Mongolia
47  Malaysia 92 Indonesia Perutusan Tetap Indonesia untuk Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara 138   San Marino
48  Turki 93  Fiji 139  Irlandia
49  Jepang 94  Belarus 140 Perserikatan Bangsa-Bangsa Kantor Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk Koordinasi Pengurangan Emisi dari Deforestasi dan Degradasi Hutan di Indonesia (UNORCID)
50  Bulgaria 95  Kazakhstan 141 Bank Pembangunan Islam (IDB)
51  Kamboja 96 Perserikatan Bangsa-Bangsa Organisasi Pengembangan Industri Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNIDO) 142  Guinea Bissau
52  Argentina 97 Palang Merah 143  Ethiopia
53  Rumania 98  Maroko 144  Kepulauan Solomon
54  Yunani 99  Uni Eropa 145 Dana Internasional untuk Pengembangan Pertanian (IFAD)
55  Yordania 100 Sekretariat Perhimpunan Bangsa-bangsa Asia Tenggara
56  Austria 101  Tunisia

Mobil operasional staf korps diplomatik memiliki nomor polisi serupa dengan kendaraan pribadi (dasar putih dengan tulisan hitam) namun dengan format khusus yakni memiliki lima angka dan kode angka negara dicetak lebih kecil dengan format sub-bagian.

Contoh: "B 23380 29" berarti mobil ini adalah kendaraan operasional staff korps diplomatik Republik Arab Mesir.

Pelat nomor cantik

Contoh TNKB Pilihan (plat nomor cantik) sesudah menggunakan format baru dengan tulisan jenis FE-Schrift en pada Agustus 2019.[6]

Bagi seseorang pemilik kendaraan yang berpelat nomor cantik biasanya berani membayar pajak kendaraan bermotor yang mahal. Pelat-pelat nomor cantik tersebut dimaksudkan untuk menunjukkan sifat-sifat pribadi seseorang, bisa berupa inisial, singkatan nama, kesenangan/hobi, atau jenis mobil yang digunakan. Pelat nomor cantik pada umumnya mempergunakan kombinasi huruf dan angka untuk membentuk suatu kata. Contohnya sepertiː B 121 LLO, D 24 JAM, F 1 PUL, KH 412 IF, dan T 35 SA.

Pemilik kendaraan juga dapat memesan pelat nomor tanpa disertai kode wilayah registrasi baik untuk kendaraan umum ataupun pribadi. Contohnya seperti BK 9000, BM 2200, B 8977, D 6609, W 576, PA 8888, ED 9777, BG 1900.

Tokoh-tokoh yang pernah menggunakan pelat nomor cantik seperti Idris Sardi, yang menggunakan pelat B 10 LA yang dibaca sebagai biola sebagai alat musik yang dicintainya.[40] Mantan Presiden Megawati Soekarnoputri yang menggunakan pelat M 3 GA, dibaca sebagai "Mega", nama panggilannya semasa menjabat sebagai wapres pada tahun 2001. (M merupakan pelat nomor daerah Madura)[41] Syahrini menggunakan pelat nomor cantik B 1 SYR yang dibaca sebagai inisial Syahrini sendiri.[42] Prilly Latuconsina juga menggunakan pelat B 15 PRL yang dibaca sebagai namanya sendiri.[43]

Galeri

Lihat juga

Referensi

  1. ^ a b "Kentekens in Nederlands-Indië". www.conam.info. Diakses tanggal 2021-10-28. 
  2. ^ Handboek automobilisten en motorwielrijders (PDF). Java Motor Club. 1925. 
  3. ^ a b "License Plates of Indonesia". www.worldlicenseplates.com. Diakses tanggal 2021-10-28. 
  4. ^ a b Sudjatmiko, Suryo. "Plat Nomor Putih, Perubahan Paling Signifikan Sejak Jaman Kolonial". Oto Driver. Diakses tanggal 2021-10-28. 
  5. ^ Billy. "Bracket Plat Nomor Polisi, Maaf Masih Terbatas! - GridOto.com". otomotifnet.gridoto.com. Diakses tanggal 2021-10-28. 
  6. ^ a b Maulana, Aditya, ed. (2019-09-01). "Polri Ubah Jenis Huruf dan Angka pada Plat Nomor Cantik". Kompas.com. Diakses tanggal 2021-11-05. 
  7. ^ "Pelat Nomor Baru Kendaraan Lebih Panjang 5 Cm". 2011-05-09. Diakses tanggal 2011-06-04. 
  8. ^ "Ini Dia, Desain Baru Pelat Nomor Kendaraan". detikcom. Diakses tanggal 2021-10-28. 
  9. ^ a b c d Nanda, Aprida Mega (2022-02-03). Ferdian, Azwar, ed. "Perubahan Pelat Nomor Warna Putih Mempermudah Sistem ETLE". Kompas.com. Diakses tanggal 2022-08-15. 
  10. ^ Agusta, Hendra. "Mesin untuk mencetak plat nomor polisi ditambah SAMSAT Palembang". ANTARA News. Diakses tanggal 2021-10-28. 
  11. ^ https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20200128155325-384-469454/pelat-nomor-biru-berlaku-buat-mobil-dan-motor-listrik
  12. ^ https://otomotif.kompas.com/read/2020/01/29/074200915/resmi-pelat-nomor-kendaraan-listrik-berwarna-biru
  13. ^ https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20200127182035-384-469168/detail-warna-biru-desain-pelat-nomor-kendaraan-listrik?
  14. ^ SEVA, Tim Konten (2022-09-22). "Bedanya Plat Nomor Sementara Warna Hitam dan Plat Putih". SEVA. Diakses tanggal 2022-12-03. 
  15. ^ Peraturan Bupati Aceh Selatan Nomor 4 Tahun 2021.
  16. ^ https://sumbar.suara.com/read/2022/05/25/185743/seri-tiga-huruf-plat-nomor-kendaraan-mulai-berlaku-di-sumbar-ini-kata-polisi
  17. ^ Peraturan Walikota Mojokerto Nomor 7 Tahun 2021.
  18. ^ Peraturan Walikota probolinggo Nomor 8 Tahun 2014.
  19. ^ Peraturan Bupati Bangli Nomor 35 Tahun 2018.
  20. ^ "Keputusan Gubernur Kalimantan Barat Nomor 587/UM/2020" (PDF). 
  21. ^ . 2018-04-04 https://jejakrekam.com/2018/04/04/mengapa-plat-kendaraan-bermotor-kalsel-harus-da-inilah-catatan-sejarahnya/. Diakses tanggal 2018-04-04.  Tidak memiliki atau tanpa |title= (bantuan)
  22. ^ http://kaltara.prokal.co/read/news/10885-banjir-selfie-ini-penampakan-mobil-pertama-di-kaltara-yang-pakai-pelat-ku.html
  23. ^ "TNKB Papua Berubah Jadi PA Mulai Awal Juli". 2016-06-25. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-06-26. Diakses tanggal 2016-06-27. 
  24. ^ . 2018-04-04 https://jejakrekam.com/2018/04/04/mengapa-plat-kendaraan-bermotor-kalsel-harus-da-inilah-catatan-sejarahnya/. Diakses tanggal 2018-04-04.  Tidak memiliki atau tanpa |title= (bantuan)
  25. ^ Mutiara, Dian Anditya. "Ini Arti Nomor Plat Kendaraan Pejabat Negara Termasuk Presiden, Menteri dan Polisi". Tribunnews.com. Diakses tanggal 2020-06-27. 
  26. ^ Romadoni, Ahmad (2017-03-22). Hatta, Raden Trimutia; Rinaldo; Nurdiarsih, Fadjriah, ed. "Jokowi dan Mobil Tua Presiden". Liputan6.com. Diakses tanggal 2020-06-27. 
  27. ^ a b "Jelang Pengumuman Menteri, RI 6 Merapat ke Istana". 26 Oktober 2014. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2014-11-29. Diakses tanggal 24 November 2014. 
  28. ^ "Datangi KPK, Menko Perekonomian Laporkan Harta Kekayaannya". 6 November 2014. Diakses tanggal 24 November 2014. 
  29. ^ "Hari Pertama Kerja, Laoly Gelar Rapat Konsolidasi Internal". 28 Oktober 2014. Diakses tanggal 24 November 2014. 
  30. ^ "Senyum Prabowo Saat Hadiri Pelantikan Jokowi-JK". 20-10-2014. Diakses tanggal 24-11-2014. 
  31. ^ "Susi Pudjiastuti Hadiri Rapat Koordinasi di Menko Perekonomian". 28 Oktober 2014. Diakses tanggal 24 November 2014. 
  32. ^ "Menteri Susi Nyekar ke Makam Orang Tua Pakai Heli". 1 November 2014. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2014-12-10. Diakses tanggal 24 November 2014. 
  33. ^ "Pimpin Bappenas, Andrinof Merasa Happy Dikelilingi Ahli". 27 Oktober 2014. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-03-05. Diakses tanggal 24 November 2014. 
  34. ^ "Menteri Puspayoga Biasa Pakai Innova". 31 Oktober 2014. Diakses tanggal 24 November 2014. 
  35. ^ "Menteri Ini Enggan Pakai Kendaraan Dinas". 28 Oktober 2014. Diakses tanggal 24 November 2014. 
  36. ^ "Wakil Ketua DPR Fadli Zon Dengarkan Curhat Ibu Penghina Jokowi". 31 Oktober 2014. Diakses tanggal 24 November 2014. 
  37. ^ "Arti dan Cara Membaca Pelat Nomor Mobil Anggota DPR". CNN Indonesia. Diakses tanggal 2023-05-31. 
  38. ^ Aszhari, A. (2021-05-26). "Melihat Lebih Dekat Plat Nomor Khusus Anggota DPR RI". liputan6.com. Diakses tanggal 2023-05-31. 
  39. ^ Andika, M. Luthfi. "Nah Lho, Mobil Pakai Pelat Nomor Khusus Kendaraan DPR Diamankan Polisi". detikoto. Diakses tanggal 2023-05-31. 
  40. ^ Tribun: B 10 LA, Nomor Cantik Plat Mobil Almarhum Idris Sardi
  41. ^ Tribun: Fenomena Kalangan Elite Ibu kota Mengendarai Mobil Mewah (2)
  42. ^ Liputan6.com: Plat Nomor B 1 SYR Lamborghini Syahrini Hanya Tempelan
  43. ^ Putih hitam Mobil kapel B 626 ALI.B 15 PRL

Pranala luar

Baca informasi lainnya yang berhubungan dengan : Tanda Nomor Kendaraan Bermotor Indonesia

Baca artikel lainnya :

IklimInformasi latar belakangLahir1988AsalTerengganu, MalaysiaGenreBlues rock, Hard Rock, Glam Metal, Pop RockTahun aktif1991- 1998, 2003 & 2004 (reunion) 2005 - kiniLabelSuara Cipta Sempurna (1991- 1994)Warner Music Malaysia (1994-1999)Nova Music (2003-2004.Anggota Umarul Mohalim Huzali Mantan anggota Saleem Kama Iklim adalah sebuah grup musik dari Malaysia yang resmi terbentuk pada tahun 1990. Grup musik ini menyayikan lagu-lagu Melayu bergenre hard rock. Album debut Iklim adalah Satu Kesa…

TarmanaWali Kota Bandung ke-18Masa jabatan16 Oktober 1998 – 16 Oktober 2003WakilE. Sudarsono (1995–2000)PendahuluWahyu HamidjajaPenggantiDada Rosada Informasi pribadiLahirTarmanaBandung, Jawa Barat, IndonesiaSuami/istriErna SetiawatiAnak2Sunting kotak info • L • B Kolonel Inf. (Purn.) H. Tarmana, lebih dikenal dengan Aa Tarmana adalah mantan Wali Kota Bandung periode 1998–2003. Ia menjadi wali kota pertama yang terpilih di masa reformasi. Selama memimpin, Tarmana…

Armenian Environmental Network logo Armenian Environmental Network (AEN), a project of Earth Island Institute (EII), is a non-profit organization headquartered in Washington, D.C. United States, with an office in Yerevan, Armenia. History AEN was founded in 2007 as a response to a lack of environmental information available to Armenians in the Diaspora on environmental problems in Armenia. The Founder, Ursula Kazarian, and the Executive Director, Serda Ozbenian, are based in the United States. T…

Mano Manòr Entidad subnacional Mano ManòrLocalización de Mano Manòr en Francia Coordenadas 44°25′02″N 0°40′19″O / 44.417222222222, -0.67194444444444Entidad Comuna de Francia • País  Francia • Región Aquitania • Departamento Landas • Distrito distrito de Mont-de-Marsan • Cantón cantón de Pissos • Mancomunidad Communauté de communes du canton de Pissos[1]​Alcalde Jean-Marc Hédoin(2008 - 2014)Superficie  &…

Semenanjung TimurSemenanjung TimurGeografiLokasiAsia TenggaraKoordinat1°20′00″S 122°00′00″E / 1.33333°S 122°E / -1.33333; 122Koordinat: 1°20′00″S 122°00′00″E / 1.33333°S 122°E / -1.33333; 122Dibatasi olehLaut MalukuLaut BandaTeluk ToloTeluk TominiPemerintahanNegara IndonesiaProvince Sulawesi Tengah Semenanjung Timur atau Semenanjung Banggai adalah satu dari 4 semenanjung utama di Pulau Sulawesi. Semenanjung Timur m…

RusdiantoKepala Pusat Kedokteran dan Kesehatan PolriMasa jabatan1 Mei 2020 – 1 Maret 2022PendahuluMusyafakPenggantiAsep Hendradiana Informasi pribadiLahir11 Februari 1964 (umur 59)JakartaAlma materSepa Milsuk (1988)PekerjaanPolisiKarier militerDinas/cabang Kepolisian Negara Republik IndonesiaMasa dinas1988—2022Pangkat Inspektur Jenderal PolisiSatuanDokkesSunting kotak info • L • B Irjen. Pol. (Purn.) Dr. dr. Rusdianto, M.M., M.Si., DFM. (lahir 11 Februari 196…

Malta and YugoslaviaBilateral relationsMalta-Yugoslavia relations Malta Yugoslavia Cold War division of Europe before the independence of Cyprus and Malta. Maltese immigrants land in Sydney from the Yugoslav SS Partizanka, 1948 Malta–Yugoslavia relations were historical foreign relations between Malta and now split-up Socialist Federal Republic of Yugoslavia. Together with Cyprus, both countries belonged to the small group of European and Mediterranean member states of the Non-Aligned Movement…

Remixed & Revisitedkompilasi karya MadonnaDirilis24 November 2003Direkam2003GenreDance pop, pop rockDurasi29:27LabelMaverickProduserMadonna, Mirwais Ahmadzaï, Mark Spike Stent, Missy Elliott, Soul Diggaz, Dallas AustinKronologi Madonna American Life(2003)American Life2003 Remixed & Revisited(2003) Confessions on a Dance Floor(2005)Confessions on a Dance Floor2005 Remixed & Revisited adalah album remix kedua karya penyanyi-penulis lagu berkebangsaan Amerika Serikat Madonna. Album…

His Honor بيل دي بلازيو (بالإنجليزية: Bill de Blasio)‏  العمدة الـ109 لمدينة نيويورك تولى المنصب1 يناير 2014 مايكل بلومبرغ   المحامي العام الثالث لمدينة نيويورك في المنصب1 يناير 2010 – 31 ديسمبر 2013 بيتسي غوبام ليتيسيا جيمس عضو في مجلس مدينة نيويوركمن منطقة ال39 في المنصب1 يناير 2002 – 31 ديسم…

Bilateral relationsPortuguese-India relations Portugal India Diplomatic missionEmbassy of Portugal, New DelhiEmbassy of India, LisbonEnvoyPortuguese Ambassador to India Carlos Pereira MarquesIndian Ambassador to Portugal Shri Manish Chauhan Relations between India and Portugal began amicably in 1947 when the former achieved independence. Relations went into decline after 1950 over Portugal's refusal to surrender its exclaves of Goa, Daman and Diu and Dadra and Nagar Haveli on India's west coast.…

Mellivora sivalensisПеріод існування: пліоцен Біологічна класифікація Царство: Тварини (Animalia) Тип: Хордові (Chordata) Клада: Синапсиди (Synapsida) Клас: Ссавці (Mammalia) Ряд: Хижі (Carnivora) Родина: Мустелові (Mustelidae) Рід: Медоїд (Mellivora) Вид: †M. sivalensis Біноміальна назва †Mellivora sivalensisFalconer & Cautley, 1868&#…

هبة مشاري حمادة معلومات شخصية تاريخ الميلاد 2 فبراير 1978 (العمر 45 سنة) الجنسية  الكويت الحياة العملية النوع دراما المهنة كاتبة قصص وسيناريو وحوار بوابة الأدب تعديل مصدري - تعديل   هبة مشاري حمادة (2 فبراير 1978 -)، كاتبة كويتية. حاصلة على شهادة الماجستير في الأدب والنقد. عرفت أ…

Poster untuk Pekan Apartheid Israel 2009, karya seni buatan Carlos Latuff Pekan Apartheid Israel atau Israeli Apartheid Week adalah sebuah serangkaian ceramah universitas dan pawai tahunan. Rangkaian tersebut diadakan pada bulan Februari atau Maret. Menurut organisasi tersebut, tujuan IAW adalah untuk mendidik masyarakat tentang alam Israel sebagai sebuah sistem apartheid dan untuk membangun kampanye-kampanye Boycott, Divestment and Sanctions (BDS) sebagai bagian dari penumbuhan gerakan BDS glob…

Pakistani actress (born 1997) Hania AamirBorn (1997-02-12) 12 February 1997 (age 26)Rawalpindi, Punjab, PakistanAlma materFAST-NUCESOccupationActressYears active2016–present Hania Aamir (born 12 February 1997)[1] is a Pakistani actress who appears in Urdu television and films. She began her acting career with the comedy film Janaan (2016) for which she fetched a nomination at Lux Style Award for Best Supporting Actress.[2] She has been described among the nation'…

Device that collects heat For producing electricity from solar radiation, see solar panel, solar cell, and photovoltaics. Water heating system deployed on a flat roof. The pipes that carry the heat away can be seen embedded in the absorber, a flat plate painted black. In this example the heat is stored in the tank above the panels. Part of a series onSustainable energy Energy conservation Arcology Building insulation Cogeneration Eco hotel Efficient energy use Energy storage Environmental planni…

بونيودكور شعار نادي بونيودكور الاسم الكامل نادي بونيودكور اللقب ---- تأسس عام 6 يوليو 2006 الملعب ستاد بونيودكور طشقند، أوزبكستان(السعة: 34,000) البلد أوزبكستان  الدوري دوري أوزبكستان 2014 الرابع الإدارة المالك ---- الرئيس ايسوك اخباروف المدير الفني سيرجي لوتشان المدرب ميرجلال قاس…

リビアの地図 リビアの都市の一覧。 人口上位10都市(2014年) 順位 都市 アラビア語 人口 地方 県 1. トリポリ طرابلس 1,126,000 トリポリタニア トリポリ県 2. ベンガジ بنغازي 631,555 キレナイカ ベンガジ県 3. ミスラタ مصراتة 500,000 トリポリタニア ミスラタ県 4. アルバイダ البيضاء 250,000 キレナイカ ジャバル・アル・アフダル県 5. ズリテン زليتن 231,000 トリポリタニ…

Public higher education institute in Germany Not to be confused with University of Mannheim. Mannheim University of Applied SciencesHochschule MannheimTypePublic University of Applied SciencesEstablished1898Budget€ 39.8 million[1]RectorProf. Dr. Angelika Altmann-DiesesAcademic staff368[2]Administrative staff119[2]Students5,300[2]LocationMannheim, Baden-Württemberg, Germany49°28′10.40″N 8°28′55.95″E / 49.4695556°N 8.4822083°E …

Species of fish African striped grunt Conservation status Least Concern (IUCN 3.1)[1] Scientific classification Domain: Eukaryota Kingdom: Animalia Phylum: Chordata Class: Actinopterygii Order: Perciformes Family: Haemulidae Genus: Parapristipoma Species: P. octolineatum Binomial name Parapristipoma octolineatum(Valenciennes, 1833) Synonyms[2] Pristipoma octolineatum Valenciennes, 1833 Diagramma octolineatum (Valenciennes, 1833) The African striped grunt (Parapristipoma…

Bruch Stadt Wipperfürth Koordinaten: 51° 10′ N, 7° 24′ O51.1747222222227.3980555555556299Koordinaten: 51° 10′ 29″ N, 7° 23′ 53″ O Höhe: 299 m ü. NN Postleitzahl: 51688 Vorwahl: 02195 Bruch (Wipperfürth) Lage von Bruch in Wipperfürth Bruch ist eine Ortschaft von Wipperfürth im Oberbergischen Kreis im Regierungsbezirk Köln in Nordrhein-Westfalen (Deutschland). Inhaltsverzeichnis 1 Lage und Beschreibung 2 Geschi…

Kembali kehalaman sebelumnya

Lokasi Pengunjung: 44.221.66.130