Share to: share facebook share twitter share wa share telegram print page

Hungaria

Hungaria

Magyarország (Hungaria)
Semboyan
Lagu kebangsaan
Himnusz
(Indonesia: "Himne Nasional Hungaria")
Lokasi  Hungaria  (hijau gelap)

– di Eropa  (hijau & abu-abu)
– di Uni Eropa  (hijau)

Lokasi Hungaria
Ibu kota
Budapest
47°26′N 19°15′E / 47.433°N 19.250°E / 47.433; 19.250
Bahasa resmiHungaria
Kelompok etnik
(sensus mikro 2016)
PemerintahanKesatuan parlementer republik konstitusional
• Presiden
Katalin Novák
Viktor Orbán
LegislatifOrszággyűlés
Pembentukan
895[2]
25 Desember 1000[3]
• Diduduki oleh Kesultanan Utsmaniyah
29 Agustus 1541
15 Maret 1848
20 Maret 1867
4 Juni 1920
20 Agustus 1949
• Republik Ketiga
23 Oktober 1989
• Bergabung dengan NATO
12 Maret 1999
• Bergabung dengan UE
1 Mei 2004
• Konstitusi saat ini
1 Januari 2012
Luas
 - Total
93.030 km2 (109)
 - Perairan (%)
0,74
Populasi
 - Perkiraan 2020
Penurunan 9.749.763[4] (91)
105/km2 (78)
PDB (KKB)2022
 - Total
Kenaikan $409 miliar[5] (54)
Kenaikan $42.132 (42)
PDB (nominal)2022[5]
 - Total
Kenaikan $184.651 miliar (58)
Kenaikan $18.983 (57)
Gini (2020) 28,3[6]
rendah
IPM (2021)Penurunan 0,846[7]
sangat tinggi · 46
Mata uangForint (Ft)
(HUF)
Zona waktuWaktu Eropa Tengah (CET)
(UTC+1)
 - Musim panas (DST)
UTC+2 (Waktu Musim Panas Eropa Tengah (CEST))
Lajur kemudikanan
Kode telepon+36
Kode ISO 3166HU
Ranah Internet.hu¹
  1. Juga .eu, berbagi dengan negara-negara anggota Uni Eropa lainnya.
Sunting kotak info
Sunting kotak info • Lihat • Bicara
Info templat
Bantuan penggunaan templat ini

Hungaria atau Hongaria (bahasa Hongaria: Magyarország) adalah sebuah negara terkurung daratan di Eropa tengah. Negara ini terletak pada Cekungan Karpatia dan berbatasan dengan Austria di sebelah barat, Slowakia di sebelah utara, Ukraina di sebelah timur, Rumania di sebelah tenggara, Kroasia dan Serbia di sebelah selatan, Slovenia di sebelah barat daya. Dalam bahasa setempat, negara ini dikenal sebagai Magyarország yang berarti "daerah Magyar". Hungaria membentuk kumpulan Visegrád bersama Polandia, Slowakia dan Republik Ceko. Kota terbesar dan ibu kotanya adalah Budapest. Hungaria juga termasuk anggota NATO, Uni Eropa, Organisasi Kerja sama dan Perkembangan Ekonomi, dan Perjanjian Schengen. Bahasa resminya adalah bahasa Hungaria, yang merupakan bahasa non-Indo-Eropa yang paling banyak dituturkan di Eropa.

Setelah masa pendudukan bangsa Keltik, Romawi, Hun, Slavia, Gepid, dan Avar, kerajaan Hungaria terbentuk pada akhir abad ke-9 oleh pangeran agung Hungaria bernama Arpad. Cucunya, Stephen I naik ke tampuk kekuasaan pada tahun 1000 M, mengubahnya menjadi kerajaan Kristen. Kerajaan Hungaria bertahan hingga 946 tahun dan pada beberapa waktu menjadi pusat kebudayaan dunia Barat. Setelah Pertempuran Mohács dan pendudukan oleh Kesultanan Utsmaniyah (1541-1699), Hungaria menjadi bagian dari Kekaisaran Habsburg, yang kemudian membentuk bagian dari Kekaisaran Austro-Hungaria.

Batas negara yang sekarang dipakai didasarkan pada Perjanjian Trianon (1920) setelah Perang Dunia I. Negara ini kehilangan lebih dari 71% wilayah, 58% penduduk, dan 32% etnis Hungaria. Di pihak Poros (Axis), Hungaria juga mengalami kerugian hebat pada Perang Dunia II. Selama empat dekade lebih masa pemerintahan komunis (1947-1989), negara ini mendapat sorotan dari dunia luas atas Revolusi 1956 dan pembukaan batas wilayahnya dengan Austria pada 1989, yang sebelumnya ditutup dengan Tirai Besi, yang mempercepat runtuhnya Blok Timur.

Pada 23 Oktober 1989, Hungaria kembali menjadi republik parlementer yang demokratis, dan kini termasuk dalam negara-negara berkembang. Hungaria juga terkenal sebagai tempat kunjungan wisata yang populer dengan menarik 10,2 juta pengunjung dalam satu tahun (2011). Negara ini menjadi rumah bagi gua air panas terbesar dan danau air panas terbesar kedua di dunia (Danau Héviz), danau terbesar di Eropa Tengah (Danau Balaton), dan padang rumput alami terbesar di Eropa (Hortobágyi).

Sejarah

Sebelum 895

Pada masa Kekaisaran Romawi, orang-orang Romawi menyebut wilayah ini Pannonia (sebelah barat Sungai Danube). Setelah Roma jatuh di bawah migrasi suku-suku Jermanik dan tekanan bangsa Karpia, Periode Migrasi terus mendatangkan banyak penyerang. Pertama-tama datang orang-orang Hun, yang membangun sebuah imperium yang kuat di bawah Attila. Nama "Hungaria" kemungkinan dipengaruhi oleh bangsa Hun, meskipun mungkin pula nama itu berasal dari nama aliansi Turk pada abad ke-7 yang disebut Onogur. Setelah pemerintahan orang-orang Hun memudar, suku-suku Jermanik lainnya, yaitu orang-orang Lombardi dan Gepid berkuasa di Pannonia selama sekitar 100 tahun. Pada masa itu pula suku-suku Slavia mulai bermigrasi ke selatan. Pada tahun 560-an, mereka digantikan oleh Avar yang kemudian berkuasa di negeri itu selama lebih dari dua abad. Orang-orang Prancis di bawah Charlemagne dari barat dan orang-orang Bulgar dari tenggara akhirnya berhasil menggulingkan orang-orang Avar pada awal abad ke-9. Tak lama kemudian, orang-orang Frankia mengundurkan diri, dan kerajaan Slavonik Moravia Raya serta Kepangeranan Balaton menguasai sebagian besar dari Pannonia hingga akhir abad itu. Akhirnya, bangsa Magyar bermigrasi ke Hungaria pada akhir abad ke-9.

Abad Pertengahan (895-1526)

Tradisi mengatakan bahwa bangsa Magyar (Hungaria) didirikan oleh Árpád, yang memimpin bangsa Magyar ke dataran Pannonia setelah tahun 895. Kerajaan Hungaria didirikan pada tahun 1000 oleh Raja Szent István I.

Mulanya sejarah Hungaria berkembang dalam sebuah segitiga-sejarah antara Polandia dan Bohemia, dengan banyak hubungan dengan para paus dan kaisar dari Kekaisaran Suci Romawi. Antara 12411242, sebagian Hungaria hancur dan banyak sekali orang yang meninggal di tangan tentara-tentara Mongol (Tatar) dari Batu Khan.

Perlahan-lahan Hungaria di bawah pemerintahan dinasti keluarga Árpád berubah menjadi sebuah kerajaan independen yang membentuk sebuah kebudayaan Eropa Tengah yang khas dengan ikatan peradaban Eropa Barat yang besar. Kerajaan Hungaria yang diperintah oleh keluarga Angevin sejak 1308, untuk waktu yang singkat membentangkan kekuasaannya terhadap Wallachia dan Moldova. Raja Matthias Corvinus yang tidak membentuk dinasti, anak dari János Hunyadi, memerintah Kerajaan Hungaria dari 1458 hingga 1490. Ia memperkuat Hungaria dan pemerintahannya. Di bawah pemerintahannya, Hungaria (khususnya bagian-bagian utara, sebagian darinya kini berada di Slowakia sekarang) menjadi pusat seni dan kebudayaan Eropa yang penting pada masa Renaisans. Kebudayaan Hungaria memengaruhi yang lainnya, misalnya Persemakmuran Polandia-Lithuania.

Zaman Ottoman (1526-1699)

Kemerdekaan Hungaria berakhir ketika negara itu ditaklukkan oleh Kesultanan Ottoman pada awal abad ke-16; bagian-bagian Hungaria yang tidak ditaklukkan oleh Ottoman, dianeksasi oleh Austria (yang penguasanya pada saat yang sama adalah juga raja-raja Hungaria) di bagian barat, dan menjadi Kepangeranan Transilvania yang independen di timur. Setelah 150 tahun, Austria dan sekutu-sekutu Kristennya merebut kembali wilayah yang menjadi Hungaria sekarang pada akhir abad ke-17 dari Kerajaan Ottoman yang Islam.

Pada akhir pengunduran diri orang-orang Turki, mulailah perjuangan antara bangsa Hungaria dan raja-raja Habsburg untuk mendapatkan perlindungan atas hak-hak para bangsawan (dengan demikian mempertahankan otonomi Hungaria). Perjuangan melawan absolutisme Austria dalam perjuangan kemerdekaan rakyat dipimpin oleh seorang bangsawan Transilvania, Ferenc II Rákóczi, antara 1704 dan 1711. Revolusi dan perang 1848–1849 menghapuskan serfdom dan menghasilkan hak-hak sipil. Orang-orang Austria akhirnya berhasil menang hanya karena bantuan Rusia.

Kekaisaran Austro-Hungaria

Berkat kemenangan melawan Austria oleh koalisi Prancis-Italia (Pertempuran Solferino, 1859) dan Prusia (Pertempuran Königgratz, 1866). Hungaria akhirnya pada 1867, berhasil menjadi bagian otonom dari Kekaisaran Austro-Hungaria (lihat Ausgleich). Setelah mencapai status ini, pemerintah Hungaria berusaha untuk secara nasional mempersatukan Kerajaan itu dengan Magyarisasi berbagai kelompok kebangsaan lainnya. Hal ini berlangsung hingga akhir Perang Dunia I, ketika kekaisaran Austro-Hungaria runtuh. Pada 16 November 1918, sebuah Republik Hungaria yang independen diproklamasikan.

Republik Hungaria

Pada Maret 1919 komunis mengambil alih kekuasaan, dan pada bulan April, Béla Kun memproklamasikan Republik Soviet Hungaria. Pemerintahan ini, seperti pendahulunya, terbukti pendek umurnya; setelah sejumlah kemenangan militer melawan tentara Cekoslovakia, orang-orang Rumania menyerang untuk menghalami peperangan di Transilvania. Pada Agustus lebih dari setengah wilayah Hungaria sekarang, termasuk Budapest, diduduki Rumania, yang berlangsung hingga November. Kekuatan militer kanan, yang dipimpin oleh Admiral Miklós Horthy dari bekas Austro-Hungaria, masuk ke Budapest menjelang keberangkatan tentara Rumania dan mengisi kekosongan kekuasaan. Pada Januari 1920, pemilu diadakan untuk sebuah parlemen satu kamar, dan Admiral Horthy dipilih menjadi Penguasa, dan dengan demikian secara resmi memulihkan Hungaria sebagai Kerajaan, meskipun tidak ada lagi raja-raja Hungaria, meskipun bekas Raja Habsburg berusaha kembali berkuasa. Horthy terus berkuasa dengan kekuasaan otokratik hingga 1944.

Pada Juni 1920, Perjanjian Trianon ditandatangani dan menetapkan perbatasan Hungaria. Dibandingkan dengan kerajaan sebelum perang, ukuran dan populasi dari Hungaria yang baru ini dikurangi dua pertiganya. Sekitar sepertiga dari penduduk Magyar menjadi minoritas di negara-negara tetangga. Oleh karena itu, politik dan budaya Hungaria dari masa antara-peperangan diwarnai dengan irredentisme dan revisionisme (pemulihan "Hungaria raya " dari masa abad ke-19 dengan cara apapun).

Horthy mengadakan persekutuan dengan Jerman Nazi pada tahun 1930-an, dengan harapan untuk memulihkan wilayah yang telah hilang setelah Perang Dunia I. Aliansi ini memang berhasil mengembalikan sejumlah wilayah kepada Hungaria dalam dua Arbitrase Wina. Hungaria lalu membantu pendudukan Jerman terhadap Kerajaan Yugoslavia, langsung menduduki Banat setelah itu, dan akhirnya ikut terlibat dalam Perang Dunia II pada 1941, terutama memerangi Uni Soviet. Pada Oktober 1944, Hitler menggantikan Horthy dengan kolaborator Nazi Hungaria Ferenc Szálasi dan Partai Salib Panahnya untuk mencegah beralihnya Hungaria ke pihak Sekutu, yang terus-menerus terancam sejak penyerbuan Sekutu terhadap Italia.

Hungaria memberlakukan sejumlah undang-undang anti-Semit selama tahun 1920-an dan 1930-an, dan sejumlah pembantaian terhadap orang-orang Yahudi oleh tentara Hungaria terjadi pada awal Perang Dunia II, namun Hungaria mulanya menolak untuk melakukan deportasi besar-besaran terhadap penduduk Yahudinya. Namun akhirnya, pada masa pendudukan Jerman, Partai Salib Panah dan para pejabat pemerintah ikut serta sepenuhnya dalam Holocaust: pada Mei dan Juni 1944, polisi Hungaria mendeportasikan hampir 440.000 orang Yahudi dalam lebih dari 145 kereta api, kebanyakan ke Auschwitz Holocaust Encyclopedia | United States Holocaust Memorial Museum. Akhirnya, lebih dari 533.000 orang Yahudi di Hungaria dibunuh pada masa Holocaust, ditambah lagi dengan beberapa puluh ribu orang Roma.

Setelah kekalahan Jerman Nazi, Hungaria menjadi bagian dari daerah pengarah Soviet dan dijadikan sebuah negara komunis setelah suatu masa demokrasi yang singkat pada 1946–1947. Setelah pemimpin Komunis 1948, Mátyás Rákosi, membentuk suatu pemerintahan Stalinis di negara itu, yang hampir tidak dapat ditanggung oleh negara yang tercabik-cabik oleh peperangan. Hal ini menyebabkan pecahnya Revolusi Hungaria 1956 dan Hungaria dinyatakan keluar dari Pakta Warsawa. Hal ini dijawab dengan intervensi militer besar-besaran oleh Uni Soviet. Dari tahun 1960-an hingga akhir 1980-an Hungaria menikmati status khusus sebagai "barak yang paling bahagia" di lingkungan blok Timur, di bawah pemerintahan almarhum pemimpin komunis yang kontroversial, János Kádár, yang menerapkan pemerintahan yang otokratis pada masa ini. Pada akhir tahun 1980-an, Hungaria memimpin gerakan untuk membubarkan Pakta Warsawa dan beralih kepada demokrasi multi-partai dan ekonomi yang berorientasi pasar. Setelah runtuhnya Uni Soviet pada 1991, Hungaria mengembangkan ikatan yang lebih erat dengan Eropa Barat, bergabung dengan NATO pada 1999 dan Uni Eropa pada 11 Mei 2004.

Lihat pula: Kerajaan Hungaria, Hungaria sebelum bangsa Magyar

Geografi

Peta Hungaria

Hungaria terletak pada antara garis lintang 45°-49° Lintang Utara dan garis bujur 16°-23° Bujur Timur.

Lanskap Hungaria terdiri dari tanah yang rata dan dataran yang merentang dari Basin Karpati, dengan bukit-bukit dan gunung-gunung yang rendah di utara sepanjang perbatasan Slowakia (titik tertinggi: Kékes pada ketinggian 1.014 m). Hungaria dibagi dua oleh aliran sungai utamanya, Sungai Donau (Duna); sungai-sungai besar lainnya termasuk Sungai Tisza dan Dráva, sementara bagian barat mempunyai Danau Balaton, sebuah danau utama. Danau hangat terbesar di dunia, Danau Hévíz (Hévíz Spa), terletak di Hungaria. Danau kedua terbesar di dunia terletak di Basin Karpatia (dan barangkali danau buatan terbesar di Eropa) adalah Danau Tisza (Tisza-tó).

Transdanubia adalah wilayah perbukitan utama yang medannya terdiri dari beragam gunung yang tidak terlalu tinggi, termasuk di dalamnya bagian paling timur dari Pegunungan Alpen. Perbukitan tersebut mencakup juga Pegunungan Alpokalja, bagian barat dari Pegunungan Transdanubia. serta Pegunungan Mecsek dan Pegunungan Villany di selatan. Titik tertinggi dari perbukitan Transdanubia terletak pada Írott-kő, yang termasuk bagian pegunungan Alpen, dengan ketinggian 882 meter.

Iklim

Hungaria mempunyai iklim benua, dengan musim dingin yang dingin, berawan, lembap, dan musim panas yang hangat hingga panas. Temperatur tahunan rata-rata adalah 9,7 °C. Temperatur yang ekstrem adalah sekitar 38 °C di musim panas dan −29 °C di musim dingin. Temperatur rata-rata di musim panas adalah 27 hingga 32 °C, dan di musim dingin 0 hingga −15 °C. Rata-rata curah hujan per tahun sekitar 600 mm. Sebuah wilayah yang kecil di selatan negara ini dekat Pécs menikmati iklim Mediterania.

Daerah Basin Karpatia yang relatif terisolasi membuatnya mudah terkena bencana kering dan pengaruh pemanasan global sudah terasa. Menurut pandangan masyarakat dan banyak ilmuwan pada beberapa dasawarsa terakhir, negara ini menjadi semakin kering, karena kekeringan kini sudah biasa terjadi, dan musim panas menjadi lebih panas, sementara musim dingin tidak begitu dingin. Karena alas an-alasan ini, salju menjadi jauh lebih jarang di wilayah ini daripada sebelumnya. Pandangan umum juga mengatakan bahwa sistem empat musim di sana telah berubah menjadi dua musim, karena musim semi dan musim gugur menjadi semakin pendek saja, bahkan dalam tahun-tahun tertentu malah tidak ada sama sekali.

Kebanyakan wilayah Hungaria ditutupi oleh hutan-hutan yang lebat dan tanah pegunungan.

Politik

Presiden, yang dipilih oleh parlemen setiap 5 tahun, umumnya mempunyai peran seremonial saja, namun kekuasaannya juga mencakup penunjukkan perdana menteri. Perdana Menteri memilih menteri-menteri kabinet dan mempunyai hak eksklusif untuk memberhentikannya. Masing-masing calon anggota kabinet muncul di depan satu atau lebih komite parlementer dalam acara dengar pendapat terbuka yang bersifat konsultatif dan harus secara formal disetujui oleh presiden.

Dewan Nasional (Országgyűlés), parlemen satu kamar yang beranggotakan 386 orang, adalah lembaga kekuasaan negara tertinggi dan mengusulkan serta menyetujui undang-undang yang disponsori oleh perdana menteri. Pemilihan umum parlementer nasional diselenggarakan setiap 4 tahun (pemilu berikutnya adalah 9 April 2006). Sebuah Pengadilan Konstitusional dengan 11 anggota mempunyai kekuasaan untuk menantang undang-undang bila dianggap tidak konstitusional

Pembagian administratif

Secara administratif Hungaria dibagi ke dalam 19 kabupaten. Namun selain itu, ada pula satu ibu kota (főváros): Budapest. Ada 23 kabupaten kota (bentuk tunggal: megyei jogú város) di Hungaria, yaitu:

Peta Hungaria
Peta Hungaria
Kabupaten kotaKabupaten (Ibu kota kabupaten)

Ekonomi

Gedung Parlemen di Budapest

Hungaria terus memperlihatkan pertumbuhan ekonomi yang kuat sebagai salah satu anggota terbaru Uni Eropa (sejak 2004). Bersama dengan Slovenia dan Republik Ceko, Hungaria memberikan salah satu standar kehidupan tertinggi di antara negara-negara Eropa Timur. Hungaria mengalami liberalisasi pasar pada tahun 1990-an sebagai bagian dari peralihan sistem ekonomi komunis menjadi sistem ekonomi pasar, senada dengan negara-negara lain yang pernah tergabung dalam Blok Timur. Hungaria termasuk dalam anggota Organisation of Economic Cooperation and Development (OECD) sejak 1995, anggota World Trade Organization (WTO) sejak 1996, dan anggota Uni Eropa sejak 2004.

Sektor swasta mewakili lebih dari 80% dari PDB. Hungaria mendapatkan hampir sepertiga dari semua investasi asing langsung yang mengalir ke Eropa Tengah. Pemilikan asing atas perusahaan-perusahaan Hungaria dan investasinya sangat luas, dengan investasi langsung asing kumulatif mencapai lebih dari 23 miliar dolar AS sejak 1989. Utang pemerintah Hungaria diupgrade pada 2000 hingga mencapai peringkat kedua tertinggi di antara semua ekonomi transisi Ekonomi Tengah. Inflasi dan pengangguran – keduanya merupakan kepedulian utama dalam 2001 – telah jauh berkurang. Langkah-langkah pembaruan ekonomi seperti pembaruan pemeliharaan kesehatan, pembaruan pajak, dan pendanaan pemerintahan lokal masih belum ditangani oleh pemerintahan sekarang.

Pemerintah Hungaria telah mengungkapkan niatnya untuk mengadopsi mata uang euro pada 2010, namun penggunaan mata uang ini saat ini baru pada tahap perencanaan awal.

Demografi

Dikarenakan migrasi dan perubahan luas wilayah yang signifikan, demografi Hungaria telah mengalami pasak surut sepanjang sejarahnya. Pada masa ini, Hungaria memiliki keberagaman etnis yang homogen. Berdasarkan Sensus Penduduk 2011, dari 8,5 juta penduduk yang menyatakan etnisnya, 98% dari mereka adalah etnis Hungaria.

Bahasa

Berdasarkan Sensus 2011, 9.896.333 jiwa (99.6%) berbicara bahasa Hungaria, di mana 9.827.875 orang (98.9%) menuturkannya sebagai bahasa pertama/bahasa ibu, sedangkan 68.458 orang (0.7%) menuturkannya sebagai bahasa kedua. Bahasa Hungaria termasuk dalam rumpun bahasa Uralik yang tidak berhubungan dengan bahasa-bahasa tetangganya dan berkerabat jauh dengan bahasa Finlandia dan bahasa Estonia. Bahasa Inggris (1.589.180 penutur, 16.0%) dan Bahasa Jerman (1.111.997 penutur, 11.2%) menjadi bahasa asing yang paling banyak dituturkan, sedangkan terdapat beberapa bahasa minoritas yang diakui di Hungaria (bahasa Kroasia, Jerman, Romania, Romani, Serbia, Slowakia, Slovenia, dan Ukraina).

Historis

  • sekitar 900 Masehi- menurut berbagai sumber 250.000 - 400.000 orang Magyar menetap di dataran Pannonia, yang dihuni terutama oleh orang-orang Slavia
  • 1222 - 2.000.000 pada masa Sapi Emas
  • 1242 - 1.200.000 setelah invasi Mongol-Tatar
  • 1370 - 2.500.000 pada masa raja-raja Angevin
  • 1490 - 4.000.000 sebelum penaklukan Ottoman (3,2 juta Magyar)
  • 1699 - 3.300.000 pada masa Perjanjian Karlowitz (kurang dari 2 juta Magyar)
  • 1711 - 3.000.000 pada akhir Perang Kuruc (1,6 juta Magyar)
  • 1790 - 8.000.000 (39% Magyar)
  • 1828 - 11.495.536
  • 1846 - 12.033.399
  • 1880 - 13.749.603 (46% Magyar)
  • 1900 - 16.838.255 (51.4% Magyar)
  • 1910 - 18.264.533 (54.5% Magyar, 5% Yahudi)
  • 1920 - 7.516.000 setelah Perjanjian Trianon (90% Magyar, 6,1% Yahudi)

Etnisitas

Sekitar 95% penduduk Hungaria adalah orang Hungaria, bahasa ibu mereka adalah bahasa Hungaria, sebuah bahasa Fino-Ugrik yang tidak berhubungan dengan bahasa mana pun di negara-negara tetangganya. Beberapa kelompok etnis minoritas juga ada di negara ini, yaitu orang Roma (2%), Jerman (1,2%), orang Rumania (0,8%), orang Slowakia (0,4%), orang Kroasia (0,2%), orang Serbia (0,2%) dan orang Ukraina (0,1%).

Agama

Kelompok agama terbesar di Hungaria adalah KatolikKatolik Roma dan Ortodoks Yunani – (sekitar 50% dari seluruh penduduk), dengan minoritas Calvinis (sekitar 30%) dan Lutheran (5%). Orang Yahudi kini sekitar 1% dari seluruh populasi. Namun angka-angka resmi ini tidak sepenuhnya representatif, karena rakyat Hungaria tidak religius; tidak lebih dari 25% aktif menjalankan agamanya. Lebih jauh, penindasan terhadap agama oleh rezim Komunis selama 50 tahun telah membuat agama kebanyakan dipeluk hanya oleh orang-orang lanjut usia yang tidak lagi menghadapi risiko dalam mendapatkan berbagai kesempatan di masyarakat.

Karena alasan-alasan historis, sejumlah besar penduduk minoritas Hungaria dapat ditemukan di negara-negara tetangga, khususnya di Ukraina (di daerah Transkarpatia), Slowakia, Rumania (di Transilvania), dan Serbia (di Vojvodina). Austria (di Burgenland), Kroasia, dan Slovenia juga mempunyai sejumlah etnik Magyar.

Minoritas

Orang-orang Roma mengalami masalah khusus di Hungaria. Saat ini lebih dari 70% dari anak-anak Roma menyelesaikan pendidikan dasar (SD) tetapi hanya sepertiga yang melanjutkan belajarnya ke tingkat sekolah menengah. Ini jauh lebih rendah daripada 90% proporsi anak-anak non-Roma yang melanjutkan belajarnya pada tingkat menengah. Situasi ini menjadi lebih parah oleh kenyataan bahwa kebanyakan dari orang-orang muda Roma memenuhi syarat dalam mata pelajaran yang memberikan mereka kesempatan yang terbatas untuk bekerja. Kurang dari 1% dari orang-orang Roma memiliki ijazah pendidikan tinggi.

Budaya

Budaya Hungaria sangat beragam dan kaya.

Arsitektur

Hungaria mempunyai sinagog terbesar di Eropa (Great Synagogue) yang dibangun pada tahun 1859 dengan gaya Moorish yang dapat menampung 3000 orang; kolam pengobatan terbesar di Eropa (Széchenyi Medicinal Bath), yang selesai dibangun pada 1913 dengan gaya renaissance modern dan terletak di taman kota; gedung Parlemen yang merupakan gedung terbesar di Eropa (dengan panjang 268 meter); salah satu basilika terbesar di Eropa (Esztergom Basilica); biara kedua terluas di dunia (Pannonhalma Archabbey); dan Early Christian Necropolis terbesar di luar Italia (Pecs).

Musik

Musik Hungaria pada umumnya terdiri dari musik rakyat dan musik oleh para komponis Romantik dan Barok terkemuka seperti misalnya Franz Liszt, Béla Bartók dan Zoltán Kodály (meskipun Kodály terutama mengarang musik dengan unsur-unsur tradisional). Musik tradisional Hungaria cenderung mempunyai irama dactyl yang kuat, seperti halnya bahasanya sendiri yang biasanya memberikan tekanan suku kata pertama dari setiap kata.

Musik Hungaria pada umumnya terdiri dari musik rakyat dan musik oleh para komponis Romantik dan Barok terkemuka seperti misalnya Ferenc Liszt, Béla Bartók dan Zoltán Kodály (meskipun Kodály terutama mengarang musik dengan unsur-unsur tradisional). Musik tradisional Hungaria cenderung mempunyai irama dactyl yang kuat, seperti halnya bahasanya sendiri yang biasanya memberikan tekanan suku kata pertama dari setiap kata.

Masakan

Masakan Hungaria juga merupakan ciri yang menonjol dari budaya Hungaria, dengan makanan-makanan tradisional seperti misalnya goulash, suatu ciri utama dari makanan Hungaria. Makanan sering kali diberi bumbu paprika. Sup daging sering kali mengandung unsur-unsur yang khas, seperti daging babi atau daging sapi, seperti misalnya sup daging pörkölt.

Penemuan

Hungaria terkenal karena lembaga matematikanya yang telah mendidik banyak pemenang Hadiah Nobel. Contoh matematikawan Hungaria terkenal termasuk Pál Erdős yang terkenal karena menerbitkan buku dalam lebih dari 40 bahasa dan yang angka Erdősnya masih ditelusuri, John von Neumann yang merupakan salah satu perintis dalam komputasi digital, Eugene Wigner, dan masih banyak lagi lainnya.

Bangsa Hungaria juga sangat bangga akan penemuan-penemuan mereka, yang mencakup holografi, korek api, teori tentang bom hidrogen, bolpen, kubus Rubik dan bahasa pemrograman BASIC. János Bolyai, seorang matematikawan Hungaria berperan besar dalam penemuan geometri non-Euclides.

Sastra

Sastra Hungaria juga sangat kaya, meskipun tidak begitu banyak dikenal di luar negeri karena keterbatasan pengetahuan tentang bahasanya. János Arany adalah seorang penyair terkenal Hungaria yang banyak menulis puisi yang sangat terkenal Sándor Márai dan Imre Kertész mendapatkan pujian baru-baru ini. Kertész telah memenangkan Penghargaan Nobel untuk sastra.

Olahraga

Bangsa Hungaria juga terkenal akan keunggulan mereka dalam olahraga air, terutama renang, polo air dan kano; semua ini mungkin agak mengejutkan karena Hungaria tidak memiliki pantai. Di pihak lain, kehadiran dua sungai utama (Duna/Tisza) dan sebuah danau besar (Balaton) memberikan kesempatan yang sangat baik untuk berlatih dalam cabang-cabang olahraga tersebut.

Hungaria mempunyai sejarah sepak bola yang cemerlang: memenangkan tiga medali emas Olimpiade, menjadi juara kedua pada Piala Dunia 1938 dan 1954, dan juara ketiga pada Kejuaraan Sepak bola Eropa 1964. Hungaria merevolusi sepak bolanya pada tahun 1950-an, dengan gaya total football dan mendominasi persebakbolaan dunia dengan Goldem Team dengan legendanya Ferenc Puskas, yang menjadi topskor sepanjang abad ke-20.

Referensi

  1. ^ Vukovich, Gabriella (2018). Mikrocenzus 2016 – 12. Nemzetiségi adatok [2016 microcensus – 12. Ethnic data] (PDF). Hungarian Central Statistical Office (dalam bahasa Hungaria). Budapest. ISBN 978-963-235-542-9. Diakses tanggal 10 January 2019. 
  2. ^ Encyclopedia Americana, Volume 1, Scholastic Library Pub., 2006, p. 581
  3. ^ University of British Columbia. Committee for Medieval Studies, Studies in medieval and renaissance history, Committee for Medieval Studies, University of British Columbia, 1980, p. 159
  4. ^ "Magyar Népesség". www.datacommons.com. Diakses tanggal 20 Agustus 2022. 
  5. ^ a b "World Economic Outlook Database, October 2022". IMF.org. Dana Moneter Internasional. Oktober 2022. Diakses tanggal 11 Oktober 2022. 
  6. ^ "Gini coefficient of equivalised disposable income – EU-SILC survey". ec.europa.eu. Eurostat. Diakses tanggal 9 Agustus 2021. 
  7. ^ "Human Development Report 2021/2022" (PDF) (dalam bahasa Inggris). Program Pembangunan PBB. 8 September 2022. Diakses tanggal 8 September 2022. 

Lihat pula

Bacaan lebih lanjut

  • Negara dan Bangsa Jilid 7: Eropa, Amerika Utara. Jakarta: Widyadara. 1988. ISBN 979-8087-06-2.  (Indonesia)

Pranala luar


Kesalahan pengutipan: Ditemukan tag <ref> untuk kelompok bernama "note", tapi tidak ditemukan tag <references group="note"/> yang berkaitan

Baca informasi lainnya:

Uma Musume Pretty Derbyウマ娘 プリティーダービー(Uma Musume Puritī Dābī)Genrekomedi, olahraga (pacuan kuda)PenciptaCygames MangaUma Musume Pretty Derby: Haru Urara Ganbaru!PengarangZECOPenerbitCycomicsTerbitMei 2016 – September 2016 MangaStarting Gate!: Uma Musume Pretty DerbyPengarangS. KosugiPenerbitCycomicsTerbit25 Maret 2017 – sekarangVolume4 MangaUmayonPengarangSatoshi Ito (cerita), Jet Kuma (gambar)PenerbitCycomics Seri animeSutradaraKei OikawaSkenarioAkihiko IshiharaMas…

Lenguas yumano-cochimíesDistribución geográfica Valle del bajo río Colorado, California y Baja California.Países México Estados UnidosFiliación genética macrofamilia hokana (?)   Hokano central (?)     Pomo-yumano       L. Yumano-CochimíSubdivisiones CochimíYumano  Yumano californiano  Yumano del Valle  Lenguas pai  Kiliwa [editar datos en Wikidata] Las lenguas yumano-coch…

Les Ardillats Entidad subnacional Les ArdillatsLocalización de Les Ardillats en Francia Coordenadas 46°10′46″N 4°32′26″E / 46.179444444444, 4.5405555555556Entidad Comuna de Francia • País  Francia • Región Auvernia-Ródano-Alpes • Departamento Ródano • Distrito Villefranche-sur-Saône • Cantón Belleville • Mancomunidad Saône BeaujolaisAlcalde Jean-Michel Morey(2014-2020)Superficie   • Total 23.10 km²Altit…

Partai Katolik Dibentuk1918IdeologiPancasilaAgamaGereja Katolik RomaPolitik IndonesiaPartai politikPemilihan umum Partai Katolik adalah sebuah partai politik berhaluan Katolik Roma di Indonesia, yang merupakan kelanjutan dari Indische Katholieke Partij yang didirikan bulan November 1918. Sejarah Partai Katolik yang lahir kembali pada tanggal 12 Desember 1945 dengan nama PKRI (Partai Katolik Republik Indonesia) merupakan kelanjutan dari atau sempalan dari Katolik Jawi yang dulunya bergabung denga…

У этого термина существуют и другие значения, см. Скриб. Эжен СкрибEugène Scribe Дата рождения 25 декабря 1791(1791-12-25) Место рождения Париж Дата смерти 21 февраля 1861(1861-02-21) (69 лет) Место смерти Париж Гражданство  Франция Род деятельности драматург, либреттист Жанр театр и роман

Deepwater Horizon Título Marea negra (España)Horizonte profundo (Hispanoamérica)Ficha técnicaDirección Peter BergProducción Lorenzo di BonaventuraMark VahradianDavid WomarkMark WahlbergStephen LevinsonGuion Matthew SandMatthew Michael CarnahanBasada en Deepwater Horizon's Final Hours por David BarstowDavid RohdeStephanie SaulMúsica Steve Jablonsky[1]​Fotografía Enrique ChediakMontaje Colby Parker Jr.Gabriel FlemingVestuario Kasia Walicka MaimoneProtagonistas Mark WahlbergKurt Russe…

زهور الوطاسية   معلومات شخصية مواطنة المغرب  تعديل مصدري - تعديل   الزهراء (والمشهورة بزهور) بنت منصور بن زيان الوطاسي أخت أبي الحجاج يوسف الوطاسي، هي أميرة مغربية لعبت دورا مهما في آخر الدولة المرينية وأول عهد الدولة الوطاسية. بقيت فاس تحت حكمها نحو عام كامل بين 875هـ -.&…

2022 American film by Lori Evans Taylor Bed RestTheatrical release posterDirected byLori Evans TaylorWritten byLori Evans TaylorProduced by James Vanderbilt William Sherak Paul Neinstein Lori Evans Taylor Melissa Barrera Starring Melissa Barrera Guy Burnet CinematographyJean-Philippe BernierEdited byLiz CalandrelloMusic byChris ForsgrenProductioncompanies STXfilms Project X Entertainment BondIt Media Capital Distributed byTubi (United States)STXinternational (International)Release dateDecember 7…

This article needs additional citations for verification. Please help improve this article by adding citations to reliable sources. Unsourced material may be challenged and removed.Find sources: Thermal management of high-power LEDs – news · newspapers · books · scholar · JSTOR (May 2008) (Learn how and when to remove this template message) Typical LED package including thermal management design Thermal animation of a high powered A19 sized LED light bulb…

1-а окрема Чехословацька піхотна бригада (чеськ. 1. československý samostatný polní prapor) — сформована 1943 в СРСР з громадян Чехословаччини (емігрантів і втікачів) для протинімецької боротьби, відповідно до радянсько-чехословацької угоди «Про спільні дії у війні проти фашистської Німе…

Gambar peta Yunani kuno, bangsa Yunani kuno adalah bangsa pertama yang menggunakan kata Esoteris Esoterik berasal dari kata Yunani kuno ἐσωτερικός (esōterikós) yang berarti suatu hal yang diajarkan atau dapat dimengerti oleh sekelompok orang tertentu dan khusus, dapat juga berarti suatu hal yang susah untuk dipahami.[1] Esoterik berasal dari kata esotericism (esoterikisme) yakni pemikiran filsafat mengenai proses evolusi dari manusia dan makhluk hidup lainnya.[2] Ilm…

Tensiones en el área de contacto cargados simultáneamente con una fuerza normal y tangencial. Tensiones visibles usando fotoelasticidad. El área de la mecánica de contacto se ocupa del análisis de los cuerpos elásticos, viscoelásticos o plásticos que se encuentran en contacto estático o dinámico. La mecánica de contacto es una disciplina fundamental dentro de la ingeniería para el diseño de sistemas técnicos basados en la seguridad y el ahorro de energía. Los principios de la mec

German footballer Karl Allgöwer Personal informationFull name Karl AllgöwerDate of birth (1957-01-05) 5 January 1957 (age 66)Place of birth Geislingen an der Steige, West GermanyHeight 1.86 m (6 ft 1 in)Position(s) MidfielderYouth career SV Altenstadt SC GeislingenSenior career*Years Team Apps (Gls)1977–1980 Stuttgarter Kickers 116 (59)1980–1991 VfB Stuttgart 338 (129)Total 454 (188)International career1980–1986 West Germany 10 (0)1980–1982 West Germany B 2 (1) *Clu…

Intercollegiate sports teams of North Carolina Central University North Carolina Central EaglesUniversityNorth Carolina Central UniversityConferenceMEAC (primary)NEC (men's & women's golf)NCAADivision I (FCS)Athletic directorIngrid Wicker-McCreeLocationDurham, North CarolinaVarsity teams14Football stadiumO'Kelly-Riddick StadiumBasketball arenaMcDougald-McLendon GymnasiumBaseball stadiumDurham Athletic ParkMascotEddieNicknameEaglesColorsMaroon and gray[1]   We…

Stardock CentralDeveloper(s)StardockOperating systemMicrosoft WindowsTypeContent deliveryLicenseProprietary / FreewareWebsitehttp://www.stardock.com/products/sdcentral/ Stardock Central was a software content delivery and digital rights management system used by Stardock customers to access components of the Object Desktop, TotalGaming.net and ThinkDesk product lines, as well as products under the WinCustomize brand. Introduced in 2001 to access games on TotalGaming.net (then known as the Drengi…

Constituent college of Delhi University For other uses, see Sri Venkateswara College (disambiguation). This article uses bare URLs, which are uninformative and vulnerable to link rot. Please consider converting them to full citations to ensure the article remains verifiable and maintains a consistent citation style. Several templates and tools are available to assist in formatting, such as reFill (documentation) and Citation bot (documentation). (August 2022) (Learn how and when to remove this t…

Railway station in Heilongjiang Province, China This article needs additional citations for verification. Please help improve this article by adding citations to reliable sources. Unsourced material may be challenged and removed.Find sources: Jiamusi railway station – news · newspapers · books · scholar · JSTOR (January 2021) (Learn how and when to remove this template message) Jiamusi佳木斯Jiamusi railway station佳木斯火车站General informationLo…

1982 studio album by Sly and the Family StoneAin't but the One WayStudio album by Sly and the Family StoneReleasedSeptember 14, 1982[1]Recorded1974-81GenreFunkLength34:15LabelWarner Bros.ProducerStewart Levine, Sly StoneSly and the Family Stone chronology Back on the Right Track(1979) Ain't but the One Way(1982) I'm Back! Family & Friends(2011) Ain't but the One Way is the tenth and final studio album by Sly and the Family Stone, released by Warner Bros. Records in September …

This article needs additional citations for verification. Please help improve this article by adding citations to reliable sources. Unsourced material may be challenged and removed.Find sources: AXN Portuguese TV channel – news · newspapers · books · scholar · JSTOR (June 2023) (Learn how and when to remove this template message) Television channel Sony AXNCountrySpainBroadcast areaPortugalAngolaMozambiqueProgrammingPicture format1080i HDTV(downscale…

This article is an orphan, as no other articles link to it. Please introduce links to this page from related articles; try the Find link tool for suggestions. (April 2020) Saleh al-Badriصالح البدريBorn1893SamarraDied1943BaghdadNationalityIraqiAlma materAl-Rashdiya SchoolOccupation(s)Poet, translator and novelist Sayyid Saleh Mahdi al-Badri (1893 - 1943) was an Iraqi poet. He was born in the city of Samarra, then part of the Ottoman Empire, where he was educated and then at Al-Rash…

Kembali kehalaman sebelumnya

Lokasi Pengunjung: 44.210.83.132