Share to: share facebook share twitter share wa share telegram print page

Kabupaten Serang

Kabupaten Serang
Transkripsi bahasa daerah
 • Aksara Sundaᮞᮦᮛᮀ
 • Cacarakanꦱꦺꦫꦁ
 • Pegonسيراڠ
Pemandangan di Pantai Anyer.
Lambang resmi Kabupaten Serang
Motto: 
Sepi ing pamrih, rame ing gawe
(Jawa) Bekerja tanpa mengharap imbalan apa pun
Peta
Peta
Kabupaten Serang di Jawa
Kabupaten Serang
Kabupaten Serang
Peta
Kabupaten Serang di Indonesia
Kabupaten Serang
Kabupaten Serang
Kabupaten Serang (Indonesia)
Koordinat: 6°09′S 106°00′E / 6.15°S 106°E / -6.15; 106
Negara Indonesia
ProvinsiBanten
Tanggal berdiri8 Oktober 1526 (umur 497)[1]
Dasar hukumPeraturan Daerah Kabupaten Tingkat II Serang No.17 Tahun 1985
Ibu kotaCiruas
Jumlah satuan pemerintahan
Daftar
Pemerintahan
 • BupatiRatu Tatu Chasanah
Luas
 • Total1.469,66 km2 (567,44 sq mi)
Populasi
 (31 Desember 2023)[3]
 • Total1.730.532
 • Kepadatan1,200/km2 (3,000/sq mi)
Demografi
 • Agama
  • 99,14% Islam
  • 0,04% Buddha
  • 0,02% Hindu[3]
 • BahasaIndonesia, Sunda Banten, Jawa serang, Lampung Cikoneng
 • IPMKenaikan 66,82 (2021)
sedang[4]
Zona waktuUTC+07:00 (WIB)
Kode BPS
3604
Pelat kendaraanA
Kode Kemendagri36.04
DAURp 1.131.178.667.000.- (2020)[5]
Situs webwww.serangkab.go.id


Kabupaten Serang (bahasa Sunda: ᮞᮦᮛᮀ) adalah adalah sebuah kabupaten yang terletak di provinsi Banten, Indonesia. Secara hukum, kabupaten ini beribu kota di Kecamatan Ciruas. Kabupaten ini terletak di ujung barat laut pulau Jawa. Kabupaten Serang berbeda dengan Kota Serang yang telah dimekarkan pada tahun 2007. Wilayah ini berada di kawasan metropolitan Serang Raya.

Sejarah

Sejarah Kabupaten Serang tentunya tidak terlepas dari sejarah Banten pada umumnya, karena Serang semula merupakan bagian dari wilayah Kesultanan Banten yang berdiri pada Abad ke-16 dan pusat pemerintahannya terletak di daerah Serang.

Sebelum abad ke-16, informasi tentang Banten tidak banyak tercatat dalam sejarah, konon pada mulanya Banten masih merupakan bagian dari kekuasaan Kerajaan Sunda, penguasa Banten pada saat itu adalah Raga Mulya|Prabu Pucuk Umum, Putra dari Prabu Sidaraja Pajajaran.

Pusat Pemerintahannya bertempat di Banten Girang (±3 Km di selatan Kota Serang) pada abad ke-6, Islam mulai masuk ke Banten yang didakwah oleh Sultan Syarif Hidayatullah (dikenal Sunan Gunung Jati) yang secara berangsur-angsur mengembangkan Agama Islam di Banten dan sekitarnya serta dapat menaklukan pemerintahan Prabu Pucuk Umum (Tahun 1524-1525 M).

Selanjutnya Beliau mendirikan Kesultanan Islam di Banten dengan mengangkat putranya bernama Sultan Maulana Hasanuddin menjadi Sultan Banten yang pertama yang berkuasa selama ± 18 tahun (Tahun 1552-1570 M). Atas prakarsa Sunan Gunung Jati, pusat pemerintahan yang semula bertempat di Banten Girang dipindahkan ke Surosowan, Banten Lama (Banten lor) yang terletak ±10 Km di sebelah utara Kota Serang.

Setelah Sultan Maulana Hasanuddin wafat (Tahun 1570), digantikan oleh putranya yang bernama Sultan Maulana Yusuf sebagai Sultan Banten yang kedua (Tahun 1570-1580 M) dan selanjutnya diganti oleh Sultan yang ketiga, keempat dan seterusnya sampai dengan terakhir Sultan yang ke-21 yaitu Sultan Muhammad Shafiuddin yang berkuasa pada Tahun 1809 sampai dengan 1813. Periode Kesultanan Islam di Banten berjalan selama kurun waktu ±264 tahun, yaitu dari tahun 1552 sampai 1813.

Pada zaman Kesultanan ini banyak terjadi peristiwa-peristiwa penting, terutamma pada akhir abad ke-16 (Juni 1596), Perusahaan (pada masa itu perusahaan dikenal "Kompeni" oleh rakyat Banten dan seluruh kerajaan di Nusantara) Compagnie van Verre dari Belanda datang untuk pertama kalinya mendarat di Pelabuhan Banten dibawah pimpinan Cornelis de Houtman dengan maksud untuk berdagang.

Namun sikap yang congkak dari orang-orang Belanda tidak menarik simpati dari pemerintah dan rakyat Banten saat itu, sehingga sering timbul ketegangan diantara masyarakat Banten dengan Kompeni Belanda.

Pada saat tersebut, Sultan yang bertahta di Banten adalah Sultan yang ke-4 yaitu Sultan Abdul Mufakhir yang waktu itu masih berusia lima bulan, sedangkan yang bertindak sebagai walinya adalah Mangkubumi Jayanegara yang wafat kemudian pada tahun 1602 dan diganti oleh saudaranya yaitu Yudha Nagara.

Pada Tahun 1608 Pangeran Ranamanggala diangkat sebagai Patih Mangkubumi. Sultan Abdul Mufakir mulai berkuasa penuh dari tahun 1624-1651 dengan Pangeran Ranamanggala sebagai Patih dan penasehat utamanya. Sultan Banten yang ke-6 adalah Sultan Abdul Fatah cucu Sultan ke-5 yang terkenal dengan julukan Sultan Ageng Tirtayasa yang memegang tampuk pemerintahan dari tahun 1651-1680 (selama ±30 tahun).

Pada masa pemerintahannya, bidang politik, Perekonomian, Perdagangan, Pelayaran maupun Kebudayaan berkembang maju dengan pesat dan kegigihan dalam menetang Kompeni Belanda. Atas jasa kepahlawanannya dalam perjuangan menentang Kompeni Belanda, maka berdasarkan Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia, Sultan Ageng Tirtayasa dianugerahi kehormatan predikat sebagai Pahlawan Nasional.

Pada waktu berkuasanya Sultan Ke-6, sering terjadi bentrokan dan perang dengan para Kompeni VOC dari Belanda yang pada waktu itu telah berkuasa di Batavia. Dengan cara Politik Adu Domba (Belanda: Devide Et Impera) terutama dilakukan antara Sultan Ageng Tirtayasa yang anti Kompeni dengan putranya Sultan Abdul Kahar (dikenal dengan Sultan Haji) yang pro Kompeni Belanda dapat melumpuhkan kekuasaan Sultan Ageng Tirtayasa.

Sultan Ageng Tirtayasa akhirnya tidak berdaya dan menyingkir ke pedalaman Banten. Namun dengan bujukan Sultan Haji, Sultan Ageng Tirtayasa dapat ditangkap kemudian ditahan dan dipenjarakan di Batavia hingga wafatnya pada tahun 1692.

Namun sekalipun Sultan Ageng Tirtayasa sudah wafat, perjuangan melawan Kompeni Belanda terus berkobar dan dilanjutkan oleh pengikutnya yang setia dengan gigih dan pantang menyerah.

Sejak wafatnya Sultan Ageng Tirtayasa, maka kesultanan Banten mulai mengalami kemunduran, karena Sultan Haji dan para Sultan berikutnya sudah mulai terpengaruh oleh kompeni Belanda sehingga pemerintahannya mulai labil dan lemah.

Pada tanggal 19 Agustus 1816, kekuasaan di Hindia Belanda dikembalikan oleh Inggris kepada Belanda setelah sebelumnya disepakati dalam Konvensi London yang diadakan pada tanggal 13 Agustus 1814. Kekuasaan di Hindia Belanda kemudian diambil alih oleh Van Der Capellen sebagai Gubernur Jenderal Hindia Belanda. Ia mengambil alih kekuasaan Banten dari Muhammad Rafiudin yang saat itu menjabat sebagai Bupati Sultan Banten. Pemerinta Hindia Belanda kemudian membagi wilayah Banten menjadi tiga kabupaten dan menetapkan ibu kotanya masing-masing. Pertama ialah Kabupaten Banten Utara dengan beribu kota di Serang. Kedua ialah Kabupaten Banten Selatan dengan beribu kota di Lebak. Ketiga ialah Kabupaten Banten Barat dengan beribukota di Caringin. Masing-masing kabupaten dipimpin oleh seorang bupati.[6] Bupati pertama untuk Serang diangkat Pangeran Aria Adi Santika dengan pusat pemerintahannya tetap bertempat di keraton Kaibon.

Pada tanggal 3 Maret 1942, Tentara Jepang masuk ke Daerah Serang di Pantai Bojonegara (Jepang mendarat pertama kali di Nusantara melalui Pulau Tarahan). Jepang mengambil alih Karesidenan Banten Belanda: Bantam Residentie yang pada waktu itu dikuasai oleh Hindia Belanda, sedangkan Bupatinya tetap dari pribumi yaitu RM Jayadiningkrat. Kekuasaan Jepang berjalan selama kurang lebih tiga setengah tahun.

Setelah tanggal 17 Agustus 1945, kekuasaan Karesidenan Banten beralih dari tangan Jepang kepada Republik Indonesia dan sebagai Residennya adalah K.H. Tb. Achmad Chatib serta sebagai Bupati Serang adalah KH. Syam’un, sedangkan untuk jabatan Wedana dan Kepala Camat banyak diangkat dari para Tokoh Ulama.

Dengan datangnya Tentara Belanda ke Indonesia yang menimbulkan Agresi ke I sekitar Tahun 1964-1947. Daerah Banten (terutama Daerah Serang) menjadi Daerah Blokade yang dapat bertahan dari masuknya serbuan Belanda, dan putus hubungan dengan Pemerintah Pusat yang pada saat Indonesia telah membentuk negara federal Republik Indonesia Serikat yang beribu kota di Kota Yogyakarta, sehingga daerah Banten dengan ijin Pemerintah Pusat mencetak uang sendiri yaitu Oeang Republik Indonesia Daerah Banten yang dikenal dengan "ORIDAB".

Pada tanggal 19 Desember 1948, Agresi II baru dari Serdadu Belanda dapat memasuki Daerah Serang untuk selama satu tahun dan setelah KMD Tahun 1949, Belanda meninggalkan kembali Daerah Banten/Serang, yang selanjutnya daerah Serang menjadi salah satu daerah kabupaten di wilayah Provinsi Jawa Barat.

Pada tanggal 4 Oktober 2000, seluruh fraksi Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia bersepakat dalam menetapkan undang-undang mengenai pembentukan Provinsi Banten.[7] Provinsi Banten dibentuk sebagai hasil pemekaran wilayah Provinsi Jawa Barat berdasarkan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2000. Salah satu kabupaten yang ditetapkan menjadi bagian dari Provinsi Banten adalah Kabupaten Serang.[8]

Kemudian sejak adanya Jabatan Regent atau Bupati pada Tahun 1826 sampai sekarang, telah terjadi 32 kali pergantian Bupati.

Berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Tingkat II Serang Nomor 17 Tahun 1985 tentang Hari Jadi Kabupaten Serang, pada Bab II Penetapan Hari Jadi Pasal 2, yaitu: Hari Jadi Kabupaten Serang ditetapkan pada tanggal 8 Oktober Tahun 1526.

Geografi

Kabupaten Serang memiliki luas wilayah 1.467,35 km2, dan populasi mencapai 1.402.818 pada Sensus 2010[9] dan 1.622.630 pada Sensus 2020.[10] Penduduk daratan Kota Cilegon, Kota Serang dan Kabupaten Serang jika dijumlah menjadi 2.749.627 dengan daratan seluas 1.909,56 km2, dan kepadatan 1.440 per km2.[11] Kota Cilegon dan Kota Serang merupakan semi-enklave Kabupaten Serang.

Kabupaten ini berada di ujung barat laut Pulau Jawa, berbatasan dengan Laut Jawa, dan Kota Serang di utara, Kabupaten Tangerang di timur, Kabupaten Lebak di selatan, serta Kota Cilegon di barat.

Batas Wilayah

Utara Kota Serang dan Laut Jawa
Timur Kabupaten Tangerang
Selatan Kabupaten Lebak dan Kabupaten Pandeglang
Barat Kota Cilegon dan Selat Sunda

Topografi

Secara topografi, Kabupaten Serang merupakan wilayah dataran rendah dan pegunungan dengan ketinggian antara 0 sampai 1.778 m di atas permukaan laut. Fisiografi Kabupaten Serang dari arah utara ke selatan terdiri dari wilayah rawa pasang surut, rawa musiman, dataran, perbukitan dan pegunungan.

Bagian utara merupakan wilayah yang datar dan tersebar luas sampai ke pantai, kecuali sekitar Gunung Sawi, Gunung Terbang dan Gunung Batusipat. Dibagian selatan sampai ke barat, Kabupaten Serang berbukit dan bergunung antara lain sekitar Gunung Kancana, Gunung Karang dan Gunung Gede.

Daerah yang bergelombang tersebar di antara kedua bentuk wilayah tersebut. Hampir seluruh daratan Kabupaten Serang merupakan daerah subur karena tanahnya sebagian besar tertutup oleh Tanah Endapan Alluvial dan Batu Vulkanis Kuarter.

Potensi tersebut ditambah banyak terdapat pula sungai-sungai yang besar dan penting yaitu Sungai Ciujung, Sungai Cidurian, Sungai Cibanten, Sungai Cipaseuran, Sungai Cipasang dan Sungai Anyar yang mendukung kesuburan daerah-daerah pertanian di Kabupaten Serang.

Iklim Cuaca

Iklim di wilayah Kabupaten Serang termasuk tropis dengan musim hujan antara November-April dan musim kemarau antara Mei-Oktober. Curah hujan rata-rata 3,92 mm/hari. Temperatur udara rata-rata berkisar antara 25,8°–27,6 °C.

Temperatur udara di Kabupaten Serang minimum 20,90 °C dan maksimum 33,8 °C. Tekanan udara dan kelembaban rata-rata 81,00 mb/bulan. Kecepatan arah angin rata-rata 2,80 knot, dengan arah terbanyak adalah dari barat.

Data iklim Kabupaten Serang, Banten, Indonesia
Bulan Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agt Sep Okt Nov Des Tahun
Rata-rata tertinggi °C (°F) 31.2
(88.2)
31.4
(88.5)
32
(90)
32.5
(90.5)
33.7
(92.7)
32.7
(90.9)
31.8
(89.2)
31.9
(89.4)
33.6
(92.5)
34.4
(93.9)
33.2
(91.8)
32.8
(91)
32.6
(90.72)
Rata-rata harian °C (°F) 26
(79)
26.3
(79.3)
26.5
(79.7)
26.8
(80.2)
27
(81)
26.7
(80.1)
26.9
(80.4)
27.2
(81)
26.8
(80.2)
27.1
(80.8)
27
(81)
26.7
(80.1)
26.75
(80.23)
Rata-rata terendah °C (°F) 21.9
(71.4)
22
(72)
22
(72)
22.1
(71.8)
22.3
(72.1)
21.6
(70.9)
21
(70)
20.8
(69.4)
21.3
(70.3)
22.7
(72.9)
23.7
(74.7)
22.8
(73)
22.02
(71.71)
Presipitasi mm (inci) 330
(12.99)
303
(11.93)
201
(7.91)
164
(6.46)
141
(5.55)
95
(3.74)
86
(3.39)
56
(2.2)
72
(2.83)
123
(4.84)
185
(7.28)
241
(9.49)
1.997
(78,61)
Rata-rata hari hujan 21 20 17 14 11 8 7 5 6 9 15 18 151
% kelembapan 86 84 83 81 79 77 75 74 73 78 80 83 79.4
Rata-rata sinar matahari bulanan 134 142 165 190 201 217 238 245 253 258 184 150 2.377
Sumber #1: Climate-Data.org [12][13][14][15]
Sumber #2: BMKG[16]

Pemerintahan

Kecamatan

Kabupaten Serang terdiri dari 29 kecamatan dan 326 desa dengan jumlah penduduk pada tahun 2020 diperkirakan sebesar 1.684.566 jiwa dan luas wilayah 1.469,66 km² dengan kepadatan 1.146 jiwa/km².[17]

Daftar kecamatan dan kelurahan di Kabupaten Serang, adalah sebagai berikut:

Kode
Kemendagri
Kecamatan Kodepos[18] Jumlah
Desa
Daftar
Desa/Kelurahan
36.04.30 Anyar 42166 12
36.04.34 Bandung 42179 8
36.04.22 Baros 42173 14
36.04.18 Binuang 42196 7
36.04.07 Bojonegara 42154 11
36.04.17 Carenang 42195 8
36.04.15 Cikande 42186 13
36.04.23 Cikeusal 42175 17
36.04.31 Cinangka 42167 14
36.04.27 Ciomas 42164 11
36.04.09 Ciruas 42182 15
36.04.33 Gunung Sari 42169 7
36.04.26 Jawilan 42177 9
36.04.16 Kibin 42185 9
36.04.25 Kopo 42178 10
36.04.11 Kragilan 42184 12
36.04.05 Kramatwatu 42161 15
36.04.35 Lebak Wangi 42197 10
36.04.32 Mancak 42165 14
36.04.28 Pabuaran 42163 8
36.04.29 Padarincang 42168 14
36.04.24 Pamarayan 42176 10
36.04.19 Petir 42172 15
36.04.12 Pontang 42192 11
36.04.08 Pulo Ampel 42155 9
36.04.14 Tanara 42194 9
36.04.13 Tirtayasa 42193 14
36.04.20 Tunjung Teja 42174 9
36.04.06 Waringinkurung 42153 11
TOTAL 326

Daftar Bupati

No. Bupati Mulai menjabat Akhir jabatan Ket. Wakil Bupati
1 Pangeran Mudzafar Adi Santika 1816 1827
2 Agoes Rajak R. A Djajakusumaningrat 1827 1840
3 R. T. Mandoera Djajanegara 1840 1848
4 R. T. Basudin Tjandranegara 1848 1870
5 R. T. Pandji Gondokoesoemo 1870 1888
6 R. T. Soetadiningrat Murwan 1888 1893
7 R. T. Bagus Djajawinata 1893 1898
8 R. Ariadjajaatmadja 1898 1901
9 R. A. Achmad Djajadiningrat 1901 1904
10 R. T. Prawiro Koesoeman 1904 1931
11 R. A. A. Abas Soerianata Atmadja 1931 1935
12 R. A. A. Hilman Djajadiningrat 1935 1945
Kabupaten Serang, Jawa Barat, Indonesia
13 Kol. K.H.
Syam'un
1945 1949
14 Mas Padmadidjaja 1949 1950
15 Entol Oyong Tarnaya 1950 1955
16 Mas Adjenam Bin Mas Basa 1955 1957
17 M. Sirlan Sutawidjaya 1957 1959
R. Bidin Suria Gunawan
(Penjabat)
1959 1960
18 M.H Gogo Rafiudin Sandjadirdja 1960 1962
19 Letkol.
Tb. Soewandi
1962 1968
20 Letkol. H.
Tb. Saparudin
1968 1974
H. S. Ronggowaluyo
(Penjabat)
1974 1975
(20) Letkol. H.
Tb. Saparudin
1975 1978
21 Drs.
Kartika Suryasaputra
1978 1978
22 Letkol.
Atmawidjaya
1978 1983
23 H.
Tjakra Sumarna
1983 1988
24 H.
Achmad Sampurna
1988 1993
25 Kolonel H.
Sukron Roshadi
1993 1998
26 Kolonel Inf.
Solichin Dachlan
1998 1999
Mayjen TNI (Purn)
R. Nuriana
(Penjabat)
1999 1999
27 Drs. H.
Rosadi Natawisastra
1999 2000
Kabupaten Serang, Banten, Indonesia
28 Drs. H.
Bunyamin
M.M., M.B.A.
20 April 2000 20 April 2005 A. Taufik Nuriman
Drs.
A. Rivai
M.Si
(Penjabat)
20 April 2005 28 Juli 2005
29 Letkol Inf (Purn) Drs.H.
A. Taufik Nuriman
M.M., M.B.A.
28 Juli 2005 28 Juli 2010 Andi Sujadi
28 Juli 2010 28 Juli 2015 Ratu Tatu Chasanah
Drs.
Hudaya Latuconsina

(Penjabat)
28 Juli 2015 17 Februari 2016
30 Hj.
Ratu Tatu Chasanah
S.E., M.Ak.
17 Februari 2016 17 Februari 2021 Pandji Tirtayasa
Drs. H. Tb.
Entus Mahmud Sahiri
M.Si.
(Pelaksana Harian)
17 Februari 2021 26 Februari 2021
(30) Hj.
Ratu Tatu Chasanah
S.E., M.Ak.
26 Februari 2021 Petahana Pandji Tirtayasa


Dewan Perwakilan

Berikut ini adalah komposisi anggota DPRD Kabupaten Serang dalam dua periode terakhir, Dari Periode 2014-2019 Dan 2019-2024.[19]

Partai Politik Jumlah Kursi dalam Periode
2014-2019 2019-2024
PKB 4 Steady 4
Gerindra 6 Kenaikan 8
PDI-P 5 Penurunan 4
Golkar 9 Steady 9
NasDem 4 Penurunan 2
Berkarya (baru) 4
PKS 5 Steady 5
PPP 4 Penurunan 2
PAN 5 Penurunan 4
Hanura 3 Penurunan 1
Demokrat 4 Kenaikan 5
PBB 1 Kenaikan 2
Jumlah Anggota 50 Steady 50
Jumlah Partai 11 Kenaikan 12


Penduduk

Jumlah penduduk Kabupaten Serang 1.623.409 (2021), sebagian besar tinggal di bagian utara. Bahasa yang dituturkan adalah Bahasa Sunda Banten yang digunakan di bagian selatan dan Bahasa Jawa Serang yang digunakan di bagian pesisir pantai utara dekat dengan Kota Cilegon dan Kota Serang serta Bahasa Lampung Cikoneng yang dituturkan oleh penduduk di empat kampung di Desa Cikoneng, Kecamatan Anyar.

Pendidikan

Sebagai salah satu wilayah dengan mayoritas penduduknya Islam, maka pendidikan di Serang juga banyak menekankan pada pendidikan agama Islam sesuai dengan semboyan "Serang Bertakwa". Sehingga di Kabupaten Serang pendidikan berbasis islam baik yang resmi maupun non-resmi (Pesantren, Madrasah, dsb) menjadi salah satu perhatian pemerintah.

Sekolah-sekolah formal dari tingkat SD, SMP, SMA, SMK juga menjadi bagian pendidikan yang tidak terpisahkan. Beberapa sekolah favorit di Kabupaten Serang antara lain; SD Islam Al-Azhar, SD Kristen Penabur, SMA Negeri 1 Ciruas, SMP Negeri 1 Ciruas, SMA Negeri 1 Kramatwatu dsb.

Pendidikan formal TK atau RA SD atau MI SMP atau MTs SMA atau MA SMK Perguruan Tinggi Lainnya
Negeri 0 735 92 26 5 1 2
Swasta 0 134 261 112 41 18 4
Total 0 869 353 138 46 19 6
Data Sekolah di Kabupaten Serang
Sumber:[20]

Di Serang, juga terdapat universitas yang menyelenggarakan pendidikan sarjana secara jarak jauh atau distance learning, yakni Universitas Terbuka[21] atau UT Daerah Serang [22]

Transportasi

Stasiun kereta api

Kabupaten Serang memiliki 4 stasiun KA Lokal Merak yang masih beroperasi, diantaranya:

Selain itu, Kabupaten Serang juga memiliki 5 stasiun yang sudah berhenti beroperasi dikarenakan jalur tidak aktif, yaitu:

Ruas jalan tol

Lihat pula

Referensi

  1. ^ "SEJARAH SINGKAT KABUPATEN SERANG". Website Resmi Kabupaten Serang. 9 Oktober 2022. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-10-09. Diakses tanggal 9 Oktober 2022. 
  2. ^ BPS Kabupaten Serang (2020). Statistik Daerah Kabupaten Serang 2020. BPS Kabupaten Serang. hlm. 1. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-10-09. Diakses tanggal 2022-10-09. 
  3. ^ a b "Visualisasi Data Kependudukan - Kementerian Dalam Negeri 2023" (Visual). www.dukcapil.kemendagri.go.id. Diakses tanggal 22 Maret 2024. 
  4. ^ "Indeks Pembangunan Manusia 2020-2021". www.bps.go.id. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2021-12-01. Diakses tanggal 9 Oktober 2022. 
  5. ^ "Rincian Alokasi Dana Alokasi Umum Provinsi/Kabupaten Kota Dalam APBN T.A 2020" (pdf). www.djpk.kemenkeu.go.id. (2020). Diakses tanggal 9 Oktober 2022. 
  6. ^ Ginandar (2022). Toponimi Nama-nama Kecamatan di Kabupaten Lebak. Lebak: Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Lebak. hlm. 29. ISBN 978-623-978-556-7. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-02-02. Diakses tanggal 2023-05-29. 
  7. ^ Dewi, Kurniawati Hastuti, ed. (2017). Perempuan Kepala Daerah dalam Jejaring Oligarki Lokal (PDF). Jakarta: LIPI Press. hlm. 45. ISBN 978-979-799-907-0. Diarsipkan (PDF) dari versi asli tanggal 2023-05-23. Diakses tanggal 2023-05-23. 
  8. ^ Ridwan, I., dkk. (November 2021). Muhibah, Siti, ed. Studi Kebantenan dalam Catatan Sejarah (PDF). Tangerang: Media Edukasi Indonesia. hlm. 37. ISBN 978-623-6497-50-0. Diarsipkan (PDF) dari versi asli tanggal 2023-07-02. Diakses tanggal 2023-05-23. 
  9. ^ Biro Pusat Statistik, Jakarta, 2011.
  10. ^ Badan Pusat Statistik, Jakarta, 2021.
  11. ^ "Statistics Indonesia". Biro Pusat Statistik. Diarsipkan dari versi asli tanggal 17 September 2011. Diakses tanggal 22 Mei 2022. 
  12. ^ "Padarincang, Banten, Indonesia". Climate-Data.org. Diakses tanggal 12 Agustus 2020. 
  13. ^ "Baros, Banten, Indonesia". Climate-Data.org. Diakses tanggal 12 Agustus 2020. 
  14. ^ "Ciruas, Banten, Indonesia". Climate-Data.org. Diakses tanggal 12 Agustus 2020. 
  15. ^ "Pontang Legon, Banten, Indonesia". Climate-Data.org. Diakses tanggal 15 Agustus 2020. 
  16. ^ "Buku Prakiraan Musim Hujan 2023-2024 – Rerata Curah Hujan Kabupaten Serang Zona Musim 162, 163, 164, 165, 166, 167, dan 169 periode 1991-2020" (PDF). BMKG. hlm. 131. Diakses tanggal 15 September 2023. 
  17. ^ BPS Kabupaten Serang (2020). Statistik Daerah Kabupaten Serang 2020. BPS Kabupaten Serang. hlm. 1. 
  18. ^ Kode Pos Kabupaten Serang
  19. ^ Puskapol UI (11 November 2014). "Hasil Pemilu 2014 Provinsi Banten". Diakses tanggal 13 Maret 2019. 
  20. ^ Data Pokok Pendidikan (DAPODIK) Wilayah Kab. Serang Diarsipkan 2011-03-05 di Wayback Machine.
  21. ^ "Universitas Terbuka". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-09-03. Diakses tanggal 2023-06-12. 
  22. ^ "UT Daerah Serang". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-08-30. Diakses tanggal 2023-06-12. 

Pranala luar

Baca informasi lainnya:

Jan Willem JanssensJan Willem JanssensGubernur Jenderal Hindia Belanda ke-37Masa jabatan15 Mei 1811 – 18 September 1811PendahuluHerman Willem DaendelsPenggantiLord MintoGubernur Jenderal Koloni TanjungMasa jabatan1803 – 1806PendahuluJacob Abraham Uitenhage de MistPenggantiDavid Baird Informasi pribadiLahir(1762-10-12)12 Oktober 1762Nijmegen, Gelderland, Republik BelandaMeninggal23 Mei 1838(1838-05-23) (umur 75)Den Haag, Kerajaan Bersatu BelandaSunting kotak info 

Щодо інших людей з таким самим іменем та прізвищем див. Сергій Антонов. Антонов Сергій ПетровичНародився 3 (16) травня 1915Петроград, Російська імперія[1]Помер 29 квітня 1995(1995-04-29) (79 років)Москва, РосіяПоховання Ніколо-Архангельський цвинтарКраїна  СРСРДіяльність сценар

Cette basilique n’est pas la seule basilique Notre-Dame. Basilique Notre-Dame de Luján Vue générale de la basilique. Présentation Nom local Basilica Nuestra Señora de Luján Culte catholicisme Type basilique, sanctuaire national Début de la construction 1889 Fin des travaux 1937 Style dominant néogothique Site web basilicadelujan.org.ar Géographie Pays Argentine Région Province de Buenos Aires Ville Luján Coordonnées 34° 33′ 52″ sud, 59° 07′ 17″…

Großröhrsdorf Prefeitura de Großröhrsdorf Brasão Mapa GroßröhrsdorfMapa da Alemanha, posição de Großröhrsdorf acentuada Administração País  Alemanha Estado Saxônia Região administrativa Dresden Distrito Bautzen Associação municipal Großröhrsdorf Prefeito Kerstin Ternes Partido no poder parteilos Estatística Coordenadas geográficas 51° 8' 31 N 14° 8' 50 E Área 26,45 km² Altitude 279 m População 6.918[1] (31/12/2009) Densidade populacional 261,55 ha…

Walentkowy Wierch Blick von dem Gipfel Skrajna Turnia, der Gipfel Krywań im Hintergrund Höhe 2156 m n.p.m. Lage Polen/Slowakei Gebirge Hohe Tatra, Karpaten Koordinaten 49° 12′ 50″ N, 20° 0′ 25″ O49.21388888888920.0069444444442156Koordinaten: 49° 12′ 50″ N, 20° 0′ 25″ O Walentkowy Wierch (Kleinpolen) Typ Felsgipfel Erstbesteigung 5. August 1902 durch Teodor Eichenwald, Ferdynand Rabowski, Jan Bachleda Tajb…

鶴岡一人 日本プロ野球の監督の勝利数一覧(にほんプロやきゅうのかんとくのしょうりすういちらん)は、日本プロ野球において監督を務めた人物の勝利数一覧である。 2022年現在、1000勝以上勝利した監督は13人、500勝以上勝利した監督は31人、100勝以上勝利した監督は151人である。 南海ホークスで監督を務めた、鶴岡一人は2022年現在も最多勝監督である。 1000勝以上し

هذه المقالة بحاجة لصندوق معلومات. فضلًا ساعد في تحسين هذه المقالة بإضافة صندوق معلومات مخصص إليها. هذه المقالة تحتاج للمزيد من الوصلات للمقالات الأخرى للمساعدة في ترابط مقالات الموسوعة. فضلًا ساعد في تحسين هذه المقالة بإضافة وصلات إلى المقالات المتعلقة بها الموجودة في النص…

У Вікіпедії є статті про інших людей з іменем Аркамані. Аркамані II Піраміда Аркамані II Давньоєгипетський фараонПравління 215—205 до н. е.Попередник АрнехаманіНаступник Адіхаламані Титульні імена Тронне ім'я (преномен): Джерет-анх-амон Тіт-раЖивий помічник Амона, обрани…

1988 Indian filmKan Simittum NeramPosterDirected byKalaivanan KannadasanWritten byKalaivanan KannadasanProduced byR. SarathkumarM. SanthanamStarringKarthikAmbikaR. SarathkumarCinematographyG. DhanapalEdited byK. RamalingamMusic byV. S. NarasimhanProductioncompanyVaralaxmi CreationsRelease date 13 April 1988 (1988-04-13) Running time140 minutesCountryIndiaLanguageTamil Kan Simittum Neram (transl. Eye blinking time) is a 1988 Indian Tamil-language thriller film directed by Kal…

Pour les articles homonymes, voir puce. Cet article est une ébauche concernant le commerce. Vous pouvez partager vos connaissances en l’améliorant (comment ?) selon les recommandations des projets correspondants. Consultez la liste des tâches à accomplir en page de discussion. Si ce bandeau n'est plus pertinent, retirez-le. Cliquez ici pour en savoir plus. Cet article adopte un point de vue régional ou culturel particulier et nécessite une internationalisation (avril 2013). Merci de…

Artikel ini sebatang kara, artinya tidak ada artikel lain yang memiliki pranala balik ke halaman ini.Bantulah menambah pranala ke artikel ini dari artikel yang berhubungan atau coba peralatan pencari pranala.Tag ini diberikan pada April 2016. VaiJangkauanU+A500..U+A63F(320 titik kode)BidangBMPAksaraVaiAksara utamaVaiTerpakai300 titik kodeTak terpakai20 titik kode kosongRiwayat versi Unicode5.1300 (+300) Catatan: [1] Vai adalah blok Unicode yang mengandung karakter silabis Vai untuk penul…

Father of U.S. president Richard Nixon Francis A. NixonBornFrancis Anthony Nixon(1878-12-03)December 3, 1878Elk Township, Ohio, U.S.DiedSeptember 4, 1956(1956-09-04) (aged 77)La Habra, California, U.S.[1]Known forFather of U.S. president Richard NixonPolitical partyRepublicanDemocratic (before 1896)Spouse Hannah Milhous Nixon ​ ​(m. 1908)​Children Harold Nixon Richard Nixon Francis Donald Nixon Arthur Nixon Edward Nixon Relatives Julie Nixon E…

«Ювілейний» Повна назва Стадіон «Ювілейний» Країна  Україна[1] Розташування  Україна, Суми Координати 50°54′10″ пн. ш. 34°47′57″ сх. д. / 50.902701° пн. ш. 34.799227° сх. д. / 50.902701; 34.799227Координати: 50°54′10″ пн. ш. 34°47′57″ сх. д. / 50.…

Loiza LamersLamers, 2017Lahir9 Januari 1995 (umur 28)Driel, BelandaKebangsaanBelandaPekerjaanModel, pengusahaTahun aktif2015–sekarangInformasi modelingTinggi6 ft 05 in (196 cm)Warna rambutPirangWarna mataBiru Situs webhttp://www.loizalamers.com Loiza Lamers (lahir 9 Januari 1995) adalah seorang model asal Belanda yang terkenal sebagai pemenang dari Holland's Next Top Model, sekaligus transgender pertama di dunia dari waralaba Top Model.[1][2][3]…

Politeknik Kesehatan Bhakti MuliaNama lainPOLTEKKES Bhakti MuliaJenisPerguruan Tinggi SwastaDidirikan18 Februari 2010DirekturDeden Dermawan, S.Kep.,Ns M.KepAlamatJl. Raya Solo-Sukoharjo KM 9, Ngepeng, Sidorejo, Bendosari, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah, IndonesiaSitus webwww.poltekkesbhaktimulia.ac.id Politeknik Kesehatan Bhakti Mulia (yang disingkat POLTEKKES Bhakti Mulia) adalah salah satu Perguruan Tinggi Swasta yang berlokasi di Sukoharjo, Jawa Tengah, Indonesia. Perguruan tinggi ini dikel…

Brazilian racing driver In this Portuguese name, the first or maternal family name is Alves and the second or paternal family name is de Castro Neves. Hélio CastronevesCastroneves in 2018Nationality BrazilianBornHélio Alves de Castro Neves (1975-05-10) 10 May 1975 (age 48)São Paulo, BrazilIndyCar Series career312 races run over 23 yearsTeam(s)No. 06 (Meyer Shank Racing)2022 position18thBest finish2nd (2002, 2008, 2013, 2014)First race2001 Pennzoil Copper World Indy 200 (Phoenix)…

Former Swedish airline Nordic Airways IATA ICAO Callsign 6N NRD NORTH RIDER Founded2004Ceased operations2009HubsStockholm-Arlanda AirportFleet size2HeadquartersStockholm, SwedenKey peopleGunnar Olsson, Managing DirectorWebsitewww.nordicairways.se Nordic Airways was an airline based in Stockholm, Sweden. It operated extensive charter and wet lease services. The company's low-cost airline subsidiary Nordic Regional also operated a scheduled network of services linking five domestic and one interna…

Kondisi kaki yang bengkak oleh karena edema, salah satu ciri-ciri pre-eklampsia Pre-eklampsia atau preeklampsia adalah sindrom yang ditandai dengan tekanan darah tinggi, kenaikan kadar protein di dalam urin (proteinuria), dan pembengkakan pada tungkai (edema).[1][2] Pre-eklampsia dialami oleh ibu yang sedang hamil, terutama para ibu muda yang baru pertama kali hamil.[1][2][3] Penyebab pasti pre-eklampsia belum diketahui sehingga masih sulit untuk dicegah k…

Playboi Carti discographyPlayboi Carti performing at Blockfest; 2023Studio albums2Music videos12Singles13Mixtapes3 The discography of American rapper and singer Jordan Terrell Carter, known as Playboi Carti, consists of two studio albums, one EP, one collaborative EP, five mixtapes and fifteen singles (including six as a featured artist). Playboi Carti, known as Sir Cartier at the time, released two mixtapes in November 2011 and November 2012: THC: The High Chronicles and Young Misfit. In 2016, …

Danielle Darrieux avec Douglas Fairbanks Jr. dans La Coqueluche de Paris (The rage of Paris) en 1938. Cette liste présente les films interprétés par Danielle Darrieux. Article principal : Danielle Darrieux. Cinéma 1931 : Le Bal de Wilhelm Thiele : Antoinette 1931 : Coquecigrole d'André Berthomieu : Coquecigrole, l'orpheline 1932 : Le Coffret de laque de Jean Kemm : Henriette Stenay 1932 : Panurge de Michel Bernheim : Régine 1933 : Château …

Kembali kehalaman sebelumnya

Lokasi Pengunjung: 44.221.70.232