Share to: share facebook share twitter share wa share telegram print page

Kabupaten Tangerang

Kabupaten Tangerang
Transkripsi bahasa daerah
 • Aksara Sundaᮒᮍᮨᮛᮀ
Kantor Bupati Kabupaten Tangerang
Lambang resmi Kabupaten Tangerang
Motto: 
Satya karya kerta raharja
(Sanskerta) Kesetiaan dan kerja keras demi mewujudkan daerah yang makmur sejahtera
Peta
Peta
Kabupaten Tangerang di Jawa
Kabupaten Tangerang
Kabupaten Tangerang
Peta
Kabupaten Tangerang di Indonesia
Kabupaten Tangerang
Kabupaten Tangerang
Kabupaten Tangerang (Indonesia)
Koordinat: 6°12′S 106°29′E / 6.2°S 106.49°E / -6.2; 106.49
Negara Indonesia
ProvinsiBanten
Tanggal berdiri13 Oktober 1632
Hari jadi13 Oktober 1632; 391 tahun lalu (1632-10-13)[1]
Ibu kotaTigaraksa
Jumlah satuan pemerintahan
Daftar
  • Kecamatan: 29
  • Kelurahan: 28
  • Desa: 246
Pemerintahan
 • BupatiAndi Ony Prihartono (Pj.)
 • Wakil Bupatilowong
 • Sekretaris DaerahMochamad Maesal Rasyid
Luas
 • Total1.001,86 km2 (386,82 sq mi)
Populasi
 (31 Desember 2023)[2]
 • Total3.309.365
 • Kepadatan3,300/km2 (8,600/sq mi)
Demografi
 • Agama
  • 93,73% Islam
  • 1,66% Buddha
  • 0,06% Hindu
  • 0,02% Lainnya[2]
 • BahasaIndonesia (resmi), Sunda Tangerang (dominan), Betawi, Jawa Serang
 • IPMKenaikan 75,56 (2023)
 tinggi [3]
Zona waktuUTC+07:00 (WIB)
Kode pos
Kode BPS
3603 Edit nilai pada Wikidata
Kode area telepon+62 21
Kode ISO 3166ID-BT
Pelat kendaraanA [a]
B [b]
Kode Kemendagri36.03 Edit nilai pada Wikidata
DAURp 1.245.969.973.000.-
Fauna resmiAyam Wareng
Situs webwww.tangerangkab.go.id


Kabupaten Tangerang (bahasa Sunda: ᮒᮍᮨᮛᮀ) adalah sebuah kabupaten yang terletak di Provinsi Banten, Indonesia. Ibu kota kabupaten ini terletak di Kecamatan Tigaraksa. Tangerang terbagi menjadi 29 kecamatan, 28 kelurahan dan 246 desa. Pada pertengahan tahun 2023, jumlah penduduk kabupaten Tangerang sebanyak 3.286.420 orang.[2]

Sejarah

Dalam riwayat diceritakan, bahwa saat Kesultanan Banten terdesak oleh serangan VOC pada pertengahan abad ke-16, diutuslah tiga maulana yang berpangkat Tumenggung untuk membuat perkampungan pertahanan di wilayah yang berbatasan dengan Batavia. Ketiga Tumenggung itu adalah, Tumenggung Aria Yudhanegara, Aria Wangsakara, dan Aria Jaya Santika. Mereka segera mem­bangun basis pertahanan dan pemerintahan di wilayah yang sekarang dikenal sebagai kawasan Tigaraksa.[4]

Jika merunut kepada legenda rakyat dapat disimpulkan bahwa cikal-bakal Kabupaten Tangerang adalah Tigaraksa. Nama Tigaraksa itu sendiri berarti Tiang Tiga atau Tilu Tanglu, sebuah pemberian nama sebagai wujud penghormatan kepada tiga Tumenggung yang menjadi tiga pimpinan ketika itu. Seorang putra Sultan Ageng Tirtayasa dari Kesultanan Banten membangun tugu prasasti di bagian Barat Sungai Cisadane, saat ini diyakini berada di Kampung Gerendeng. Waktu itu, tugu yang dibangun Pangeran Soegri dinamakan sebagai Tangerang, yang dalam bahasa Sunda berarti tanda. Sebutan ”Tangeran” yang berarti ”tanda” itu lama-kelamaan berubah sebutan menjadi Tangerang sebagaimana yang dikenal sekarang ini.

Dikisahkan, bahwa kemudian pemerintahan ”Tiga Maulana”, ”Tiga Pimpinan” atau ”Tilu Tanglu” tersebut tumbang pada tahun 1684, seiring dengan dibuatnya perjanjian antara Pasukan Belanda dengan Kesultanan Banten pada 17 April 1684. Perjanjian tersebut memaksa seluruh wilayah Tangerang masuk ke kekuasaan Penjajah Belanda. Kemudian, Belanda membentuk pemerintahan kabupaten yang lepas dari Kesultanan Banten di bawah pimpinan seorang bupati. Para bupati yang pernah memimpin Kabupaten Tangerang pada era pemerintahan Belanda pada periode tahun 1682-1809 adalah Kyai Aria Soetadilaga I-VII.

Setelah keturunan Aria Soetadilaga dinilai tidak mampu lagi memerintah Kabupaten Tangerang, Belanda menghapus pemerintahan ini dan memindahkannya ke Batavia. Kemudian Belanda membuat kebijakan, sebagian tanah di Tangerang dijual kepada orang-orang kaya di Batavia, yang merekrut pemuda-pemuda Indonesia untuk membantu usaha pertahanannya, terutama sejak kekalahan armadanya di dekat Kepulauan Midway dan Kepulauan Solomon. Kemudian pada tanggal 29 April 1943 dibentuklah beberapa organisasi militer, di antaranya yang terpenting ialah Keibodan (barisan bantu polisi) dan Seinendan (barisan pemuda). Disusul pemindahan kedudukan Pemerintahan Jakarta ke Tangerang dipimpin oleh Kentyo M. Atik Soeardi dengan pangkat Tihoo Nito Gyoosieken atas perintah Gubernur Djawa Madoera.

Seiring dengan status daerah Tangerang ditingkatkan menjadi Daerah Kabupaten, maka daerah Kabupaten Jakarta menjadi Daerah Khusus Ibu Kota. Di wilayah Pulau Jawa pengelolaan pemerintahan didasarkan pada Undang-undang nomor 1 tahun 1942 yang dikeluarkan setelah Jepang berkuasa. Undang-undang ini menjadi landasan pelaksanaan tata Negara yang asas pemerintahannya militer. Panglima Tentara Jepang, Letnan Jenderal Hitoshi Imamura, diserahi tugas untuk mem­bentuk pemerintahan militer di Jawa, yang kemudian diangkat sebagai gunseibu. Seiring dengan hal itu, pada bulan Agustus 1942 dikeluarkan Undang-undang nomor 27 dan 28 yang mengakhiri keberadaan gunseibu. Berdasarkan Undang-undang nomor 27, struktur pemerintahan militer di Jawa dan Madura terdiri atas Gunsyreikan (pemerintahan pusat) yang membawahi Syucokan (residen) dan dua Kotico (kepala daerah istimewa). Syucokan membawahi Syico (wali kota) dan Kenco (bupati).

Secara hirarkis, pejabat di bawah Kenco adalah Gunco (wedana), Sonco (camat) dan Kuco (kepala desa). Pada tanggal 8 Desember 1942 bertepatan dengan peringatan Hari Pembangunan Asia Raya, pemerintah Jepang mengganti nama Batavia menjadi Jakarta. Pada akhir 1943, jumlah kabupaten di Jawa Barat mengalami perubahan, dari 18 menjadi 19 kabupaten. Hal ini disebabkan, pemerintah Jepang telah mengubah status Tangerang dari kewedanaan menjadi kabupaten. Perubahan status ini didasarkan pada dua hal:

  1. Kota Jakarta ditetapkan sebagai Tokubetsusi (kotapraja)
  2. Pemerintah Kabupaten Jakarta dinilai tidak efektif membawahi Tangerang yang wilayahnya luas.

Atas dasar hal tersebut, Gunseikanbu mengeluarkan keputusan tanggal 9 November 1943 yang isinya:

"Menoeroet kepoetoesan Gunseikan tanggal 9 boelan 11 hoen syoowa 18 (2603) Osamu Sienaishi 1834 tentang pemindahan Djakarta Ken Yakusyo ke Tangerang, maka dipermakloemkan seperti di bawah ini:

  • Pasal 1: Tangerang Ken Yakusyo bertempat di Kota Tangerang, Tangerang Son, Tangerang Gun, Tangerang Ken.
  • Pasal 2: Nama Djakarta Ken diganti menjadi Tangerang Ken.
  • Atoeran tambahan Oendang-Oendang ini dimulai diberlakukan tanggal 27 boelan 12 tahoen Syouwa 18 (2603). Djakarta, tanggal 27 boelan 12 tahoen Syouwa 18 (2603). Djakarta Syuutyookan."

Sejalan dengan keluarnya surat keputusan tersebut, Atik Soeardi yang menjabat sebagai pembantu Wakil Kepala Gunseibu Jawa Barat, Raden Pandu Suradiningrat, diangkat menjadi Bupati Tangerang (1943-1944). Semasa Bupati Kabupaten Tangerang dijabat, H. Tadjus Sobirin (1983-1988 dan 1988-1993) bersama DPRD Kabupaten Tangerang pada masa itu, menetapkan hari jadi Kabupaten Tangerang tanggal 27 Desember 1943 (Peraturan Daerah Nomor 18 Tahun 1984 tanggal 25 Oktober 1984). Seiring dengan pemekaran wilayah dengan terbentuknya pemerintah Kota Tangerang tanggal 28 Februari 1993 berdasarkan Undang-undang Nomor 2 Tahun 1993, maka pusat pemerintahan Kabupaten Tangerang pindah ke Tigaraksa. Pemindahan ibu kota ke Tigaraksa dinilai strategis, karena menggugah kembali cita-cita dan semangat para pendiri untuk mewujudkan sebuah tatanan kehidupan masyarakat yang bebas dari belenggu penjajahan (kemiskinan, kebodohan dan ketertinggalan) menuju masyarakat yang mandiri, maju dan sejahtera.[4]

Suku Asli di Kabupaten Tangerang yaitu suku Sunda.

Geografi

Peta Kabupaten Tangerang terbaru setelah pemekaran Kota Tangerang Selatan

Kabupaten Tangerang merupakan salah satu kabupaten di wilayah Provinsi Banten yang terletak di bagian Timur Provinsi Banten pada koordinat 106°20'–106°43' Bujur Timur dan 6°00'-6°21' Lintang Selatan dengan luas wilayah 959,61 km2 atau 12,62 % dari seluruh luas wilayah Provinsi Banten.[5]

Batas Wilayah

Wilayah Kabupaten Tangerang berbatasan dengan:

Utara Laut Jawa
Timur Kota Tangerang, Kota Tangerang Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta
Selatan Kabupaten Lebak, Provinsi Jawa Barat
Barat Kabupaten Serang

Topografi

Sebagian besar wilayah Tangerang merupakan dataran rendah. Sungai Cisadane merupakan sungai terpanjang di Tangerang yang mengalir dari selatan dan bermuara di Laut Jawa. Tangerang merupakan wilayah perkembangan dan penyangga ibu kota Jakarta. Secara umum, Kabupaten Tangerang dapat dikelompokkan menjadi 3 wilayah pertumbuhan, yakni:

Kabupaten Tangerang secara geografis memiliki topografi yang relatif datar dengan kemiringan tanah rata-rata 0-8% menurun ke utara. Ketinggian wilayah berkisar antara 0–50 m di atas permukaan laut. Daerah utara Kabupaten Tangerang merupakan daerah pantai dan sebagian besar daerah urban, daerah timur adalah daerah rural dan pemukiman, sedangkan daerah barat merupakan daerah industri dan pengembangan perkotaan.[5] Secara garis besar wilayah topografi Kabupaten Tangerang terdiri dari 2 (dua) bagian, yaitu :

  1. Dataran pesisir, terletak di bagian utara dengan ketinggian berkisar antara 0-25 meter di atas permukaan laut wilayahnya meliputi Kecamatan Kosambi, Teluknaga, Mauk, Kemiri, Sukadiri, Kresek, Kronjo, Pasar Kemis, dan Sepatan.
  2. Dataran rendah dari bagian tengah ke arah selatan dengan ketinggian lebih dari 25 meter di atas permukaan laut, Kemiringan tanah rata-rata 0-3 % menurun ke utara. Ketinggian wilayah dataran rendah ini berkisar antara 25 – 85 meter di atas permukaan laut.

Iklim

Berdasarkan garis lintang, Kabupaten Tangerang berada di wilayah Iklim Tropis dan menurut klasifikasi Iklim Koppen sebagian besar daerah Kabupaten Tangerang berada pada kategori iklim muson tropis (Am) dengan dua periode musim yang dipengaruhi pergerakan angin monsun, yaitu musim penghujan yang dipengaruhi angin monsun baratan dan musim kemarau yang dipengaruhi angin monsun timuran. Musim penghujan di Kabupaten Tangerang biasanya terjadi sejak bulan November hingga bulan April dengan curah hujan bulanan lebih dari 150 mm per bulannya. Musim kemarau di wilayah Kabupaten Tangerang biasanya berlangsung dari bulan Juni sampai bulan September dengan curah hujan bulanan kurang dari 100 mm per bulan. Suhu udara di wilayah Kabupaten Tangerang berkisar antara 26 °C–34 °C dengan tingkat kelembapan nisbi bervariasi antara 72%–85%.

Data iklim Kabupaten Tangerang, Banten, Indonesia
Bulan Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agt Sep Okt Nov Des Tahun
Rata-rata tertinggi °C (°F) 31
(88)
31.8
(89.2)
32.6
(90.7)
32
(90)
31.5
(88.7)
30.7
(87.3)
31.8
(89.2)
32.1
(89.8)
33.5
(92.3)
34.6
(94.3)
33.8
(92.8)
32
(90)
32.28
(90.19)
Rata-rata harian °C (°F) 26.7
(80.1)
27
(81)
27.4
(81.3)
27.9
(82.2)
28
(82)
27.6
(81.7)
27.7
(81.9)
27.9
(82.2)
28
(82)
28.2
(82.8)
27.9
(82.2)
27.4
(81.3)
27.64
(81.72)
Rata-rata terendah °C (°F) 23
(73)
23
(73)
23
(73)
23.2
(73.8)
23
(73)
22.5
(72.5)
21.6
(70.9)
21.8
(71.2)
22
(72)
23.6
(74.5)
23
(73)
22.9
(73.2)
22.72
(72.76)
Presipitasi mm (inci) 299
(11.77)
296
(11.65)
175
(6.89)
169
(6.65)
138
(5.43)
97
(3.82)
75
(2.95)
55
(2.17)
66
(2.6)
114
(4.49)
160
(6.3)
181
(7.13)
1.825
(71,85)
Rata-rata hari hujan 20 19 16 15 11 7 6 4 5 9 14 17 143
% kelembapan 85 84 83 81 79 76 74 72 73 77 80 82 78.8
Rata-rata sinar matahari bulanan 143 145 167 196 206 213 237 242 251 258 194 147 2.399
Sumber #1: Climate-Data.org[6] & BMKG[7]
Sumber #2: Weatherbase[8] & WeatherOnline[9]

Suku bangsa

Penduduk Kabupaten Tangerang termasuk kota yang beragam suku bangsa. Berdasarkan data Sensus Penduduk Indonesia 2000, sebagian besar penduduk Kabupaten Tangerang adalah orang Jawa, Lampung, Betawi dan suku aslinya Sunda. Jumlah yang signifikan juga berasal dari suku Lampung, dan Minangkabau. Keberagaman suku bangsa di Kabupaten Tangerang memengaruhi perbedaan budaya dan adat istiadat masyarakat Kabupaten Tangerang. Berikut adalah besaran penduduk Kabupaten Tangerang berdasarkan suku bangsa pada Sensus Penduduk tahun 2000;[10]

No Suku Jumlah 2000 %
1 Jawa 523.740 31,60%
2 Lampung 492.989 29,93%
3 Betawi 473.309 28,56%
4 Sunda 337.016 20,34%
5 Batak 78.149 4,71%
6 Minangkabau 50.779 3,06%
7 Tionghoa 13.476 0,81%
8 Cirebon 4.622 0,28%
9 Suku lainnya 176.421 10,64%
Kabupaten Tangerang 1.657.512 100%

Pemerintahan

Bupati

No Bupati Mulai Jabatan Akhir Jabatan Wakil Bupati
Andi Ony Prihartono
(Penjabat)
21 September 2023 Petahana Lowong

Dewan Perwakilan

Berikut ini adalah komposisi anggota DPRD Kabupaten Tangerang dalam tiga periode terakhir.

Partai Politik Jumlah Kursi dalam Periode
2014–2019[11] 2019–2024 2024–2029
PKB 4 Steady 4 Kenaikan 6
Gerindra 5 Kenaikan 7 Penurunan 6
PDI-P 7 Kenaikan 8 Kenaikan 9
Golkar 7 Penurunan 6 Kenaikan 9
NasDem 4 Penurunan 2 Kenaikan 5
PKS 2 Kenaikan 6 Steady 6
Hanura 3 Penurunan 1 Penurunan 0
PAN 4 Steady 4 Kenaikan 5
PBB 1 Penurunan 0 Steady 0
Demokrat 6 Steady 6 Steady 6
PPP 6 Steady 6 Penurunan 3
PKPI 1 Penurunan 0
Jumlah Anggota 50 Steady 50 Kenaikan 55
Jumlah Partai 12 Penurunan 10 Penurunan 9

Kecamatan

Kabupaten Tangerang terdiri dari 29 kecamatan, 28 kelurahan, dan 246 desa dengan jumlah penduduk pada tahun 2017 diperkirakan sebesar 2.619.803 jiwa dan luas wilayah 1.011,86 km² dengan kepadatan 2.589 jiwa/km².[12][13]

Daftar kecamatan dan kelurahan di Kabupaten Tangerang, adalah sebagai berikut:

Kode
Kemendagri
Kecamatan Jumlah
Kelurahan
Jumlah
Desa
Kodepos[14] Status Daftar
Desa/Kelurahan
36.03.01 Balaraja 1 8 15611-15619 Desa
Kelurahan
36.03.18 Cikupa 2 12 15711-15719 Desa
Kelurahan
36.03.23 Cisauk 1 5 15841-15846 Desa
Kelurahan
36.03.05 Cisoka 10 15731-15739 Desa
36.03.17 Curug 3 4 15811-15817 Desa
Kelurahan
36.03.32 Gunung Kaler 9 15651-15659 Desa
36.03.04 Jambe 10 15921-15929 Desa
36.03.02 Jayanti 8 15641-15648 Desa
36.03.28 Kelapa Dua 5 1 15831-15836 Desa
Kelurahan
36.03.09 Kemiri 7 15671-15677 Desa
36.03.06 Kresek 9 15621-15629 Desa
36.03.07 Kronjo 10 15551-15559 Desa
36.03.14 Kosambi 3 7 15211-15215 Desa
Kelurahan
36.03.20 Legok 1 10 15821-15828 Desa
Kelurahan
36.03.08 Mauk 1 11 15531-15539 Desa
Kelurahan
36.03.33 Mekarbaru 8 15661-15668 Desa
36.03.22 Pagedangan 1 10 15851-15859 Desa
Kelurahan
36.03.15 Pakuhaji 1 13 15571-15579 Desa
Kelurahan
36.03.19 Panongan 1 7 15751-15758 Desa
Kelurahan
36.03.12 Pasar Kemis 4 5 15561-15569 Desa
Kelurahan
36.03.11 Rajeg 1 12 15541-15549 Desa
Kelurahan
36.03.16 Sepatan 1 7 15521-15528 Desa
Kelurahan
36.03.30 Sepatan Timur 8 15581-15588 Desa
36.03.29 Sindang Jaya 7 15591-15597 Desa
36.03.31 Solear 7 15741-15747 Desa
36.03.10 Sukadiri 8 15681-15688 Desa
36.03.27 Sukamulya 8 15631-15638 Desa
36.03.13 Teluknaga 13 15511-15519 Desa
36.03.03 Tigaraksa 2 12 15911-15917
15931-15937
Desa
Kelurahan
TOTAL 28 246

Sistem Pemerintahan

Kabupaten Tangerang mempunyai pemerintahan yang sama dengan kabupaten lainnya. Unit pemerintahan di bawah kabupaten adalah kecamatan, masing-masing kecamatan terdiri atas beberapa kelurahan dan desa.

Dalam kurun waktu tiga tahun terakhir ini, terhitung sejak Kota Tangerang Selatan memisahkan diri dari Kabupaten Tangerang, jumlah kecamatan, kelurahan maupun desa di Kabupaten Tangerang tetap yaitu 29 kecamatan, 28 kelurahan, dan 246 desa. Jumlah Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Tangerang selama periode tahun 2009-2011 cukup berfluktuasi. Meningkat pada tahun 2010 dan menurun cukup signifikan pada tahun 2011.

Bila diperhatikan komposisi pegawai menurut jenis kelamin, jumlah pegawai laki-laki lebih banyak dibandingkan pegawai perempuan. Terakhir pada tahun 2011 proporsi pegawai laki-laki mencapai 53,53 persen.

Komposisi Anggota DPRD Kabupaten Tangerang sedikit mengalami perubahan dibanding tahun sebelumnya, yaitu terdiri dari 9 fraksi dengan anggota sebanyak 50 orang (45 orang laki-laki dan 5 orang perempuan) yang sebagian besar berumur antara 40-49 tahun sebanyak 30 orang (60 persen) dan mayoritas berpendidikan S-1 sebanyak 30 orang (60 persen).

Jumlah anggaran yang dibelanjakan oleh Pemerintah Kabupaten Tangerang untuk membiayai pembangunan di wilayahnya pada tahun 2011 mencapai 2,027 triliun rupiah, terdiri dari:

  • Belanja pegawai 915 miliar rupiah.
  • Belanja barang dan jasa 499 miliar rupiah.
  • Belanja modal 480 miliar rupiah.
  • Belanja lain-lain 136 miliar.

Total realisasi pendapatan daerah Kabupaten Tangerang pada tahun 2011 mencapai 2,224 triliun rupiah. Pendapatan Asli Daerah (PAD) menyumbang 29,9 persen atau tepatnya 665 miliar rupiah.

Sedangkan, dana perimbangan mencapai 1,288 triliun rupiah atau sekitar 57,93 persen yang terdiri dari:

  • Dana Alokasi Umum (DAU) sebesar 720,5 miliar rupiah.
  • Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar 51,52 miliar rupiah.
  • Dana bagi hasil pajak/bukan pajak yang mencapai 217 miliar rupiah.
  • Transfer pemerintah pusat lainnya sebesar 299 miliar rupiah.

Dan yang ketiga merupakan lain-lain pendapatan daerah yang sah yang menyumbang sebesar 270,6 miliar rupiah atau sekitar 12,17 persen terhadap pendapatan daerah wilayah ini. Sementara itu, belanja daerah dalam APBD Kabupaten Tangerang tahun 2012, direncanakan mencapai 2,4 triliun rupiah atau lebih besar dibandingkan dengan realisasi tahun 2011, sedangkan pendapatan daerah tahun 2012 oleh Pemerintah Kabupaten Tangerang ditargetkan hanya sebesar 2,2 triliun rupiah.

Transportasi

Stasiun kereta api

Kabupaten Tangerang memiliki 6 stasiun KRL yang masih beroperasi dan 2 stasiun yang akan dibangun, diantaranya:

Jalan Tol

Catatan

  1. ^ Kabupaten Tangerang yang terdiri dari 19 kecamatan resmi menggunakan pelat A wilayah hukum Polda Banten.
  2. ^ Kabupaten Tangerang yang terdiri dari 10 kecamatan resmi menggunakan pelat B wilayah hukum Polda Metro Jaya.

Referensi

  1. ^ Irawan, Chandra. "Berkat Sebuah Manuskrip, Hari Jadi Kabupaten Tangerang Diubah". IDN Times. Jakarta. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2020-10-23. Diakses tanggal 28 Agustus 2019. 
  2. ^ a b c "Visualisasi Data Kependudukan - Kementerian Dalam Negeri 2023" (Visual). www.dukcapil.kemendagri.go.id. Diakses tanggal 11 Maret 2024. 
  3. ^ "Indeks Pembangunan Manusia Menurut Kabupaten/Kota di Provinsi Banten (Umur Harapan Hidup Hasil Long Form SP2020) 2021-2023". www.banten.bps.go.id. Diakses tanggal 11 Maret 2024. 
  4. ^ a b "Sejarah Kabupaten Tangerang". Pemerintah Kabupaten Tangerang. Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Tangerang. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-03-07. Diakses tanggal 4 Maret 2016. 
  5. ^ a b "Profil Kabupaten Tangerang" (PDF). hlm. 1. Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 2020-10-10. Diakses tanggal 2020-10-08. 
  6. ^ "Tigaraksa, Indonesia". Climate-Data.org. Diakses tanggal 11 Agustus 2020. 
  7. ^ "Buku Prakiraan Musim Hujan 2023-2024 – Rerata Curah Hujan Kabupaten Tangerang Zona Musim 167, 168, dan 169 periode 1991-2020" (PDF). BMKG. hlm. 131. Diakses tanggal 11 September 2023. 
  8. ^ "CURUG, INDONESIA". Weatherbase. Diakses tanggal 11 Agustus 2020. 
  9. ^ "Curug AP". WeatherOnline. Diakses tanggal 10 Agustus 2020. 
  10. ^ "Karakteristik Penduduk Jawa Barat Hasil Sensus Penduduk 2000" (pdf). www.banten.bps.go.id. 1 November 2001. hlm. 72. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-01-19. Diakses tanggal 10 Mei 2022. 
  11. ^ Puskapol UI (11 November 2014). "Hasil Pemilu 2014 Provinsi Banten". Diakses tanggal 13 Maret 2019. 
  12. ^ "Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 137 Tahun 2017 tentang Kode dan Data Wilayah Administrasi Pemerintahan". Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia. Diarsipkan dari versi asli tanggal 29 Desember 2018. Diakses tanggal 3 Oktober 2019. 
  13. ^ "Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 72 Tahun 2019 tentang Perubahan atas Permendagri nomor 137 Tahun 2017 tentang Kode dan Data Wilayah Administrasi Pemerintahan". Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia. Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 25 Oktober 2019. Diakses tanggal 15 Januari 2020. 
  14. ^ Kode Pos Kabupaten Tangerang

Sumber pustaka

  1. Profil Bupati Tangerang 2018 - 2023[pranala nonaktif permanen]
  2. Profil Wakil Bupati Tangerang 2018 - 2023 Diarsipkan 2018-08-29 di Wayback Machine.
  3. Gubernur Banten Lantik Bupati dan Wakil Bupati Tangerang 2018 - 2023
  4. Terpilih sebagai Bupati dan Wakil Bupati Tangerang
  5. Zaki-Romli Menang di Pilkada Kabupaten Tangerang
  6. Daftar Sekolah di Kabupaten Tangerang
  7. Letak Geografis Diarsipkan 2019-07-01 di Wayback Machine. Kabupaten Tangerang
  8. "Sejarah Kabupaten Tangerang" Diarsipkan 2018-08-29 di Wayback Machine. . Pemerintah Kabupaten Tangerang. Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Tangerang.
  9. Daftar Kecamatan di Kabupaten Tangerang
  10. Pemerintah Kabupaten Tangerang (7 Oktober 2002). Peraturan Daerah Kabupaten Tangerang (PDF) (Laporan). Pemerintah Kabupaten Tangerang.
  11. "Perpres No. 10 Tahun 2013". 2013-02-04. Diakses tanggal 2019-03-29.
  12. "Kabupaten Tangerang Dalam Angka 2018" . BPS Kabupaten Tangerang. Diakses tanggal 29 Maret 2019.
  13. "Laporan Penduduk Berdasarkan Agama Provinsi Banten Semester I Tahun 2014". Biro Pemerintahan Provinsi Banten. Diakses tanggal 29 Maret 2019.
  14. "Wawancara Tadjus Sobirin: Tadjus, Dangdut, dan Nasi Bungkus" Diarsipkan 2003-09-12 di Wayback Machine. . Tempo Interaktif. Tangerang. 26 April 1997. Diakses tanggal 4 Maret 2016.
  15. "Jadi tempat prostitusi, Desa Dadap batal dibongkar" Diarsipkan 2016-03-06 di Wayback Machine. . Republika Online. Tangerang. 28 Mei 1996. Diakses tanggal 4 Maret 2016.

Pranala luar

Read other articles:

دخيل تقسيم إداري البلد جيبوتي  [1] عاصمة لـ إقليم دخيل  خصائص جغرافية إحداثيات 11°06′31″N 42°22′00″E / 11.108611111111°N 42.366666666667°E / 11.108611111111; 42.366666666667  المساحة 4 كيلومتر مربع  الارتفاع 503 السكان التعداد السكاني 30 ألف نسمة (إحصاء القرن التاسع عشر) الكثافة السكانية…

Après toiBerkas:Vicky Leandros - Après Toi.jpgPerwakilan Kontes Lagu Eurovision 1972NegaraLuxembourgArtisVicky LeandrosBahasaPrancisKomposerMario Panas, Klaus MunroPenulis lirikYves Dessca, Klaus MunroKonduktorKlaus MunroHasil FinalHasil final1Poin di final128Kronologi partisipasi◄ Pomme, pomme, pomme (1971)   Tu te reconnaîtras (1973) ► Après toi (bahasa Prancis untuk Setelah kamu) adalah lagu pemenang dari Kontes Lagu Eurovision 1972 yang dipentaskan dalam bahasa Prancis oleh…

هذه المقالة يتيمة إذ تصل إليها مقالات أخرى قليلة جدًا. فضلًا، ساعد بإضافة وصلة إليها في مقالات متعلقة بها. (أبريل 2019) تيم إريكسن   معلومات شخصية الميلاد سنة 1966 (العمر 56–57 سنة)  مواطنة الولايات المتحدة  الحياة العملية المدرسة الأم جامعة ويسليان  المهنة موسيقي،  و…

 Nota: Para o povo da Grécia Antiga, veja Dórios. Coordenadas: 46° 06' N 9° 19' E Dorio    Comuna   Localização DorioLocalização de Dorio na Itália Coordenadas 46° 06' N 9° 19' E Região Lombardia Província Lecco Características geográficas Área total 12 km² População total 346 hab. Densidade 28,8 hab./km² Altitude 210 m Outros dados Comunas limítrofes Colico, Dervio, Introzzo, Pianello del Lario (CO), Sueglio, Tremenico, V…

Про інші міста під назвою Брест див. Брест. місто Берестябіл. Брэст / Берасьце, Bieraście Транслітерація назви Brest / Bieraście Герб Берестя Прапор Берестя Основні дані 52°05′ пн. ш. 23°42′ сх. д. / 52.083° пн. ш. 23.700° сх. д. / 52.083; 23.700Координати: 52°05′ пн. …

Ана Соларі Ім'я при народженні ісп. Ana SolariНародилася 20 листопада 1957(1957-11-20)[1] (66 років) або 1956[2]Монтевідео, Уругвай[1]Країна  УругвайДіяльність письменниця, журналістка, вчителька, музиканткаМова творів іспанська, німецька і англійськаНагород…

A MIL-DTL-38999 circular connector plated with a nickel–teflon composite. Left: plug (male) type connector; Right: receptacle (female) type connector) Electrical or fiber-optic connectors used by U.S. Department of Defense were originally developed in the 1930s for severe aeronautical and tactical service applications, and the Type AN (Army-Navy) series set the standard for modern military circular connectors. These connectors, and their evolutionary derivatives, are often called Military Stan…

Commune in Auvergne-Rhône-Alpes, FranceLes Chavannes-en-MaurienneCommuneLocation of Les Chavannes-en-Maurienne Les Chavannes-en-MaurienneShow map of FranceLes Chavannes-en-MaurienneShow map of Auvergne-Rhône-AlpesCoordinates: 45°23′31″N 6°16′58″E / 45.3919°N 6.2828°E / 45.3919; 6.2828CountryFranceRegionAuvergne-Rhône-AlpesDepartmentSavoieArrondissementSaint-Jean-de-MaurienneCantonSaint-Jean-de-MaurienneGovernment • Mayor (2020–2026) Joël …

SMA Negeri 1 TasikmalayaInformasiDidirikan1956JenisNegeriAkreditasiPeringkat A (Amat Baik) [1]Nomor Statistik Sekolah301327778001Kepala SekolahDr. H. Yonandi, S.Si. M.T (2023-sekarang)Jurusan atau peminatanMIPA, IPSRentang kelasX, XI (MIPA,IPS), XII (MIPA, IPS),KurikulumKurikulum Merdeka, Kurikulum 2013AlamatLokasiJl. Rumah Sakit No.28, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat,  IndonesiaTel./Faks.0265-331690 / 0265-331690,0265-314861Koordinat7°19′56.82″S 108°13′24.6″E / …

Surgical removal of the vermiform appendix AppendectomyAn appendectomy in progressOther namesAppendisectomy, appendicectomySpecialtyGeneral surgeryUsesAppendicitisComplicationsInfection, bleedingApproachLaparoscopic, openRecovery time1-3 weeksFrequencyCommon[edit on Wikidata] An appendectomy (American English) or appendicectomy (British English) is a surgical operation in which the vermiform appendix (a portion of the intestine) is removed. Appendectomy is normally performed as an urgent or …

Secretary General of Amnesty International Agnès CallamardCallamard in 2019EducationInstitut d'Etudes Politiques de GrenobleHoward UniversityNew School for Social ResearchOccupation(s)Human rights activist and scholarYears active1995–presentEmployerOffice of the United Nations High Commissioner for Human Rights (OHCHR)OrganisationAmnesty International Agnès Callamard is a French human-rights activist who is the Secretary General of Amnesty International.[1] She was previously th…

UK TV channel owned by UKTV This article is about the British television channel. For the channel formerly known as UKTV Drama, see Alibi (TV channel). Television channel DramaLogo used since 8 July 2013.CountryUnited Kingdom and IrelandBroadcast areaUnited Kingdom and IrelandProgrammingLanguage(s)EnglishPicture format1080i HDTV(SDTV feed downscaled to 16:9 576i)Timeshift serviceDrama +1OwnershipOwnerBBC StudiosParentUKTVSister channelsAlibiDaveEdenGoldWYesterdayHistoryLaunched8 July 2013&#…

Special form of municipalities in Honshu, Japan Place in Honshu, JapanSpecial wards of Tokyo 東京特別区Shinjuku, one of Tokyo's special wardsLocated in the green highlightsCountryJapanIslandHonshuRegionKantōPrefectureTokyoArea • Special wards618.8 km2 (238.9 sq mi)Population (October 1, 2020) • Special wards9,733,276 • Density15,729.27/km2 (40,738.6/sq mi) Administrative divisionsof Japan Prefectural Prefectures Sub-prefectural S…

Animated television series This article needs editing to comply with Wikipedia's Manual of Style. In particular, it has problems with MOS:CONTRACTIONS. Please help improve the content. (November 2021) (Learn how and when to remove this template message) Super 4Genre Comedy Action Animation Created byMorgen StudiosMethod AnimationBased onPlaymobilWritten by Hervé Benedetti Guillaume Enard Nicholas Robin Cyril Tysz Directed by Cyril Adam (Seasons 1-2) Arnaud Bouron (Season 1)[1] Voices of…

Мотив герба військових капеланів Військо́вий ординаріа́т (лат. Ordinariatus Militaris) — у Католицькій церкві територіальна одиниця, прирівняна до діоцезії (єпископства). Існує для пастирської опіки над військовослужбовцями-католиками. Підпорядковується безпосередньо Папі римсь…

IgrejaCatólica República da Irlanda e Irlanda do Norte Igreja Católica na IrlandaCatedral de São Patrício em Armagh, sede do primaz da Irlanda Santo padroeiro São Patrício[1][2] Ano 2007 População total 4.500.000 Católicos 3.800.000 Paróquias 1.087 Presbíteros 3.000 Presidente da Conferência Episcopal Eamon Martin Núncio apostólico Jude Thaddeus Okolo Códice IE A Igreja Católica na Irlanda (em irlandês: Eaglais Chaitliceach na hÉireann) é parte da Igreja Católica universal s…

Island in the Hauraki Gulf of New Zealand Waiheke IslandWaiheke (Māori)Landsat image of the island, August 2002Waiheke IslandLocation in New Zealand & Pacific OceanShow map of New ZealandWaiheke IslandWaiheke Island (Pacific Ocean)Show map of Pacific OceanGeographyLocationHauraki GulfCoordinates36°48′S 175°06′E / 36.800°S 175.100°E / -36.800; 175.100ArchipelagoNew Zealand archipelagoArea92 km2 (36 sq mi)Length19.3 km (11.99 mi)Wi…

Italian holding company For other uses, see De Agostini (disambiguation). This article has multiple issues. Please help improve it or discuss these issues on the talk page. (Learn how and when to remove these template messages) This article relies excessively on references to primary sources. Please improve this article by adding secondary or tertiary sources. Find sources: De Agostini – news · newspapers · books · scholar · JSTOR (March 2009) (Learn how …

Events at the2003 Asian AthleticsChampionshipsTrack events100 mmenwomen200 mmenwomen400 mmenwomen800 mmenwomen1500 mmenwomen5000 mmenwomen10,000 mmenwomen100 m hurdleswomen110 m hurdlesmen400 m hurdlesmenwomen3000 msteeplechasemen4 × 100 m relaymenwomen4 × 400 m relaymenwomenRoad events20 km walkmenwomenField eventsHigh jumpmenwomenPole vaultmenwomenLong jumpmenwomenTriple jumpmenwomenShot putmenwomenDiscus throwmenwomenHammer throwmenwomenJavelin throwmenwomenCombined eventsHeptathlonwomenDec…

Security and defence of a nation state National defense redirects here. For other uses, see National defense (disambiguation). For other uses, see National security (disambiguation). President of the United States Ronald Reagan in a briefing with US National Security Council staff on the Libya bombing on 15 April 1986 Security measures are taken to protect the Palace of Westminster in London, UK. The heavy blocks of concrete are designed to prevent a car bomb or other device being rammed into th…

Kembali kehalaman sebelumnya

Lokasi Pengunjung: 44.192.94.177