Share to: share facebook share twitter share wa share telegram print page

Kabupaten Pesisir Selatan

Kabupaten Pesisir Selatan
Transkripsi bahasa daerah
 • Jawi Minangڤاسيسيا سلاتان
 • Alfabet MinangPasisia Salatan
Kawasan Wisata Mandeh Pesisir Selatan
Kawasan Wisata Mandeh Pesisir Selatan
Lambang resmi Kabupaten Pesisir Selatan
Julukan: 
Negeri Sejuta Pesona
Motto: 
Bersatu membangun Pesisir Selatan Maju [1]
Peta
Peta
Kabupaten Pesisir Selatan di Sumatra
Kabupaten Pesisir Selatan
Kabupaten Pesisir Selatan
Peta
Kabupaten Pesisir Selatan di Indonesia
Kabupaten Pesisir Selatan
Kabupaten Pesisir Selatan
Kabupaten Pesisir Selatan (Indonesia)
Koordinat: 1°21′00″S 100°34′01″E / 1.35°S 100.567°E / -1.35; 100.567
Negara Indonesia
ProvinsiSumatera Barat
Tanggal berdiri19 Maret 1956[2]
Dasar hukumUU Nomor 12 Tahun 1956[2]
Ibu kotaPainan
Jumlah satuan pemerintahan
Daftar
  • Kecamatan: 15
  • Nagari: 182
Pemerintahan
 • BupatiRusma Yul Anwar
 • Wakil BupatiLowong
 • Sekretaris DaerahMawardi Roska
 • Ketua DPRDErmizen
Luas
 • Total5.749,89 km2 (2,220,04 sq mi)
Populasi
 • Total515.549
 • Kepadatan90/km2 (200/sq mi)
Demografi
 • AgamaIslam 99,79%
Kristen 0,20%
- Protestan 0,16%
- Katolik 0,04%
Hindu 0,01%[3]
 • BahasaIndonesia, Minangkabau, Kerinci
 • IPMKenaikan 70,03 (2021)
tinggi[4]
Zona waktuUTC+07:00 (WIB)
Kode BPS
1302
Kode area telepon0756,0757
Pelat kendaraanBA xxxx G**/Z**
Kode Kemendagri13.01
DAURp 689.380.494.000.- (2013)[5]
Situs webpesisirselatankab.go.id


Kabupaten Pesisir Selatan (bahasa Minangkabau: Pasisia Salatan; Jawi, ڤاسيسيا سلاتان) adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi pada tahun 2021 sebanyak 515.549 jiwa.[3] Ibu kota Pesisir Selatan berada di kecamatan IV Jurai, tepatnya di Painan.

Geografis

Kabupaten Pesisir Selatan terletak di pinggir pantai, dengan garis pantai sepanjang 218 kilometer Topografinya terdiri dari dataran, gunung dan perbukitan yang merupakan perpanjangan gugusan Bukit Barisan. Berdasarkan penggunaan lahan, 45,29 persen wilayah terdiri dari hutan, termasuk kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat, Cagar Alam Koto XI Tarusan, dan rawa gambut.[6]

Batas wilayah

Secara administratif, kabupaten ini memiliki batas wilayah sebagai berikut:

Utara Padang
Timur Solok, Solok Selatan, Kerinci, dan Sungai Penuh
Selatan Mukomuko
Barat Samudra Hindia

Sejarah

Nama Pesisir Selatan berasal dari nama daerah ini pada masa penjajahan Belanda, afdeling zuid beneden landen (dataran rendah bagian selatan). Ketika itu, pada tahun 1903, wilayah Bandar Sepuluh Inderapura dan Kerinci menjadi afdeeling yang dipimpin asisten residen yang berkedudukan di Inderapura sebagai pusat pemerintahan.

Melalui UU no 12 Tahun 1956 daerah ini menjadi kabupaten Pesisir Selatan Kerinci. Tahun 1957 dengan lepasnya Kerinci menjadi kabupaten sendiri di bawah Provinsi Jambi, namanya berubah menjadi Pesisir Selatan saja.[6]

Sebelum 1500 M

Sebelum Abad ke-16, wilayah Pesisir Selatan merupakan daerah sepanjang pesisir pantai Sumatera Barat yang terdiri dari rawa-rawa dataran rendah dan bebukitan yang sudah berpenghuni. Penghuninya waktu itu masih sangat sedikit. Mereka berasal dari berbagai negeri asal. Mereka tinggal di sepanjang pesisir pantai sebagai nelayan. Sebagian mereka datang dari pedalaman Sumatra atau hulu sungai Batang Hari. Sebagian lagi penyebaran dari daerah Indojati atau Air Pura. Dan sebagian dari mereka adalah orang-orang yang dikenal sebagai Orang Rupit pelarian dari daerah Sungai Pagu Muara Labuh dan sekitarnya yang kemudian menyeberang ke Pulau Pagai.

Dipercaya sebelum abad 16 di mana pada era ini banyak terjadi ekspansi dan migrasi dari masyarakat Darek (Luhak Nan Tigo) ke berbagai daerah yang disebut rantau, diduga kuat wilayah Pesisir Selatan Tarusan Bayang dan Bandar Sepuluh sudah didiami oleh masyarakat dari Inderapura karena kerajaan Teluk Air Pura sudah eksis semenjak abad 9 Masehi, sementara kerajaan Sungai Pagu baru berdiri pada abad 17 Masehi, begitupula kerajaan Pagaruyung yang juga baru berdiri pada abad 17.[butuh rujukan]

Tiga Wilayah Utama

Tarusan-Bayang-Salido Painan

Nenek moyang Koto XI Tarusan umumnya berasal dari nagari Koto Gadang Guguak(dalam wilayah Luak Kubuang Tigo Baleh, Solok sekarang) dan sebagian kecil merupakan ekspansi dari orang Bayang. Nenek moyang Bayang Nan Tujuh dan Koto Nan Salapan (Bayang Utara) berasal dari 3 nagari di Kubuang Tigo Baleh (Solok sekarang) yaitu: Muaro Paneh, Kinari dan Koto Anau.

Nenek moyang IV Jurai (Lumpo, Sago, Salido dan Painan) sebagian merupakan ekspansi dari Bayang (Lumpo, Sago dan Salido) dan sebagian merupakan ekspansi dari Batangkapeh (Bandar Sepuluh) yaitu Salido dan Painan. Namun Painan merupakan daerah yang dihuni oleh berbagai pendatang dari berbagai arah, dari utara maupun selatan. Salido merupakan daerah yang sangat makmur pada abad 17 hingga 18 karena aktifnya penambangan emas yang terdapat disini. Sekarang penambangan batubara juga mulai aktif di Salido.

Bandar Sapuluah

Nenek moyang Bandar Sepuluh umumnya dipercaya merupakan perantau dari Sungai Pagu (Solok Selatan) pada abad 15. Tapi tidak tertutup kemungkinan sebelum kedatangan mereka, Bandar Sepuluh sudah didatangi dan dihuni oleh masyarakat dari Inderapura dan sekitarnya. Disebut Bandar Sepuluh karena pada masa jaya-jayanya di wilayah ini terdapat sepuluh bandar atau dermaga ("Labuhan" dalam istilah setempat). Masing-masing nagari mempunyai dua dermaga yang terdapat di muara sungai-sungai besar di wilayah Bandar Sepuluh.

Renah Indojati

Inderapura merupakan kedudukan sebuah kerajaan maritim terbesar di pantai barat Sumatra dari abad ke 8 sampai abad ke 18 yaitu Kerajaan Inderapura yang sultannya masih ada sampai sekarang. Inderapura terkenal dengan dua puluh penghulunya yang merupakan perwakilan dari 3 nenek moyang mereka (6 di hilir, 6 di mudik dan 8 dari daerah lain). Inderapura merupakan daerah yang sudah tua, sudah dihuni semenjak abad ke-8 Masehi. Sementara Tapan terkenal dengan 4 penghulu sukunya sehingga disebut Basa Ampek Balai. Masyarakat Lunang dipercaya eksis semenjak era kesultanan Inderapura dan diduga nenek moyang mereka ekpansi dari masyarakat Inderapura sendiri, atau Sungai Pagu dan daerah sekitarnya. Lunang juga mulai eksis setelah era kesultanan Inderapura. Lunang mempunyai 8 orang penghulu suku yang berperan dan berkonsultasi kepada Mande Rubiah (keturunan Bundo Kanduang) sebagai yang dituakan dan dihormati di Lunang dan sekitarnya.

Masa 1500-1700

Pada tahun 1523, di Painan sudah berdiri sebuah surau, lembaga pendidikan agama di Minangkabau. Pada abad 16 ini pula, Pulau Cingkuk di Painan menjadi pelabuhan kapal international yang berjaya sebagai pelabuhan emas Salido.

Pada tahun 1660, Belanda pernah berkeinginan untuk memindahkan kantor perwakilan mereka dari Aceh ke Kota Padang dengan alasan lokasi dan udara yang lebih baik namun keinginan ini ditolak oleh penguasa kota Padang hingga akhirnya mereka berkantor di Salido.

Perjanjian Painan pada tahun 1663, yang diprakarsai oleh Groenewegen yang membuka pintu bagi Belanda untuk mendirikan loji di kota Padang, selain kantor perwakilan mereka di Tiku dan Pariaman. Dengan alasan keamaman kantor perwakilan di kota Padang dipindahkan ke pulau Cingkuk hingga pada tahun 1667 dipindahkan lagi ke kota Padang. Bangunan itu terbakar pada tahun 1669 dan dibangun kembali setahun kemudian.

Masyarakat Bayang pernah terlibat dalam perang melawan Pemerintah Hindia Belanda selama lebih kurang satu abad yaitu dimulai pada tahun 1663 sampai 1771.

Masa 1900-1945

Pada tahun 1915, pemuka adat nagari Bayang Nan Tujuh dan Koto Nan Salapan (sebelum menjadi kecamatan Bayang) mengadakan rapat di Koto Berapak dan Pulut-pulut merumuskan tambo (sejarah dan adat) Nagari Bayang yang menyatakan bahwa nenek moyang masyarakat Bayang dan cabang-cabangnya (Lumpo dan Salido) berasal dari tiga nagari di Kubuang Tigo Baleh (Solok sekarang) yaitu Muaro Paneh, Kinari dan Koto Anau. Mereka migrasi sesudah kedatangan nenek moyang masyarakat XI Koto Tarusan di sebelah utara, di balik bukit Bayang.

Pasca Perang Paderi, semua wilayah Minangkabau dikuasai oleh pemerintahan kolonialis Hindia Belanda langsung dibawah kendali kerajaan Belanda, bukan lagi melalui VOC. Otomatis sistem pemerintahan di Pesisir Selatan juga mengikuti sistem yang dibangun oleh Belanda. Pemerintahan Adat di Pesisir Selatan juga dirombak oleh pemerintah Hindia Belanda seperti diciptakannya beberapa gelar penghulu yang baru dan menyingkirkan gelar-gelar yang dipegang oleh penghulu adat yang menentang Belanda.

Bukit Sigarapai di antara Lumpo dan Bayang menjadi saksi perjuangan rakyat Pesisir Selatan yang bergerilya menentang penjajahan Belanda. Pada masa penjajahan ini, rakyat Pesisir Selatan banyak melakukan "ijok" atau bersembunyi di hutan-hutan.

Masa Kemerdekaan Indonesia (1945-sekarang)

  • 19 Agustus 1621 dengan peristiwa penolakan tegas pembesar Pesisir Selatan terhadap kekuatan asing yang berpraktik imperialisme dan mengarah kolonialisme dan pengakuan Pagaruyung terhadap Pesisir.
  • 7 Juni 1663, Perang Bayang (1663-1711), perlawanan rakyat sarat dengan rasa nasionalis menolak Belanda membuat loji VOC pertama di kawasan Sumatera Barat, yakni di Pulau Cingkuk tahun 1662.
  • 6 Juli 1663, Perjanjian Painan lanjutan dari Sandiwara Batangkapas. Sandiwara menolak kebijakan politik Sultan Iskandar Muda (Aceh) menjaga ketat bahkan hendak menutup kota pantai pelabuhan Samudrapura, Indrapura dalam berdagang lada dan emas.
  • 28 Januari 1667, pertemuan tingkat tinggi antara Raja Minangkabau dan Belanda yang salah satu solusinya adalah pengakuan terhadap eksistensi Pesisir Selatan sebagai bagian integral wilayah sub kultur Minangkabau.
  • 6 Juni 1701, kemarahan rakyat Pesisir Selatan terhadap tipuan Belanda menawarkan jasa memadamkan huru-hara sebagai mantel praktik imperialism mengarah colonialism, dengan membakar loji VOC di Indrapura.

Pemerintahan

Daftar Bupati

Bupati.[7][8] Mulai menjabat Akhir menjabat Ket. Wakil Bupati
Muhammad Syafe'i St. Bandaro
8 Oktober 1945
-
Jamalus Yahya
23 Januari 1946
-
Panto
1949
-
Aminoeddin St. Sjarif
1949
1950
-
Bakhtiar Dt. Pado Penghulu
1950
-
Oedin [9]
Oktober 1954
1957
-
Jama Lako Sutan
1957
1960
-
Boer Yusuf
1960
1964
-
Hasroel Dt. Rky. Basa
1964
1966
-
Noor Bakapak
1966
1967
-
Zaini Zein
1967
1972
-
Agoesman Rj. I Basa
1972
1972
-
Drs. Abrar
1972
1980
-
Ismail I. Lengah, S.H
1980
1990
-
Kolonel Inf. Masdar Saisa[10]
1990
1995
-
Kolonel Inf. (Purn.) H. Darizal Basir
1995
2000
-
September 2000
17 September 2005
[11]
Nasrul Abit
Drs. H. Nasrul Abit
17 September 2005
17 September 2010
[12]
Syafrizal Ucok
17 September 2010
17 September 2015
[13]
Editiawarman
Drs. Alwis
(Pj.)
28 Oktober 2015
17 Februari 2016
[14]
Tidak ada
AKBP (Purn.) H. Hendrajoni, S.H., M.H.
17 Februari 2016
17 Februari 2021
[15]
Rusma Yul Anwar
Muskamal, S.H., M.Si.
(Pj.)
17 Februari 2021
26 Februari 2021
[16]
Tidak ada
Drs. Rusma Yul Anwar, M.Pd.
26 Februari 2021
Petahana
[17]
Rudi Hariyansyah


Dewan Perwakilan

Berikut ini adalah komposisi anggota DPRD Kabupaten Pesisir Selatan dalam dua periode terakhir.[18][19]

Partai Politik Jumlah Kursi dalam Periode
2014-2019 2019-2024
PKB 1 Kenaikan 3
Gerindra 5 Steady 5
PDI-P 2 Kenaikan 4
Golkar 6 Penurunan 4
NasDem 5 Steady 5
Berkarya (baru) 1
PKS 5 Steady 5
Perindo (baru) 1
PPP 4 Penurunan 3
PAN 5 Steady 5
Hanura 5 Penurunan 2
Demokrat 5 Steady 5
PBB 2 Steady 2
Jumlah Anggota 45 Steady 45
Jumlah Partai 11 Kenaikan 13


Kecamatan

Kabupaten Pesisir Selatan memiliki 15 kecamatan dan 182 nagari. Luas wilayahnya mencapai 5.749,89 km² dan penduduk 518.265 jiwa (2017) dengan sebaran 90 jiwa/km².[20][21]

Daftar kecamatan dan kelurahan di Kabupaten Pesisir Selatan, adalah sebagai berikut:

Kode
Kemendagri
Kecamatan Jumlah Status Daftar
13.01.05 IV Jurai 20 Nagari
13.01.12 IV Nagari Bayang Utara 6 Nagari
13.01.13 Airpura 10 Nagari
13.01.11 Basa Ampek Balai Tapan 10 Nagari
13.01.04 Batang Kapas 9 Nagari
13.01.06 Bayang 17 Nagari
13.01.07 Koto XI Tarusan 23 Nagari
13.01.09 Linggo Sari Baganti 16 Nagari
13.01.03 Lengayang 9 Nagari
13.01.10 Lunang 10 Nagari
13.01.01 Pancung Soal 10 Nagari
13.01.14 Ranah Ampek Hulu Tapan 10 Nagari
13.01.02 Ranah Pesisir 10 Nagari
13.01.15 Silaut 10 Nagari
13.01.08 Sutera 12 Nagari
TOTAL 182


Kabupaten Pesisir Selatan meliputi 15 kecamatan:[22]

  1. Koto XI Tarusan awalnya terdiri dari 11 koto. Sekarang sudah dimekarkan menjadi beberapa Nagari Yaitu: Siguntua, Taratak Sungai Lundang, Barung-Barung Balantai Selatan, Barung-Barung Balantai, Barung-Barung Belantai Timur, Duku, Duku Utara, Batu hampa, Batu hampa Selatan, Nanggalo, Kapuh Utara, Kapuh, Sungai Tawa Taluak Raya, Kampuang Pansua, Ampang Pulai, Pulau Karam, Carocok Anau, Mandeh, Sungai Nyalo Mudik Aia, Sungai Pinang, dan lain-lain].
  2. Bayang awalnya disebut sebagai nagari Bayang Nan Tujuh karena terdiri dari tujuh koto, kemudian dimekarkan menjadi beberapa nagari sampai sekarang.
  3. Bayang Utara awalnya disebut Koto Nan Salapan, terdiri dari Pulut-pulut, Muaro Air, Pancung Taba, Ngalau Gadang, Limau-limau dan Taratak Nan Tigo (Teleng, Pisang dan Baru).
  4. IV Jurai terdiri dari Lumpo, Sago, Salido dan Painan tetapi sekarang sudah dimekarkan menjadi beberapa nagari. Disini terletaknya pusat pemerintahan Kabupaten Pesisir Selatan, yaitu Painan.
  5. Batang Kapas, merupakan kepala dari Bandar Sepuluh, terdiri dari 5 Nagari Yaitu Nagari IV Koto Hile, Nagari Koto Nan Duo IV Koto Hilie, Nagari Koto Nan Tigo IV Koto Hile, Nagari IV Koto Mudiak, Nagari Taluak.
  6. Sutera, merupakan singkatan dari 3 nagari: Surantih, Taratak dan Ampiang Parak.
  7. Lengayang, terdiri dari dua nagari awal: Kambang dan Lakitan. Kambang merupakan wilayah asal penyebaran dari masyarakat Bandar Sepuluh. Nenek moyang dari Sungai Pagu turun melalui Kambang kemudian menyebar ke utara (Sutera dan Batangkapas) dan sebagian menyebar ke selatan (Ranah Pesisir dan Linggo Sari Baganti).
  8. Ranah Pesisir terdiri dari nagari Palangai (Balai Salasa) dan nagari Punggasan.
  9. Linggo Sari Baganti terdiri dari Punggasan dan Air Haji, merupakan ekor dari Bandar Sepuluh, berbatasan dengan wilayah Indojati.
  10. Pancung Soal, berpusat di Inderapura
  11. Airpura, juga di wilayah Inderapura yang merupakan pemekaran dari Kecamatan Pancung Soal
  12. Basa Ampek Balai Tapan, merupakan wilayah tengah dari Indojati. Di Tapan terdapat persimpangan jalan menuju Kerinci, Sungai Penuh, Padang dan Bengkulu.
  13. Ranah Ampek Hulu Tapan, juga di wilayah Tapan, merupakan pemekaran dari Kecamatan Basa Ampek Balai Tapan
  14. Lunang, tempat berkedudukannya Mande Rubiah. Sebagian wilayah Lunang adalah daerah transmigrasi.
  15. Silaut, sebagian besar wilayahnya merupakan lahan transmigrasi. Silaut adalah daerah paling selatan Kabupaten Pesisir Selatan dan Paling Selatan di Sumatera Barat yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Mukomuko Provinsi Bengkulu

Ekonomi

Sebagian besar penduduk Pesisir Selatan bergantung pada sektor pertanian tanaman pangan, perikanan dan perdangan. Sementara sumber daya potensial lainnya adalah pertambangan, perkebunan dan pariwisata.

Sektor perkebunan terutama perkebunan sawit mulai berkembang pesat sejak sepuluh tahun terakhir, yang berlokasi di Kecamatan Pancung Soal, Basa Ampek Balai dan Lunang Silaut. Melibatkan beberapa investor nasional dengan pola perkebunan inti dan plasma. Sebuah industri pengota minyak sawit CPO kini sudah berdiri di Kec. Pancung Soal, dengan kapasitas produksi sebesar 4.000 ton per hari.

Pariwisata

Pesisir Selatan memiliki panorama alam yang cukup cantik dan mempesona. Kawasan Mandeh misalnya, sekarang kawasaan wisata ini oleh pemerintah pusat masuk dalam Rencana Induk Pengembangan Pariwisata Nasional (RIPPNAS) mewakili kawasan barat Indonesia. Kawasan wisata potensial lainnya adalah Jembatan Akar, Water Pall Bayang Sani, Cerocok Beach Painan, Bukit Langkisau, Nyiur Melambai serta sejumlah objek wisata sejarah, seperti Pulau Cingkuak (Cengco), Peninggalan Kerajaan Inderapura dan Rumah Gadang Mandeh Rubiah Lunang. Bila semua potensi pariwisata Pesisir Selatan tersebut dapat diekelola secara profesional tentu akan jadi sumber PAD andalan daerah pada masa mendatang. Untuk itu pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan membuka diri selebar lebarnya kepada investor yang berminat menanamkan modatnya di daerah ini.

Berkas:Pantai Pulau Cubadak, Pesisir Selatan, Sumatera Barat.jpg
Pemandangan Pantai di Pesisir Selatan, Sumatera Barat
Berkas:Puncak Viola, Pesisir, Sumatera Barat 2.jpg
Pemandangan pulau dan lautan dari Puncak Viola, Pesisir, Sumatera Barat
Berkas:Hutan Bakau di Pesisir, Sumatera Barat 04.jpg
Hutan Bakau di Pesisir, Sumatera Barat
Berkas:Laut dan Kepulauan di Pesisir, Sumatera Barat 06.jpg
Laut dan Kepulauan di Pesisir, Sumatera Barat
Berkas:Puncak Batu Kucing, Sumatera Barat 3.jpg
Pemandangan hutan dan lautan dari Puncak Batu Kucing, Pesisir, Sumatera Barat
Berkas:Puncak Viola, Pesisir, Sumatera Barat 6.jpg
Pemandangan pulau dan lautan dari Puncak Viola, Pesisir, Sumatera Barat

Objek wisata

Di Pesisir Selatan banyak terdapat objek wisata baik objek wisata alam maupun wisata sejarah dan budaya. Ada beberapa objek wisata yang terkenal, antara lain:

  1. Mandeh (Koto XI Tarusan)
  2. Bendungan Amping Parak Timur (Teratak Panas)
  3. Pantai Mandeh, Pantai Batu Kalang dan Taluak Sikulo (Tarusan)
  4. Pulau Keong (Batang Kapas)
  5. Pulau Cubadak
Pantai Pulau Cubadak
Foto karang yang ditemukan di sekitar pantai Pulau Cubadak
  1. Jembatan Akar (Bayang Utara)
  2. Air Terjun Bayang Sani (Bayang)
  3. Puncak Langkisau (Painan)
  4. Pantai Carocok (Painan)
  5. Benteng Portugis di Pulau Cingkuk (Painan)
  6. Bekas pertambangan emas di Salido
  7. Pantai Pasir Putih di Kambang
  8. Pantai Kito di Air Haji
  9. Pantai Pincalang Gadih Di Labuhan Tanjak Air Haji Barat
  10. Panorama Bukit Aua di Pasar Bukit Air Haji
  11. Pantai Muara Jambu di Punggasan Utara
  12. Aia Manca Di Rantau Simalenang Air Haji
  13. Timbulun Tujuah di sungai sirah air haji
  14. Taman Maharani di Muara Gadang Air Haji
  15. Puing-puing Istana Kerajaan Inderapura di Muaro Sakai (Inderapura)
  16. Istana Mande Rubiah di Lunang
  17. Sako di Tapan
  18. Air Terjun Telun Berasap di Malepang Tapan
  19. Air Terjun Malaca di Panadah Tapan
  20. Pantai Sembungo Indah di Silaut

Dan banyak tempat wisata lainnya yang bisa dikunjungi.

Masakan khas

Di Pesisir selatan dikenal rendang lokan (sebangsa kerang hijau) bercangkang hitam. Lokan banyak terdapat dimuara sungai Indrapura dengan kedalaman ± 6 meter, disungai Batang Air Haji Tepatnya di Bediang Labuhan Tanjak dan sungai batang Tarusan juga di Batang Lengayang Kambang. Saat pengambilan Lokan penyelam tidak memakai alat bantu sama sekali. Sama seperti rendang makanan khas Sumatra barat, rendang lokan juga bisa bertahan cukup lama hingga ± 3 bulan dalam kemasan premium. Perbedaan lokan Indrapura dan Kambang terlihat dari cara penjualannya sebelum diolah. Lokan Indrapura diikat (bajarek) sedangkan lokan Kambang di onggok (baungguak).[butuh rujukan]

Pendidikan

  1. Sekolah Tinggi Ilmu Hukum Painan
  2. Sekolah Tinggi Agama Islam Balai Selasa
  3. STKIP PESISIR SELATAN di Air Haji
  4. Sekolah Tinggi Agama Islam Madrasah Arabiah Bayang
  5. Universitas Terbuka di Tapan dan Lunang
  6. Sekolah Tinggi Agama Islam di Painan
  7. SDIT Jabalrahmah di Sago
  8. SDIT Mardatillah Linggo Sari Baganti

Agama

Semenjak zaman Syekh Burhanuddin di Ulakan, Pariaman, dakwah Islam sudah menyebar di seantero Pesisir Selatan. Tak lama sesudah berdirinya sebuah surau di Painan oleh seorang Ulama bernama Burhanuddin, berdiri pula sebuah surau di Puluikpuluik, Bayang yang diprakarsai oleh Syekh Buyung Muda asal Puluikpuluik, rekan sesama murid Syekh Abdurrauf asal Aceh.

Begitu pula dengan berubahnya Kerajaan Inderapura menjadi Kesultanan Inderapura berkat usaha para ulama di Inderapura, telah menjadikan kesultanan ini sebagai pusat pengembangan dakwah Islam di bumi Inderapura dan sekitarnya. Di Balai Selasa dan Salido sudah berdiri Sekolah Tinggi Agama Islam swasta dalam rangka memenuhi tuntutan pendidikan agama Islam di kabupaten ini. Ulama yang termasyhur diantaranya adalah Syekh Muhammad Dalil bin Muhammad Fatawi atau dikenal dengan gelar Syekh Bayang, kelahiran 1864 dan wafat 1923 dan Haji Ilyas Ya'kub, seorang ulama dan pahlawan nasional dari Pesisir Selatan. Khusus untuk Agama Katolik, walaupun penduduk Katolik di Sumatera Barat adalah minoritas, tetapi Kabupaten Pesisir Selatan ini masuk dalam Keuskupan Padang

Pembangunan

Yang menjadi isu pembangunan di Kecamatan Bayang sampai saat ini adalah pembangunan jalan tembus Bayang (Pasar Baru)-Alahan Panjang (Solok/Solok Selatan) dan Kambang (Lengayang)-Muara Labuh (Solok Selatan) yang terkendala oleh keberadaan hutan lindung Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS). Jalan tembus ini sudah lama dinantikan masyarakat kedua kabupaten demi kemajuan ekonomi mereka.

Pemekaran kabupaten

Sejak tahun 2000, masyarakat di tiga kecamatan paling selatan di kabupaten ini telah memperjuangkan sebuah kabupaten baru yang meliputi daerah Renah Indojati yaitu Inderapura, Tapan, Lunang dan Silaut.

Usaha pemekaran ini pada awalnya tidak direspon Pemerintah daerah Pesisir Selatan, namun saat ini perjuangan ini telah membuahkan hasil. Pada tahun 2012 ini telah dilaksanakan pemekaran tiga kecamatan di Renah Indojati menyusul pemekaran nagari yang telah dilaksanakan untuk memenuhi persyaratan administratif sebuah kabupaten baru.

Sampai saat ini masyarakat masih berjuang agar Kabupaten Renah Indojati yang diidamkan telah terbentuk. Kabupaten Renah Indojati terdiri atas 6 kecamatan yaitu:

  1. Basa Ampek Balai Tapan
  2. Lunang, perubahan nama dari Kecamatan Lunang Silaut
  3. Pancung Soal
  4. Air Pura, Pemekaran dari Kecamatan Pancung Soal
  5. Ranah Ampek Hulu Tapan, Pemekaran dari Kecamatan Basa Ampek Balai Tapan
  6. Silaut, Pemekaran dari Kecamatan Lunang Silaut

Referensi

  1. ^ "Salinan arsip". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-05-18. Diakses tanggal 2019-12-24. 
  2. ^ a b "Pembentukan Daerah-Daerah Otonom di Indonesia s/d Tahun 2014" (PDF). www.otda.kemendagri.go.id. Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 12 Juli 2019. Diakses tanggal 6 Desember 2021. 
  3. ^ a b c "Visualisasi Data Kependudukan - Kementerian Dalam Negeri 2021" (Visual). www.dukcapil.kemendagri.go.id. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-07-05. Diakses tanggal 6 Desember 2021. 
  4. ^ "Indeks Pembangunan Manusia 2020-2021". www.bps.go.id. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2021-12-01. Diakses tanggal 6 Desember 2021. 
  5. ^ "Perpres No. 10 Tahun 2013". 2013-02-04. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-02-14. Diakses tanggal 2013-02-15. 
  6. ^ a b Daniel Dhakidae, ed. (2003). Profil Daerah: Kabupaten dan Kota Jilid 2. Penerbit Buku Kompas. hlm. 122–125. ISBN 979-709-054-x Periksa nilai: invalid character |isbn= (bantuan). 
  7. ^ Bagian Pemerintahan, Pemda Kab Pesisir Selatan (30 Januari 2019). "NAMA -NAMA BUPATI KABUPATEN PESISIR SELATAN, MASA JABATANNYA DAN PENDIDIKAN TERTINGGI YANG DITAMATKAN, 2017". Badan Pusat Statistik Kabupaten Pesisir Selatan. Diakses tanggal 22 Desember 2019. 
  8. ^ "Bupati Pesisir Selatan Periode 1950 S/D 2015". Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Pesisir Selatan. Diakses tanggal 22 Desember 2019. 
  9. ^ https://padangkita.com/urang-minang-konco-arek-jenderal-sudirman/3/
  10. ^ https://www.berita.pesisirselatankab.go.id/berita/detail/selamat-jalan-masdar-saisa[pranala nonaktif permanen]
  11. ^ https://liputan6.com/news/read/485/darizal-bupati-hasil-kesepakatan
  12. ^ https://liputan6.com/news/read/109306/demonstrasi-warga-pesisir-selatan-dibubarkan-dengan-tembakan
  13. ^ https://antaranews.com/berita/220890/ratusan-polisi-amankan-pelantikan-bupati-pesisir-selatan
  14. ^ Kayo, Al Mangindo (28 Oktober 2015). "Jadi Pj Bupati Pessel, Alwis: Ini Tugas Berat". Valora.co.id. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2021-02-26. Diakses tanggal 22 Desember 2019. 
  15. ^ Faruqi, Andri El (17 Februari 2016). "Hari Ini 12 Bupati dan Wali Kota Di Sumatera Barat Dilantik". Koran Tempo. Diakses tanggal 22 Desember 2019. 
  16. ^ https://berita.pesisirselatankab.go.id/berita/detail/plh-sekda-muskamal-resmi-jabat-plh-bupati-pesisir-selatan
  17. ^ https://padangkita.com/gubernur-sumbar-mahyeldi-lantik-11-kepala-daerah-ingatkan-visi-misi-harus-sesuai-dengan-provinsi/
  18. ^ Perolehan Kursi DPRD Pesisir Selatan 2014-2019
  19. ^ Perolehan Kursi DPRD Pesisir Selatan 2019-2024
  20. ^ "Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 137 Tahun 2017 tentang Kode dan Data Wilayah Administrasi Pemerintahan". Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia. Diarsipkan dari versi asli tanggal 29 Desember 2018. Diakses tanggal 3 Oktober 2019. 
  21. ^ "Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 72 Tahun 2019 tentang Perubahan atas Permendagri nomor 137 Tahun 2017 tentang Kode dan Data Wilayah Administrasi Pemerintahan". Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia. Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 25 Oktober 2019. Diakses tanggal 15 Januari 2020. 
  22. ^ "Kecamatan di Kabupaten Pesisir Selatan". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-04-12. Diakses tanggal 2016-05-01. 

Lihat juga

Pranala luar

Baca informasi lainnya:

كينيث كوب معلومات شخصية الميلاد 14 أبريل 1931 (92 سنة)  ليفربول  مواطنة المملكة المتحدة  الأولاد مارثا كوب  الحياة العملية المهنة ممثل،  وممثل أفلام،  وممثل تلفزيوني،  وكاتب سيناريو  اللغات الإنجليزية  المواقع IMDB صفحته على IMDB  تعديل مصدري - تعديل   كيني…

Halaman ini mengandung konten pornografi. Baca Wikipedia: Kebijakan dan pedoman sebelum memulai Wikipedia tidak disensor. Gambar atau rincian yang terdapat dalam artikel ini mungkin bersifat grafis atau tidak pantas demi memastikan kualitas artikel dan liputan lengkap tentang pokok bahasannya. Untuk informasi selengkapnya lihat halaman Wikipedia penyangkalan isi dan opsi untuk tidak melihat gambar. Baca juga: nasihat untuk orang tua. Seorang pria sedang merangsang vagina seorang wanita dengan me…

Fast & Furious Creado por Gary Scott ThompsonTrabajo original The Fast and the Furious (2001)Propiedad de Universal PicturesAños 2001-presentePelículas y televisiónPelícula(s) Saga principal (10 películas; 2001–presente) Duración de la saga: 20 horas con 27 minutos Producto independiente (1 película; 2002) Películas spin-off (1 película; 2019)Serie(s) web Lista de series webJuegosVideojuego(s) Lista de videojuegosAudioMúsica original Lista de bandas sonorasMisceláneoJuguete(s) L…

Gereja Batak Karo ProtestanLogo GBKPSingkatanGBKPPenggolonganKristen ProtestanOrientasiCalvinisModeramenPdt. Krismas Imanta Barus, M.ThSekretaris UmumPdt Yunus Bangun, M.ThKetua BidangKoinonia : Pdt Jennie Elliyani Keliat, S.Th, Marturia : Pdt Kalvinsius Jawak, Diakonia : Pdt Mestika N Ginting, S.Th, MPsi,PerhimpunanPersekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI)United Evangelical Mission (UEM) – ACT AllianceMoria GBKPWilayahIndonesia | MalaysiaBahasaBahasa Karo (diprioritaskan)Lit…

Liga 1Musim2023–24Tanggal1 Juli 2023 – TBDJumlah pertandingan126Jumlah gol332 (2,63 per pertandingan)Pencetak golterbanyakDavid Da Silva(14 Gol) Gustavo Almeida(14 Gol]Kemenangan kandangterbesar Persib 5–0 Persita (1 Oktober 2023) Kemenangan tandangterbesarDewa United 1–5 Persib(26 November 2023)Pertandingan terbanyak golMadura 4–3 Persis(23 Juli 2023)Menang beruntun terpanjang4 pertandingan Borneo SamarindaPersibTak kalahberuntun terpanjang13 PertandinganPersibTak menang beruntun…

2023 mobile video game 2023 video gamePokémon SleepPokémon Sleep LogoDeveloper(s)Select ButtonPublisher(s)The Pokémon CompanySeriesPokémonPlatform(s)iOS, AndroidReleaseCA/AU/NZ/Latam: July 17, 2023EU/Africa/Middle East: July 18, 2023[1]Asia (except some countries): July 19, 2023[2]JP/US: July 20, 2023[3][4]Genre(s)SimulationMode(s)Single-player Pokémon Sleep is a sleep-tracking app that rewards the user with Pokémon depending on the quality of their sleep. T…

Voci principali: Yemen, Storia dello Yemen. Iscrizione sabea rivolta al dio lunare Almaqah, in cui si menzionano cinque divinità sud-arabiche, due sovrani regnanti e due governatori (VII secolo a.C.). Un grifone del palazzo reale di Shabwa, la città capitale del Hadramawt. La storia antica dello Yemen (Arabia meridionale) è particolarmente rilevante perché lo Yemen è uno dei più antichi centri di civiltà del Vicino Oriente e del mondo intero.[1] Le sue terre relativamente fertili,…

Compensation given for an abuse or injury Reparations are broadly understood as compensation given for an abuse or injury.[1] The colloquial meaning of reparations has changed substantively over the last century. In the early 1900s, reparations were interstate exchanges (see war reparations) that were punitive mechanisms determined by treaty and paid by the surrendering side of conflict, such as the World War I reparations paid by Germany and its allies. Reparations are now understood as…

この記事は過剰な画像のため読みにくくなっています。ウィキペディアは百科事典であり、画像投稿サイトではありません。ノートページにて、ページ容量肥大化の原因になるため、似たような画像を複数枚使用するのを控えるよう要請されています。(2019年2月) 江差追分会館・江差山車会館 江差追分会館・全景(3枚合成)施設情報所在地 〒043-8560北海道檜山郡江差町…

Family of block ciphers Speck3 rounds of Speck with 2-word key scheduleGeneralDesignersRay Beaulieu, Douglas Shors, Jason Smith, Stefan Treatman-Clark, Bryan Weeks, Louis Wingers NSAFirst published2013Related toSimon, ThreefishCipher detailKey sizes64, 72, 96, 128, 144, 192 or 256 bitsBlock sizes32, 48, 64, 96 or 128 bitsStructureARXRounds22–34 (depending on block and key size)Speed2.6 cpb (5.7 without SSE) on Intel Xeon 5640 (Speck128/128)Best public cryptanalysisNo attacks are known…

Actinomycetes Nocardia adalah bakteri Gram positif yang dapat menyebabkan berbagai penyakit dan juga disebarluaskan (atau penyakit invasif), yang dikenal sebagai nocardiosis.[1] Nocardia ditemukan dalam tanah di mana akan merusak bahan organik.[1] Hal ini ditemukan di seluruh dunia dan beberapa strain patogen bagi manusia.[1] Nocardia sebagian besar organisme oportunistik dan penyakit yang lebih parah pada imunokompromais.[1] Nocardia menarik karena melepaskan fak…

13th-century illustration from the Libro de los juegos depicting Jews playing chess. Part of a series onJews and Judaism Etymology Who is a Jew? Religion God in Judaism (names) Principles of faith Mitzvot (613) Halakha Shabbat Holidays Prayer Tzedakah Land of Israel Brit Bar and bat mitzvah Marriage Bereavement Philosophy Ethics Kabbalah Customs Rites Synagogue Rabbi Texts Tanakh Torah Nevi'im Ketuvim Talmud Mishnah Gemara Rabbinic Midrash Tosefta Targum Beit Yosef Mishneh To…

Pakistani television mini series RaziaUrduرضیہ GenreDramaSocialComedyWritten byMohsin AliDirected byMohsin AliCreative directorNisa KaramatullahStarring Mahira Khan Mohib Mirza Moomal Sheikh Narrated byMahira KhanMusic byAdnan DholFabiha HashmiComposersAdnan DholAahad NayaniCountry of originPakistanOriginal languageUrduNo. of episodes6ProductionExecutive producersHina AmanKamran AfridiProducersHina AmanKamran AfridiProduction locationsHyderabad, PakistanCinematographyShoaib AliEditorNit…

The Kentucky Wildcats football statistical leaders are individual statistical leaders of the Kentucky Wildcats football program in various categories,[1][2][3] including passing, rushing, receiving, total offense, all-purpose yardage, defensive stats, kicking, and scoring. Within those areas, the lists identify single-game, single-season, and career leaders. The Wildcats represent the University of Kentucky (UK) in the NCAA Division I FBS Southeastern Conference. Although…

Operación Járkov Parte de Guerra civil rusa § Sur de Rusia y Ucrania Fecha 20-25 de junio de 1919Lugar JárkovResultado Victoria blancaConsecuencias El movimiento blanco toma Járkov y anvanza en su campaña contra Moscú.Beligerantes Ejército Rojo Rusia Blanca Comandantes Vladímir Antónov-Ovséyenko Anatoli Gekker Vladímir Mai-Mayevski Aleksandr Kutépov Serguéi Toporkov Antón Turkul Andréi Shkuró Unidades militares Ejército soviético ucraniano 13.er Ejército 1.er Cuerpo de Ejérc…

إسماعيل يس طرزاناسماعيل ياسين طرزان (بالعربية) معلومات عامةتاريخ الصدور 1958مدة العرض 105 دقيقة[1] اللغة الأصلية العربيةالعرض أبيض وأسود مأخوذ عن Totò Tarzan (en) البلد الجمهورية العربية المتحدةالطاقمالمخرج نيازي مصطفىالكاتب أبو السعود الإبياري (قصة وحوار) نيازي مصطفى (سيناريو)…

Football league seasonNational Women's LeagueSeason2018ChampionsCanterbury United PrideMatches played43Goals scored193 (4.49 per match)Top goalscorerSarah Gregorius (12 goals)Biggest home winCanterbury United Pride 8–0 Central (11 November 2018)Biggest away winCentral 0–7 Canterbury United Pride (30 September 2018)Highest scoringCentral 2–8 Southern United (2 December 2018)← 2017 2019 → All statistics correct as of 16 December 2018. The 2018 National Women's League was the sixteen…

Govind NihalaniNihalani pada 2006Lahir19 Desember 1940 (umur 82)Karachi, India BritaniaTahun aktif1962 – sekarang Govind Nihalani (lahir 19 Desember 1940) adalah seorang sutradara, sinematografer, penulis naskah dan produser asal India, yang dikenal atas karya-karyanya dalam sinema Hindi. Ia merupakan penerima enam Penghargaan Film Nasional (India), dan lima Penghargaan Filmfare Bollywood.[1][2] Referensi ^ Untitled Page. Diarsipkan dari versi asli tanggal 14 June 200…

2014 prison break in Nigerian prison Kogi prison breakPart of Boko Haram insurgencyLocationKogi State, North-central NigeriaDate2 November 2014Attack typePrison breakDeaths1Injured0PerpetratorsBoko HaramNo. of participantsUnknownDefenders144 prisoners escaped vteBoko Haram insurgency Boko Haram TimelineMilitary operations 2009 uprising 2011 clashes Sokoto Damboa Chibok Konduga (2014) Cameroon Kolofata W Africa Niger (2015) Konduga (2015) Damasak Niger (2016) Rann Diffa Chad Basin Boma's Wra…

Polish Ministry of Culture and National Heritage Ministry of Culture and National HeritageMinisterstwo Kultury i Dziedzictwa NarodowegoOfficial governmental wall plaqueMinisterial logotypeMinistry headquartersMinistry overviewHeadquartersPotocki Palace, 15 Krakowskie Przedmieście Street, WarsawAnnual budgetPLN 4.029 billion[1]Minister responsibleDominika Chorosińska, Minister of Culture and National HeritageSecretaries of State responsibleJarosław Sellin, Secretary of State, Gene…

Kembali kehalaman sebelumnya

Lokasi Pengunjung: 44.222.189.51