Share to: share facebook share twitter share wa share telegram print page

Kabupaten Supiori

Kabupaten Supiori
Monumen di pusat kota Sorendiweri
Monumen di pusat kota Sorendiweri
Lambang resmi Kabupaten Supiori
Motto: 
Kovawes Kuker Araima
Peta
Peta
Kabupaten Supiori di Maluku dan Papua
Kabupaten Supiori
Kabupaten Supiori
Peta
Kabupaten Supiori di Indonesia
Kabupaten Supiori
Kabupaten Supiori
Kabupaten Supiori (Indonesia)
Koordinat: 0°42′S 135°36′E / 0.7°S 135.6°E / -0.7; 135.6
Negara Indonesia
ProvinsiPapua
Tanggal berdiri18 Desember 2003
Ibu kotaSorendiweri
Jumlah satuan pemerintahan
Daftar
  • Distrik: 5
  • Kelurahan: 1
  • Kampung: 37
Pemerintahan
 • BupatiDrs. Yan Imbab
 • Wakil BupatiNichodemus Ronsumbre
Luas
 • Total704,24 km2 (271,91 sq mi)
Populasi
 (30 Juni 2023)[1][2]
 • Total25.377
 • Kepadatan36/km2 (93/sq mi)
Demografi
 • AgamaKristen 95,56%
- Protestan 94,71%
- Katolik 0,85%
Islam 4,42%
Hindu 0,02%[1]
 • IPMKenaikan 63,94 (2021)
sedang[3]
Zona waktuUTC+09:00 (WIT)
Kode BPS
9427
Kode area telepon98161
Pelat kendaraanPA xxxx I*
Kode Kemendagri91.19
DAURp 467.730.799.000,00- (2020)


Kabupaten Supiori adalah salah satu kabupaten yang berada di provinsi Papua, Indonesia. Pusat pemerintahan kabupaten ini terletak di Sorendiweri. Kabupaten Supiori ada di Pulau Supiori yang dipisahkan dengan Pulau Biak oleh Selat Sorendiweri. Kedua pulau ini terhubung oleh jembatan sepanjang 100 meter yang berada di atas Selat Sorendiweri. Luas kabupaten Supiori yakni 678,00 km2, dengan penduduk pada pertengahan tahun 2023 berjumlah 25.377 jiwa, dengan kepadatan penduduk sebanyak 36 jiwa/km2.[1]

Sejarah

Kabupaten Supiori merupakan Kabupaten Pemekaran dari Kabupaten Biak Numfor, Kabupaten yang dibentuk dengan Undang-Undang Nomor 35 tahun 2003, mempunyai wilayah daratan dengan luas sebesar 704,24 Km² dan wilayah perairan seluas 5.993 Km². Wilayah Kabupaten Supiori sebagian besar terletak di Pulau Supiori dan sebagian lainnya di Pulau Biak.[4]

Geografi

Kondisi topografi daerah ini pada umumnya bergunung-gunung dan hanya pada beberapa bagian tertentu saja yang merupakan daerah datar hingga landai. Daerah yang datar dan landai tersebar di sepanjang daerah pesisir pantai. Pada daerah yang datar dan landai inilah masyarakat membangun pemukiman, berkebun, berladang dan melakukan aktifitas ekonomi lainnya.

Kondisi tanah pada umumnya merupakan perkembangan dari bahan induk dengan struktur batu kapur. Kondisi tanah yang saat ini cukup baik bagi pertumbuhan berbagai jenis tanaman. Sebagian tanah lainnya merupakan tanah yang cukup subur dan potensial untuk berbagai usaha tani, baik tanaman holtikultura, tanaman perkebunan maupun tanaman industri dan lain-lain.

Kondisi iklim, khususnya curah hujan cukup baik untuk mendukung usaha pertanian di daerah ini. Menurut klasifikasi smith dan fergusson iklim di Kabupaten Supiori termasuk tipe A/B dengan bulan basah terjadi selama 6 (enam) bulan, bulan lembab selama 4 (empat) bulan dan bulan kering selama 2 (dua) bulan. Menurut peta kawasan hutan dan wilayah perairan Provinsi papua, sebagian besar wilayah ini merupakan kawasan hutan suaka alam. Didaerah ini terdapat kawasan hutan seluas 45.384 ha atau sekitar 65% dari luas wilayah Kabupaten Supiori. Kawasan hutan ini terdiri dari kawasan hutan suaka alam sebesar 38.517 ha, kawasan hutan lindung sebesar 4.689 ha, dan kawasan hutan produksi 2.178 ha (Analisis SIG, 2006).

Pemerintahan

Daftar Bupati

No Bupati Mulai menjabat Akhir menjabat Prd. Ket. Wakil Bupati
-
Drs.
Jules Fitzgerald Warikar
MM
2004
2005
[Ket. 1]
1
2005
2008
1
Julianus Mnusefer
2
Julianus Mnusefer
2009
2010
Transisi
Ir.
Helly Weror
M.Si
2010
2010
3
jpml Fredrik Menufandu
SH, MH, MM
21 Mei 2011
5 Desember 2014
2
[Ket. 2]
Yan Imbab
_
Yan Imbab
5 Desember 2014
1 April 2015
[Ket. 3]
4
1 April 2015
21 Mei 2016
[6]
5
Drs.
Jules Fitzgerald Warikar
MM
24 Mei 2016
24 Mei 2021
3
[7]
Onesias Rumere
6
Drs. Yan Imbab
31 Mei 2021
Mei 2024
2
[8]
Nichodemus Ronsumbre
Catatan
  1. ^ Penjabat Bupati
  2. ^ Meninggal Dunia saat menjabat[5]
  3. ^ Pelaksana Tugas

Dewan Perwakilan

DPRD Supiori beranggotakan 20 orang yang dipilih melalui pemilihan umum setiap lima tahun sekali. Anggota DPRD Supiori yang sedang menjabat saat ini adalah hasil Pemilu 2019 yang dilantik pada 17 Februari 2020 oleh Ketua Pengadilan Negeri Biak, Helmin Somalay, S.H., di Ruang Sidang DPRD Kabupaten Supiori dan akan menjabat pada periode 2020-2025. Komposisi anggota DPRD Supiori periode 2020-2025 terdiri dari 11 partai politik dimana Partai NasDem, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, dan Partai Golongan Karya adalah partai politik pemilik kursi terbanyak setelah berhasil meraih 4 kursi.

Kecamatan/Distrik

Kabupaten Supiori terdiri atas 5 distrik dan 38 kampung dengan luas wilayah 678,32 km² dan jumlah penduduk 21.014 jiwa (2017). Kode Wilayah Kabupaten Supiori adalah 91.19.[9][10][11]

Daftar kecamatan dan kelurahan di Kabupaten Supiori adalah sebagai berikut:

Kode Wilayah Nama Distrik Ibu kota Jumlah Kampung Daftar
91.19.01 Supiori Selatan Maryaidori 7
91.19.02 Supiori Utara Fanjur 5
91.19.03 Supiori Timur Sorendidori 10
91.19.04 Kepulauan Aruri Mbrurwandi 9
91.19.05 Supiori Barat Waryei 7
Total 38

Supiori merupakan pemekaran dari Kabupaten Biak Numfor dan terdiri dari 5 distrik/kecamatan, yaitu:

  1. Distrik Supiori Utara dengan ibu kota Yenggarbun.
  2. Distrik Supiori Timur dengan ibu kota Sorendiweri.
  3. Distrik Supiori Barat dengan ibu kota Sabarmiokre.
  4. Distrik Supiori Selatan dengan ibu kota Korido.
  5. Distrik Kepulauan Aruri dengan ibu kota Sowek.

Pariwisata

Masyarakat berbaris hingga tengah laut untuk menangkap ikan di Munara Wampasi Wandos

Pariwisata di Supiori bergantung pada bentang alam perawan yang dimilikinya. Gunung, laut, air terjun, sungai, dan berbagai bentang alam lainya adalah contoh bentang alam yang dijadikan objek wisata di Supiori. Sebagai informasi, kebanyakan dari destinasi wisata tersebut masih dapat dikunjungi secara gratis.

Untuk mengunjungi Supiori, wisatawan dapat datang kapanpun. Wisatawan akan menemui perubahan dari laut yang pasang ke laut yang surut pada bulan Januari hingga bulan April. Sedangkan dari bulan Mei hingga bulan Agustus, wisatawan dapat menemui air laut di perairan sekitar Kabupaten Supiori yang surut. Lalu di bulan September hingga Desember, wisatawan akan menemui gelombang laut yang sedang tinggi di perairan sekitar kabupaten Supiori.

Air laut yang kadang surut dan kadang pasang di Supiori pun dapat dimanfaatkan bagi para wisatawan untuk melakukan berbagai hal. Misalnya disaat air laut surut, pada sekitar bulan Juni dan Juli akan diadakan festival tangkap ikan bernama Munara Wampasi (Pesta Musim Surut). Festival tersebut akan diselenggarakan di beberapa tempat seperti Kampung Wandos, Kampung Sansundi, Kampung Wopes, dan Pulau Rani.

Munara Wampasi yang diselenggarakan di Kabupaten Supiori tersebut merupakan budaya tahunan yang dimiliki Suku Biak. Nantinya, seluruh masyarakat akan berjalan hingga ke tengah laut yang sedang surut untuk menangkap ikan ataupun binatang laut lain yang dapat dimakan seperti ikan, belut laut, kerang, dan berbagai binatang laut lainya. Masyarakat yang mencari ikan tersebut juga menggunakan berbagai alat, beberapa alat yang akan sering dijumpai adalah alat penombak ikan atau kalawai dan juga lastop atau alat pemanah ikan.

Selanjutnya, jika wisatawan datang disaat air laut sedang tinggi, maka wisatawan dapat melakukan selancar di beberapa pantai di Supiori. Beberapa pantai yang biasa digunakan para wisatawan mancanegara untuk berselancar adalalah Pantai Wafor dan Pantai Sawabas. Sebagai informasi tambahan, bulan November adalah bulan paling tepat untuk berselancar. Karena menurut informasi yang didapatkan dari Yahya Mniber, salah seorang nelayan di Kampung Pariem, ombak sedang tinggi-tingginya di bulan tersebut.

Lalu, bagi wisatawan di luar Pulau Biak dan Pulau Supiori, kedua pulau tersebut hanya dapat diakses menggunakan transportasi kapal dan pesawat. Jika wisatawan ingin ke pulau tersebut lewat jalur laut, maka wisatawan dapat turun di Pelabuhan Biak. Lalu jika wisatawan memilih menggunakan pesawat, maka wisatawan dapat turun di Bandara Frans Kaisiepo Biak.

Wisatawan yang datang lewat terminal laut maupun terminal udara, dapat menggunakan jalur darat jika ingin ke Supiori. Karena baik terminal laut maupun terminal udara tersebut berada di distrik yang sama yaitu Biak Selatan. Maka rute jalur darat ke Supiori yang dapat dipilih adalah dari Biak Selatan lalu ke Biak Barat, dan akhirnya sampai di Supiori Timur. Ataupun lewat Jalur lain yang dapat ditempuh yaitu dari Biak Selatan, lalu ke Biak Utara, dan akhirnya sampai di Supiori Timur.

Jika wisatawan yang datang merasa membutuhkan pendamping ataupun pihak yang perlu dihubungi sesampainya di Supiori, maka wisatawan dapat mendatangi Dinas Pariwisata Kabupaten Supiori. Kantor dari dinas pariwisata tersebut berada di Kampung Masram, Supiori Timur. Namun terdapat jam-jam tertentu dimana petugas kantor tersebut dapat ditemui. Wisatawan dapat menemui petugas kantor tersebut dari hari Senin hingga Jumat dari jam 10 pagi hingga jam 4 sore.

Sesampainya di Supiori, terdapat beberapa tempat yang dapat dinikmati keindahanya. Beberapa tempat populer seperti Air terjun Waburdori, Air Terjun Mazrib, Pantai Sorendiweri, Pulau Rani, Pulau Mapia, Pulau Brassi, Pulau Insumbabi, Pantai Wafor, Pantai Warawe Nyiben, dan Kepualauan Padaido, dapat digali informasinya lewat penelusuran di internet.[12] Sedangkan beberapa destinasi wisata lain yang tak kalah menarik namun minim dipublikasikan adalah:

Pantai Pariem

Salah satu sudut Pantai Pariem

Pantai Pariem adalah pantai yang terdapat di Desa Sauyas atau Kampung Pariem, Distrik Supiori Timur, Kabupaten Supiori, Provinsi Papua, Indonesia. Jalan untuk ke desa ini dapat diakses melalui jalur darat, baik menggunakan motor maupun mobil. Untuk mencapai desa ini melalui jalur darat, hanya dibutuhkan kurang lebih 5 menit dari ibukota Kabupaten Supiori yaitu Sorendiweri.

Pantai Pariem memiliki bentang alam berupa Gunung Sombunem dan Tanjung Sansundi di sebelah timur yang dapat dinikmati pemandanganya. Selain itu, birunya lautan pasifik yang langsung tersambung dengan pantai ini menambah indahnya pemandangan di pantai ini.

Tak berhenti sampai disitu, wisatawan yang memiliki hobi memancing juga dapat mengunjungi Pantai Pariem. Untuk memancing, wisatawan dapat mencari Kepala Kampung Pariem yaitu Bapak Melkias Mniber. Bapak Melkias Mniber nantinya akan mengarahkan wisatawan ke kapal dan pemandu wisata memancing yang tersedia di Desa Sauyas.

Untuk merasakan sensasi memancing di perairan utara Papua tersebut, wisatawan hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp 500.000,00 per kapal. Biaya tersebut tidak akan bertambah dengan banyaknya ikan yang didapat oleh wisatawan. Sehingga berapapun ikan yang didapat, biaya yang dikenakan tetap sama. Lalu biaya tersebut juga sudah termasuk uang jasa yang diberikan kepada pemandu mancing lokal.

Perlu diketahui, wisatawan yang datang untuk memancing dihimbau untuk tidak datang di hari Minggu. Karena, masyarakat Desa Sauyas memiliki budaya untuk hanya beristirahat dan beribadah di hari tersebut. Setelah itu, wisatawan yang ingin memancing juga diharapkan untuk mengantisipasi mabuk laut saat memancing di perahu.

Transportasi

Dari Biak, Kabupaten Supiori dapat ditempuh lewat jalan darat melalui 3 jalur, yaitu:

  • Satu jalur lewat Biak Utara berjarak 90 kilometer dengan waktu tempuh 2-3 jam.
  • Dua jalur lewat Biak Barat:
- Lewat Samber berjarak 80 km ditempuh dengan waktu 2-2,5 jam.
- Lewat Moibaken dan Syabes berjarak 78 kilometer dengan waktu tempuh 2-2,5 jam perjalanan.

Referensi

  1. ^ a b c "Visualisasi Data Kependudukan - Kementerian Dalam Negeri 2023". www.dukcapil.kemendagri.go.id. Diakses tanggal 23 Februari 2023. 
  2. ^ "Kabupaten Supiori Dalam Angka 2019". www.supiorikab.bps.go.id. BPS Kabupaten Supiori. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2020-02-22. Diakses tanggal 22 Februari 2020. 
  3. ^ "Indeks Pembangunan Manusia 2020-2021". www.bps.go.id. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2021-12-01. Diakses tanggal 1 Desember 2021. 
  4. ^ "Sejarah Kabupaten Supiori". supiorikab.go.id. 18 April 2021. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2021-03-07. Diakses tanggal 2021-04-17. 
  5. ^ Maga, Anwar (6 Desember 2014). Maga, Anwar, ed. "Bupati Supiori Fredrick Manufandu akan dimakamkan di Sorindiweri". ANTARA News. Diakses tanggal 2 Februari 2019. 
  6. ^ Maga, Anwar (1 April 2015). Maga, Anwar, ed. "Yan Imbab jabat Bupati Supiori". ANTARA News. Diakses tanggal 2 Februari 2019. 
  7. ^ Fabiola, Maria (24 Mei 2016). "Jules F. Warikar - Onesias Rumere Resmi Pimpin Supiori". Salam Papua. Diakses tanggal 2 Februari 2019. 
  8. ^ Mashabi, Sania (31 Mei 2021). Rastika, Icha, ed. "Mendagri Lantik Yan Imbab Jadi Bupati Supiori". Kompas.com. Diakses tanggal 14 Juni 2021. 
  9. ^ "Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 137 Tahun 2017 tentang Kode dan Data Wilayah Administrasi Pemerintahan". Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-09-19. Diakses tanggal 5 Desember 2018. 
  10. ^ "Statistik Potensi Desa Propinsi Papua 2018". BPS Provinsi Papua. Diakses tanggal 27 Februari 2019. 
  11. ^ "Kabupaten Supiori Dalam Angka 2018". BPS Kabupaten Supiori. Diakses tanggal 15 Maret 2019. 
  12. ^ Kurniawan, Agus (7 Januari 2019). "10 Tempat Wisata Favorit Di Supiori". WISATO.ID. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-07-20. Diakses tanggal 21 Juli 2019. 

Pranala luar

Situs Pemerintah Kabupaten

Baca informasi lainnya:

  لمعانٍ أخرى، طالع فرانك رينولدز (توضيح). يفتقر محتوى هذه المقالة إلى الاستشهاد بمصادر. فضلاً، ساهم في تطوير هذه المقالة من خلال إضافة مصادر موثوق بها. أي معلومات غير موثقة يمكن التشكيك بها وإزالتها. (يوليو 2019) هذه المقالة يتيمة إذ تصل إليها مقالات أخرى قليلة جدًا. فضلًا،…

City in Isfahan province, Iran For other places with the same name, see Nasrabad. City in Isfahan, IranNasrabad Persian: نصرآبادCityNasrabadCoordinates: 32°16′47″N 52°03′36″E / 32.27972°N 52.06000°E / 32.27972; 52.06000[1]CountryIranProvinceIsfahanCountyJarqaviehDistrictCentralPopulation (2016)[2] • Total6,425Time zoneUTC+3:30 (IRST) Nasrabad (Persian: نصرآباد, also Romanized as Naşrābād; also known as Gīvān,…

White Supremacist Politician Alfred Moore WaddellAlfred M. Waddell between 1865 and 1880Mayor of Wilmington, North Carolinade facto, unlawful[a]In officeNovember 10, 1898 – 1906Preceded bySilas P. WrightSucceeded byWilliam E. SpringerMember of the U.S. House of Representativesfrom North Carolina's 3rd districtIn officeMarch 4, 1871 – March 3, 1879Preceded byOliver H. DockerySucceeded byDaniel L. Russell Personal detailsBornSeptember 16, 1834Hillsborough,…

الدوري الفنلندي الممتاز تاريخ الإنشاء 1990  الرياضة كرة القدم  البلد فنلندا  مستوى الدوري 1   هبوط دوري الدرجة الثانية الفنلندي  [لغات أخرى]‏  الموقع الإلكتروني الموقع الرسمي  دوري البطولة الإنجليزية  [لغات أخرى]‏    تعديل مصدري - تعديل   دو

Golden Plains Shire Local Government Area van Australië Locatie van Golden Plains Shire in Victoria Situering Staat Victoria Hoofdplaats Bannockburn Coördinaten 38°1'0ZB, 143°58'0OL Algemene informatie Oppervlakte 2.705 km² Inwoners 17.255 (juni 2006) Overig Ridings 9 Portaal    Australië Golden Plains Shire is een Local Government Area (LGA) in Australië in de staat Victoria. Golden Plains Shire telt 17.255 inwoners. De hoofdplaats is Bannockburn.

Busan부산 Fachada del edificio principal de la estación.UbicaciónCoordenadas 35°06′53″N 129°02′31″E / 35.114722222222, 129.04194444444Sector Dong-guLocalidad Busan, Corea del Sur Datos de la estaciónInauguración 1 de abril de 1908 (115 años)N.º de andenes 5N.º de vías 9Plataformas 4Propietario KorailOperador KorailServicios detalladosAlta velocidad síLarga distancia síOtros transportes Metro de Busan Estación de busLíneasLínea(s) Línea de Gyeongbu L…

圖靈實驗The Turing Test类型益智平台Microsoft Windows、Xbox One、PlayStation 4开发商Bulkhead Interactive发行商史克威爾艾尼克斯引擎虚幻引擎4模式單人发行日Windows、Xbox One2016年8月30日PlayStation 42017年1月23日 《圖靈實驗》(英语:The Turing Test,中国大陆译作“图灵测试”,香港和台湾译作“圖靈實驗”)是款由Bulkhead Interactive開發,史克威爾艾尼克斯發行的第一人称视角益智游戏。遊戲於201…

Film Titel Der Wolfsjunge / Das wilde Kind (DDR) Originaltitel L’Enfant sauvage Produktionsland Frankreich Originalsprache Französisch Erscheinungsjahr 1970 Länge 81 Minuten Altersfreigabe FSK 12 Stab Regie François Truffaut Drehbuch François Truffaut Jean Gruault Produktion Marcel Berbert fürLes Films du Carrosse/Les Productions Artistes Associés Musik Antonio Vivaldi(dirigiert von Antoine Duhamel) Kamera Néstor Almendros Schnitt Agnès Guillemot Besetzung Jean-Pierre Cargol: Vict…

For the ship, see SS Robert Coryndon. SirRobert Thorne CoryndonKCMGRobert Coryndon, Nairobi, 1923, with Palmer Kerrison (left) and E.A.T. Dutton (right)Governor of KenyaIn office1922 – 10 February 1925Preceded bySir Edward NortheySucceeded bySir Edward GriggGovernor of UgandaIn office1918–1922Preceded bySir Frederick JacksonSucceeded bySir Geoffrey ArcherResident Commissioner in BasutolandIn office1916–1917Preceded bySir Herbert SloleySucceeded bySir Edward GarrawayResident Commis…

German missionary and explorer Krapf redirects here. For the bus operator, see Krapf Group. Johann Ludwig KrapfBorn11 January 1810Tübingen-Derendingen, GermanyDied26 November 1881Korntal, GermanyOccupationChristian Missionary Johann Ludwig Krapf (11 January 1810 – 26 November 1881) was a German missionary in East Africa, as well as an explorer, linguist, and traveler. Krapf played an important role in exploring East Africa with Johannes Rebmann. They were the first Europeans to see Mount Keny…

Christian belief that God raised Jesus after his crucifixion Resurrection of Jesus Christ (Kinnaird Resurrection) by Raphael, 1502 Part of a series onDeath and Resurrection of Jesus Passion Last Supper Arrest Trials Sanhedrin trial Herod's court Pilate's court Flagellation Mocking Crown of thorns Via Dolorosa Crucifixion and Death Burial Resurrection Empty tomb Biblical accounts (overview) Noli me tangere Road to Emmaus Great Commission Ascension Holy Week Palm Sunday Holy Monday Holy Tuesday Sp…

Jonas BlueJonas Blue di studio van MNM.Informasi latar belakangNama lahirGuy James RobinLahir2 Agustus 1989 (umur 34)[1]AsalChelmsford, Essex, InggrisGenreDance-popEDMtropical housePekerjaanDJproduser rekamanpenulis laguremixer.InstrumenMusic sequencerpianosynthesisersdrum machineTahun aktif2015–presentLabelCapitolPositivaVirgin EMIArtis terkaitDakotaRayeJP CooperDyoSitus webjonasblue.com Guy James Robin (lahir 2 Agustus 1989), lebih dikenal dengan nama panggung Jonas Blue adalah …

Al SheanShean dalam The Blue Bird (film 1940)LahirAbraham Elieser Adolph Schönberg(1868-05-12)12 Mei 1868Dornum, Provinsi Hanover, Kerajaan Prusia,Konfederasi Jerman UtaraMeninggal12 Agustus 1949(1949-08-12) (umur 81)Manhattan, New York City, Amerika SerikatNama lainAdolf SchönbergAlfred SchönbergAlbert SchönbergPekerjaanPelawak, vaudevillianTahun aktif1912–1944Suami/istriJohanna DavidsonAnak1 Abraham Elieser Adolph Schönberg[1][2][3][4][…

Magpie Kucica Eurasia Klasifikasi ilmiah Kerajaan: Animalia Filum: Kordata Kelas: Aves Ordo: Passeriformes Famili: Corvidae Genera Urocissa Cissa Cyanopica Kucica sedang bertengger, Swedia 2016 Kucica adalah burung dari keluarga Corvidae (gagak). Kucica Eurasia hitam-putih banyak dianggap sebagai salah satu hewan paling cerdas di dunia[1][2][3] dan salah satu dari sedikit spesies non-mamalia yang dapat mengenali dirinya sendiri dalam uji cermin.[4] Selain anggota …

بارديناس رياليسمعلومات عامةالبداية 1999[1] الاسم الرسمي Bardenas Reales (بالإسبانية) [1] تصنيف الاتحاد الدولي لحفظ الطبيعة للمناطق المحمية IUCN الفئة الثانية: الحديقة الوطنية[2][1] البلد إسبانيا[3][1] تقع في التقسيم الإداري نبرة تقع في منطقة تضاريس Valley of Ebro (en) الإحد…

Former theatre in Norway This article needs additional citations for verification. Please help improve this article by adding citations to reliable sources. Unsourced material may be challenged and removed.Find sources: Christiania Theatre – news · newspapers · books · scholar · JSTOR (December 2022) (Learn how and when to remove this template message) Christiania theatreChristiania Danish TheatreChristiania Theatre in the 19th century,gouache by architec…

English snooker player Oliver LinesLines at the 2014 Paul Hunter ClassicBorn (1995-06-16) 16 June 1995 (age 28)Seacroft, Leeds, England[1]Sport country EnglandProfessional2014–presentHighest ranking53 (December 2016)[2]Current ranking 56 (as of 4 December 2023)Best ranking finishQuarter-finals (x2) Oliver Lines (born 16 June 1995) is an English professional snooker player who practices at Northern Snooker Centre in Leeds.[3] He is the son of former professiona…

Drama seriesSeason of television series DexterSeason 1DVD coverStarring Michael C. Hall Julie Benz Jennifer Carpenter Erik King Lauren Vélez David Zayas James Remar Country of originUnited StatesNo. of episodes12ReleaseOriginal networkShowtimeOriginal releaseOctober 1 (2006-10-01) –December 17, 2006 (2006-12-17)Season chronologyNext →Season 2List of episodes The first season of Dexter is an adaptation of Jeff Lindsay's first novel in a series of the same name, Darkly Dre…

For the airport in Sherman, Texas assigned the ICAO code KSWI, see Sherman Municipal Airport. Radio station in Atlantic, IowaKSWIAtlantic, IowaFrequency95.7 MHzBrandingKS 95.7ProgrammingFormatClassic hitsAffiliationsUnited Stations Radio NetworksOwnershipOwnerMeredith Communications, LLCSister stationsKSOMHistoryFirst air date2000; 23 years ago (2000)Call sign meaningSouthwest IowaTechnical information[1]Licensing authorityFCCFacility ID79302ClassC3ERP20,000 wattsHAAT10…

16th-century monumental woodcut print The Triumphal Arch Detail of pinnacle from a coloured impression in Brunswick. The Triumphal Arch (also known as the Arch of Maximilian I, German: Ehrenpforte Maximilians I.) is a 16th-century monumental woodcut print commissioned by the Holy Roman Emperor Maximilian I. The composite image was printed on 36 large sheets of paper from 195 separate wood blocks. At 295 × 357 centimetres (116 × 141 in), it is one of the largest prints …

Kembali kehalaman sebelumnya

Lokasi Pengunjung: 44.210.83.132