Share to: share facebook share twitter share wa share telegram print page

Kabupaten Lingga

Kabupaten Lingga
Transkripsi bahasa daerah
 • Abjad Jawiليڠڬ
Masjid Jami Sultan Riau Lingga
Lambang resmi Kabupaten Lingga
Julukan: 
Bunda Tanah Melayu
Motto: 
Bertingkap alam, berpintu ilahi
Peta
Peta
Kabupaten Lingga di Sumatra
Kabupaten Lingga
Kabupaten Lingga
Peta
Kabupaten Lingga di Indonesia
Kabupaten Lingga
Kabupaten Lingga
Kabupaten Lingga (Indonesia)
Koordinat: 0°16′S 104°29′E / 0.27°S 104.48°E / -0.27; 104.48
Negara Indonesia
ProvinsiKepulauan Riau
Dasar hukumUU RI Nomor 31 Tahun 2003
Ibu kotaDaik
Jumlah satuan pemerintahan
Daftar
  • Kecamatan: 13
  • Kelurahan: 7
  • Desa: 82
Pemerintahan
 • BupatiM. Nizar
 • Wakil BupatiNeko Wesha Pawelloy
Luas
 • Total2.203,89 km2 (850,93 sq mi)
Populasi
 (31 Desember 2023)[1]
 • Total101.917
 • Kepadatan46/km2 (120/sq mi)
Demografi
 • Agama
  • 92,03% Islam
  • 4,98% Buddha
  • 0,02% Konghucu
  • 0,01% Lainnya[1]
 • BahasaIndonesia (resmi)
Melayu
 • IPMKenaikan 72,23 (2023)
tinggi[2]
Zona waktuUTC+07:00 (WIB)
Kode BPS
2104
Pelat kendaraanBP xxxx O*
Kode Kemendagri21.04
DAURp 513.933.318.000,- (2020)[3]
Situs webwww.linggakab.go.id


Kabupaten Lingga adalah sebuah wilayah kabupaten di provinsi Kepulauan Riau, Indonesia. Ibu kotanya adalah Daik. Kabupaten Lingga memiliki 13 kecamatan, 7 kelurahan, dan 82 desa, dengan jumlah penduduk 98.633 jiwa pada 2020, dan sebanyak 101.917 jiwa pada akhir 2023.[1][4] Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Lingga saat ini adalah M. Nizar dan Neko Wesha Pawelloy

Sejarah

Pada Zaman dahulu asal usul sebuah kerajaan Melayu di Lingga yang berpusat di Kota Daik sebagai Negara Kesultanan Johor-Pahang-Riau-Lingga. Sultan Mahmud Syah II (1685 – 1699) adalah Sultan Johor-Riau-Lingga-Pahang atau kemaharajaan melayu yang ke-10. Ia adalah keturunan sultan-sultan Malaka, sultan ini tidak mempunyai keturunan, untuk penggantinya dicarilah dari keturunan Datuk Bendahara Paduka Raja Tun Abdul Jalil yang diberi gelar Sultan Mahmud Syah III. Pada masa ini sultan Mahmud Syah III masih sangat muda jadi yang menjalankan pemerintahan ialah yang dipertuan muda Daeng Kamboja yang dipertuan Muda III, jadi ialah yang paling berkuasa di kemaharajaan di Melayu Lingga. Yang menjadi Datok Bendahara pada saat itu adalah Tun Hasan, semasa ini pula hubungan pemerintahan dengan Belanda masih lancar. Sedangkan di Riau berdatangan pedagang-pedagang dari India. Sedangkan pedagang cina pada saat itu masih menetap di Kepulauan Nusantara dan pada saaat ini juga yang mendampingi yang dipertuan muda melaksanakan tugasnya untuk diwilayah Riau Engku Kelana Raja Haji.

Setelah yang dipertuan muda III Daeng Kamboja wafat tahun 1777 yang menggantikannya adalah Yang Dipertuan Muda IV Raja Haji. Raja Haji ini memerintah dari tahun 1777 – 1784. Sewaktu berada di bawah pemerintahannya pecah perang antara kemaharajaan melayu dengan kompeni Belanda di Melaka. Setelah Raja Haji wafat lahirlah sebuah perjanjian antara kemaharajaan melayu dengan pihak kompeni Belanda. Perjanjian ini dikenal TRACTAAT AL TOOSE DURENDE GETROO WE VRIENDE BOND GENO OT SCHAP yang ditandatangani tanggal 10 November 1784.

Setelah di tinggalkan Raja Haji yang menjadi Di Pertuan Muda Riau, berikutnya adalah Raja Ali (Anak dari Daeng Kamboja). Masa jabatan dari tahun 1785-1806 ia sebagai yang dipertuan muda ke-V ia lebih banyak berada di luar wilayah kerajaan sebab kekuasaan pada saat itu lebih banyak berada di Belanda. Lama kelamaan ia mengadakan perlawanan dan akhirnya sejak tahun 1785 menetaplah ia di Suka Dana (Kalimantan). Tahun ini juga kompeni Belanda mengangkat Recident Belanda pertama di Tanjungpinang dengan nama DAVID RUNDE pada tanggal 17 Juni 1785.

Pada tahun 1787 Sultan Mahmud Syah III memindahkan pusat kerajaannya ke Daik Lingga, ini diakibtakan adanya tekanan dari Kompeni Belanda. Walaupun pusat kerajaan berada di Pulau Lingga, wilayah masih meliputi Johor-Pahang dimana daerah tersebut Sultan masih diwakili oleh Datuk Temenggung untuk bagian Johor dan Singapura sedangkan Datuk Bendahara untuk daerah Pahang. Untuk tahun 1795 terjadi perkembangan politik baru di negeri Belanda, dimana kompeni Belanda harus menyerahkan beberapa daerah yang didudukinya ke Inggris. Masa ini disebut juga sebagai masa INTEREGNUM Inggris di Riau.

Tahun 1802 yang dipertuan muda V berada dipengungsian kembali di Lingga pada masa intregnum Inggris ini berlangsung Raja Ali wafat 1795-1816 di pulau Bayan. Tahun 1806 diangkat pula Raja Jakfar menjabat kedudukan sebagai yang dipertuan Muda Riau pada tahun 1806-1813. Raja Jakfar membuat tempat pemerintahannya di kota Rentang di Pulau Penyengat. Pada tahun 1811 Sultan Mahmud III memerintahkan anaknya Tengku Husein (Tengku Long pergi ke Pahang dan menikah disana dengan puteri Tun Khoris atau adik bendahara yang bernama Tun Ali. Semasa Tun Husin (Tengku long ) berada dipahang ayahandanya Sultan Mahmut Syah wafat di Daik Lingga tanggal 12 Januari 1812.

Setelah Sultan Mahmut syah III meninggal dicarilah calon pengantinya. Akhirnya yang dilantik sebagai sultan pengganti yaitu Tengku Abdul Rahman yang disetujui oleh pembesar kerajaan dan dari pihak Belanda. Ini dikuatkan oleh peraturan kerajaan Lingga Riau yang berbunyi Sultan baru harus dilantik sebelum jenazah Sultan yang wafat di kebumikan.

Setelah Tengku Abdul Rahman dilantik tahun 1812 Sultan Abdul Rahman Syah menetap di Lingga. Mulailah Lingga masa itu bertambah ramai karena telah ada tambang timah disingkep. Sedangkan Raja Ja’far menetap di Penyengat ia telah menempatkan orang-orang kepercayaannya di Daik Lingga untuk mendampingi Sultan yaitu Engku Syaid Muhammad Zain Al Qudsi. Suliwatang Ibrahim, sahbandar Muhammad Encik Abdul Manan dan bagian pertahanan dan keamanan adalah Encik Kalok. Tengku Husin tinggal di Lingga, dia menetap di penyengat.

Pada tangal 19 Agustus 1818 Wiliam Farquhan Residen Inggris dari Malaka datang ke Daik untuk bertemu dengan Sultan Abdul Rahman Muazam Syah dan memberitahukan bahwa wilayah kerajaan Lingga Riau mungkin akan diambil Belanda. Sultan Abdul Rahman Muazam Syah menjawab berita yang disampaikan Fanquhan itu, bahwa dia tidak mempunyai wewenang untuk mengurus urusan kerajaan, hanya ia menganjurkan Fanquhan dapat menghubungi Raja Ja’far.

Sultan Mahmud Riayat Syah III pada zaman dia memegang tampuk pemerintahan, dia membangun istana Robat/istana kota baru dan dia juga membangun penjara/Gail. Sedangkan Almarhum Raja Muhammad Yusuf sangat alim dia ini adalah penganut Nak Sabandiah. Dia adalah yang dipertuan muda ke X yang dilantik tahun 1859 oleh Sultan Sulaiman Badrul Alam Syah III. Pada zaman ini di Daik sangat berkembang dibidang agama maupun bidang ekonomi, sehingga Daik Lingga pada waktu itu menjadi pusat perdagangan dan pengetahuan. Banyak pedagang yang datang seperti cina, bugis, keling, siak, Pahang.

Belanda sudah semakin khawatir kalau Lingga menyusun kekuatan untuk menentangnya, oleh karena itu, Belanda menempatkan asisten Residen di Tajung Buton Daik. Pada tanggal 17 September 1833 dia mangkat dan dimakamkan di bukit Cengkih. Sedangkan yang dipertuan muda Raja Muhammad Yusuf Al Ahmadi beristrikan Tengku Embung Fatimah Binti Sultan Mahmud Muzafarsyah yang merupakan Sultanah di Lingga. Dia menggalakan kerajinan rakyat Lingga untuk dipasarkan keluar kerajaan Lingga. Pada zaman mereka membuka jalan Jagoh ke Dabo membuat kapal-kapal, di antara nama kapal-kapal tersebut Kapal Sri Lanjut, Gempita, Betara Bayu, Lelarum dan Sri Daik, guna untuk memperlancar perekonomian rakyat serta pada zaman dia juga istana Damnah di bangun. Sekolah sd 001 Lingga tahun 1875 dengan guru pertama kami Sulaiman tamatan sekolah Raja di Padang. Guru ini tidak mau bekerja sama dengan Belanda, walaupun dia diangkat oleh Belanda.

Pada zaman ini Lingga mencapai zaman keemasan, sedangkan Almarhum Sultan Sulaiman Badrul Alamsyah II adalah anak dari Sultan Abdul Rahman Syah. Dia diangkat menjadi Sultan tidak disetujui oleh Indra Giri Reteh selama 25 hari dan terkenalah dengan nama pemberontakan Mauhasan. Namun Reteh tunduk kembali dengan Lingga. Sultan ini sangat memperhatikan kehidupan rakyatnya antara lain:

Mengajukan dan menukarkan sawah padi dengan sagu (Rumbia) yang di datangkan dari Borneo Serawak dan membuka industri sagu tahun 1890. Membuka penambangan timah di Singkep dan Kolong-kolong Sultan dengan Mandor yang terkenal npada zaman itu La Abok dan kulinya orang-orang Cina Kek yang menurut ceritanya nama inilah nama Dabo Singkep. Baginda mangkat pada tanggal 28 Fenruari 1814 dan dimakamkan di Bukit Cengkih dengan gelar Marhum Keraton yang di dalam kubah. Setelah itu Sultan Muhammad Muazam Syah (1832-1841) Sultan ini sangat gemar dengan seni ukir/Arsitektur, dia mengambil tukang dari Semarang untuk membangun istana yang disebut Keraton atau Kedaton.

Pada zaman ini seni ukir, tenun, kerajinan, Mas dan perak sudah ada. Pusat kerajinan tenun di Kampung Mentuk, kerajinan Tembaga di kampong Tembaga. Pada zaman dia juga Bilik 44 dibangun, namun belum sempat di bangun, namun belum sempat siap bertepatan dia mankat dan pengantinya tidak melanjutkan pembangunan gedung tersebut.

Sultan Abdul Rahman Syah 1812-1832 adalah putra Sultan Mahmud Riayat Syah III dia terkenal sangat alim dan giat menyebarkan agama islam serta mengemari pakaian Arab. Pada masa pemerintahan dia, saudaranya Tengku Husin dengan bantuan Inggris dilantik menjadi raja dengan gelar Sultan Husin Syah. Maka pecahlah kerajaan besar Melayu atau emporium Melayu Johor-Riau-Lingga menjadi 2 bagian. Istana Sultan Abdul Rahman Syah terletak di Kampung Pangkalan Kenanga sebelah kanan mudik sungai Daik.

Dia mangkat malam senin 12 Rabiul awal 1243 Hijriahn (19 Agustus 1832) di Daik, dimakamkan di Bukit Cengkih bergelar Marhum Bukit Cengkih. Pada zaman dia, Masjid Jamik didirikan atau Masjid Sultan Lingga, benteng-benteng pertahanan di Mepar, Bukit Cening, Kota Parit (Dibelakang Kantor Bupati Lama) serta Benteng Kuala Daik, Meriam pecah Piring dan Padam Pelita terdapat di mes Pemkab Lingga. Pada zaman dia memerintah, dia sering berperang melawan penjajahan Belanda bersama dengan Yang Dipertuan Muda Riau diantarnya Raja Haji Fisabilillah atau bergelar Marhum Ketapang. Dia mangkat 18 Zulhijah 1226 Hijriah (12 Januari 1912) di Daik di belakang Masjid dengan Bergelar Marhum Masjid.

Sultan Mahmud Riayat Syah adalah Sultan yang pertama kali di Daik Lingga. Dia adalah Sultan Johor-Pahang-Riau-Lingga XVI yang memindahkan pusat kerajaan Melayu ke Bintan Hulu Riau ke Daik tahun 1787, dengan istrinya Raja Hamidah (Engku Putri) yang merupakan pemegang Regelia kerajaan Melayu-Riau-Lingga. Pulau penyengat Indra Sakti adalah mas kawinnya dan pulau penyegat tersebut menjadi tempat kedudukan Raja Muda bergelar Yang Dipertuan Muda Lingga yaitu dari darah keturunan Raja Melayu dan Bugis. Pada hari senin pukul 07.20 Wib tahun 1899 dia mangkat dan dimakamkan di Makam Merah dengan Bergelar Marhum Damnah.

Adat Istiadat

Adat istiadat di Lingga masih sangat kental dan masih sering dilaksanakan, di antaranya:

  • Adat perkawinan
  • Adat mendirikan rumah
  • penyambutan bulan Safar[5]
  • adat penyabutan hari besar agama (JUFRI)

Kesenian Daerah

Kesenian di Lingga banyak sekali, dan juga telah dikembangkan dalam beberapa garapan sebuah tarian dan nyanyian serta dalam bentuk sandiwara, di antaranya:

  • Zapin
  • Tari Inai
  • Silat Pengantin
  • Bangsawan/tonel
  • Hadrah
  • Gazal
  • Berhikayat

Tradisi Daerah

Kabupaten Lingga mempunyai beragam tradisi daerah, di antaranya:

  • Basuh lantai
  • Ratif saman
  • Mandi safar
  • Haul Jama’

Pemerintahan

Daftar Bupati

No Bupati Mulai Jabatan Akhir Jabatan Prd. Ket. Wakil Bupati
1 Drs. H.
Daria
2004 2005 1 [Ket. 1]
2005 2010 2 [6] Saptono Mustaqim
2010 11 Agustus 2015 3 Abu Hasim
Edi Irawan
S.Sos., M.Si.
11 Agustus 2015 17 Februari 2016 - [Ket. 2][7]
2 H.
Alias Wello
S.I.P.
17 Februari 2016 26 September 2020 4 M. Nizar
Dr. Drs. H.M.
Juramadi Esram
S.H., M.T., M.H.
26 September 2020 5 Desember 2020 [Ket. 3][8]
M. Nizar
S.Sos.
5 Desember 2020 17 Februari 2021 [Ket. 4][9]
3 26 Februari 2021 Sekarang [10][11] Neko Wesha Pawelloy
Catatan
  1. ^ Pelaksana Tugas Bupati Lingga
  2. ^ Penjabat Bupati Lingga
  3. ^ Penjabat Sementara Bupati Lingga
  4. ^ Pelaksana Tugas Bupati Lingga
  Partai NasDem

Dewan Perwakilan

Berikut ini adalah komposisi anggota DPRD Kabupaten Lingga dalam dua periode terakhir.[12][13]

Partai Politik Jumlah Kursi dalam Periode
2014-2019 2019-2024
PKB 1 Steady 1
Gerindra 0 Kenaikan 2
PDI-P 1 Steady 1
Golkar 4 Kenaikan 5
NasDem 5 Kenaikan 6
PKS 2 Steady 2
PPP 1 Steady 1
Hanura 3 Penurunan 0
Demokrat 3 Penurunan 2
Jumlah Anggota 20 Steady 20
Jumlah Partai 8 Steady 8


Kecamatan

Kabupaten Lingga memiliki 13 kecamatan,[14] 9 kelurahan dan 75 desa (dari total 74 kecamatan, 143 kelurahan dan 275 desa di seluruh Kepulauan Riau). Pada tahun 2017, jumlah penduduknya sebesar 94.962 jiwa dengan luas wilayahnya 2.266,77 km² dan sebaran penduduk 42 jiwa/km².[15][16]

Daftar kecamatan dan kelurahan di Kabupaten Lingga, adalah sebagai berikut:

Kode
Kemendagri
Kecamatan Jumlah
Kelurahan
Jumlah
Desa
Status Daftar
Desa/Kelurahan
21.04.13 Bakung Serumpun 6 Desa
21.04.11 Katang Bidare 5 Desa
21.04.10 Kepulauan Posek 3 Desa
21.04.02 Lingga 2 10 Desa
Kelurahan
21.04.07 Lingga Timur 6 Desa
21.04.05 Lingga Utara 1 11 Desa
Kelurahan
21.04.08 Selayar 4 Desa
21.04.03 Senayang 1 4 Desa
Kelurahan
21.04.01 Singkep 3 3 Desa
Kelurahan
21.04.04 Singkep Barat 1 11 Desa
Kelurahan
21.04.06 Singkep Pesisir 6 Desa
21.04.09 Singkep Selatan 1 3 Desa
Kelurahan
21.04.12 Temiang Pesisir 3 Desa
TOTAL 13 Kecamatan, 9 Kelurahan dan 75 Desa


Kecamatan Singkep memiliki 3 kelurahan; Kecamatan Lingga, Senayang, Singkep Barat, dan Lingga Utara masing-masing memiliki 1 kelurahan, sedangkan Kecamatan Lingga Timur, Singkep Pesisir, Singkep Selatan dan Selayar belum memiliki kelurahan.

Kecamatan Senayang merupakan kecamatan dengan desa terbanyak (18 desa) dan Kecamatan Singkep Selatan memiliki desa paling sedikit (3 desa: Marok Kecil, Berhala dan Resang). Kecamatan Singkep Selatan adalah termuda.[17]

Pariwisata

Objek Wisata

  • Air Terjun Batu Ampar–Objek wisata pemandian air terjun di P. Singkep
  • Pantai Batu Berdaun–Objek wisata pantai di kota Dabo, P. Singkep. Hanya berjarak sekitar 4 Km dari kota Dabo Singkep, lokasi wisata Pantai Batu Berdaun sudah dapat ditempuh oleh para wisatawan lokal maupun mancanegara. Pantai Batu Berdaun adalah ikon wisata andalan kota Dabo,Kecamatan Singkep,Kabupaten Lingga disamping banyak lagi tujuan para pengunjung di Lingga umumnya.
  • Gunung Daik (Daik Mountain)
  • Pemandian Tengku Ampuan Zahara/Lubuk Pelawan di Daik
  • Air Terjun Resun di Lingga Utara
  • Batu Babi di Sereteh Desa Kelumu–Daik
  • Batu Belah di Daik
  • Air Terjun Tanda di Daik
  • Masjid Sultan Lingga di Daik
  • Kompleks Makam Temenggung Jamaludin dan Datuk Kaya Montel di Pulau Mepar
  • Makam Megat Kuning di Daik
  • Pantai Anak Benan di Senayang
  • Pantai Belakang Benan di Senayang
  • Pantai Teluk Empuk di Daik
  • Pantai Pasir Panjang, Daik
  • Cetiya Loka Shanti di Daik
  • Pintu Gerbang Menuju Situs Istana Damnah Dan Replika Istana Damnah di Daik
  • Situs Istana Damnah di Daik
  • Situs Fondasi Bilik 44 di Daik
  • Situs Istana Robat di Daik
  • Benteng Bukit Cening di Daik
  • Benteng Tanjung Cengkih di Daik
  • Benteng Kuala Daik di Daik
  • Benteng Mepar Berbentuk segi Empat di Daik
  • Benteng Kubu Parit di Daik
  • Museum Linggam Cahaya di Daik Lingga

Galeri foto

Lihat pula

Referensi

  1. ^ a b c "Visualisasi Data Kependudukan - Kementerian Dalam Negeri 2023" (visual). www.dukcapil.kemendagri.go.id. Diakses tanggal 9 Februari 2024. 
  2. ^ "Indeks Pembangunan Manusia (Umur Harapan Hidup Hasil Long Form SP2020) 2021-20233". www.kepri.bps.go.id. Diakses tanggal 9 Februari 2024. 
  3. ^ "Rincian Alokasi Dana Alokasi Umum Provinsi/Kabupaten Kota Dalam APBN T.A 2020" (PDF). www.djpk.kemenkeu.go.id. (2020). Diakses tanggal 1 April 2021. 
  4. ^ "Kabupaten Lingga Dalam Angka 2021" (pdf). www.linggakab.bps.go.id. hlm. 13, 66, 142. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2021-07-10. Diakses tanggal 1 April 2021. 
  5. ^ "Melihat Kemeriahan Tradisi Mandi Safar di Lingga, Kepulauan Riau". kumparan. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-03-16. Diakses tanggal 2021-04-08. 
  6. ^ Dua Periode Kepemimpinan Daria di Lingga, diakses 29 Desember 2020.
  7. ^ Pemkab Lingga Sambut Kedatangan Penjabat Bupati Edi Irawan, diakses 29 Desember 2020.
  8. ^ Juramadi Esram Resmi Jabat Pjs.Bupati Lingga Diarsipkan 2022-05-24 di Wayback Machine., diakses 29 Desember 2020.
  9. ^ 7 Desember M Nizar Resmi Jabat Plt Bupati Lingga, diakses 29 Desember 2020.
  10. ^ "Bupati Bintan, Anambas, dan Lingga Periode 2021-2024 Resmi Dilantik". kepripedia. 2021-02-28. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2021-06-16. Diakses tanggal 2021-04-08. 
  11. ^ "Ansar Lantik Bupati Anambas, Bintan dan Lingga". HUMAS.KEPRIPROV.GO.ID. 2021-02-26. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2021-07-10. Diakses tanggal 2021-04-08. 
  12. ^ Perolehan Kursi DPRD Kabupaten Lingga 2014-2019
  13. ^ Perolehan Kursi DPRD Kabupaten Lingga 2019-2024
  14. ^ Pemekaran tiga Kecamatan Senayang resmi disahkan
  15. ^ "Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 137 Tahun 2017 tentang Kode dan Data Wilayah Administrasi Pemerintahan". Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia. Diarsipkan dari versi asli tanggal 29 Desember 2018. Diakses tanggal 3 Oktober 2019. 
  16. ^ "Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 72 Tahun 2019 tentang Perubahan atas Permendagri nomor 137 Tahun 2017 tentang Kode dan Data Wilayah Administrasi Pemerintahan". Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia. Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 25 Oktober 2019. Diakses tanggal 15 Januari 2020. 
  17. ^ Kecamatan di Kabupaten Lingga Diarsipkan 2014-08-10 di Wayback Machine. linggakab.go.id

Pranala luar

Baca informasi lainnya:

Eintracht Frankfurt Przydomek Sportgemeinde Eintracht (Towarzystwo Sportowe Eintracht)Die Adler (Orły)Launische Diva (Kapryśna Diwa) Barwy               czerwono-czarno-białe Data założenia 8 marca 1899 Liga Bundesliga Państwo  Niemcy Kraj związkowy  Hesja Siedziba Frankfurt nad Menem Adres Mörfelder Landstraße 362, 60528 Frankfurt Stadion Deutsche Bank Park Sponsor techniczny Nike Prezes Peter Fischer Menedżer …

AnnunciazioneAutoreTintoretto e Domenico Tintoretto Data1582-1584 Tecnicaolio su tela Dimensioni422×545 cm UbicazioneScuola Grande di San Rocco, Venezia L'Annunciazione è un dipinto del pittore veneziano Jacopo Tintoretto realizzato con l'aiuto del figlio Domenico circa nel 1582-1587. È ancora conservato nel luogo per cui fu creato, la Scuola Grande di San Rocco di Venezia. Indice 1 Storia 2 Descrizione e stile 3 Note 4 Bibliografia 5 Altri progetti 6 Collegamenti esterni Storia Il dipin…

Highway in Iowa Interstate 235John MacVicar FreewayI-235 highlighted in redRoute informationAuxiliary route of I-35Maintained by Iowa DOTLength13.78 mi[1] (22.18 km)ExistedDecember 14, 1961[2]–presentNHSEntire routeMajor junctionsWest end I-35 / I-80 in West Des MoinesMajor intersections US 69 in Des Moines US 6 in Des Moines East end I-35 / I-80 in Ankeny LocationCountryUnited StatesStateIowaCountiesPolk Highway system Interstate Hi…

هذه المقالة يتيمة إذ تصل إليها مقالات أخرى قليلة جدًا. فضلًا، ساعد بإضافة وصلة إليها في مقالات متعلقة بها. (نوفمبر 2022) بيوتر جلينسكي (بالبولندية: Piotr Glinski)‏    مناصب عضو سيم   تولى المنصب2015  نائب رئيس وزراء جمهورية بولندا[2]   في المنصب16 نوفمبر 2015  – 21 يونيو 2023&#…

Jason Aldean discographyStudio albums11Live albums1Music videos36EPs1Singles39Guest singles4Promotional singles4Other charted songs7No. 1 singles23 American country music singer Jason Aldean has released eleven studio albums, one extended play, and thirty-nine solo singles. All of his music has been released through BBR Music Group (formerly known as Broken Bow Records), with Michael Knox as his sole record producer. Aldean debuted in 2005 with the single Hicktown, which peaked at number 10 on t…

Dorukhan Toköz Informasi pribadiNama lengkap Dorukhan ToközTanggal lahir 21 Mei 1996 (umur 27)Tempat lahir Eskişehir, TurkeyTinggi 180 m (590 ft 7 in)Posisi bermain MidfielderInformasi klubKlub saat ini BeşiktaşNomor 26Karier junior2009–2015 EskişehirsporKarier senior*Tahun Tim Tampil (Gol)2015–2018 Eskişehirspor 60 (3)2018– Beşiktaş 58 (3)Tim nasional‡2017–2018 Turkey U21 13 (1)2019– Turkey 5 (1) * Penampilan dan gol di klub senior hanya dihitung dari li…

Style of dark beer For other uses, see Stout (disambiguation). A double oat malt stout Stout is a dark, top-fermented beer style which includes dry stout, oatmeal stout, milk stout and imperial stout. The first known use of the word stout for beer is in a document dated 1677 in the Egerton Manuscripts, referring to its strength.[1] Porters were brewed to a variety of strengths, with the stronger beers, typically 7% or 8% alcohol by volume (ABV), called stout porters. The history and deve…

Church in New South Wales, AustraliaSt Andrew's Anglican Church (former)The current (left in brick) and former (right in stone) St Andrew's Anglican churches in Walcha, pictured in 2005St Andrew's Anglican Church (former)Location in New South Wales30°59′02″S 151°35′26″E / 30.9839°S 151.5905°E / -30.9839; 151.5905LocationSouth Street, Walcha, Walcha Shire, New South WalesCountryAustraliaDenominationAnglicanHistoryStatusChurchDedicationSaint AndrewArchitectureFu…

School district in Nevada, United States For School Districts in Humboldt County, California, see List of schools in Humboldt County, California. Humboldt County School DistrictAdministration office in WinnemuccaAddress310 East Fourth Street Winnemucca, Nevada, 89445United StatesCoordinates40°58′31″N 117°43′52″W / 40.9752°N 117.7310°W / 40.9752; -117.7310District informationTypePublicGradesPreK–12[1]NCES District ID3200210[1]Students and staf…

American architecture firm This article is about the American architecture and design firm. For other uses, see Site (disambiguation). This article needs additional citations for verification. Please help improve this article by adding citations to reliable sources. Unsourced material may be challenged and removed.Find sources: SITE – news · newspapers · books · scholar · JSTOR (August 2016) (Learn how and when to remove this template message) SITE (origi…

American rock band Carolina LiarOriginMoncks Corner, South Carolina, U.S.Stockholm, SwedenGenresPop rockYears active2006–presentLabelsAtlantic, MaratoneMembersChad WolfRickard GöranssonJohan CarlssonPeter CarlssonErik HäägerPast membersJim Almgren GândaraMax Grahn Carolina Liar is an American pop rock band.[1] Lead vocalist Chad Wolf is originally from Moncks Corner, South Carolina; other members originate from Stockholm, Sweden.[2] History The band in 2008 The band is best…

2011 concert tour by Rihanna For the tour by R5, see Loud Tour (R5). Loud TourTour by RihannaPromotional poster for the tourAssociated albumLoudStart dateJune 4, 2011 (2011-06-04)End dateDecember 22, 2011 (2011-12-22)Legs4No. of shows98Box office$90 million ($117.08 million in 2022 dollars)[1]Rihanna concert chronology Last Girl on Earth Tour(2010–11) Loud Tour(2011) Diamonds World Tour(2013) The Loud Tour was the fourth overall and third world concert tou…

Further education college in England The college in 2010, while part of Leeds City College Keighley College is a further education college in Keighley, West Yorkshire, England. It traces its origins to Keighley Mechanics' Institute, founded in 1825.[1][2] It has previoiusly been part of Park Lane College Leeds and Leeds City College, branded as their Keighley Campus, but is now a freestanding college, within the Luminate Education Group.[3] History The Mechanics' Institut…

Bjerke TravbaneLocationBjerke, Oslo, NorwayOwned byNorwegian Trotting AssociationDate opened24 June 1928Course typeHarness racingNotable racesOslo Grand PrixOfficial website 1929 Bjerke Travbane (English: Bjerke Race Track)[1][2][3] is a harness racing track located in the Bjerkebanen neighborhood of the Bjerke borough in Oslo, Norway. The course is 1,000 meters (3,300 ft). Owned by Norwegian Trotting Association, its tote betting is handled by Norsk Rikstoto. The ve…

Indian artist (born 1964) This article has multiple issues. Please help improve it or discuss these issues on the talk page. (Learn how and when to remove these template messages) This article contains wording that promotes the subject in a subjective manner without imparting real information. Please remove or replace such wording and instead of making proclamations about a subject's importance, use facts and attribution to demonstrate that importance. (December 2018) (Learn how and when to remo…

العلاقات البوليفية الزامبية بوليفيا زامبيا   بوليفيا   زامبيا تعديل مصدري - تعديل   العلاقات البوليفية الزامبية هي العلاقات الثنائية التي تجمع بين بوليفيا وزامبيا.[1][2][3][4][5] مقارنة بين البلدين هذه مقارنة عامة ومرجعية للدولتين: وجه المقارنة …

Artikel ini tidak memiliki referensi atau sumber tepercaya sehingga isinya tidak bisa dipastikan. Tolong bantu perbaiki artikel ini dengan menambahkan referensi yang layak. Tulisan tanpa sumber dapat dipertanyakan dan dihapus sewaktu-waktu.Cari sumber: Kolusi – berita · surat kabar · buku · cendekiawan · JSTOR Di dalam bidang studi ekonomi, kolusi terjadi di dalam satu bidang industri di saat beberapa perusahaan saingan bekerja sama untuk kepentingan mere…

This article needs additional citations for verification. Please help improve this article by adding citations to reliable sources. Unsourced material may be challenged and removed.Find sources: Taipei Japanese School – news · newspapers · books · scholar · JSTOR (January 2014) (Learn how and when to remove this template message) Taipei Japanese School台北日本人学校台北市日僑學校AddressNo. 785, Section 6, Zhongshan North Road, Shilin Distric…

2012 Team Specialized–lululemonUCI Team ranking2ndManagerKristy ScrymgeourSeason victoriesOne-day races13Stage race overall5Stage race stages25Best ranked riderEvelyn Stevens (4th)← 20112013 → The 2012 season was the tenth for the Specialized–lululemon cycling team, which began as the T-Mobile team in 2003. After the men's team HTC–Highroad stopped, Kristy Scrymgeour convinced manufacturer Specialized and sports apparel company Lululemon …

Mexican telenovela Mi secretoGenreTelenovelaBased onHa llegado una intrusaby Marissa GarridoDeveloped by Martha Carrillo Cristina García Directed by Nelinho Acosta Luis Eduardo Reyes Starring Diego Klein Macarena García Karyme Lozano Arturo Peniche Isidora Vives Andrés Baida Claudia Ramírez Fernando Ciangherotti Alma Delfina Luis Felipe Tovar Vanessa Bauche Theme music composerTommy TorresOpening themeMi secretoby Tommy TorresComposerXavier AsaliCountry of originMexicoOriginal languageSpanis…

Kembali kehalaman sebelumnya

Lokasi Pengunjung: 3.215.16.238