Share to: share facebook share twitter share wa share telegram print page

Politeknik Elektronika Negeri Surabaya

Politeknik Elektronika Negeri Surabaya
Electronic Engineering Polytechnic
Institute of Surabaya


Lambang PENS

 
Peta
 
Peta
Peta
Informasi
Moto"JOSS"
Didirikan
  • 2 Juni 1988; 36 tahun lalu (1988-06-02)
    sebagai Politeknik Elektronika & Telekomunikasi.[1]
  • Politeknik Elektronik Surabaya (1992–1996) bagian dari ITS
  • Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (1996–sekarang)
DirekturAliridho Barakbah, Ph.D. [2]
Lokasi
Surabaya, Jawa Timur, Indonesia
InstitusiMandiri dari ITS (tahun 2012) [3]
WarnaAbu-abu  
Nama julukan"PENS JOSS!"
Situs webwww.pens.ac.id
Video Profile PENS
Facebook: pens.eepis Twitter: penseepis Instagram: penseepis Edit nilai pada Wikidata

Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) (beberapa orang Surabaya terkadang menyebutnya dengan istilah Poltek Elektro) adalah perguruan tinggi negeri yang terdapat di Kota Surabaya, Provinsi Jawa Timur, Indonesia.

Politeknik Elektronika Negeri Surabaya secara resmi berdiri sejak tahun 1988. Sebagai sebuah perguruan tinggi politeknik, PENS menyelenggarakan pendidikan vokasi/terapan yang lebih banyak berorientasi pada praktik ketimbang teori. PENS adalah satu-satunya politeknik yang mengkhususkan diri pada bidang teknik elektro.[4]

Politeknik ini terkenal karena keunggulannya di bidang robotika terbukti dengan prestasinya dalam Kontes Robot Indonesia (KRI) yang berhasil memenangkannya berturut-turut hingga 12 kali.[5] Selain itu, PENS juga merupakan penyelanggara S2 terapan pertama di Indonesia.[6][7] Selain di bidang robotika, PENS juga unggul di bidang Teknologi Informasi terbukti dengan diraihnya penghargaan TeSCA untuk kategori Politeknik yang diselenggarakan oleh Telkom.[8][9]

Sejarah

Awal sejarah PENS dimulai pada tahun 1985. Saat itu, tim studi awal Japan International Cooperation Agency (JICA) untuk bantuan dan kerjasama teknik yang dikepalai oleh Prof. Y. Naito dari Tokyo Institute of Technology, datang ke politeknik ini. Setelah melakukan pengamatan dan studi kelayakan pada tahun 1986, JICA menyetujui untuk memulai kerjasama teknik pada tahun 1987 dengan mengirim 5 orang pengajar Indonesia ke perguruan tinggi teknologi di Jepang.[1]

Politeknik Elektronika & Telekomunikasi (PET) 1988 - 1992

Pada tanggal 15 Maret 1988, Pemerintah Jepang, melalui JICA secara resmi memberikan gedung kampus kepada pemerintah Indonesia lengkap dengan berbagai peralatan pendidikan. Selanjutnya pada tanggal 2 Juni 1988 Politeknik ini diresmikan dengan nama "Politeknik Elektronika & Telekomunikasi (PET)" dan sejak saat itulah tahun ajaran dimulai. Kerjasama dengan JICA pun berlanjut dengan banyaknya pengajar politeknik yang dikirim ke berbagai perguruan tinggi teknologi di Jepang dan sebaliknya, pengiriman beberapa ahli dari Jepang ke politeknik ini.

Politeknik Elektronik Surabaya (PES) 1992 - 1996

Pada bulan Juni 1991, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan menata ulang keberadaan seluruh Politeknik, Institut dan sebagian Universitas di Indonesia. Pada saat itu politeknik ini pun berubah nama menjadi "Politeknik Elektronika Surabaya (PES)" yang merupakan bagian dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya (ITS).

Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) 1996 hingga sekarang

Pada tahun 1996, nama politeknik ini kembali diubah oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan menjadi "Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS)". Nama itulah yang kemudian tetap bertahan hingga kini.

Mandiri dari ITS

Setelah 24 tahun menjadi bagian dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya, akhirnya Politeknik Elektronika Negeri Surabaya mandiri. Kemandirian itu dimulai sejak nama PENS tak lagi masuk dalam statuta ITS. Masa transisi dilakukan pada tahun 2012 dengan berbagai perubahan. Termasuk status mahasiswa dan pembuatan statuta baru untuk PENS. Mahasiswa yang dulu diterima oleh Direktur ITS ketika penerimaan mahasiswa baru maka tetap menjadi mahasiswa PENS-ITS dengan ijazah yang dikeluarkan oleh ITS. Sedangkan mahasiswa angkatan 2012 keata sudah tidak lagi sebagai mahasiswa ITS melainkan menjadi mahasiswa PENS.

Salah satu yang mendasari pemisahan tersebut adalah PENS dan ITS merupakan dua institusi berbeda. Tidak wajar apabila ada perguruan tinggi negeri di dalam perguruan tinggi negeri.



Masing-masing punya struktur yang lengkap untuk bisa dikatakan sebagai sebuah lembaga. Kalau PENS masih menjadi bagian dari ITS, ada anggapan bahwa ada institusi di dalam institusi. Sebab, selama ini direktur PENS juga diangkat rektor ITS. Selain itu, kalau masih bergabung, politeknik tersebut akan sulit berkembang. Ndak bisa jadi BLU (badan layanan umum).

— Prof. Dr. Ir. Triyogi Yuwono, DEA selaku rektor ITS, kruwel.com.[3]


Sebelum perpisahan tersebut, dalam beberapa kegiatan, PENS dan ITS sudah kerap dibedakan. Misalnya pada ajang Kontes Robot Indonesia (KRI) dan Kontes Robot Cerdas Indonesia (KRCI) 2011, masing-masing sudah punya tim sendiri-sendiri yang saling bersaing bahkan sering kali bertemu bersama-sama di final.[10]

Meski menyisakan berbagai pekerjaan rumah, perpisahan ini sesungguhnya memberikan sejumlah hal positif untuk kepentingan pendidikan secara umum di Indonesia. Politeknik yang berdiri secara mandiri nantinya akan diperbolehkan menggelar pendidikan pasca sarjana baik program Master(S2) maupun Doktor(S3).[11]


Identitas Kampus

Logo Pens berbentuk susunan bulatan yang berjumlah sembilan buah, masing-masing terdiri dari tujuh buah berwarna biru dan dua buah bewarna kuning. Susunan bulatan ini membentuk setengah bola dunia. Jumlah tujuh dipilih karena dipercaya masyarakat sebagai angka yang mampu melihat visi ke depan. Sedangkan jumlah dua merupakan simbol dosen dan civitas akademika PENS yang saling bersinergi untuk mendukung prestasi mahasiwa.

Bentuk bulat diambil dari visual pada putik bunga teratai. Bunga ini biasanya tumbuh subur di kolam-kolam. Meski demikian, di tempat kumuh pun, bunga ini juga mampu hidup dan memancarkan keindahan yang begitu menawan. Bunganya bersih, indah dan terlihat mencolok di lingkungan yang kotor seolah memberi kesan bahwa orang tak perlu larut atau menjadi ikut kotor dalam lingkungannya. Artinya, kesejatian keindahan atau kualitas seseorang justru akan teruji saat dia harus terus memancarkan keindahan di tempat yang begitu sulit.

Sementara putik diambil karena merupakan intisari dari bunga. Intisari merupakan unsur paling pokok atau penting dari bunga. Hal ini melambangkan bahwa perguruan tinggi PENS memberikan yang terbaik bagi masyarakat, khususnya dalam hal pendidikan. Logo berbentuk setengah bola dunia memberika perlambangan bahwa PENS diharapkan mampu memberikan warna dan kontribusi, tidak saja level lokal dan nasional, tetapi juga level internasional.[12]

Almamater

Jas almamater Politeknik Elektronika Negeri Surabaya bewarna abu-abu dengan logo PENS di dada sebelah kiri.

Lagu

Jargon

Jargon Politeknik Elektronika Negeri Surabaya adalah JOSS yang merupakan akronim dari Jujur, Orisinil, Semangat, Santun. Biasanya pimpinan jargon meneriakkan kata "POLITEKNIK" kemudian dijawab dengan kata "JOSS!" oleh pendengarnya. Jargon ini berfungsi sebagai pembangkit semangat.

Departemen dan Jurusan

Program D1

Dimulai tahun 2012, PENS bekerjasama dengan PT. PJB[14] membuka program studi D1 dengan jurusan:

  • D1 Teknik Mesin Pembangkit
  • D1 Teknik Listrik Pembangkit
  • D1 Teknik Instrumentasi Pembangkit

Selain itu untuk mempermudah masyarakat untuk mengakses pendidikan tinggi, PENS juga membina sekitar 42 Community College yang tersebar di berbagai kabupaten di Jawa Timur.[15] Community College tersebut biasanya berada di Sekolah Menengah Kejuruan yang ditunjuk. Program studi yang dibuka antara lain:

  • D1 Teknik Informatika
  • D1 Multimedia

Program D2

Pada tahun 2013, sebanyak 4 Community College binaan PENS ditingkatkan statusnya menjadi Akademi Komunitas Negeri. Dengan adanya peningkatan status tersebut, program studi yang dibuka dapat mencapai jenjang D2. Mahasiswa yang terdaftar di Akademi Komunitas tersebut memiliki status mahasiswa PDD(Pendidikan di Luar Daerah) PENS. 4 Akademi Komunitas tersebut adalah:

  • Akademi Komunitas Negeri Pacitan[16]

- D2 Teknik Informatika
- D2 Multimedia

  • Akademi Komunitas Negeri Ponorogo [17]

- D2 Teknik Informatika
- D2 Teknik Mekatronika

  • Akademi Komunitas Negeri Lamongan [18]

- D2 Teknik Informatika
- D2 Multimedia

  • Akademi Komunitas Negeri Sumenep [19]

- D2 Teknik Informatika
- D2 Multimedia

Program D3 dan D4

Politeknik Elektronika Negeri Surabaya membuka jurusan program Diploma 3 dan Diploma 4. Setiap jurusan berada di bawah naungan departemen atau setingkat fakultas di perguruan tinggi pada umumnya, Terdapat pula program D4 Lanjut Jenjang yang menerima lulusan D3 jurusan sejenis dari Perguruan Tinggi Negeri dan Politeknik Negeri serta Perguruan Tinggi Swasta yang terakreditasi minimal B.[20]

Departemen Jurusan Program Studi Jumlah Kelas Jumlah Siswa
Teknik Elektro Teknik Elektronika D3 2 60
D4 2 60
Teknik Telekomunikasi D3 2 60
D4 2 60
Teknik Elektro Industri D3 2 60
D4 2 60
Teknik Informatika Komputer Teknik Informatika D3 2 60
D4 2 60
Sains Data Terapan D4 2 60
Teknik Komputer D4 2 60
Mekanika & Energi Teknik Mekatronika D4 2 60
Sistem Pembangkit Energi D4 1 30
Multimedia Kreatif Teknologi Multimedia Broadcasting D3 2 60
Teknologi Game D4 1 30
Jumlah 24 720
Sumber: Daya Tampung Penerimaan Mahasiswa Baru 2013[21] [20]


[22] Ke depannya PENS akan membuka berbagai jurusan reguler baru diantaranya:

  • D3 Sistem Informasi
  • D3 Teknologi Informasi
  • D4 Teknologi Multimedia Broadcasting
  • D3 Desain Media


Selain program studi diatas PENS juga membuka program lanjut jenjang reguler maupun yang bekerja sama dengan pihak lain baik dalam negeri maupun luar negeri. Diantaranya:

  • D4 LJ (Lanjut Jenjang), merupakan program untuk melanjutkan studi bagi lulusan D3 ke D4 untuk jurusan Teknik Elektronika, Telekomunikasi, Elektro Industri dan Informatika.
  • D4 LJ PJJ (Lanjut Jenjang Pendidikan Jarak Jauh), merupakan program untuk melanjutkan studi bagi lulusan D3 ke D4 untuk jurusan Teknik Informatika.
  • D3 PJJ (Pendidikan Jarak Jauh), program untuk melanjutkan studi bagi lulusan Community College/Akademi Komunitas binaan PENS ke jenjang D3 jurusan Teknik Informatika.
  • D3 PJJ PENS - SEAMOLEC (Southeast Asian Ministers of Education Organization Regional Open Learning Centre) Taiwan, jurusan: Teknik Informatika
  • D4 LJ PJJ PENS - POLIBAN (Politeknik Negeri Banjarmasin), jurusan: Teknik Elektro Industri dan Teknik Informatika
  • D4 LJ PJJ PENS - AKATEL JAKARTA (Akademi Telekomunikasi Jakarta), jurusan: Teknik Telekomunikasi
  • D4 LJ PJJ PENS - POLTEKOM (Politeknik Kota Malang), jurusan: Teknik Telekomunikasi dan Teknik Informatika


Program Pembelajaran Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) yang dikembangkan di PENS menganut sistem hybrid yaitu proses pembelajaran tatap muka kelas teori dan praktikum dilaksanakan setiap bulan satu kali (empat kali selama satu semester) di Kampus pada hari Jum'at malam sampai hari Minggu. Pada waktu di luar waktu tatap muka, maka mahasiswa belajar secara mandiri melalui sarana Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dimana beberapa fasilitas telah disediakan mulai dari video conference, voip, dosenjaga Diarsipkan 2015-05-08 di Wayback Machine., video on demand dan juga pustaka maya.

Program S2/Pascasarjana

Politeknik Elektronika Negeri Surabaya sebagai politeknik yang memiliki visi "Emerging Technology" membuka program S2/Pascasarjana Terapan pertama di Indonesia. Sebagai awalan Progam Studi yang dibuka adalah Teknik Elektro dan Teknik Informatika dan Komputer [7]

Direktur

Sejak didirikan Politeknik Elektronika Negeri Surabaya telah berganti kepemimpinan sebanyak 5 kali yaitu:

Mohammad Nuh. Berkat lobi dan kepemimpinannya, PENS menjadi rekanan tepercaya Japan Industrial Cooperation Agency (JICA) sejak tahun 1990.
No Nama Periode
1 Ir. Susanto 1988 - 1997
2 Dr. Ir. Mohammad Nuh, DEA 1997 - 2002
3 Dr. Ir. Titon Dutono, M.Eng 2002 - 2009
4 Ir. Dadet Pramadihanto, M.Eng, Ph.D 2009 - 2013
5 Dr. Zainal Arief, ST., MT. 2013 - 2021
5 Ali Ridho Barakbah, S.Kom, Ph.D. 2021 - Sekarang [23]

Fisik Kampus

Gedung

Lokasi kampus Politeknik Elektronika Negeri Surabaya terletak di Jl. Raya ITS, Keputih, Sukolilo Surabaya. Letak kampus PENS berdampingan dengan Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya yang juga masih satu kompleks dengan Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya. Letak kampus yang berada di sekitar kampus ITS tentu saja menimbulkan anggapan bahwasannya PENS masih bagian dari ITS.

Kampus PENS terdiri dari 3 gedung utama yaitu Gedung D4, Gedung D3 dan Gedung TC(Training Centre) . Walaupun bernama demikian, Gedung D4 tidak serta merta hanya digunakan oleh mahasiswa program Diploma 4 begitupula dengan gedung D3 tidak serta merta hanya digunakan oleh mahasiswa program Diploma 3. Semuanya digunakan secara bersama-sama oleh semua jurusan. Secara kasatmata, bentuk gedung PENS berbeda dengan gedung-gedung di sekitaran kompleks ITS lainnya. Gedung ini merupakan hibah dari JICA dan didesain untuk tahan gempa.

Mulai tahun 2012, sedang dilakukan pembangunan gedung baru atau menara yang nantinya akan memiliki 12 lantai, terinci sebagai 11 lantai utama dan 1 latap. Gedung baru tersebut akan digunakan sebagai gedung Pascasarjana PENS.[24] Bangunan 12 lantai itu pada tahap strukturnya saja sudah menelan dana dari APBN 2012 senilai Rp30 miliar. Tahun 2013 diharapkan gedung ini selesai dan mampu menampung 720 mahasiswa pasca sarjana setiap tahunnya.[25] Pada Rabu, 25 Desember 2013, Mendikbud RI, Muhammad Nuh melakukan topping off Gedung Pascasarjana Politeknik Elektronika Negeri Surabaya ini sebagai penanda bahwa pembangunan telah mencapai lantai yang paling atas.[26]

Fasilitas

  • 26 ruang kelas dan lebih dari 44 laboratorium atau studio
  • Hall
  • Theater
  • Auditorium
  • Perpustakaan (D3 dan D4)
  • Ruang Sidang
  • Ruang Virtual Conference
  • Ruang Tugas Akhir untuk masing-masing jurusan
  • (TC) Training Centre
  • (JAS) Job Arrangement System
  • Secure Parking
  • Absensi sidik jari untuk dosen dan karyawan
  • Absensi menggunakan smartcard untuk mahasiswa
  • Sekretariat Bersama(Sekber) Organisasi Mahasiswa
  • Kantin Foodcourt
  • Fasilitas olahraga (Lapangan Basket, Futsal, dan Voli)
  • Poliklinik
  • ATM Mandiri
  • Mushola D4 dan Musholla An-Nahl
  • Amphiteater
  • Taman Wifi

Kehidupan Kampus

Kegiatan Belajar

Salah satu kehidupan kampus di Politeknik Elektronika Negeri Surabaya

Politeknik Elektronika Negeri Surabaya merupakan perguruan tinggi politeknik yang meniru gaya pembelajaran Jepang dengan jumlah SKS dan praktikum yang tinggi di setiap semesternya. Untuk semester awal saja misalnya, mahasiswa dibebani mata kuliah sebanyak 18 hingga 20 SKS dengan jumlah tatap muka rata-rata 30 jam tiap minggunya. Mata kuliah yang relatif banyak tersebut terjadi karena di politeknik banyak kegiatan praktikum yang diharapkan membuat mahasiswa mampu menerapkan teori yang telah didapatkannya secara langsung.

Di PENS berlaku kehidupan 24 jam dimana kampus tidak pernah tutup walaupun sudah larut malam bahkan hari sabtu dan minggu. Untuk kelas reguler, normalnya kegiatan belajar mengajar paling awal dimulai pukul 08.00 dan paling akhir pukul 16.30. Namun tidak menutup kemungkinan kegiatan belajar mengajar dimulai lebih awal dan berakhir lebih akhir. Pada malam hari berlangsung kegiatan belajar mengajar untuk program lanjut jenjang(LJ) D3 ke D4. Pada malam hari pula beberapa kegiatan mahasiswa biasanya dilakukan. Pada hari Sabtu dan Minggu, berlangsung kegiatan belajar mengajar untuk mahasiswa PJJ(Pendidikan Jarak Jauh)

Organisasi Mahasiswa

Badan Eksekutif Mahasiswa

Badan Eksekutif Mahasiswa(BEM) di PENS merupakan pelaksana eksekutif tertinggi dari keluarga mahasiswa.

Dewan Perwakilan Mahasiswa

Dewan Perwakilan Mahasiswa(DPM) berperan sebagai lembaga legislatif dalam keluarga mahasiswa.

Dewan Konstitusi Mahasiswa

Dewan Konstitusi Mahasiswa (DKM) berperan sebagai lembaga yudikatif dalam keluarga mahasiswa.

Himpunan Mahasiswa Jurusan

Di PENS, terdapat 8 himpunan mahasiswa atau yang biasa disebut dengan hima. Setiap himpunan memiliki warna khas masing-masing. Berikut kedelapan himpunan tersebut:

Nama Akronim Warna
Himpunan Mahasiswa Teknik Elektronika HIMAELKA
Himpunan Mahasiswa Teknik Telekomunikasi HIMATELKOM
Himpunan Mahasiswa Teknik Elektro Industri HIMAELIN
Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika HIMIT
Himpunan Mahasiswa Teknik Mekatronika HIMAMEKA [27]
Himpunan Mahasiswa Multimedia Broadcasting HIMAMMB[28]
Himpunan Mahasiswa Energi HIMA ENERGI[29]
Himpunan Mahasiswa (Student Union of) Computer Engineering HMCE

Unit Kegiatan Mahasiswa

Unit Kegiatan Mahasiswa(UKM) yang ada di PENS diantaranya:

Komunitas

Komunitas di PENS merupakan sekelompok mahasiswa yang memiliki minat yang sama pada bidang tertentu. Beberapa komunitas yang ada di PENS diantaranya:

  • "PENS Rider" Komunitas Pengendara Motor
  • "Janaka" (Japanese nakama), Komunitas Pecinta Budaya Jepang[30]
  • Komunitas Tim Medis[31]
  • Komunitas Debat Bahasa Inggris
  • Komunitas PENS Reggae
  • "GameKita" Komunitas Developer Game
  • "OSC" (Open Source Community) Komunitas Pengguna Perangkat Lunak Open Source
  • "EOS" (EEPIS On Sky) Komunitas Penyiar Radio
  • "ChaPENS" Komunitas Mobil Listrik
  • "SEMUT" Komunitas Perfilman
  • "PENS ROBOTIC TEAM"

EEPIS News and Network Team

Merupakan tim jurnalis kampus yang mengelola segala macam pemberitaan di PENS langsung di bawah naungan Humas dan UPT Sistem Informasi dan Jaringan Komputer PENS. Tim ini sendiri terdiri dari Editor, Reporter, Fotografer, Graphic Designer, Videografer dan juga Webmaster. Media yang dikelola oleh tim ini antara lain:

Prestasi

  • PENS menerima JICA Special Award untuk International Cooperation
  • Th 2009 Juara 1 Lomba Effisiensi Energi Tk. Nasional
  • Th 2009 TeSCA Platinum Award kategori Politeknik/Institut/Elektronika (TeSCA=Telkom Smat Campus Award)


Prestasi dalam Bidang Robotika

  • 2023
    • JUARA UMUM KONTES ROBOT INDONESIA 2023
    • KRI NASIONAL 2023 JUARA 1 KRSTI ( ERISA )
    • KRI NASIONAL 2023 JUARA 1 KRSBI-B ( ERSOW )
    • KRI NASIONAL 2023 JUARA 1 KRAI ( EIRA )
    • KRI NASIONAL 2023 JUARA 3 KRBAI ( EMOSVER )
    • KRI NASIONAL 2023 JUARA HARAPAN KRSI ( EILERO )
    • KRI NASIONAL 2023 STRATEGI TERBAIK KRAI ( EIRA )
    • KRI NASIONAL 2023 DESAIN TERBAIK KRSI ( EILERO )
    • KRI NASIONAL 2023 UNDERWATER ROBOT PIONEER KRBAI ( EMOSVER )
  • 2012
    • Robot ROLPENS Menerima Penghargaan juara Harapan Kontes Robot Indonesia di Bandung
    • Robot ROLPENS Menerima Penghargaan Strategi Terbaik Kontes Robot Indonesia di Bandung
    • Robot ROLPENS Menerima Penghargaan juara Pertama Kontes Robot Indonesia Regional IV di Surabaya
    • Robot ROLPENS Menerima Penghargaan Strategi Terbaik Kontes Robot Indonesia Regional IV di Surabaya
    • Robot EFFIRO Menerima Penghargaan juara Pertama Kontes Robot Cerdas Indonesia Divisi Beroda Regional IV di Surabaya
    • Robot EILERO Menerima Penghargaan juara Ketiga Kontes Robot Cerdas Indonesia Divisi Berkaki di Bandung
    • Robot EILERO Menerima Penghargaan juara Kedua Kontes Robot Cerdas Indonesia Divisi Berkaki Regional IV di Surabaya
    • Robot ERISA Menerima Penghargaan juara Ketiga Kontes Robot Seni Indonesia di Bandung
    • Robot ERISA Menerima Penghargaan Penampilan Artistik Terbaik Kontes Robot Seni Indonesia di Bandung
    • Robot EROS Menerima Penghargaan Juara Pertama Kontes Robot Cerdas Divisi Humanoid Robot Soccer Indonesia di Bandung
    • Robot EROS Menerima Penghargaan Algoritme Terbaik Kontes Robot Cerdas Divisi Humanoid Robot Soccer Indonesia di Bandung
    • Robot EROS Menerima Juara Pertama Kontes Robot Cerdas Divisi Humanoid Robot Soccer Indonesia Regional IV di Surabaya
  • 2009
    • Robot D4=S1 Menerima Penghargaan juara Pertama Kontes Robot Indonesia di Yogyakarta
    • Robot SRI Menerima Penghargaan juara Ketiga dan Desain terbaik Kontes Robot Seni Indonesia di Yogyakarta
    • Robot Al-'Adiyat Menerima Penghargaan juara Kedua di Kontes Robot Cerdas Indonesia Divisi Expert Single di Yogyakarta
    • Robot T-HEXS Menerima Penghargaan Inovasi terbaik Kontes Robot Cerdas Indonesia Divisi Senior Berkaki di Yogyakarta
  • 2008
    • Robot Jump-Be Menerima Penghargaan juara Ketiga & Best Design Award di ABU Asia Pacific Robot Contest di Pune India
    • Robot Jump-Be Menerima Penghargaan juara Pertama Kontes Robot Indonesia di Jakarta
    • Robot Juara 2 kategori senior beroda di Kontes Robot Cerdas Indonesia di Jakarta
  • 2007
    • Robot G-Rush Menerima Penghargaan Runner Up Asia Pacific Broadcasting Union (ABU) Robocon 2007 di Hanoi, Vietnam mewakili Indonesia.
    • Robot Al-Fath Menerima Penghargaan juara Ketiga di Kontes Robot Cerdas Indonesia Divisi Senior beroda di Graha Sepuluh Nopember ITS, Surabaya.
    • Robot Fatihah-E Menerima Penghargaan juara kedua di Kontes Robot Cerdas Indonesia Divisi Senior berkaki di Graha Sepuluh Nopember ITS, Surabaya.
    • Robot Dzi-Gear Menerima Penghargaan juara pertama di Kontes Robot Cerdas Indonesia Divisi Expert di Graha Sepuluh Nopember ITS, Surabaya.
    • Robot Mech Robo Menerima Penghargaan juara pertama di Kontes Robot Cerdas Indonesia Divisi Expert Swarm di Graha Sepuluh Nopember ITS, Surabaya.
    • Robot Q Numb On Menerima Penghargaan juara Kedua di Kontes Robot Indonesia di Graha Sepuluh Nopember ITS, Surabaya.
    • Robot G-Rush Menerima Penghargaan Sebagai Robot dengan IT terbaik dari Menteri Komunikasi dan Informasi di Kontes Robot Indonesia di Graha Sepuluh Nopember ITS, Surabaya.
    • Robot G-Rush Menerima Penghargaan juara pertama dan skor tertinggi di Kontes Robot Indonesia di Graha Sepuluh Nopember ITS, Surabaya.
  • 2006
    • Robot Al-Ashry PENS Juara Kontes Robot Cerdas Indonesia (KRCI) 2006 Kategori Beroda di Jakarta.
    • Robot Chaesar Juara II Kontes Robot Indonesia 2006 di Jakarta.
    • Robot DEPTH4 Juara I Kontes Robot Indonesia 2006, penghargaan dengan kategori nilai tertinggi, dan piala bergilir Sambhawana Pratimacala.di Jakarta.
    • Robot AIRO Juara II Kontes Robot Indonesia 2006 di Jakarta
    • Robot Expert Genier menerima penghargaan Desain Terbaik di Jakarta.
  • 2005
    • Robot ASKAF-I menerima penghargaan Best Artistic Design Award di Beijing, China.
    • Robot PENSA Mobile menerima penghargaan juara pertama di Kontes Robot Cerdas Indonesia di Jakarta
    • Robot ASKAF-i menerima penghargaan juara pertama dan tim dg skor tertinggi di Kontes Robot Indonesia di Jakarta
  • 2004
    • Robot SIFAA menerima penghargaan KONAMI Award (untuk teknik kontrol) di ABU Asia Pacific Robot Contest di Seoul Korea.
    • Robot SIFAA menerima penghargaan juara pertama dan tim pemecah "Reunion" di Kontes Robot Indonesia di Jakarta.
  • 2003
    • Robot Al-Sya mewakili Indonesia di ABU Asia Pacific Robot Contest di Bangkok, Thailand.
    • Robot Al-Sya menerima penghargaan juara pertama dan tim dg skor tertinggi di Kontes Robot Indonesia di Jakarta.
  • 2002
    • Robot ELLITE menerima penghargaan Special Commendation di ABU Asia Pacific Robot Contest di Jepang.
    • Robot ELLITE menerima penghargaan Juara Pertama di Kontes Robot Indonesia di Surabaya.
  • 2001
    • Robot BECAK menerima penghargaan Juara Pertama di NHK Robot Contest di Jepang.
  • 2000
    • Robot BECAK menerima penghargaan Juara Pertama di Kontes Robot Indonesia di Surabaya.
    • Robot Edelweiss & Robot Milennium mewakili Indonesia di NHK Robot Contest di Jepang.
  • 1997
    • Robot CENDRAWASIH mewakili Indonesia di NHK Robot Contest di Jepang.
  • 1995
    • Robot TRADA mewakili Indonesia di NHK Robot Contest di Jepang.
  • 1992
    • Robot CARAKA Xh menerima penghargaan the best four di NHK Robot Contest di Jepang.
  • 1991
    • Robot BIMA X-1 menerima penghargaan Best Idea di NHK Robot Contest di Jepang.

Lihat pula

Referensi

  1. ^ a b "Selayang Pandang Politeknik Elektronika Negeri Surabaya". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-06-01. Diakses tanggal 2013-06-20. 
  2. ^ Terpilih, Zainal Ingin Perbaiki Jendela PENS Dahulu
  3. ^ a b PENS dan ITS Resmi Pisah
  4. ^ Politeknik Elektronika Negeri Surabaya "Salinan arsip". Archived from the original on 2013-07-17. Diakses tanggal 2013-06-20. .
  5. ^ ITS, Dadang (2009-11-14). "PENS Raih Rekor MURI, Juara KRI 11 Kali Berturut-turut". ITS News (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2023-07-08. 
  6. ^ antaranews.com (2013-05-16). "PENS buka S2 terapan pertama di Indonesia". Antara News. Diakses tanggal 2023-07-08. 
  7. ^ a b "Program Pascasarjana S2 Terapan PENS". pascasarjana.pens.ac.id. Diakses tanggal 2023-07-08. 
  8. ^ PENS-ITS dan Stikom Surabaya Raih Tesca 2009
  9. ^ "Welcome to tescaindonesia.org". www.tescaindonesia.org. Diakses tanggal 2023-07-08. 
  10. ^ "PENS ITS kalahkan ITS dalam final KRI 2010". Diakses tanggal 2013-06-21. 
  11. ^ "ITS Tanpa PENS dan PPNS". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-07-14. Diakses tanggal 2013-06-21. 
  12. ^ "Pedoman Sistem Identitas dan Tatat Logo PENS" (PDF). Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 2014-02-28. Diakses tanggal 2014-02-24. 
  13. ^ "Hymne Politeknik Elektronika Negeri Surabaya di Website Resmi PENS". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2014-02-28. Diakses tanggal 2014-02-24. 
  14. ^ Jalin Kerja Sama Dengan PJB, PENS Buka Program D1
  15. ^ Raih Dana Hibah DIKTI, PENS Kembangkan Community College
  16. ^ "Presiden SBY Resmikan Akademi Komunitas Negeri Pacitan". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2015-05-08. Diakses tanggal 2014-02-24. 
  17. ^ "Website Akademi Komunitas Negeri Ponorogo". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2014-02-08. Diakses tanggal 2014-02-24. 
  18. ^ Website Akademi Komunitas Negeri Lamongan
  19. ^ Website Akademi Komunitas Negeri Sumenep
  20. ^ a b "Daya Tampung Program D4 Lanjut Jenjang". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-06-11. Diakses tanggal 2013-06-21. 
  21. ^ "Daya Tampung Program D3 dan D4 Reguler". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-07-03. Diakses tanggal 2013-06-21. 
  22. ^ Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS / EEPIS INA ) di YouTube
  23. ^ Sah! Mendikbud-Ristek Nadiem Makarim Lantik Direktur PENS Periode 2021-2025
  24. ^ PENS, Editor. "Kunjungan Dinas Pekerjaan Umum pada proyek Gedung Pasca Sarjana | Politeknik Elektronika Negeri Surabaya" (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2023-07-08. 
  25. ^ "Pasca Sarjana Sains Terapan Ini Bebas SPP". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-12-30. Diakses tanggal 2013-07-07. 
  26. ^ "Mendikbud RI Hadiri Topping Off Gedung Pascasarjana PENS ini". Diakses tanggal 2013-12-30. 
  27. ^ Teknik Mekatronika dan Himpunan Barunya
  28. ^ Metamorphosis of Hima MMB
  29. ^ "Grand Launching HIMA Energi: "Sebuah Kelahiran Energi Baru"". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2015-02-17. Diakses tanggal 2015-02-17. 
  30. ^ Janaka, Suguhkan Warna Baru dalam Komunitas PENS
  31. ^ Komunitas Tim Medis PENS, Wadahi Minat Mahasiswa Teknik di Bidang Kesehatan

Pranala luar


Read other articles:

EvoTypePrivately held companyIndustryOutdoor recreationRetailSporting goodsFounded2001; 22 years ago (2001) in Seattle, United StatesFounderBryce PhillpsHeadquartersSeattle, Washington, United StatesNumber of locations18 (2022)Area servedCanadaJapanUnited StatesKey peopleBryce Phillips (founder, CEO)Number of employees750 (2022)Websitewww.evo.com Evo (stylized as evo) is an American sporting goods and outdoor recreation retailer. The company was founded in 2001 and is…

Cattedrale di San Pietro Claver, nella diocesi di Bangassou Chiesa del villaggio di Niem, nella diocesi di Bouar Questa è una lista delle cattedrali nella Repubblica Centrafricana. Indice 1 Cattedrali cattoliche 2 Voci correlate 3 Altri progetti 4 Collegamenti esterni Cattedrali cattoliche Cattedrale Arcidiocesio Diocesi Località Cattedrale di Nostra Signora dell'Immacolata Concezione Arcidiocesi di Bangui Bangui Cattedrale del Sacro Cuore Diocesi di Alindao Alindao Cattedrale di San Giuseppe …

Artikel ini membutuhkan rujukan tambahan agar kualitasnya dapat dipastikan. Mohon bantu kami mengembangkan artikel ini dengan cara menambahkan rujukan ke sumber tepercaya. Pernyataan tak bersumber bisa saja dipertentangkan dan dihapus.Cari sumber: Eastern Suburbs Sydney – berita · surat kabar · buku · cendekiawan · JSTOR (Februari 2009) EasternSuburbs HillsDistrict Parramatta Blacktown GreaterWesternSydney Hawkesbury Inner West NorthernSuburbs Canter…

The Main Library undergoing renovations in Fall 2011 The Elizabeth Public Library is the free public library of Elizabeth, New Jersey. Serving a population of approximately 127,558, its collection contains 342,305 volumes, circulating 190,581 items annually[1] from its four locations.[2] Locations Main Library - 11 South Broad Street LaCorte Branch Library - 408 Palmer Street Elmora Branch Library - 730 W. Grand Street Elizabethport Branch Library - 102-110 Third Street Carnegie …

You can help expand this article with text translated from the corresponding article in French. (July 2015) Click [show] for important translation instructions. View a machine-translated version of the French article. Machine translation, like DeepL or Google Translate, is a useful starting point for translations, but translators must revise errors as necessary and confirm that the translation is accurate, rather than simply copy-pasting machine-translated text into the English Wikipedia. C…

هذه المقالة يتيمة إذ تصل إليها مقالات أخرى قليلة جدًا. فضلًا، ساعد بإضافة وصلة إليها في مقالات متعلقة بها. (مارس 2023) الثقب (فيلم 1960)Le Trou (بالفرنسية) معلومات عامةالصنف الفني فيلم دراما[1] — فيلم جريمة[1] — فيلم سجن تاريخ الصدور 1960 18 مارس 1960[2] (فرنسا)1 أبريل 1960[2] (إيط…

FatahillahSutradara Imam Tantowi Chaerul Umam Produser PT Parkit Film Ditulis oleh Deddy Armand PemeranIgo IlhamRobert SantosoYuni SulistyowatiTanggal rilis1997Durasi120 menitNegara Indonesia Bahasa Indonesia AnggaranRp1,2 miliarPendapatankotorRp3-4 miliarIMDbInformasi di IMDb Fatahillah adalah film yang menceritakan tentang tokoh ulama yang berjuang mengusir Portugis dan kemudian mendirikan Jayakarta atau Kota Jakarta sekarang. Proyek ini pernah disebut menghabiskan lebih dari anggaran sebesar …

Commune in Auvergne-Rhône-Alpes, FranceLe Chambon-sur-Lignon Lo Chambon (Occitan)CommuneTown hall Coat of armsLocation of Le Chambon-sur-Lignon Le Chambon-sur-LignonShow map of FranceLe Chambon-sur-LignonShow map of Auvergne-Rhône-AlpesCoordinates: 45°03′42″N 4°18′11″E / 45.0617°N 4.3031°E / 45.0617; 4.3031CountryFranceRegionAuvergne-Rhône-AlpesDepartmentHaute-LoireArrondissementYssingeauxCantonMézencGovernment • Mayor (2020–2026) Je…

Nenad Kovačević Datos personalesNacimiento Sarajevo, Yugoslavia (actual Bosnia y Herzegovina)11 de noviembre de 1980Nacionalidad(es) Altura 1.77 metrosCarrera deportivaDeporte FútbolClub profesionalDebut deportivo 1996(FK Sloga Kraljevo)Club FK BakuPosición CentrocampistaSelección nacionalPart. 25[editar datos en Wikidata] Nenad Kovačević, (en serbio: Ковачевић; Sarajevo, Yugoslavia, 11 de noviembre de 1980) es un futbolista serbio, bosnio de nacimiento, que juega en la…

John Ellis Información personalNombre de nacimiento Jonathan Richard EllisNacimiento 1 de julio de 1946 (77 años)Hampstead, LondresNacionalidad británicoEducaciónEducación doctorado Educado en King's College, CambridgeInformación profesionalOcupación Físico en el CERN y el King's College LondonÁrea FísicaConocido por Diagrama de pingüino, Acuñó el término teoría de todoEmpleador King's College de LondresOrganización Europea para la Investigación Nuclear Miembro de Roya…

Alfried Krupp von Bohlen und Halbach Información personalNacimiento 13 de agosto de 1907 Essen (Imperio alemán) Fallecimiento 30 de julio de 1967 (59 años)Essen (Alemania) Causa de muerte Cáncer de pulmón Sepultura Essen Nacionalidad AlemanaFamiliaFamilia Krupp Padres Gustav Krupp Bertha Krupp Hijos Arndt von Bohlen und Halbach EducaciónEducado en Universidad Técnica de MúnichUniversidad Técnica de Aquisgrán Información profesionalOcupación Emprendedor, regatista y fabricante Rama mi…

600 ← 700 → 701 MontevideoTerminal Baltasar Brum El Pinar por (Aeropuerto de Carrasco)Área abastecidaMunicipios Montevideo / Ciudad de la CostaDescripciónTipo ÓmnibusSistema Sistema de Transporte MetropolitanoOperaciónLongitud Duración del viaje: 1 hora y 15 minutosExplotaciónOperador COPSA [editar datos en Wikidata] La línea 700 es una línea de transporte metropolitano, une Montevideo con el barrio el Pinar de la Ciudad de la Costa. Su punto de partida es desde el Pinar, h…

هذه المقالة يتيمة إذ تصل إليها مقالات أخرى قليلة جدًا. فضلًا، ساعد بإضافة وصلة إليها في مقالات متعلقة بها. (أكتوبر 2022) سيف زناتي سيف أبو عبد الله محمد الثاني عشر الزناتي النوع سيف بيد واحدة بلد الأصل المغرب الكبير، االأندلس تاريخ الاستخدام فترة الاستخدام القرون الوسطى المستخ…

Ця стаття не містить посилань на джерела. Ви можете допомогти поліпшити цю статтю, додавши посилання на надійні (авторитетні) джерела. Матеріал без джерел може бути піддано сумніву та вилучено. (жовтень 2021) Гайворонська Ірина МиколаївнаЗагальна інформаціяГромадянство &#…

Banu TaghlibAdnanite Arab tribeBanner of the Banu Taghlib in Battle of Siffin[1]NisbahTaghlibīLokasi asal leluhurNajd, Upper MesopotamiaDiturunkan dariTaghlib ibn Wa'ilSuku indukRabi'aCabang Ghanm Jusham Zuhayr Sa'd Attab Utba Murra Al-Harith Malik Usama Taym Adi Hamdanid dynasty Amr Imran Awf AgamaMiaphysite Christianity (6th–9th centuries) Islam (9th century–present) Bani Taghlib ( Arab: بنو تغلب ), juga dikenal sebagai Taghlib ibn Wa'il, adalah suku Arab yang berasal d…

Ethnic group in the United Kingdom Turks in the United KingdomBirleşik Krallık'taki TürklerBritish Turks protesting in Central London.Total populationTurkish-born residentsa 101,721 (2011 UK Census)[1]72,000 (2009 ONS estimate) 150,000 (academic estimates) Turkish Cypriot-born residentsa 100,000–150,000 (academic estimates)Total populationb 500,000 (2011 Home Office estimate)[2]Regions with significant populationsLondon (Camden, Croydon, Enfield, Euston, Hackney Haringey, Is…

Steamer Newport, with barge lashed on, and launch Beaver departing Newport for Yaquina, c. 1910 Yaquina Bay, like Coos Bay, is a shallow coastal bay on the Oregon Coast in the Pacific Northwest of North America. The principal town on Yaquina Bay is Newport, Oregon. The Yaquina River flows into the bay. Until modern roads reached Newport in the late 1920s, the principal transportation method to and from Newport was by ship or boat. Description of waterway The bay entrance is just south and west o…

Private liberal arts college in Maryville, Tennessee This article is about the college in Maryville, Tennessee. For the university in St. Louis, Missouri, see Maryville University. Maryville CollegeAnderson Hall at Maryville CollegeFormer namesSouthern and Western Theological Seminary (1819–1842)TypePrivate liberal arts collegeEstablished1819; 204 years ago (1819)Endowment$93.1 million (2019)[1]PresidentBryan CokerAcademic staff79, with student faculty ratio of 12:1Un…

Den här artikeln har källhänvisningar, men eftersom det saknas fotnoter är det svårt att avgöra vilken uppgift som är hämtad var. (2012-10) Hjälp gärna till med att redigera artikeln, eller diskutera saken på diskussionssidan. En kolportör i en småländsk stuga. Teckning i Ny Illustrerad Tidning. Roparrörelsen var den väckelse som banade väg för folkväckelsen och friförsamlingsrörelserna i Sverige. Roparna förekom mest i Småland, Västergötland, Värmland och Närke. Sitt …

G.I. Joe: A Real American HeroCover A for issue #301.Publication informationPublisher Skybound Entertainment (Image Comics) FormatOngoing seriesPublication dateNovember 15, 2023 – presentNo. of issues301–Main character(s)G.I. JoeCobraCreative teamWritten byLarry HamaArtist(s)Chris MooneyhamColorist(s)Francesco Segala G.I. Joe: A Real American Hero is an ongoing American comic book series published by Image Comics and Skybound Entertainment based on the G.I. Joe toy line by Donald L…

Kembali kehalaman sebelumnya

Lokasi Pengunjung: 44.192.94.177