Share to: share facebook share twitter share wa share telegram print page

Universitas Pendidikan Indonesia

Universitas Pendidikan Indonesia
ᮅᮔᮤᮗᮨᮁᮞᮤᮒᮞ᮪ ᮕᮨᮔ᮪ᮓᮤᮓᮤᮊᮔ᮪ ᮄᮔ᮪ᮓᮧᮔᮦᮞᮤᮃ
Lambang Universitas Pendidikan Indonesia


Lambang Universitas Pendidikan Indonesia.

 
Peta
 
Peta
Peta
Informasi
Nama sebelumnya
Institut Keguruan Ilmu Pendidikan Bandung (IKIP Bandung)
MotoA Leading and Outstanding University
Moto dalam bahasa Indonesia
Universitas Pelopor dan Unggul
JenisPerguruan Tinggi Negeri Badan Hukum
Didirikan20 Oktober 1954 (Sebagai Perguran Tinggi Pendidikan Guru [PTPG])
25 November 1958 (diintegrasikan dengan Universitas Padjajaran menjadi Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan UNPAD)
1 Mei 1963 (berpisah dengan UNPAD dan kemudian berdiri sendiri menjadi Institut Keguruan Ilmu Pendidikan Bandung [IKIP Bandung])
7 Oktober 1999 (berubah menjadi Universitas Pendidikan Indonesia)[1]
Lembaga induk
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi
RektorProf. Dr. H. M. Solehuddin, M.Pd., M.A.
Jumlah mahasiswa32.769 (2018)[2]
Lokasi6°51′48″S 107°35′39″E / 6.8634°S 107.5943°E / -6.8634; 107.5943
KampusUrban Multikampus, Kampus Utama 615,766 m2 (61 ha), sedang diperluas hingga 75 ha[3]
WarnaBiru keabu-abuan, Merah
   
Nama julukanKampus Bumi Siliwangi, Kampus Pendidikan
MaskotIsola
Situs webhttp://www.upi.edu
Logo Universitas Pendidikan Indonesia
A Leading and Outstanding University
Twitter: upiofficial Edit nilai pada Wikidata

Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)[4] (Aksara Sunda: ᮅᮔᮤᮗᮨᮁᮞᮤᮒᮞ᮪ ᮕᮨᮔ᮪ᮓᮤᮓᮤᮊᮔ᮪ ᮄᮔ᮪ᮓᮧᮔᮦᮞᮤᮃ) adalah sebuah perguruan tinggi negeri yang kampus utamanya berkedudukan di Kota Bandung, Jawa Barat, Indonesia.[5] Sejak tahun 2012, UPI berstatus sebagai perguruan tinggi yang diselenggarakan pemerintah (PTP),[6] berubah dari status sebelumnya sebagai Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN BH).

UPI adalah perguruan tinggi yang menganut sistem multikampus[7] yaitu dengan 6 kampus yang tersebar di dua provinsi yaitu Jawa Barat dan Banten. Kampus utama UPI berlokasi di Jalan Setiabudhi 229, Bandung. Sedangkan kampus lainnya berlokasi di Cibiru, Tasikmalaya, Sumedang, Purwakarta, dan Serang.

Sejarah

Villa Isola Pada tahun 1933 (1927)
Villa Isola 1937 tampak di udara

Universitas Pendidikan Indonesia didirikan pada tanggal 20 Oktober 1954 di Bandung, diresmikan oleh Menteri Pendidikan Pengajaran Mr. Muhammad Yamin. Semula bernama Perguruan Tinggi Pendidikan Guru (PTPG), didirikan dengan latar belakang sejarah pertumbuhan bangsa, yang menyadari bahwa upaya mendidik dan mencerdaskan bangsa merupakan bagian penting dalam mengisi kemerdekaan. Beberapa alasan didirikannya PTPG antara lain: Pertama, setelah Indonesia mencapai kemerdekaannya, bangsa Indonesia sangat haus pendidikan. Kedua, perlunya disiapkan guru yang bermutu dan bertaraf universitas untuk meningkatkan kualitas pendidikan yang akan merintis terwujudnya masyarakat yang sejahtera.[8]

Gedung utama UPI bermula dari puing sebuah villa yang bernama Villa Isola, merupakan gedung bekas peninggalan masa sebelum Perang Dunia II. (Pada masa perjuangan melawan penjajah, gedung ini pernah dijadikan markas para pejuang kemerdekaan). Puing puing itu dibangun kembali dan kemudian menjelma menjadi sebuah gedung bernama Bumi Siliwangi yang megah dengan gaya arsitekturnya yang asli.[8]

Di sinilah untuk pertama kalinya para pemuda mendapat gemblengan pendidikan guru pada tingkat universitas, sebagai realisasi Keputusan Menteri Pendidikan Pengajaran dan Kebudayaan Republik Indonesia (Nomor 35742 tanggal 1 September 1954 tentang pendirian PTPG/Perguruan Tinggi Pendidikan Guru).[8]

Pada mulanya PTPG dipimpin oleh seorang Dekan yang membawahi beberapa jurusan dan atau balai, yakni:

  • Ilmu Pendidikan
  • Ilmu Pendidikan Jasmani;
  • Bahasa dan Kesusastraan Indonesia;
  • Bahasa dan Kesusastraan Inggris;
  • Sejarah Budaya;
  • Pasti Alam;
  • Ekonomi dan Hukum Negara; dan
  • Balai Penelitian Pendidikan.

Sejalan dengan Surat Keputusan Menteri Pendidikan, Pengajaran dan Kebudayaan No. 40718/S pada waktu itu, yang menyatakan bahwa PTPG dapat berdiri sendiri menjadi perguruan tinggi atau perguruan tinggi dalam universitas, maka seiring dengan berdirinya Universitas Padjadjaran (UNPAD), pada tanggal 25 November 1958 PTPG diintegrasikan menjadi fakultas utama Universitas Padjadjaran dengan nama Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP).[8]

Untuk memantapkan sistem pengadaan tenaga guru dan tenaga kependidikan, berbagai kursus yang ada pada waktu itu, yaitu pendidikan guru B I dan B II, diintegrasikan ke dalam FKIP melalui Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 6 Tahun 1961. Selanjutnya FKIP berkembang menjadi FKIP A dan FKIP B. Pada saat yang sama, berdiri pula Institut Pendidikan Guru (IPG), yang mengakibatkan adanya dualisme dalam lembaga pendidikan guru. Untuk menghilangkan dualisme tersebut, pada tanggal 1 Mei 1963 dikeluarkan Keputusan Presiden Nomor 1 tahun 1963, yang melebur FKIP dan IPG menjadi Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) sebagai satu satunya lembaga pendidikan guru tingkat universitas. FKIP A/FKIP B dan IPG yang ada di Bandung akhirnya menjadi Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Bandung (IKIP Bandung).[8]

Villa Isola Sekarang

IKIP Bandung saat itu telah memiliki lima fakultas, yaitu Fakultas Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan Ilmu Sosial, Fakultas Keguruan Sastra dan Seni, Fakultas Keguruan Ilmu Eksakta, dan Fakultas Keguruan Ilmu Teknik. Kebutuhan akan tenaga guru kian mendesak, demikian pula tumbuhnya hasrat untuk meningkatkan dan memeratakan kemampuan para guru. Hal ini mendorong IKIP Bandung membuka ekstension, antara tahun 1967 1970 IKIP Bandung membuka ekstension di hampir seluruh kabupaten di Jawa Barat.

Peranan IKIP Bandung di tingkat nasional semakin menonjol, setelah pemerintah menetapkan bahwa IKIP Bandung menjadi IKIP Pembina yang diserahi tugas membina beberapa IKIP di luar Pulau Jawa, yaitu IKIP Bandung Cabang Banda Aceh, Palembang, Palangkaraya, dan Banjarmasin. Sesuai dengan kebijaksanaan Departemen P dan K, pada awal tahun 1970 an, secara bertahap ekstension tersebut ditutup dan cabang cabang IKIP di daerah menjadi fakultas di lingkungan universitas di daerah masing masing.

Untuk meningkatkan mutu tenaga pengajar, pada tahun 1970 IKIP Bandung membuka program Pos Doktoral melalui pembentukan Lembaga Pendidikan Pos Doktoral (LPPD) PPS yang mengelola Program S2 dan S3. Pada tahun 1976 LPPD diubah namanya menjadi Sekolah Pasca Sarjana, pada tahun 1981 berubah menjadi Fakultas Pasca Sarjana dan tahun 1991 menjadi Program Pascasarjana (PPS) dan berubah lagi menjadi Sekolah Pascasarjana (SPs) pada tahun 2000.

Penataan program pendidikan tinggi yang dilakukan oleh pemerintah dengan menerapkan multiprogram dan multistrata, ditindaklanjuti IKIP Bandung dengan membuka Program Diploma Kependidikan. Untuk meningkatkan kualifikasi guru SD menjadi lulusan D II, tahun ajaran 1990/ 1991, diselenggarakan Program D II Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Selain diselenggarakan di Kampus Bumi Siliwangi program ini juga diselenggarakan di Unit Pelaksana Program (UPP) pada beberapa sekolah eks SPG yang diintregarasikan ke IKIP. Guna meningkatkan kualifikasi Guru Taman Kanak-kanak atau play group pada tahun 1996/1997 IKIP Bandung membuka Program D II PGTK.

Seiring dengan kebijakan pemerintah di bidang pendidikan tinggi yang memberikan perluasan mandat bagi Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) yang harus mampu mengikuti tuntutan perubahan serta mengantisipasi segala kemungkinan dimasa datang, IKIP Bandung diubah menjadi Universitas Pendidikan Indonesia melalui Keputusan Presiden RI No. 124 tahun 1999 tertanggal 7 Oktober 1999.

Untuk memperluas jangkauan dalam mendukung pembangunan nasional, UPI harus mampu berdiri sendiri dan berkiprah. Kebulatan tekad ini menumbuhkan keyakinan akan kemampuan yang telah dimilikinya. Mulai tahun 2004, berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 6 Tahun 2004, UPI diberi otonomi dan menjadi perguruan tinggi BHMN. Pada tahun 2012, status UPI dikembalikan menjadi perguruan tinggi negeri (bahasa resmi: perguruan tinggi yang diselenggarakan oleh pemerintah) berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 43 Tahun 2012.[9]

Pengembangan dan peningkatan UPI tidak saja berorientasi pada bidang akademik, tetapi juga dalam berbagai bidang, termasuk pemantapan konsep dan rencana pembangunannya. Melalui bantuan Islamic Development Bank (IDB), UPI merancang dan menata pembangunan gedung kampus yang megah, modern dan representatif sebagai penunjang kegiatan belajar mengajar. Bermodalkan kemampuan yang dimiliki Universitas Pendidikan Indonesia bertekad menjadikan lembaga pendidikan ini terdepan dan menjadi Universitas Pelopor dan Unggul (a Leading and Outstanding University).

Rektorat

Kampus

Lagu Almamater

Hymne UPI


Syahdu wangi Bumi Siliwangi
Utara Bandung Raya
Tampak jelas bercemerlang UPI
Universitas Pendidikan
Rentang riwayatmu
Berirama warna
Pelangi menghias Nusa
Nusantara bumi tercinta
Tinggi mulia citra UPI kita
Candradimuka jiwa
Daya insan berilmu beriman
Jadi warga wira utama
Penc'rah masa depan
Bangsa Indonesia
Bimbingan Illahi serta
Semoga damba kami nyata

Mars UPI


Mendaki bukit asri kampus wangi
Derap langkah mantap mencapai cita
Ilmu luhur pendidikan tinggi
Iman kukuh dan teruji
Mnuju puncak bercakrawala luas
Tuk bakti kita sepenuh
Pada bangsa negara tercinta
Jaya citra bermartabat
Ayo semangat kita bergelora
Ayo wujudkan cita bersama
Sepenuh jiwa UPI
Universitas Pendidikan Indonesia






Akademik[10]

UPI memiliki 8 Fakultas, 5 Kampus Daerah, Sekolah Pascasarjana (SPs) dan Sekolah Laboratorium atau Lab School UPI.

  • Fakultas
    • Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP)
      • Bimbingan dan Konseling (S1)
      • Administrasi Pendidikan (S1)
      • Teknologi Pendidikan (S1)
      • Pendidikan Khusus (S1)
      • Pendidikan Masyarakat (S1)
      • Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
      • Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (S1)
      • Perpustakaan dan Sains Informasi (S1)
      • Psikologi (S1)
      • Bimbingan dan Konseling (S2)
      • Administrasi Pendidikan (S2)
      • Pengembangan Kurikulum (S2)
      • Pendidikan Khusus (S2)
      • Pendidikan Masyarakat (S2)
      • Pendidikan Anak Usia Dini (S2)
      • Bimbingan dan Konseling (S3)
      • Administrasi Pendidikan (S3)
      • Pengembangan Kurikulum (S3)
      • Pendidikan Khusus (S3)
      • Pendidikan Masyarakat (S3)
    • Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (FPIPS)
      • Pendidikan Kewarganegaraan (S1)
      • Pendidikan Sejarah (S1)
      • Pendidikan Geografi (S1)
      • Pendidikan Sosiologi (S1)
      • Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (S1)
      • Ilmu Pendidikan Agama Islam (S1)
      • Pendidikan Pariwisata (S1)
      • Manajemen Pemasaran Pariwisata (S1)
      • Manajemen Leisure dan Resort (S1)
      • Manajemen Industri Katering (S1)
      • Ilmu Komunikasi (S1)
      • Sains Informasi Geografi (S1)
      • Survey Pemetaan dan Informasi Geografi (D4)
      • Pendidikan Kewarganegaraan (S2)
      • Pendidikan Sejarah (S2)
      • Pendidikan Geografi (S2)
      • Pendidikan Sosiologi (S2)
      • Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (S2)
      • Pendidikan Kewarganegaraan (S3)
      • Pendidikan Sejarah (S3)
      • Pendidikan Geografi (S3)
      • Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (S3)
    • Fakultas Pendidikan Bahasa dan Sastra (FPBS)
      • Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
      • Pendidikan Bahasa dan Sastra Inggris (S1)
      • Pendidikan Bahasa Sunda (S1)
      • Pendidikan Bahasa Jepang (S1)
      • Pendidikan Bahasa Arab (S1)
      • Pendidikan Bahasa Perancis (S1)
      • Pendidikan Bahasa Jerman (S1)
      • Pendidikan Bahasa Korea (S1)
      • Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
      • Bahasa dan Sastra Inggris (S1)
      • Pendidikan Bahasa Indonesia (S2)
      • Pendidikan Bahasa Inggris (S2)
      • Pendidikan Bahasa dan Budaya Sunda (S2)
      • Pendidikan Bahasa Jepang (S2)
      • Pendidikan Bahasa Arab (S2)
      • Pendidikan Bahasa Perancis (S2)
      • Pendidikan Bahasa Indonesia (S3)
      • Pendidikan Bahasa Inggris (S3)
    • Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FPMIPA)]
      • Pendidikan Matematika (S1)
      • Pendidikan Fisika (S1)
      • Pendidikan Kimia (S1)
      • Pendidikan Biologi (S1)
      • Pendidikan Ilmu Komputer (S1)
      • Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (International Program on Science Education) (S1)
      • Matematika (S1)
      • Fisika (S1)
      • Kimia (S1)
      • Biologi (S1)
      • Ilmu Komputer (S1)
      • Pendidikan Matematika (S2)
      • Pendidikan Fisika (S2)
      • Pendidikan Kimia (S2)
      • Pendidikan Biologi (S2)
      • Pendidikan Ilmu Komputer (S2)
      • Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (S2)
      • Kimia (S2)
      • Pendidikan Matematika (S3)
      • Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (S3)
    • Fakultas Pendidikan Teknologi dan Kejuruan (FPTK)
      • Pendidikan Teknik Bangunan (S1)
      • Pendidikan Teknik Mesin (S1)
      • Pendidikan Teknik Elektro (S1)
      • Pendidikan Teknik Arsitektur (S1)
      • Pendidikan Agro Industri (S1)
      • Pendidikan Kesejahteraan Keluarga (S1)
      • Pendidikan Tata Boga (S1)
      • Pendidikan Tata Busana (S1)
      • Pendidikan Teknik Otomotif (S1)
      • Pendidikan Teknik Otomasi Industri dan Robotika (S1)
      • Teknik Sipil (S1)
      • Teknik Arsitektur (S1)
      • Teknik Elektro (S1)
      • Teknik Logistik (S1)
      • Teknik Arsitektur (S2)
    • Fakultas Pendidikan Olahraga dan Kesehatan (FPOK)
      • Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (S1)
      • Pendidikan Guru Sekolah Dasar Pendidikan Jasmani (S1)
      • Pendidikan Kepelatihan Olahraga (S1)
      • Kepelatihan Fisik Olahraga (S1)
      • Ilmu Keolahragaan (S1)
      • Gizi (S1)
      • Keperawatan (D3)
    • Fakultas Pendidikan Ekonomi dan Bisnis (FPEB)
      • Pendidikan Ekonomi (S1)
      • Pendidikan Akuntansi (S1)
      • Pendidikan Bisnis (S1)
      • Pendidikan Manajemen Perkantoran (S1)
      • Akuntansi (S1)
      • Manajemen (S1)
      • Ilmu Ekonomi dan Keuangan Islam (S1)
      • Pendidikan Ekonomi (S2)
      • Ilmu Akuntansi (S2)
      • Manajemen (S2)
    • Fakultas Pendidikan Seni dan Desain (FPSD)[11]
      • Pendidikan Seni Rupa (S1)
      • Pendidikan Seni Musik (S1)
      • Pendidikan Seni Tari (S1)
      • Desain Komunikasi Visual (S1)
      • Film dan Televisi (S1)
      • Seni Musik (S1)
  • Kampus Daerah
    • UPI Kampus CibiruI
      • Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
      • Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (S1)
      • Pendidikan Multimedia (S1)
      • Rekayasa Perangkat Lunak (S1)
      • Teknik Komputer (S1)
      • Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S2)
    • Kampus UPI Tasikmalaya
      • Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
      • Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (S1)
      • Kewirausahaan (S1)
      • Bisnis Digital (S1)
  • Kampus UPI Sumedang
      • Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
      • Pendidikan Guru Sekolah Dasar Pendidikan Jasmani (S1)
      • Keperawatan (S1)
      • Industri Pariwisata (S1)
      • Keperawatan (D3)
  • Kampus UPI Purwakarta
      • Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
      • Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (S1)
      • Pendidikan Sistem Teknologi dan Informasi (S1)
      • Sistem Telekomunikasi (S1)
      • Mekatronika dan Kecerdasan Buatan (S1)
  • Kampus UPI Serang
      • Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
      • Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (S1)
      • Pendidikan Kelautan dan Perikanan (S1)
      • Sistem Informasi Kelautan (S1)
      • Logistik Kelautan (S1)

Sekolah

    • Sekolah Pascasarjana (SPs)
      • Pendidikan Dasar (S2)
      • Psikologi Pendidikan (S2)
      • Pendidikan Umum dan Karakter (S2)
      • Pendidikan Teknologi dan Kejuruan (S2)
      • Pendidikan Olahraga (S2)
      • Pendidikan Seni (S2)
      • Linguistik (S2)
      • Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing (S2)
      • Pariwisata (S2)
      • Manajemen Perkantoran (S2)
      • Pendidikan Dasar (S3)
      • Pendidikan Umum dan Karakter (S3)
      • Pendidikan Teknologi dan Kejuruan (S3)
      • Pendidikan Olahraga (S3)
      • Pendidikan Seni (S3)
      • Linguistik (S3)
      • Pendidikan Profesi Guru (Profesi)
    • Sekolah Laboratorium
      • TK Labshool Percontohan UPI
      • SD Labshool Percontohan UPI
      • SMP Labshool Percontohan UPI
      • SMA Labshool Percontohan UPI

Fasilitas

Berikut merupakan fasilitas yang tersedia di Universitas Pendidikan Indonesia,

Pusat Pembelajaran[12]

  • Ruang Kuliah
  • Laboratorium
  • Perpustakaan
  • Micro Teaching
  • Balai Bahasa
  • Unit Pelaksana Teknis Layanan Bimbingan dan Konseling

Teknologi Informasi[13]

  • UPInet
  • Pusat Komputer (PUSKOM)
  • Fasilitas pada Pusat Pendidikan Komputer (PENDILKOM)

Layanan Mahasiswa[14]

  • Asrama
  • Beasiswa
  • Santunan
  • Pusat Kegiatan Mahasiswa (PKM)

Olahraga dan Seni

Stadion UPI Bandung
  • Stadion UPI[15]
    • Lapangan Sepak Bola
    • Atletik
  • Gymnasium[16]
Kolam Renang UPI Bandung
  • Kolam renang[17]
    • Kolam Renang (ukuran lintasan standard internasional)
    • Kolam dan tiang untuk Loncat Indah (Diving)
    • Kolam untuk rekreasi dan pembelajaran renang anak-anak
  • Lapangan Tenis Indoor[18]
  • Sport-Hall[19]
    • Lapangan bulu tangkis
    • Lapangan tenis
  • Lapangan Softball dan Baseball[20]
  • Lapangan bola voli
  • Lapangan bola basket
  • Lapangan tenis
  • Lapangan golf
  • Teater Terbuka

Sarana Umum[21]

Museum Pendidikan Nasional UPI
  • Mesjid Al-Furqan, Pusat Studi Islam (Centre of Islamic Studies)
  • Isola Resort (fasilitas Hotel dan Meeting Service)[22]
  • Poliklinik
  • Balai Pertemuan
  • Kantor Cabang BNI'46
  • Museum Pendidikan Nasional[23]
  • Kantin/kafetaria yang tersebar

Aktivitas

Organisasi Kemahasiswaan

Organisasi kemahasiswaan di tingkat Universitas di UPI ada pada REMA UPI (Republik Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia) yang menganut sistem trias politika yaitu BEM REMA UPI sebagai badan eksekutif, DPM REMA UPI sebagai legislatif dan MPM REMA UPI. Hal tersebut diatur dalam UUD REMA UPI.

Sebagai sarana untuk mewadahi kegiatan berorganisasi, UPI menyediakan organisasi mahasiswa sebagai berikut:

  • Di Tingkat Universitas terdapat MPM Rema UPI sebagai lembaga kedaulatan mahasiswa, DPM Rema UPI sebagai lembaga legislatif, dan BEM Rema UPI sebagai lembaga eksekutif yang dipimpin oleh Presiden Mahasiswa UPI.
  • Di samping itu di tingkat Universitas juga ada Unit Kegiatan Kemahasiswaan (UKM), yaitu unit yang menghimpun mahasiswa dari berbagai fakultas yang mewakili perhatian pada bidang yang sama sebagai wadah pengembangan minat dan bakat. Di tingkat universitas terdapat 6 bidang UKM mencakup UKM Minat Khusus, UKM Keagamaan, UKM Penalaran, UKM Seni dan Budaya, UKM Olahraga Permainan dan UKM Olahraga Bela Diri.
  • Di tingkat Fakultas dan Kampus Daerah ada Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) atau Badan Pelaksana Organisasi (BPO) sebagai lembaga eksekutif dan Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) atau Senator sebagai lembaga legislatif.
  • Di tingkat Fakultas dan Kampus Daerah juga mempunyai UKM masing-masing yang mewadahi mahasiswa Fakultas dan Kampus Daerahnya.
  • Di tingkat Departemen atau Program Studi ada Himpunan Mahasiswa Departemen/Program Studi yang biasa disebut Hima/HMD/HMPS adalah pelaksana kegiatan pada tingkat departemen/program studi. Di dalam Hima/HMD/HMPS terdapat BEM sebagai lembaga eksekutif, DPM sebagai lembaga legislatif dan Badan Semi Otonom/Unit Kegiatan Khusus.

Penalaran dan Keilmuan

  • Forum akademik yaitu pertemuan sekelompok warga sivitas akademika untuk membahas topik tertentu secara ilmiah dengan tujuan menumbuhkan dan memupuk kemampuan sikap ilmiah dan sikap profesional melalui pemikiran yang objektif.
  • Simposium merupakan suatu pertemuan ilmiah yang membahas topik tertentu dari berbagai sudut pandang yang saling berkaitan.
  • Kolokium adalah hasil modifikasi dari metode diskusi panel yang melibatkan nara sumber dan peserta.
  • Lokakarya merupakan temu karya yang bertujuan meningkatkan kemampuan dan keterampilan peserta dengan menggunakan berbagai jenis metode yang menghasilkan produk tertentu.
  • Seminar merupakan pertemuan ilmiah suatu kelompok intelektual yang dengan sistematis membahas suatu topik di bawah pimpinan seorang ahli yang berwewenang dalam bidang tersebut untuk memecahkan suatu permasalahan.
  • Diskusi Ilmiah adalah pertemuan ilmiah untuk bertukar pikiran mengenai suatu masalah.
  • Diskusi Panel adalah suatu pembicaraan atau pertukaran pikiran yang dilakukan oleh panelis mengenai suatu topik tertentu.
  • Studium Generale (kuliah umum) merupakan suatu bentuk atau metode penyampaian informasi secara lisan tertang suatu topik tertentu oleh seorang yang berkualifikasi, dengan maksud memberikan wawasan umum dan memperluas wawasan ilmiah serta mengembangkan sikap interdisipliner tentang suatu bidang ilmu kepada para ilmuwan atau calon ilmuwan dengan latar belakang disiplin ilmu yang beragam dan berbeda dengan penceramah.
  • Lomba Karya Ilmiah adalah program/kegiatan yang dilakukan untuk dapat melatih dan meningkatkan kemampuan serta sikap ilmiah mahasiswa.
  • LKTM, LKIM, PKM dan Seleksi mahasiswa berprestasi adalah kegiatan pengembangan penalaran mahasiswa melalui penulisan karya-karya ilmiah yang diorientasikan pada temuan dari penelitian yang dilakukan oleh mahasiswa. Kegiatan ini ditujukan untuk mengembangkan kemampuan menemukan karya-karya ilmiah untuk kepentingan pengembangan ilmu, teknologi maupun seni.
  • Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS), Pekan Mahasiswa Daerah (PIMDA) dan Karya Alternatif Mahasiswa (KAM) adalah kegiatan kemahasiswaan yang mengembangkan dan mempersiapkan mahasiswa agar memiliki keterampilan tambahan sebagai alternatif untuk profesi yang digelutinya.

Minat dan Bakat

Pembinaan/pengembangan bakat dan minat bertujuan adalah menumbuhkembangkan apresiasi dan berbagai kegiatan lain yang sesuai dengan visi, misi, dan fungsi UPI. Kegiatan-kegiatan tersebut dilaksanakan baik oleh Himpunan Mahasiswa Departemen/Program Studi, BEM Fakultas/BEM Kampus Daerah, BEM Rema UPI dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM). Jenis Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) terbagi menjadi 6 kelompok yaitu diantaranya:.

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang mengkoordinasikan kegiatan kemahasiswaan tersebut adalah

  • Bidang Keagamaan meliputi Lembaga Dakwah Kampus Unit Kegiatan Dakwah Mahasiswa (LDK UKDM), Unit Pengembangan Tilawah Al Quran (UPTQ), Kajian Islam Mahasiswa (Kalam), Baca Alquran Intensif (BAQI), Al-Qolam, Study Community of Islamic Economics (Sciemic), Persekutuan Mahasiswa Kristen (PMK), Keluarga Mahasiswa Katolik (KMK).
  • Bidang Penalaran meliputi Lembaga Pengembangan dan Pengkajian Intelektual Mahasiswa (LEPPIM), Unit Pers Mahasiswa (UPM), Eka Prasetya, Unit Kegiatan Studi Kemasyarakatan (UKSK).
  • Bidang Olahraga Permainan meliputi UKM Atletik, UKM Sepak bola, UKM Bola Voli, UKM Tenis Meja, UKM Tenis Lapangan, UKM Sepak Takraw, UKM Softball/Baseball, UKM Catur, UKM Bulu Tangkis, UKM Panahan, UKM Hockey, UKM Bola Basket, UKM Dayung, UKM Senam.
  • Bidang Olahraga Bela Diri meliputi UKM Ku Shin Ryu M Karate Do Indonesia (KKI), UKM Judo, UKM Perisai Diri, UKM Pencak Silat Tenaga Dasar (PSTD), UKM Beladiri Tarung Derajat (BOXER), UKM Tae Kwon Do, UKM Gulat, UKM Tinju, UKM Anggar, UKM Thifan Tsufuk.
  • Bidang Seni dan Budaya meliputi UKM Paduan Suara Mahasiswa (PSM), UKM Tari Laras, UKM ASAS, UKM Studio 229, UKM Lakon (Teater), UKM Forum Seni Estetika, Unit Film mahasiswa (UFM), UKM Performa dan Sanggar Budidaya Linguistik (SBL).
  • Bidang Minat Khusus meliputi Pramuka Gudep KB 01005-01006, Koperasi Mahasiswa (KOPMA) Bumi Siliwangi, UKM Radio Suara Kampus (UKM eSKa), Korps Protokoler Bumi Siliwangi, UKM Resimen Mahasiswa Mahawarman (Menwa) Yon XI, Korps Sukarela Palang Merah Indonesia (KSRPMI), UKM SoUM (Society of UPI Magicians).

Selai Unit Kegiatan Mahasiswa di tingkat universitas, ada banyak juga Unit Kegiatan Mahasiswa di tingkat Fakultas, Kampus Daerah serta beberapa unit di tingkat Departemen/Program Studi.

Organisasi

Pembinaan/pengembangan organisasi kemahasiswaan merupakan kegiatan-kegiatan yang berfungsi sebagai wahana kaderisasi dan pengembangan diri mahasiswa.Bentuk kegiatan pengembangan bidang organisasi atau kaderisasi meliputi:

  • Latihan Dasar Kepemimpinan Mahasiswa (LDKM) yang diselenggarakan oleh ormawa tingkat departemen/program studi,
  • Latihan Kepemimpinan Manajemen Mahasiswa (LKMM) yang diselenggarakan oleh ormawa tingkat fakultas (SMF, BEM, DPMF),
  • Latihan kepemimpinan mahasiswa (LKM) diselenggarakan oleh ormawa tingkat universitas (BEM REMA UPI)
  • Musyawarah Mahasiswa (Mumas). Kegiatan musyawarah Mahasiswa (MUMAS) dilakukan oleh semua ormawa dengan sebutan yang berbeda-beda di antaranya Musyawarah Besar (Mubes), Musyawarah Mahasiswa (Mumas), Musyawarah Anggota (Musang), Musyawarah Adat (Mudat), Musyawarah Teater (Muter), Pemilihan Umum Raya (Pemilu Raya).

Kemasyarakatan

Kemasyarakatan atau bakti sosial yaitu kegiatan kemahasiswaan dalam bentuk interaksi langsung dengan masyarakat yang mendukung fungsi-fungsi; peduli umat, pembangunan masyarakat dan peningkatan kesejahteraan masyarakat, yang dilakukan dalam bentuk kegiatan; Pengabdian Pada Masyarakat (PPM), Kemah Kerja Mahasiswa (KKM), Bakti Sosial (Operasi Pasar Murah, Peduli Sembako, Malam Amal dan Sembako dan Pasar Buku Murah).

Alumni

Lembaga Mitra

Malaysia

Referensi

  1. ^ "Salinan arsip". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2015-07-10. Diakses tanggal 2015-07-10. 
  2. ^ Profil Perguruan Tinggi Kementerian Ristekdikti Diarsipkan 2020-09-24 di Wayback Machine., diakses 27 Mei 2018
  3. ^ "Salinan arsip". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2015-07-10. Diakses tanggal 2015-07-10. 
  4. ^ "Universitas Pendidikan Indonesia". MauCariApa.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2020-09-21. Diakses tanggal 2020-04-26. 
  5. ^ "Universitas Pendidikan Indonesia". MauCariApa.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2020-09-21. Diakses tanggal 2020-04-23. 
  6. ^ "Salinan arsip". Tempo.co. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-12-28. Diakses tanggal 2013-07-07. 
  7. ^ "Salinan arsip". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-01-16. Diakses tanggal 2013-01-07. 
  8. ^ a b c d e "Salinan arsip". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-01-15. Diakses tanggal 2013-01-07. 
  9. ^ "Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2012" (PDF). Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 2012-04-21. Diakses tanggal 2012-06-09. 
  10. ^ "Salinan arsip". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-01-15. Diakses tanggal 2013-01-07. 
  11. ^ "UPI Kini Punya Fakultas Pendidikan Seni dan Design". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2014-10-23. Diakses tanggal 2014-10-23. 
  12. ^ "Salinan arsip". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-01-15. Diakses tanggal 2013-01-07. 
  13. ^ "Salinan arsip". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-01-16. Diakses tanggal 2013-01-07. 
  14. ^ "Salinan arsip". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-01-16. Diakses tanggal 2013-01-07. 
  15. ^ "Salinan arsip". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2015-07-12. Diakses tanggal 2015-07-10. 
  16. ^ "Salinan arsip". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2015-07-12. Diakses tanggal 2015-07-10. 
  17. ^ "Salinan arsip". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2015-07-12. Diakses tanggal 2015-07-10. 
  18. ^ "Salinan arsip". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2015-07-12. Diakses tanggal 2015-07-10. 
  19. ^ "Salinan arsip". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2015-07-12. Diakses tanggal 2015-07-10. 
  20. ^ "Salinan arsip". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2015-07-12. Diakses tanggal 2015-07-10. 
  21. ^ "Salinan arsip". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-01-16. Diakses tanggal 2013-01-07. 
  22. ^ "ISOLA RESORT HOTEL". isola-resort.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2018-10-02. Diakses tanggal 2018-10-02. 
  23. ^ "Salinan arsip". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2015-05-04. Diakses tanggal 2015-05-01. 
  24. ^ Universiti Tunku Abdul Rahman (UTAR). "University Partners - Division of Community and International Networking". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2017-12-01. Diakses tanggal 28 January 2019. 

Lihat pula

Pranala luar

Read other articles:

John Nelson CooperBorn(1906-11-01)November 1, 1906Tremont, Pennsylvania, United StatesDiedSeptember 24, 1987(1987-09-24) (aged 80)Lufkin, Texas, United StatesOccupationKnifemaker John Nelson Cooper (1906–1987) was a custom knifemaker who was a founding member of the Knifemakers' Guild. He was a mentor to Jody Samson and made knives for over 60 years.[1] History Cooper began making utility knives and butcher knives in Tremont, Pennsylvania, in 1924 while working as a welder. Ev…

Wielki Wołoszyn Blick vom Gipfel Gęsia Szyja Höhe 2155 m n.p.m. Lage Polen Gebirge Hohe Tatra, Karpaten Koordinaten 49° 13′ 42″ N, 20° 3′ 0″ O49.22833333333320.052155Koordinaten: 49° 13′ 42″ N, 20° 3′ 0″ O Wielki Wołoszyn (Kleinpolen) Der Wielki Wołoszyn ist ein Berg in der polnischen Hohen Tatra mit einer Höhe von 2155 m n.p.m. Inhaltsverzeichnis 1 Lage und Umgebung 2 Etymologie 3 Tourismus…

يو-76 الجنسية  ألمانيا النازية الشركة الصانعة بريمر فولكان[1]  المالك  كريغسمارينه المشغل كريغسمارينه  المشغلون الحاليون وسيط property غير متوفر. المشغلون السابقون وسيط property غير متوفر. التكلفة وسيط property غير متوفر. منظومة التعاريف الاَلية للسفينة وسيط property غير متوف

This article is about the scholar. For the racing driver, see Ollie O'Donovan. The ReverendOliver O'DonovanFRSE FBAO'Donovan giving a talk in 2023BornOliver Michael Timothy O'Donovan (1945-06-28) 28 June 1945 (age 78)London, EnglandSpouse Joan Lockwood O'Donovan ​ ​(m. 1978)​ParentsJoan KnapeFrank O'ConnorEcclesiastical careerReligionChristianity (Anglican)ChurchChurch of EnglandOrdained1972 (deacon)1973 (priest) Academic backgroundAlma materWycliffe H…

City in Indiana, United StatesWarsaw, IndianaCityCity of WarsawDowntown Warsaw in October 2005Nickname(s): Lake City, Orthopedic Capital of the WorldLocation of Warsaw in Kosciusko County, Indiana.Coordinates: 41°14′26″N 85°50′49″W / 41.24056°N 85.84694°W / 41.24056; -85.84694CountryUnited StatesStateIndianaCountyKosciuskoTownshipsPlain and WayneGovernment • MayorJoseph Thallemer (R)Area[1] • Total14.75 sq mi (38.…

Георгій Xгруз. გიორგი X Ескіз із замальовок італійського мандрівника Дона Кристофоро ді Кастеллі [[Файл:|90px|]] Прапор Цар Картлі 1600 — 6 вересня 1606 року Попередник: Симон I Спадкоємець: Луарсаб II   Народження: 1560(1560)Тифліс, Картлійське царство Смерть: 7 вересня 1606(1606-09-0…

Season of television series Legends of TomorrowSeason 2Home media coverStarring Victor Garber Brandon Routh Arthur Darvill Caity Lotz Franz Drameh Matt Letscher Maisie Richardson-Sellers Amy Pemberton Nick Zano Dominic Purcell Country of originUnited StatesNo. of episodes17ReleaseOriginal networkThe CWOriginal releaseOctober 13, 2016 (2016-10-13) –April 4, 2017 (2017-04-04)Season chronology← PreviousSeason 1Next →Season 3List of episodes The second season of the Am…

Хосе Мануель Морено Хосе Мануель Морено Особисті дані Повне ім'я Хосе Мануель Морено Фернандес Народження 3 серпня 1916(1916-08-03)   Буенос-Айрес, Аргентина Смерть 26 серпня 1978(1978-08-26) (62 роки)   Буенос-Айрес, Аргентина Зріст 178 см Вага 72 кг Громадянство  Аргентина Позиція п

Universitas Negeri Moskwa M.V. LomonosovМосковский государственный университет имени М.В. ЛомоносоваMotoSains adalah pembelajaran kebenaran yang jelas dan pencerahan pemikiran.JenisUniversitas negeriDidirikan1755RektorViktor SadovnichiyStaf administrasi15.000Jumlah mahasiswa47.000Sarjana7.000Magister40.000Lokasi Moskwa, RusiaKampusArea perkotaanAfiliasiUNICA IFPUSitus webwww.msu.ru Universitas Negeri Moskwa M.V. Lomonosov (bahasa Rusia: М…

Cincin Saturnus adalah sistem cincin planet yang paling luas dari planet manapun di Tata Surya. Mereka terdiri dari partikel kecil yang tak terhitung jumlahnya, mulai dari ukuran mikrometer ke meter, yang mengorbit Saturnus. Partikel cincin yang hampir seluruhnya terbuat dari es air, dengan komponen jejak material batuan. Masih belum ada konsensus mengenai mekanisme pembentukan mereka; beberapa fitur dari cincin menunjukkan asal yang relatif baru, tetapi model teoretis menunjukkan mereka mungkin…

Shun'ichi TokiShun'ichi Toki tahun 2018Nama asal土岐 隼一Lahir7 Mei 1989 (umur 34)[1]Tokyo, Jepang[1]PekerjaanPengisi suaraTahun aktif2013–sekarangAgenWith LineTinggi172 cm (5 ft 8 in)[1]Situs webtokishunichi.com Shun'ichi Toki (土岐 隼一code: ja is deprecated , Toki Shun'ichi, lahir 7 Mei 1989) adalah seorang pengisi suara Jepang. Ia berafiliasi dengan With Line.[2] Latar belakang Sebelum menjadi pengisi suara, Shun'ichi To…

Lambang Provinsi Kalimantan Utara Peta lokasi Provinsi Kalimantan Utara di Indonesia Peta lokasi Kabupaten dan kota di Kalimantan Utara Artikel utama: Daftar kabupaten di Indonesia menurut waktu pembentukan Berikut adalah artikel mengenai Daftar kabupaten dan/atau kota di Kalimantan Utara berdasarkan waktu pembentukan yang diurutkan berdasarkan abjad. Referensi berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia yang pertama dikeluarkan saat pembentukan kabupaten/kota tersebut meskipun terdapat perunda…

Policy intended to impact the arts, language, heritage, or diversity One example of institutions created by governments as part of a country's cultural policy is the creation and ongoing funding of national galleries and museums. Pictured is an interior display area of the National Gallery of Canada. Cultural policy is the government actions, laws and programs that regulate, protect, encourage and financially (or otherwise) support activities related to the arts and creative sectors, such as pai…

Common name for a moth larva The witchetty grub (also spelled witchety grub or witjuti grub[1]) is a term used in Australia for the large, white, wood-eating larvae of several moths. In particular, it applies to the larvae of the cossid moth Endoxyla leucomochla, which feeds on the roots of the witchetty bush (after which the grubs are named) that is widespread throughout the Northern Territory and also typically found in parts of Western Australia and South Australia,[2] althoug…

British Army general (1852–1925) The Right HonourableThe Earl of YpresPhotograph of John French, 1st Earl of Ypres, Commander-in-ChiefBirth nameJohn Denton Pinkstone FrenchBorn(1852-09-28)28 September 1852Ripple, Kent, EnglandDied22 May 1925(1925-05-22) (aged 72)Deal, Kent, EnglandBuriedRipple, KentAllegianceUnited KingdomService/branch Royal Navy (1866–70) British Army (1870–1921) Years of service1866–1921RankField MarshalUnit 8th King's Royal Irish Hussars 19th Royal Hussars …

Đối với các định nghĩa khác, xem Đồng tiền (định hướng). Hoa đồng tiềnHoa đồng tiềnPhân loại khoa họcGiới (regnum)Plantae(không phân hạng)Angiospermae(không phân hạng)Eudicots(không phân hạng)AsteridsBộ (ordo)AsteralesHọ (familia)AsteraceaePhân họ (subfamilia)MutisioideaeTông (tribus)MutisieaeChi (genus)GerberaL., 1758Các loài Xem văn bản. Đồng tiền hay cúc đồng tiền (danh pháp khoa học: Gerbera L.) là một chi của…

Trujillo Trujillo (Peru) Trujillo Trujillo auf der Karte von Peru Koordinaten 8° 7′ 0″ S, 79° 2′ 0″ W-8.1166666666667-79.03333055555631Koordinaten: 8° 7′ 0″ S, 79° 2′ 0″ W Basisdaten Staat Peru Region La Libertad Provinz Trujillo Stadtgründung 6. Dezember 1534 Einwohner 314.808 (2017) – im Ballungsraum 919.899 Stadtinsignien Detaildaten Fläche 1769 km2 Bevölkerungsdichte 434 Ew./km2 Höhe 31&…

Village in West Pomeranian Voivodeship, PolandŻeleźnoVillageŻeleźnoCoordinates: 54°3′8″N 16°3′41″E / 54.05222°N 16.06139°E / 54.05222; 16.06139Country PolandVoivodeshipWest PomeranianCountyBiałogardGminaGmina BiałogardPopulation220 Żeleźno [ʐɛˈlɛʑnɔ] (German Silesen)[1] is a village in the administrative district of Gmina Białogard, within Białogard County, West Pomeranian Voivodeship, in north-western Poland.[2] It lies approxi…

American abstract artist, poet and philosopher (1902–1971) I. Rice PereiraPereira, 1938BornIrene Rice(1902-08-05)August 5, 1902Chelsea, Massachusetts, USDiedJanuary 11, 1971(1971-01-11) (aged 68)Marbella, SpainEducationArt Students League of New York, Traphagen School of FashionKnown forPainting, writing, poetry, philosophyMovementBauhausSpouse(s)Humberto Pereira (m. 1929–1938; divorced), George Wellington Brown (m. 1941–?; divorced), George Reavey (m. 1950–1959; divorce)Relati…

2002 studio album by Thunderbirds Are Now!Doctor, Lawyer, Indian ChiefStudio album by Thunderbirds Are Now!ReleasedNovember 26, 2002GenreNoise rockPost-punk revivalLength23:21LabelAction DriverThunderbirds Are Now! chronology Another One Hypnotized By...(2003) Doctor, Lawyer, Indian Chief(2002) Justamustache(2005) Professional ratingsReview scoresSourceRatingAllMusic[1]Pitchfork Media(5.9/10)[2] Doctor, Lawyer, Indian Chief is an album by Thunderbirds Are Now! The album w…

Kembali kehalaman sebelumnya

Lokasi Pengunjung: 44.192.94.177