Share to: share facebook share twitter share wa share telegram print page

Universitas Terbuka

Universitas Terbuka
MotoMembuka Akses Pendidikan Tinggi untuk Semua
JenisPerguruan Tinggi Negeri Badan Hukum
Didirikan4 September 1984
Lembaga induk
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia
RektorProf. Drs. Ojat Darojat, M.Bus., Ph.D.
Jumlah mahasiswa535.360 mahasiswa aktif per 23 Oktober 2023.[1]
Lokasi
Jalan Cabe Raya, Pondok Cabe, Pamulang, Tangerang Selatan 15418, Banten, Indonesia
Situs webwww.ut.ac.id

Universitas Terbuka (UT) adalah Perguruan Tinggi Negeri (PTN) ke-45 di Indonesia yang menerapkan sistem belajar terbuka dan jarak jauh. Sistem belajar ini terbukti efektif untuk meningkatkan daya jangkau dan pemerataan kesempatan pendidikan tinggi yang berkualitas bagi semua warga negara Indonesia, termasuk mereka yang tinggal di daerah-daerah terpencil, baik di seluruh nusantara maupun di berbagai belahan dunia. Berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 41 Tahun 1984, UT diresmikan pada September 1984.[2] Pembukaan UT disebabkan oleh dua permasalahan utama dalam dunia pendidikan di Indonesia, yakni rendahnya mutu atau kualitas guru dan keterbatasan kapasitas perguruan tinggi. Pada akhir dekade 1970-an, sejumlah guru Sekolah Menengah Pertama (SLTP) dan Sekolah Menengah Atas (SLTA) mendapat pendidikan darurat melalui program singkat, namun belum memenuhi standar kemampuan yang diperlukan untuk mengajar di tingkat pendidikan tersebut. Upaya untuk meningkatkan kualifikasi guru (Diploma III untuk SLTP dan Sarjana Pendidikan untuk SLTA) setelah mereka bekerja ternyata menghadapi kendala biaya dan waktu, yang menyebabkan mereka harus meninggalkan tugas mengajar mereka.[3]

Sejarah

Tujuan pemerintah mendirikan UT sebagaimana dirumuskan Tim Perintis Pendirian UT adalah memberikan kesempatan kepada para lulusan SLT A yang belum atau yang sudah bekerja, untuk mengikuti pelajaran pada tingkat pendidikan tinggi dalam rangka peningkatan pengetahuan dan keterampilan sesuai dengan bakat dan minat masing-masing. Tujuan ini sesuai dengan asas belajar sepanjang hayat. Selain itu, UT juga diharapkan dapat menjadi wahana untuk mempertinggi mutu proses belajar-mengajar pada perguruan tinggi dengan jalan menggunakan bahan instruksional yang dikembangkan oleh UT dengan memanfaatkan dosen-dosen terbaik dari seluruh perguruan tinggi negeri di Indonesia. Dengan demikian, UT dapat dijadikan forum komunikasi dan pengembangan bahan instruksional yang baik, yang dapat dipergunakan oleh perguruan tinggi

Penjaminan Kualitas

UT telah mendapatkan akreditasi, baik akreditasi nasional maupun internasional. Secara internasional, UT telah memperoleh Akreditasi Internasional dan Sertifikasi Kualitas dari the International Council for Open and Distance Education (ICDE) Standard Agency (ISA), dan UT telah mendapatkan sertifikasi ISO 9001:2000 dari Badan Sertifikasi SAI Global dan SGS. Di samping itu, sebagian besar program studi di UT telah mendapatkan akreditasi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan TInggi (BAN-PT).

Program-program Akademik

UT memiliki empat fakultas dan satu Program Pascasarjana yang menawarkan lebih dari 30 program studi meliputi Program Magister (S2), Program Sarjana (S1), Program Diploma (D1, D2, D3, dan D4), dan Program Sertifikat. Empat fakultas tersebut adalah:

  • Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
  • Fakultas Hukum, Ilmu Sosial, dan Ilmu Politik
  • Fakultas Ekonomi
  • Fakultas Sains dan Teknologi

Sistem Registrasi Fleksibel

Sistem registrasi UT sangat sederhana. Untuk menjadi mahasiswa UT, calon mahasiswa cukup mengikuti langkah berikut (Metode lama):

  • membeli berkas registrasi pertama pada kantor Unit Program Belajar Jarak Jauh Universitas Terbuka (UPBJJ-UT) terdekat;
  • mengisi formulir registrasi;
  • membayar SPP pada Bank yang ditunjuk dengan menggunakan Tanda Bukti Setor UT (TBS-UT);
  • mengembalikan formulir registrasi beserta berkas persyaratan (termasuk TBS-UT) ke UPBJJ-UT terdekat dengan diserahkan sendiri atau dikirim melalui pos.[4] Untuk kemudahan mahasiswa, UT sedang memfinalkan aplikasi registrasi secara online melalui www.ut.ac.id.

Saat ini pendaftaran/sistem registrasi calon mahasiswa baru dapat dilakukan secara daring.

Bahan Ajar

Dalam era globalisasi, sistem belajar terbuka dan jarak jauh merupakan sistem belajar yang efektif, fleksibel, dan menguntungkan. Belajar dapat dilakukan di mana dan kapan saja.

Bahan ajar cetak (modul) merupakan bahan ajar utama yang didesain untuk dapat digunakan secara mandiri tanpa bantuan tutor. Modul-modul yang ada juga telah dilengkapi dengan bahan ajar non-cetak seperti kaset audio video, CD, siaran radio dan televisi, serta bahan ajar berbasis komputer dan internet (CAI dan Web-Supplement). UT menjamin bahan ajar dan bahan ujian yang berkualitas. Bahan ajar dan bahan ujian UT dikembangkan oleh para penulis yang ahli dalam bidangnya yang merupakan dosen-dosen dari perguruan tinggi terkemuka di Indonesia. Kualitas bahan ajar UT telah dikenal oleh masyarakat luas dan terbukti banyak digunakan oleh perguruan tinggi lain di Indonesia.

Bahan ajar UT dapat dibeli oleh mahasiswa UT sendiri maupun masyarakat umum melalui koperasi Karunika UT Pusat di Jakarta.

Layanan Bantuan Belajar

Layanan bantuan belajar terdiri atas layanan akademik dan administrasi.

Layanan Akademik

Layanan akademik dilakukan melalui kegiatan tutorial. Ada dua jenis layanan tutorial yaitu: tutorial tatap muka dan tutorial jarak jauh melalui radio, televisi, dan internet. Di samping itu, bimbingan praktik juga disediakan untuk mata kuliah yang memerlukan praktik. Kegiatan tutorial dan bimbingan praktik dilakukan oleh para tutor yang berkualitas, baik berasal dari perguruan tinggi negeri maupun swasta dan dari UT sendiri. Untuk mata kuliah tertentu, adakalanya mendatangkan narasumber yang diundang dari para pelaku bisnis, industri dan sektor lain yang relevan.

Layanan Administrasi

Pelayanan administrasi difokuskan pada pemberian bantuan kepada mahasiswa dalam registrasi, mendapatkan bahan ajar, alih kredit, dan hal-hal lain yang dapat memengaruhi proses belajar mahasiswa.

Evaluasi Hasil Belajar

Evaluasi hasil belajar mahasiswa didasarkan pada Tugas dan Partisipasi Tutorial, Praktik/Praktikum, dan Ujian Akhir Semester (UAS). Komponen-komponen tersebut dapat mencerminkan pencapaian prestasi belajar dan berkontribusi dalam nilai akhir semester mahasiswa.

UT menyelenggarakan ujian akhir pada setiap akhir semester atau dua kali setahun. Ujian akhir dilakukan secara tertulis serentak di seluruh nusantara. Mahasiswa yang mengambil program sarjana (S1) diwajibkan menempuh Tugas Akhir Program (TAP) setelah memenuhi persyaratan tertentu. Mahasiswa yang mengambil program Pascasarjana (S2) diwajibkan menyusun tugas akhir program magister (tesis) dan ujian lisan.

Nilai hasil ujian diumumkan melalui website UT, dan melalui UPBJJ-UT (Daftar Nilai Ujian/DNU).

Alih Kredit

Mahasiswa UT dapat mengajukan alih kredit untuk mata kuliah yang pernah diambil dari perguruan tinggi lain yang terakreditasi. Informasi tentang prosedur dan formulir permohonan alih kredit dapat diperoleh di UPBJJ-UT atau website UT.

Jaringan Kerja

UT memiliki kantor Regional sebanyak 40 UPBJJ-UT yang tersebar di 34 provinsi seluruh Indonesia.[4] Untuk mendukung kegiatan operasional, setiap UPBJJ-UT menjalin kerjasama dengan berbagai institusi, terutama dengan:

  • PTN/PTS setempat, terutama dalam penyediaan tutor, pembimbing praktik/ praktikum, dan pengawas ujian;
  • Pemerintah daerah setempat, baik dalam penyelenggaraan tutorial dan ujian maupun dalam mendapatkan beasiswa bagi mahasiswa UT; dan
  • Stasiun radio dan TV setempat untuk menyiarkan tutorial atau informasi kegiatan akademik. Tutorial yang disiarkan secara rutin melalui stasiun RRI.

Pada tingkat pusat, UT juga telah lama bekerjasama dengan:

  • RRI untuk melaksanakan tutorial melalui radio;
  • BRI, BTN dan Bank Mandiri untuk menerima setoran uang kuliah dan uang pembelian bahan ajar;
  • PT Pos Indonesia untuk mendistribusikan bahan ajar, dokumen ujian dan bahan pendukung lainya.

Jaringan Kerjasama

Selain itu, sejumlah institusi telah menjalin kerjasama dengan UT untuk meningkatkan kualitas SDM. Beberapa institusi tersebut antara lain: Departemen Pendidikan Nasional, Departemen Dalam Negeri, TNI Angkatan Laut, Departemen Pertahanan dan Keamanan, Departemen Pertanian, Bank Negara Indonesia (BNI), Bank Rakyat Indonesia (BRI), Garuda Indonesia, Merpati Nusantara, PT Pos Indonesia, Badan Pusat Statistik, PT Indosat, PT Tugu Pratama, Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), Pusat pendidikan Ma'had Al-Zaytun, Bank Tabungan Negara (BTN), ANRI, BKN, STEKPI, dan PT Jakarta Software Komunikasi serta seluruh Dinas Pendidikan Provinsi, Kabupaten dan Kota se-Indonesia.

UT juga menjalin kerjasama dengan berbagai organisasi internasional seperti: SEAMEO (South-East Asian Ministers of Education Organization), UNESCO (United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization), dan SEAMOLEC (SEAMEO Regional Open Learning Center) dalam upaya untuk mengembangkan pendidikan jarak jauh, World Bank dalam I’M HERE Project, DBE-USAID, dan OSAKA GAS Foundation.

UT adalah salah satu anggota pendiri beberapa organisasi internasional bidang pendidikan terbuka dan jarak jauh seperti Asian Association of Open University (AAOU), the Southeast Asian Ministers of Education Organization Regional Open Learning Centre (SEAMEO-SEAMOLEC), dan Global Mega-University Network (GMUNET). UT juga anggota aktif dari International Council for Open and Distance Education (ICDE).

Fakultas dan Program Studi di Universitas Terbuka

UT memiliki empat fakultas dan satu program pascasarjana yang menawarkan per tahun 2022, 43 program studi, yang terdiri dari 1 program D3, 1 Program D4, 32 program S1, 7 program S2, dan 2 Program S3. Selain dari program formal, UT juga memiliki program sertifikat.

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Program Sarjana Strata 1 (S1)

  • Pendidikan Agama Islam
  • Pendidikan Bahasa Indonesia
  • Pendidikan Bahasa Inggris
  • Pendidikan Biologi
  • Pendidikan Fisika
  • Pendidikan Kimia
  • Pendidikan Matematika
  • Pendidikan Ekonomi
  • Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
  • Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
  • Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PGPAUD)
  • Teknologi Pendidikan

Program Profesi

  • Pendidikan Profesi Advokat
  • Pendidikan Profesi Guru

Program Sertifikat

  • Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA)[5]
  • Administrasi Pemerintahan Daerah[6]

Fakultas Hukum Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Program Sarjana Strata 1 (S1)

  • Administrasi Publik (dahulu bernama Ilmu Administrasi Negara)
  • Administrasi Bisnis (dahulu bernama Ilmu Administrasi Bisnis)
  • Ilmu Pemerintahan
  • Ilmu Komunikasi
  • Ilmu Perpustakaan
  • Sosiologi
  • Perpajakan
  • Ilmu Hukum
  • Sastra Inggris Bidang Minat Penerjemahan

Program Diploma 4 (D4)

  • Kearsipan

Program Diploma 3 (D3)

  • Perpajakan

Fakultas Ekonomi

Program Sarjana Strata 1 (S1) Jurusan Ekonomi

  • Ekonomi Pembangunan
  • Ekonomi Syariah (sebelumnya bernama Ekonomi Pembangunan Bidang Minat Ekonomi Perbankan Syariah dan Manajemen Bidang Minat Manajemen Keuangan dan Perbankan Syariah)

Jurusan Manajemen

  • Manajemen
  • Pariwisata

Jurusan Akuntansi

  • Akuntansi
  • Akuntansi Keuangan Publik

Fakultas Sains Dan Teknologi

Program Sarjana Strata 1 (S1) Jurusan MIPA

  • Matematika
  • Statistika
  • Biologi
  • Sains Data

Jurusan Pertanian

  • Agribisnis Bidang Minat Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian/Peternakan/Perikanan
  • Ilmu dan Teknologi Pangan

Jurusan Teknik

  • Perencanaan Wilayah dan Kota
  • Sistem Informasi

Program Pascasarjana

Program Magister (S2)

  • Ilmu Administrasi Bidang Minat Administrasi Publik
  • Lingkungan
  • Manajemen
  • Manajemen Bidang Minat Pendidikan
  • Manajemen Bidang Minat Pemasaran
  • Manajemen Bidang Minat Sumber Daya Manusia
  • Manajemen Bidang Minat Keuangan
  • Ilmu Kelautan Bidang Minat Manajemen Perikanan
  • Pendidikan Matematika
  • Pendidikan Dasar
  • Pendidikan Anak Usia Dini
  • Pendidikan Bahasa Inggris

Program Doktor (S3)

  • Administrasi Publik
  • Ilmu Manajemen

Jasa Pemanfaatan Fasilitas

Fasilitas Pengolahan Data

Sejak berdiri tahun 1984, Pusat Komputer (Puskom) UT telah melaksanakan pengolahan data secara terkomputerisasi. UT memiliki fasilitas perangkat keras dan perangkat lunak berupa aplikasi program komputer yang dikembangkan sesuai dengan kebutuhan yang spesifik.

Fasilitas Penyiapan, Pergudangan, dan Pendistribusian Bahan Cetak

UT memiliki tenaga terampil dan peralatan mutakhir dalam desktop publishing yang dapat memberikan layanan dalam penyiapan bahan cetak. Selain menyiapkan bahan cetak, UT juga telah berpengalaman dalam melakukan pendistribusian bahan cetak ke seluruh kabupaten/kota di Provinsi Sumatra, Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara Barat.

Fasilitas Produksi Multi Media

UT memiliki fasilitas dan sumber daya yang andal. Para personelnya telah mengikuti pendidikan dan pelatihan dalam bidang pengembangan dan produksi program audiovisual, baik di dalam maupun luar negeri. Selain itu, lembaga ini didukung oleh pakar dari berbagai disiplin ilmu. Sejumlah institusi pemerintah dan swasta telah memanfaatkan PPBANC untuk berbagai kebutuhan seperti memlroduksi materi pelatihan, profil perusahaan, promosi, dan bahan pembelajaran baik dalam bentuk audio maupun video.

Fasilitas Penunjang

UT menyediakan fasilitas ruang pertemuan, seminar, workshop, dan Balai Sidang UT serta penginapan yang dapat menampung sebanyak 3.000 orang. Fasilitas-fasilitas tersebut antara lain

  • Wisma I, II, dan III dengan 106 kamar.
  • Sarana olahraga: Jogging Track, Tenis, Futsal, Basket dan Fitness center.
  • Balai Sidang UT.

Jasa Pengembangan Sumber Daya Manusia

Kebutuhan Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) tumbuh seiring dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi. Pendidikan merupakan wahana terpenting dalam pengembangan SDM. Selama ini fasilitas pendidikan lebih terkonsentrasi untuk memenuhi kebutuhan pembangunan di kota-kota besar. UT adalah satu-satunya perguruan tinggi yang dapat menjangkau masyarakat secara luas–tidak hanya di kota besar, tetapi juga di kota-kota kecil–hingga daerah terpencil.

Dengan jangkauan yang luas, UT dapat melayani kebutuhan masyarakat secara lebih luas melalui program-program berikut:

Peningkatan Kualitas

  • Administrasi Negara
  • Administrasi Niaga
  • Ilmu Pemerintahan
  • Ilmu Komunikasi
  • Perpajakan
  • Pelayanan Bahasa
  • Manajemen, Akuntansi
  • Ekonomi dan Studi Pembangunan
  • Statistika, Matematika, IPA
  • Teknologi Pangan
  • Penyuluhan Pertanian

Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) bagi Pengelola dan Instruktur Diklat, meliputi:

  • Pelatihan Analisis Kebutuhan
  • Penyusunan Perencanaan Diklat
  • Pengembangan Bahan Diklat, baik dalam media cetak maupun elektronik (kaset audio, video, salindra [slide], CD-ROM, dll.)
  • Penyelenggaraan Diklat, baik secara tatap muka maupun jarak jauh
  • Evaluasi Program Diklat Penyuluhan kepada Masyarakat, meliputi:
  • Analisis kebutuhan jenis penyuluhan
  • Pengembangan dan produksi media penyuluhan dalam media cetak maupun elektronik (kaset audio, video, salindra, CDROM, dll.)
  • Pelatihan tenaga penyuluh

Strategi Komunikasi, meliputi:

  • Teknik Berbicara di Depan Umum
  • Jasa Kehumasan
  • Komunikasi Organisasi Pelatihan Operator dan Pemrogram

Komputer, meliputi:

  • Word Processing'"
  • Database
  • Desain Situs Web
  • Publishing
  • Komputerisasi Data Perpustakaan

Pengembangan Kewirausahaan, meliputi:

  • Manajemen
  • Supervisi Jasa
  • Potensi Ekonomi Daerah

Jasa Penelitian & Pengembangan

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat UT (LPPM-UT) membawahi tiga pusat, yaitu Pusat Penelitian, Pusat Pengabdian kepada Masyarakat (PPM), dan Pusat Antar Universitas Peningkatan dan Pengembangan Instruksional (PAU-PPI).

Penelitian

LPPM-UT memiliki pengalaman dalam melakukan penelitian murni, penelitian terapan, dan pengembangan organisasi. Penelitian dan pengembangan yang menjadi bidang garapan LPPM- UT adalah:

  • Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh
  • Evaluasi Program Pendidikan
  • Manajemen Pendidikan
  • Kebijakan dan Kelembagaan
  • Sosial Kemasyarakatan
  • Potensi Ekonomi Daerah
  • Analisis Dampak Lingkungan
  • Pengembangan Wilayah
  • Pertanian, Perikanan, dan Peternakan Keilmuan
  • Media Pembelajaran
  • Konsultasi dan Pelatihan Penelitian
  • Pelaksanaan Monitoring dan Evaluasi

Pengembangan Sistem Informasi Manajemen

Pengembangan sistem informasi yang terkomputerisasi yang dikembangkan secara terpadu dan komprehensif merupakan langkah awal untuk mencapai keunggulan. Sistem informasi terpadu merupakan sarana manajemen untuk mencapai tujuan secara efektif dan efisien. Jasa layanan yang dapat dilaksanakan oleh LPPM-UT adalah:

  • Desain Sistem Informasi Manajemen (SIM) yang sesuai dengan kebutuhan
  • Aplikasi SIM terkomputerisasi
  • Homepage untuk diseminasi informasi melalui internet untuk kepentingan promosi
  • Pengembangan sistem informasi
  • Evaluasi Sistem Informasi
  • Pengembangan Prototipe Media

Pengabdian kepada Masyarakat

Pengabdian kepada masyarakat meliputi:

  • Program-program pendidikan dan pelatihan berkelanjutan, termasuk sumber daya manusia yang dibutuhkan masyarakat.
  • Pengembangan program pemberdayaan masyarakat dalam upaya peningkatan kualitas hidup.
  • Pengembangan jaringan kerjasama dan kemitraan untuk mendukung programprogram pendidikan berkelanjutan dan pengabdian kepada masyarakat.
  • Pelayanan jasa konsultasi profesional dalam pemberdayaan masyarakat, sumber daya manusia, pendidikan, pengembangan organisasi dan pengembangan masyarakat.

Pengembangan dan Peningkatan Instruksional

Pusat Antar Universitas untuk Pengembangan dan Peningkatan Instruksional (PAU-PPI) UT mempunyai misi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran pada jenjang pendidikan tinggi, baik yang menggunakan Sistem Pendidikan Jarak Jauh (SPJJ) maupun pada perguruan tinggi yang menggunakan sistem tatap muka.

Dalam menjalankan programnya, PAU-PPIUT didukung oleh staf yang berpengalaman dalam bidang analisis kebutuhan, pengembangan program, pengembangan kurikulum, evaluasi hasil, evaluasi program, pengembangan prototipe bahan ajar (cetak dan non- cetak), pengembangan program tutorial berbantuan komputer, dan pelatihan peningkatan kualitas pembelajaran bagi tenaga instruktur dan widyaiswara.

Layanan PAU-PPI-UT meliputi program:

  • Pengembangan Keterampilan Dasar Teknik Instruksional (PEKERTI)
  • Applied Approach (AA)
  • Pengembangan Sistem Belajar Jarak Jauh
  • Pengembangan Kurikulum
  • Pengembangan Bahan Ajar
  • Pelatihan Tutor
  • Pengembangan Media Instruksional
  • Pengembangan Program Tutorial Berbantuan Komputer
  • Evaluasi Hasil Belajar
  • Penelitian Tindakan Kelas

Di samping itu, PAU-PPI-UT juga memberikan layanan jasa konsultasi dalam hal pengembangan kapasitas institusi pendidikan dan pelatihan, terutama dalam bidang aktivitas instruksional dan program akademik bagi staf pengajar PTN dan PTS di seluruh Indonesia.

Aliansi strategis antara PAU-PPI-UT dengan unit-unit lain di UT, dan lebih dari 51 PTN, pusat pendidikan dan pelatihan di 25 departemen, perguruan tinggi kedinasan, serta pusat-pusat pendidikan dan pelatihan bidang khusus (perbankan, department store, supermarket, dll.) memberikan keleluasaan bagi PAU-PPI-UT untuk selalu memberikan layanan yang berkualitas berdasarkan kebutuhan pengguna.

Rektor

Daftar rektor yang terdapat dalam universitas ini:

No Nama Masa Jabatan
1 Prof. Dr. Setijadi, MA. 1984-1992
2 Prof. Dr. Benediktus Suprapto Brotosiswojo 1992–1996
3 Prof. Dr. Ir. Bambang Sutjiatmo, Dipl.-Ing. 1996–2001
4 Prof. Dr. Atwi Suparman, M.Sc. 2001-2009
5 Prof. Ir. Tian Belawati, M.Ed, Ph.D. 2009-2017
6 Prof. Drs. Ojat Darojat, Dip.Mgt, M.Bus, Ph.D. 2017-2025

Alumni

Referensi

  1. ^ Terbuka, Universitas. "Miliki Setengah Juta Mahasiswa, Universitas Terbuka akan Terapkan AI dalam Pembelajaran Jarak Jauh". Universitas Terbuka. tvOne News. Diakses tanggal 23 Oktober 2023. 
  2. ^ Aditya, Rifan (2022-08-24). "Profil Universitas Terbuka: Daftar Jurusan, Akreditasi hingga Biaya Kuliah". Suara.com. Diakses tanggal 2022-09-01. 
  3. ^ Wahyono, Effendi; Setijadi (2004). 20 Tahun Universitas Terbuka: Dulu, Kini, dan Esok (PDF). Tangerang Selatan: Universitas Terbuka. ISBN 978-979-689-690-5. 
  4. ^ a b "Unit Program Belajar Jarak Jauh - Universitas Terbuka". www.ut.ac.id. 
  5. ^ Terbuka untuk non-WNI
  6. ^ Terbuka untuk UPBJJ-UT tertentu, Hubungi FKIP-UT untuk keterangan lebih lanjut. Katalog UT.

Pranala luar

Baca informasi lainnya:

Mycetozoa Aethalium jamur lendir (Fuligo septica) Klasifikasi ilmiah Domain: Eukaryota (tanpa takson): Unikonta Kerajaan: Amoebozoa Subfilum: Conosa Infrafilum: Mycetozoade Bary, 1873 Kelas dan ordo Protostelia Protosteliida Myxogastria Liceida Echinosteliida Trichiida Stemonitida Physarida Dictyostelia Dictyosteliida Sinonim Eumycetozoa Zopf, 1884, emend. Olive, 1975 Myxomycota sensu Whittaker, 1969[1] Mycetozoa adalah pengelompokan jamur lendir.[2] Klasifikasi Mycetozoa dapat d…

2020年夏季帕拉林匹克運動會游泳比赛自由泳50公尺男子女子100公尺男子女子200公尺男子女子400公尺男子女子仰泳50公尺男子女子100公尺男子女子蛙泳50公尺男子女子100公尺男子女子蝶泳50公尺男子女子100公尺男子女子混合泳150公尺男子女子200公尺男子女子接力自由式混合泳查论编 女子100公尺仰式為2020年夏季帕拉林匹克運動會游泳比賽中的一個單項,於2021年8月25日至9月3日在東京…

Varumärke använt i annonser från 1880- och 1890-talet. Klara tekniska fabrik, även Klara stearinljusfabrik, var en svensk stearinljusfabrik i Stockholm. Fabriken grundades 1843 av Lars Montén (1785–1872) och John Johansson (1817–1859) som landets andra stearinljusfabrik.[1]Den var då belägen i Klara församling inne i Stockholm. Efter Johanssons död blev Montén ensam ägare. Inför byggandet av Stockholms centralstation på 1860-talet flyttades verksamheten till Alvik i Bromma socke…

عبد المجيد بن سعود بن عبد العزيز آل سعود معلومات شخصية الميلاد 1948الرياض، المملكة العربية السعودية الوفاة 30 ديسمبر 1991 (43 سنة)جدة،  السعودية مكان الدفن مقبرة العدل مواطنة السعودية  الأب سعود بن عبد العزيز آل سعود عائلة آل سعود  الحياة العملية المدرسة الأم جامعة كامبريد…

City in Wisconsin, United StatesWest AllisCityLocation of West Allis in Milwaukee County, Wisconsin.West AllisLocation in the United StatesCoordinates: 43°0′29″N 88°1′6″W / 43.00806°N 88.01833°W / 43.00806; -88.01833Country United StatesStateWisconsinCountyMilwaukeeGovernment • TypeMayor-Council • MayorDan DevineArea[1] • Total11.40 sq mi (29.54 km2) • Land11.38 sq mi (29.48&…

Carte des pays selon leur PIB (nominal) par habitant en 2023[1]. >$60,000 $50,000 - $60,000 $40,000 - $50,000 $30,000 - $40,000 $20,000 - $30,000 $10,000 - $20,000 $5,000 - $10,000 $2,500 - $5,000 $1,000 - $2,500 $500 - $1,000 <$500 Pas de donnée Cette liste est celle des pays du monde classés selon la valeur de leur produit intérieur brut (PIB) annuel, en valeur nominale, par tête. Ces valeurs ne prennent pas en compte les différences de coût de vie entre les pays. Ces différences …

присілок Гомонтово Гомонтово Країна  Росія Суб'єкт Російської Федерації Ленінградська область Муніципальний район Волосовський район Поселення Бегуницьке сільське поселення Код ЗКАТУ: 41206000006 Код ЗКТМО: 41606404116 Основні дані Населення ▲ 79 Поштовий індекс 188423 Телефонний…

As referências deste artigo necessitam de formatação. Por favor, utilize fontes apropriadas contendo título, autor e data para que o verbete permaneça verificável. (Julho de 2022) Esta página cita fontes, mas que não cobrem todo o conteúdo. Ajude a inserir referências. Conteúdo não verificável pode ser removido.—Encontre fontes: ABW  • CAPES  • Google (N • L • A) (Julho de 2022) Taça Estado do Amazonas 1º Turno do Cam…

АтаунAtaun ГербМуніципалітетКраїна  ІспаніяАвтономна спільнота Країна БасківПровінція ГіпускоаКоординати 43°00′00″ пн. ш. 2°10′01″ зх. д. / 43.0° пн. ш. 2.167° зх. д. / 43.0; -2.167Координати: 43°00′00″ пн. ш. 2°10′01″ зх. д. / 43.0° пн. ш…

American business executive For other uses, see Mark Fields. Mark FieldsMark Fields, 2014BornJanuary 24, 1961 (1961-01-24) (age 62)New York City, New York, U.S.CitizenshipUnited StatesEducationParamus High School (1979)Rutgers University (B.A.)Harvard University (M.B.A.)TitleFormer President and CEO of Ford Motor Company Hertz interim CEOTerm2014–2017PredecessorAlan MulallySuccessorJim Hackett Mark Fields (born January 24, 1961[1]) is an American businessman and former chief …

Cúp FA Thái LanMùa giải hiện tại: 2023–24 Thai FA CupThành lập1980Quốc gia Thái LanSố đội97Đội vô địch hiện tạiBuriram United (2022–23)Vô địch nhiều nhấtBuriram United (6 lần)Đối tác truyền hìnhTrue VisionsTrang webhttp://www.fat.or.th/web/FACup.php Cúp FA Thái Lan hay còn gọi Thai FA Cup (tiếng Thái: ไทยเอฟเอคัพ), tên chính thức đầy đủ sẽ là Cúp Hiệp hội bóng đá Thái Lan là gi…

1962 song by Gerry Goffin and Carole King The Locomotion redirects here. For other uses, see Locomotion. The Loco-MotionA-side of U.S. vinyl releaseSingle by Little Evafrom the album Llllloco-Motion B-sideHe Is the BoyReleasedJune 1962Recorded1961GenrePop, rhythm and bluesLength2:27LabelDimension 1000Songwriter(s)Gerry Goffin, Carole KingProducer(s)Gerry GoffinLittle Eva singles chronology The Loco-Motion (1962) Keep Your Hands Off My Baby (1962) Audio videoThe Loco-Motion on YouTube The Loco-Mo…

Venezuelan left communist organisation founded in 1964 Internationalism InternacionalismoFounded1964IdeologyLeft communismPolitical positionFar-LeftPolitics of VenezuelaPolitical partiesElections Part of a series onLeft communism Concepts Abstentionism Anti-Stalinism Class consciousness Class struggle Communism Mass strike Organic centralism Proletarian internationalism Workers' council World revolution Movements Bordigism Chinese Communist Left Communization Council communism De Leonism Lu…

Spanish Dominican missionary For other people with the same name, see Louis Bertrand (disambiguation). SaintLouis BertrandO.P.Spanish Baroque Oil painting of Louis Bertrand by or after Francisco de ZurbaránApostle of South America, priest, missionary, confessorBorn1 January 1526Valencia, SpainDied9 October 1581(1581-10-09) (aged 55)Valencia, SpainVenerated inRoman Catholic ChurchBeatified19 July 1608, Saint Peter's Basilica, Papal States by Pope Paul VCanonized12 April 1671, Saint Pet…

Protected prairie in Roger Mills County, Oklahoma and Hemphill County, Texas Black Kettle National GrasslandA homestead structure in Black Kettle National GrasslandLocation of the Black Kettle National GrasslandShow map of OklahomaBlack Kettle National Grassland (Texas)Show map of TexasBlack Kettle National Grassland (the United States)Show map of the United StatesLocationRoger Mills County, Oklahoma and Hemphill County, Texas, United StatesNearest cityCheyenne, OKCoordinates35°37′00″N…

Konvensi Hukum Laut   menyetujui   menandatangani, tetapi belum menyetujui Prangko peringatan 50 tahun Deklarasi Djuanda Prangko peringatan 50 tahun Deklarasi Djuanda Prangko peringatan 50 tahun Deklarasi Djuanda Deklarasi Djuanda yang dicetuskan pada tanggal 13 Desember 1957 oleh Perdana Menteri Indonesia pada saat itu, Djuanda Kartawidjaja, adalah deklarasi yang menyatakan kepada dunia bahwa laut Indonesia adalah termasuk laut sekitar, di antara dan di dalam kepulauan Indon…

У Вікіпедії є статті про інші значення цього терміна: Пхьонан. Південна провінція Пхьонан Адм. центр Пхйонсон Найбільше місто Пхйонсон Країна КНДР Регіон регіон Кваннам Межує з: сусідні адмінодиниці Пхеньян ? Населення  - повне 4 051 696 осіб (2008) Площа  - повна 12,…

Grand Mountet Hut and Ober Gabelhorn View from the area The Grand Mountet Hut (2,886 m) (French: Cabane du Grand Mountet) is a mountain hut located in the Pennine Alps near Zinal in the canton of Valais in Switzerland. It is used at a start point for the ascents of Besso, Zinalrothorn, Ober Gabelhorn, Trifthorn, Mont Durand, Pointe de Zinal, Grand Cornier and Dent Blanche. The hut was originally built in 1887, but it has been modified and rebuilt a number of times, the latest modification being …

Departemen untuk Keluar dari Uni EropaDepartment for Exiting the European UnionInformasi departemenDibentuk14 Juli 2016Dibubarkan31 Januari 2020Lembaga penggantiKantor Kabinet; Kantor Luar Negeri, Persemakmuran, dan PembangunanWilayah hukumBritania RayaKantor pusat9 Downing Street, London, Inggris[1]MenteriStephen Barclay, Menteri untuk Keluar dari Uni Eropa (Terakhir)Departemen eksekutifClare Moriarty, Sekretaris TetapSitus webOfficial website Departemen untuk Keluar dari Uni Eropa ((ba…

Taman Budaya Sumatera Barat Informasi Berdiri1 April 1978 PengelolaPemerintah Provinsi Sumatera Barat Fasilitas AlamatJl. Diponegoro nomor 31, Kota Padang, Sumatera Barat Telpon(0751) 22752 E-mail Website Taman Budaya Sumatera Barat merupakan sebuah bangunan yang menjadi pusat kesenian khususnya di Kota Padang.[1] Taman budaya yang berada di pusat Kota,di Jalan Diponegoro nomor 31, Kota Padang, Sumatera Barat.[2] Sebelah barat berbatasan dengan Jalan Samudera di pinggir Pantai Pa…

Kembali kehalaman sebelumnya

Lokasi Pengunjung: 3.235.20.185