Share to: share facebook share twitter share wa share telegram print page

Bahasa pemrograman

Bahasa pemrograman atau bahasa penataolahan (bahasa Inggris: programming language) adalah sistem notasi untuk menulis program komputer. Sebagian besar bahasa pemrograman adalah bahasa formal berdasarkan teks, tetapi mungkin juga berupa grafis.[1]

Kode sumber untuk tata olah sederhana yang ditulis menggunakan bahasa pemrograman C. Saat tata olah dikompilasi dan dijalankan, maka layar akan menampilkan "Hello, world!"

Deskripsi bahasa pemrograman biasanya dibagi menjadi dua komponen; yaitu sintaksis (bentuk) dan semantik (makna), yang biasanya didefinisikan oleh bahasa formal. Beberapa bahasa ditentukan oleh dokumen spesifikasi (misalnya, bahasa pemrograman C ditentukan oleh Standar ISO) sementara bahasa lain (seperti Perl) memiliki implementasi dominan yang diperlakukan sebagai rujukan. Beberapa bahasa memiliki keduanya, dengan bahasa dasar yang ditentukan oleh standar dan ekstensi diambil dari implementasi dominan yang umum.

Pengertian

Bahasa pemrograman adalah sebuah instruksi standar untuk memerintah komputer agar menjalankan fungsi tertentu. Bahasa pemrograman ini merupakan suatu himpunan dari aturan sintaksis dan semantik yang dipakai untuk mendefinisikan tata olah (program). Bahasa ini memungkinkan seorang penata olah (programmer) dapat menentukan secara persis data mana yang akan diolah oleh komputer, bagaimana data ini akan disimpan/diteruskan, dan jenis langkah apa yang secara persis akan diambil dalam berbagai situasi.

Fungsi

Fungsi bahasa pemrograman yaitu memerintah komputer untuk mengolah data sesuai dengan alur berpikir yang kita inginkan. Keluaran dari bahasa pemrograman tersebut berupa tata olah/aplikasi. Contohnya adalah tata olah yang digunakan oleh kasir di mal-mal atau pasar raya, penggunaan lampu lalu lintas di jalan raya, dll.

Dewasa ini, bahasa Pemrograman yang kita kenal tentang ilmu komputer dan teknologi ada banyak sekali di belahan dunia. Perkembangannya mengikuti tingginya inovasi yang dilakukan dalam dunia teknologi. Contoh bahasa pemrograman yang kita kenal antara lain adalah untuk membuat aplikasi permainan, antivirus, web, penyunting, dan teknologi lainnya.

Bahasa pemrograman yang dikenal antara lain seperti Java, Visual Basic, C++, C, Cobol, PHP, .Net, dan ratusan bahasa lainnya. Namun tentu saja kebutuhan bahasa ini harus disesuaikan dengan fungsi dan perangkat yang menggunakannya.

Secara umum bahasa pemrograman terbagi menjadi 4 kelompok, yaitu:

Tingkatan

Bahasa tingkat tinggi

Bahasa pemrograman masuk tingkat ini karena bahasa tersebut mendekati bahasa manusia.[2] Contohnya bahasa Basic, Visual Basic, Pascal, Java, PHP.

Bahasa tingkat menengah

Disebut tingkat menengah karena bisa masuk ke dalam bahasa tingkat tinggi maupun rendah. Contohnya bahasa C.

Bahasa tingkat rendah

Bahasa pemrograman masuk tingkat ini karena bahasanya masih jauh dari bahasa manusia. Contohnya bahasa Assembly.

Generasi

Sedangkan menurut generasinya, bahasa pemrograman digolongkan menjadi 5 generasi:

  • Generasi ke-1: machine language
  • Generasi ke-2: assembly language: Assembler
  • Generasi ke-3: high level programming language, contoh: C dan Pascal
  • Generasi ke-4: 4 GL (fourth-generation language), contoh: SQL
  • Generasi ke-5: Programming Language Based Object Oriented & Web Development

Proses pembuatan program

Proses pembuatan program yaitu kita menulis kode sumber pada teks editor misalnya notepad kemudian mengubahnya menjadi bahasa mesin yang bisa dieksekusi oleh CPU. Proses pengubahan kode sumber (source code) menjadi bahasa mesin (machine language) ini terdiri dari dua macam yaitu kompilasi dan interpretasi.

Kompilasi

Dalam proses kompilasi semua kode sumber dibaca terlebih dahulu dan jika tidak ada kesalahan dalam menulis program maka akan dibentuk kode mesinnya sehingga program bisa dijalankan. Program yang melakukan tugas ini disebut Compiler. Program hasil kompilasi akan berbentuk executable. Program bisa langsung dijalankan tanpa harus memiliki Compiler di komputer yang menjalankan program tersebut. Bahasa yang menggunakan teknik kompilasi misalnya bahasa C, C++, Pascal, Assembly dan masih banyak lagi.

Interpretasi

Bahasa yang menggunakan teknik interpretasi akan membaca kode sumber perbaris dan dieksekusi perbaris. Jika ditemukan kesalahan dalam penulisan program maka di baris kesalahan itulah program akan dihentikan. Program yang melakukan tugas ini disebut Interpreter. Pada teknik interpretasi tidak ada akan dihasilkan program standalone, artinya untuk menjalankan program kita harus mempunyai kode sumbernya sekaligus interpreter program tersebut. Bahasa yang menggunakan teknik interpretasi misalnya bahasa Perl, Python, Ruby dan masih banyak lagi.

Kompilasi sekaligus interpretasi

Ada juga bahasa pemrograman yang menghasilkan programnya dengan teknik kompilasi sekaligus interpretasi. Misalnya bahasa java. Dalam pembuatan program java kode sumber diubah menjadi bytecode. Meskipun tampak seperti bahasa mesin namun ini bukanlah bahasa mesin dan tidak executable. Untuk menjalankan bytecode tersebut kita membutuhkan Java Runtime Environment (JRE) yang bertugas sebagai interpreter sehingga menghasilkan program dari bytecode tersebut.

Meskipun setiap bahasa pemrograman dibuat untuk membuat program namun setiap bahasa dibuat dengan tujuan dan fungsi yang berbeda-beda. Misalnya untuk membuat driver hardware kita tidak bisa menggunakan bahasa Visual Basic. Untuk membuat program berbasis sistem seperti driver kita bisa gunakan bahasa C atau Assembly. Contohnya sistem operasi linux yang open source. Jika anda melihat kode sumbernya anda akan menemukan bahwa linux dibuat menggunakan bahasa C. Sedangkan untuk pemrograman desktop kita bisa menggunakan Visual Basic. Bahasa tersebut dirancang oleh Microsoft untuk pemrograman desktop dengan tampilan GUI yang memukau.

Bahasa pemrograman yang umum digunakan

JavaScript
JavaScript adalah cara yang sangat populer untuk menambahkan fitur interaktif untuk halaman web dan aplikasi . Ini adalah salah satu bahasa yang paling mudah untuk dipelajari dan dapat digunakan untuk apa pun seperti memvalidasi data formulir untuk mengembangkan permainan, menjadikannya pilihan yang sangat populer untuk pemula .
PHP
bahasa program yang digunakan terutama untuk mengembangkan halaman web dinamis . Ini berarti bahwa daripada menciptakan sebuah file terpisah penuh kode untuk setiap halaman situs, Anda dapat menulis seperangkat aturan untuk mengakses dan menampilkan informasi dari database yang kemudian dapat membuat halaman dan memanggil mereka ketika mereka dibutuhkan .
C + +
. Dikembangkan untuk menambahkan fitur berorientasi objek dengan bahasa C, dengan penambahan kelas dan fitur lainnya . C + + yang sekarang banyak digunakan dengan berbagai besar aplikasi . Belajar C + + juga memiliki keuntungan yaitu lebih mudah untuk mempelajari bahasa C lainnya yaitu C # dan C. Semua bahasa C umumnya dipandang sebagai bahasa pemprograman tingkat menengah .
C #
Diucapkan C Sharp, bahasa ini diciptakan oleh Microsoft dalam kerangka NET . . Jika Anda ingin menulis aplikasi untuk sistem operasi Windows, atau terutama jika Anda ingin menulis kode untuk perangkat lunak desktop, ini sangat penting. Ini adalah tujuan OOP umum yang berbagi banyak kesamaan dengan bahasa C tua.
C
Akar dari bahasa C adalah dari bahasa BCPL yang dikembangkan oleh Martin Richards pada tahun 1967. Bahasa ini memberikan ide kepada Ken Thompson yang kemudian mengembangkan bahasa yang disebut dengan B pada tahun 1970. Perkembangan selanjutnya dari bahasa B adalah bahasa C oleh Dennis Ritchie sekitar tahun 1970-an di Bell Telephone Laboratories Inc (sekarang: AT&T Bell Laboratories). Bahasa C pertama kali digunakan di komputer Digital Equipment Corporation PDP-11 yang menggunakan sistem operasi UNIX.[3]

Ini adalah versi C yang digunakan oleh sistem operasi Apple serta sejumlah kecil aplikasi lain. Jika Anda ingin mengkhususkan diri dalam menulis kode untuk produk Apple maka ini adalah program yang harus anda kuasai.

Python
Sangat populer dalam komunitas ilmiah dan akademik, tetapi juga telah digunakan untuk membuat situs web populer seperti Pinterest . Hal ini relatif mudah untuk belajar dibandingkan dengan sesuatu seperti C atau turunannya, tetapi masih sangat fleksibel dalam hal apa yang dapat Anda lakukan dengan itu .
Java
Digunakan oleh Google sebagai bagian integral dari sistem operasi Android, dan oleh pengembang independen untuk membuat aplikasi Android ( serta kegunaan lain ) . Java diciptakan dengan " tulis sekali, jalankan di mana saja " ( WORA ) pendekatan untuk memudahkan kode yang ditulis pada satu mesin untuk berjalan di lain mesin.
Ruby
Ini adalah OOP murni populer dari Jepang. Bahasa pemrograman open source dinamis, mudah dimengerti dan produktif. Sintaks Ruby elegan, natural, mudah dibaca dan ditulis.
Visual Basic
Berasal dari ' BASIC ', yang sangat populer pada hari-hari awal komputasi pribadi, Visual Basic ( VB ) memungkinkan program sederhana yang akan dibuat dengan cepat dan mudah, sementara juga memungkinkan untuk coding yang lebih kompleks.

Daftar

Lihat pula

Referensi

  1. ^ Simarmata, Janner. Rekayasa Perangkat Lunak. Penerbit Andi. ISBN 978-979-29-1347-7. 
  2. ^ Sobri, Muhammad. Pengantar Teknologi Informasi - Konsep dan Teori. ISBN 9789792963120. 
  3. ^ Hartono, Jogiyanto (2000). Konsep Dasar Pemrograman Bahasa C. Yogyakarta: Penerbit Andi Yogyakarta. hlm. 1. ISBN 9795333429. 

Pranala luar

Baca informasi lainnya:

Sword with basket-like hand protection Broadsword redirects here. For other uses, see Broadsword (disambiguation). This article has an unclear citation style. The references used may be made clearer with a different or consistent style of citation and footnoting. (March 2021) (Learn how and when to remove this template message) A typical schiavona of the late 17th century. Juxtaposition of an early broadsword with quillons with a 17th-century schiavona, from The Encyclopaedia of Sport & Game…

Las letras solares (en rojo) y lunares (en negro) en árabe.Las letras solares (en árabe, حروف شمسية ḥurūf šamsiyya; en maltés, konsonanti xemxin) y las letras lunares (en árabe, حروف قمرية ḥurūf qamariyya; en maltés, konsonanti qamrin) son una división que se hace de las consonantes de los alfabetos árabe y maltés, en función de la asimilación de la pronunciación de los artículos determinados al- (ال) en el árabe e il- en el maltés al añadirse a palabras…

Pour les articles homonymes, voir Black Ice. Black Ice Album de AC/DC Sortie 17 octobre 2008 :  Europe 18 octobre 2008 : Australie 20 octobre 2008 : Royaume-Uni États-Unis Canada 21 octobre 2008 : Japon Enregistré Mars - avril 2008Vancouver Canada Durée 55 minutes Genre Hard rock Producteur Brendan O'Brien Label Columbia Critique AllMusic [1] BBC (favorable)[2] Entertainment Weekly (B-)[3] The Guardian [4] IGN : 7.2/10[5] PopMatters : 8/10[6] Rolling St…

Aura Celeste Fernández R. Información personalNombre de nacimiento Aura Celeste Fernández RodríguezNacimiento 9 de noviembre de 1958 (65 años)San Francisco de Macorís, Duarte, República Dominicana República DominicanaNacionalidad DominicanaFamiliaPadres Dr. Abel E. Fernández Simó, Sra. Liliana A. Rodríguez TejadaCónyuge Guillermo MorenoHijos Abel Guillermo Moreno Fernández, Juan Domingo Moreno FernándezInformación profesionalOcupación Abogada[editar datos en Wikida…

Artículo principal: Elecciones provinciales de Argentina de 2019 ← 2015 •  • 2023 → Elecciones provinciales de 2019Gobernador para el período 2019-202324 de 48 escaños de la Cámara de Diputados19 de 38 escaños del Senado Provincial Fecha 9 de junio de 2019 (primarias)29 de septiembre de 2019 (generales) Tipo Provincial Período 10 de diciembre de 2019 – 10 de diciembre de 2023 Debate (s) 19 de septiembre de 201927 de septiembre de 2019 Demografí…

اضغط هنا للاطلاع على كيفية قراءة التصنيف البارياصور   المرتبة التصنيفية جنس  التصنيف العلمي النطاق: حقيقيات النوى المملكة: حيوانات الشعبة: الحبليات الشعيبة: الفقاريات غير مصنف: الفكيات غير مصنف: رباعيات الأطراف الطائفة: الزواحف غير مصنف: نظيرات الزواحف الرتبة: أشباه ال

هذه المقالة يتيمة إذ تصل إليها مقالات أخرى قليلة جدًا. فضلًا، ساعد بإضافة وصلة إليها في مقالات متعلقة بها. (يونيو 2019) ديميتري تاراسوف (بالروسية: Дмитрий Евгеньевич Тарасов)‏  معلومات شخصية الميلاد 13 فبراير 1979  خاباروفسك  الوفاة 14 يونيو 2023 (44 سنة) [1]  خاباروفسك[1…

Kimba the White Lionジャングル大帝(Janguru Taitei) MangaPengarangOsamu TezukaPenerbitGakudoshaKobunshaKodanshaPenerbit bahasa InggrisJP Jippi English Comics (dwibahasa)[1]MajalahManga ShōnenDemografiShōnenTerbitNovember 1950 – April 1954Volume3 Seri animeSutradaraEiichi YamamotoMusikIsao TomitaToriro Miki (theme song)StudioMushi ProductionPelisensiNA Right Stuf Inc.SaluranasliFuji TVSaluran bahasa InggrisAU ABCUK Cartoon NetworkUS NBCTayang 6 Oktober 1965 – 28 September 1966…

Eric Adjetey Anang Eric Adjetey AnangEm Teshie, 2009 Nascimento 24 de setembro de 1985 (38 anos)Teshie, Gana Ocupação escultor Página oficial http://ghanacoffin.com Eric Adjetey Anang é um carpinteiro e escultor ganense que produz caixões-fantasia. Ele nasceu em Teshie, Gana, onde vive e trabalha. Biografia Caixões de frango, avião, caranguejo antes do workshop Kane Kwei Em 2001, Eric levou os caixões-fantasia de Gana ao Museu Gidan Makama, em Kano, Nigéria, com a colaboraçã…

Ionien Als Ionischer Aufstand wird die Rebellion der kleinasiatischen und zyprischen Griechen gegen die persische Oberherrschaft bezeichnet. Er begann 500/499 v. Chr. und endete mit einem Sieg der Perser in der Seeschlacht bei Lade 494 v. Chr. Inhaltsverzeichnis 1 Vorgeschichte des Aufstands 2 Ursachen des Aufstands 3 Verlauf des Aufstands 4 Folgen des Aufstands 5 Weblinks 6 Literatur Vorgeschichte des Aufstands Die Ionier waren zu Beginn des 1. Jahrtausends v. Chr., wie zuvor schon die Äoler u…

Artikel ini tidak memiliki referensi atau sumber tepercaya sehingga isinya tidak bisa dipastikan. Tolong bantu perbaiki artikel ini dengan menambahkan referensi yang layak. Tulisan tanpa sumber dapat dipertanyakan dan dihapus sewaktu-waktu.Cari sumber: Helikopter militer – berita · surat kabar · buku · cendekiawan · JSTOR Helikopter militer adalah helikopter yang khusus dibuat atau dikonversi untuk digunakan oleh pasukan militer. Misi helikopter militer a…

TriyaganDesaKantor Desa TriyaganNegara IndonesiaProvinsiJawa TengahKabupatenSukoharjoKecamatanMojolabanKode pos57554Kode Kemendagri33.11.08.2015 Luas... km²Jumlah penduduk... jiwaKepadatan... jiwa/km² Triyagan adalah sebuah desa di Kecamatan Mojolaban, Kabupaten Sukoharjo, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Pembagian wilayah Desa Triyagan terdiri dari dukuh: Harjowinangun Joho Lor Joso Karangturi Ngasemrejo Oro-Oro Tengah Tegal Triyagan lbsKecamatan Mojolaban, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Teng…

Tank infanteri Tank Churchill pada Pertempuran El Alamein Kedua Jenis Kendaraan tempur lapis baja Negara asal Perang Dunia II Sejarah pemakaian Masa penggunaan 1938–1945 Digunakan oleh Tentara Prancis dan Britania Raya Pada perang Perang Dunia II Tank infanteri merupakan sebuah jenis tank yang bertugas untuk mendukung gerak maju dan memberikan perlindungan bagi pasukan infanteri. Oleh karena itu maka tank infanteri biasanya lamban dan memiliki lapisan baja yang lumayan teba…

Airport at Strahan, Tasmania, Australia Strahan AirportStrahan Airport facilities from edge of aircraft parking apron looking southeastIATA: SRNICAO: YSRNSummaryAirport typePublicOperatorWest Coast CouncilServesWest Coast, TasmaniaLocationStrahan, TasmaniaElevation AMSL66 ft / 20 mCoordinates42°09′20″S 145°17′29″E / 42.15556°S 145.29139°E / -42.15556; 145.29139MapYSRNLocation in TasmaniaRunways Direction Length Surface m ft 18/36 1,220 4,003 Asp…

هذه المقالة بحاجة لصندوق معلومات. فضلًا ساعد في تحسين هذه المقالة بإضافة صندوق معلومات مخصص إليها. يفتقر محتوى هذه المقالة إلى الاستشهاد بمصادر. فضلاً، ساهم في تطوير هذه المقالة من خلال إضافة مصادر موثوق بها. أي معلومات غير موثقة يمكن التشكيك بها وإزالتها. (يناير 2022) تاريخ ال…

Finnish political leader (1884–1936) This article includes a list of general references, but it lacks sufficient corresponding inline citations. Please help to improve this article by introducing more precise citations. (January 2013) (Learn how and when to remove this template message) Vihtori Kosola Wikimedia Commons has media related to Vihtori Kosola. Iisakki Vihtori Kosola (10 July 1884 – 14 December 1936) was the leader of the Finnish right-wing radical Lapua Movement. Kosola was born …

Annual American college football postseason game Las Vegas Bowl SRS Distribution Las Vegas Bowl StadiumAllegiant StadiumLocationParadise, NevadaPrevious stadiumsSam Boyd Stadium (1992–2019)Previous locationsWhitney, Nevada (1992–2019)Operated1992–presentConference tie-insPac-12SEC (2022, 2024)Big Ten (2023, 2025)Previous conference tie-insBig West (1992–96)MAC (1992–96)WAC (1997–1998) MWC (2001–2019)PayoutUS$2.9 million (2019)[1]Sponsors Reno Air (1997)[2]Las Vegas …

Państwowe Przedsiębiorstwo Lotnicze UkrainaДержавне авіаційне підприємство «Україна» Airbus A319 w barwach przewoźnika IATA ICAOUKN ZnakENTERPRISE UKRAINE Historia Data założenia 1996 Rozpoczęcie działalności 1996 Lokalizacja Państwo  Ukraina Baza Port lotniczy Kijów-Boryspol Węzeł Port lotniczy Kijów-Boryspol, Port lotniczy Charków Kooperacja Powiązania Ukraińskie Siły Powietrzne Flota Liczba samolotów 4 Przedsiębiorstwo Siedziba Kij…

Impact of the worldwide economic depression in Canada A Montreal soup kitchen in 1931 The worldwide Great Depression of the early 1930s was a social and economic shock that left millions of Canadians unemployed, hungry and often homeless. Few countries were affected as severely as Canada during what became known as the Dirty Thirties, due to Canada's heavy dependence on raw material and farm exports, combined with a crippling Prairies drought known as the Dust Bowl. Widespread losses of jobs and…

Bagian dari seriIlmu Pengetahuan Formal Logika Matematika Logika matematika Statistika matematika Ilmu komputer teoretis Teori permainan Teori keputusan Ilmu aktuaria Teori informasi Teori sistem FisikalFisika Fisika klasik Fisika modern Fisika terapan Fisika komputasi Fisika atom Fisika nuklir Fisika partikel Fisika eksperimental Fisika teori Fisika benda terkondensasi Mekanika Mekanika klasik Mekanika kuantum Mekanika kontinuum Rheologi Mekanika benda padat Mekanika fluida Fisika plasma Termod…

Kembali kehalaman sebelumnya

Lokasi Pengunjung: 44.210.83.132