Share to: share facebook share twitter share wa share telegram print page

Pulau Nambolaki

Nambolaki
Peta lokasi Nambolaki
Koordinat6°41′24.400″LS,120°16′46.389″BT
NegaraIndonesia
Gugus kepulauanSelayar
ProvinsiSulawesi Selatan
KabupatenKepulauan Selayar
PopulasiTidak berpenghuni
Peta

Pulau Nambolaki adalah salah satu pulau yang berada di gugusan Kepulauan Selayar dan secara administratif masuk pada wilayah Desa Polassi, Kecamatan Bontosikuyu, Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan, Indonesia. Secara astronomis, pulau ini terletak di titik koordinat 6°41′24.400″LS,120°16′46.389″BT.[1] Pulau ini memiliki daya tarik berupa pantai pasir putih dan panorama bawah laut.[2]

Kawasan terumbu karang di Pulau Nambolaki telah menjadi surga mata pencaharian bagi nelayan setempat. Kawasan Pulau Nambolaki merupakan habitat berbagai jenis ikan selain pemandangan pantai eksotik berpasir putih dan terumbu karangnya indah. Bermacam-macam jenis spesis hewan laut hidup lestari di perairannya. Perjalanan ke Pulau Nambolaki butuh waktu ± 2 jam berlayar dari ibu kota Kabupaten Kepulauan Selayar, Benteng. Transportasi laut masih bergantung dengan perahu masyarakat setempat. Selain kemudahan transportasi, kuliner berupa olahan ikan segar bisa dengan mudah ditemukan di Pulau Nambolaki. Berbagai jenis ikan besar bisa langsung didapatkan hanya dengan menyewa sampan nelayan dan memancing sepuasnya. Keindahan dan terawatnya terumbu karang Pulau Nambolaki tidak lepas dari pengawasan dan perlindungan dari masyarakat sekitar pulau. Sebelumnya pernah marak pengeboman, pembiusan serta praktik illegal fishing marak terjadi di kawasan ini hingga memakan korban jiwa dalam sebuah insiden. Berakhirnya polemik sosial di Pulau nambolaki, memberi kesadaran dan semangat masyarakat sekitar pulau untuk berkomitmen menjaga Pulau Nambolaki dari praktik illegal fishing dan memelihara keanekaragaman hayati Pulau Nambolaki yang masih tersisa. Asal usul nama Pulau Nambolaki diambil dari nama seorang yang sakti manraguna dimakamkan di atas pulau tersebut.

Referensi

  1. ^ Direktorat Pendayagunaan Pulau-Pulau Kecil, Ditjen Kelautan, Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil, Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia (2012). "Direktori Pulau-Pulau Kecil Indonesia". www.ppk-kp3k.kkp.go.id. Diakses tanggal 25 April 2023. 
  2. ^ Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kepulauan Selayar (2021). Dokumen Rencana Strategis Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kepulauan Selayar 2021–2026. Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kepulauan Selayar. hlm. 41. 
Kembali kehalaman sebelumnya

Lokasi Pengunjung: 3.236.142.143