Share to: share facebook share twitter share wa share telegram print page

Nafiri

Nafiri merupakan alat musik tradisional yang berasal dari provinsi Riau di pulau Sumatra yang bentuknya mirip dengan terompet. Masyarakat melayu di Riau sendiri tidak hanya mengembangkan alat musik seperti nafiri tetapi juga alat-alat musik seperti: canang, tetawak, lengkara, kompang, gambus, marwas, gendang, rebana, serunai, rebab, beduk, gong, seruling, kecapi, biola dan akordeon. Alat-alat musik di atas menghasilkan irama dan melodi tersendiri yang berbeda dengan alat musik lainnya. Kita dapat melihat permainan alat musik ini bersama dengan pertunjukkan makyong yang merupakan sebuah bentuk kesenian tradisional yang saat ini masih dimainkan dan diwariskan di provinsi Riau. Selain sebagai alat musik, nafiri juga digunakan sebagai alat komunikasi masyarakat melayu. Terutama untuk memberitahukan tentang adanya bencana, dan berita tentang kematian.

Sejarah

Asal usul alat musik tersebut belum begitu jelas. Jika melihat perjalanan sejarah provinsi Riau, sejak dahulu sudah ditempati oleh orang-orang Melayu pada masa kerajaan Sriwijaya. Orang Melayu tersebut menempati berbagai macam tempat di selat malaka. Pembauran yang terjadi antara masyarakat melayu dengan suku bangsa Padang, Jawa, Minangkabau, Bugis, Banjar dan Batak menyebabkan munculnya berbagai macam budaya termasuk di dalamnya alat-alat musik. Akan tetapi, ada suatu pendapat bahwa alat musik ini berasal dari India karena mirip dengan alat musik untuk memainkan ular. Selain itu ada juga pendapat bahwa alat ini berasal dari daerah Timur Tengah karena adanya kemiripan nama yaitu naifr.

Pada zaman kerajaan-kerajaan, nafiri merupakan salah satu alat yang penting untuk digunakan pada acara penobatan raja selain sebagai alat musik di istana. Pada kerajaan melayu dulu alat pusaka Nobat seperti nafiri, gendang, sirih esar, dan cogan merupakan lambang negara atau yang biasa disebut dengan regelia kerajaan yang dijadikan sebagai kekuatan spiritual dan kehormatan kerajaan bersama dengan adat istiadat. Tanpa adanya alat-alat tersebut penobatan seorang raja tidak dapat disahkan. Ada kepercayaan pada zaman dahulu jika kedua kekuatan spiritual tersebut rusak maka akan hancur dan runtuhlah harkat dan harga diri bangsa tersebut. Bagi Kerajaan Kerajaan Melayu di rantau itu, sebuah kerajaan boleh saja ditaklukan, direbut, dan dikuasai oleh pihak lain. Raja atau sultannya bisa saja terusir dan melarikan diri ke negara atau daerah lain, mencari perlindungan. Tetapi, jika Regelia Kerajaan tidak dirampas dan tidak direbut, selagi Regelia sakti dan keramat itu masih dipegang oleh rajanya, maka kedaulatan negeri itu masih tegak. Sultannya tetap punya kedaulatan, dan dia bisa mendirikan kerajaan di mana saja, dan dijadikan raja di mana saja. Karena alat-alat yang dianggap memiliki kesaktian itu, belum ditaklukkan. Karena itulah, siapapun yang memegang dan diberi tugas menjaga Regelia itu, adalah seorang yang kuat dan perkasa. Seseorang yang memiliki kekuasaan jauh di atas kekuasaan lain, termasuk sultannya sendiri. Biasanya orang tersebut merupakan penasihat raja. Di Kedah nafiri bersama dengan alat-alat musik nobat lainnya disimpan di dalam sebuah tempat yang bernama Balai Nobat. Balai Nobat sendiri merupakan bangunan yang khas dengan arsitektur Islam. Hal tersebut dapat dilihat dengan adanya kubah di atasnya. Bangunan ini telah sering kali direnovasi terutama pada zaman pemerintahan Sultan kedah yang ke-25 yaitu Sultan Ahmad Tajuddin Mukarram Shah yang telah menduduki takhta mulai tahun 1854 hingga 1879. Nobat berasal dari Kata Persia ‘Naubat” yang berarti sembilan instrumen. Nobat merupakan orkestra musik kerajaan yang digunakan terutama untuk penobatan raja, bangsawan serta penyambutan tamu istimewa. Para pemainnya disebut dengan Orang Nobat. Nobat juga dimainkan bersama dengan perayaan-perayaan suci lainnya seperti kematian. Ada sebuah kepercayaan bahwa nobat berasal tradisi India yang ditularkan oleh para pedagang yang saat itu singgah di selat Malaka.

Pada zaman kerajaan dulu, nafiri digunakan sebagai alat untuk menyatakan peperangan terhadap kerajaan lain. Selain itu juga, nafiri digunakan untuk memberitakan tentang kematian raja, diangkatnya raja. Alat ini juga digunakan untuk mengumpulkan rakyat, agar mereka segera datang ke alun-alun istana untuk mendengarkan berita atau pengumuman dari rakyat mereka. Oleh karena itu, alat ini dijadikan sebagai barang pusaka kerajaan.

Di Malaysia kita juga akan menemukan alat musik yang disebut dengan nafiri walaupun dengan bentuk yang sedikit berbeda. Di negara tersebut alat musik ini dapat kita jumpai untuk mengiringi lagu-lagu daerah dan juga upacara adat. Kita dapat melihat alat ini pada orkestra nobat di Malaysia. Alat musik ini juga digunakan untuk penobatan gelar kebangsawanan. Salah satu orang yang pernah mendapatkan gelar kehormatan Adat di Riau adalah sultan Hamengku Buwono X. Ketika penobatannya berlangsung suara Nafiri bersama dengan Alat musik tradisional lainnya mengiringi acara tersebut di depan sidang Majelis Perapatan Adat Melayu. Alat-alat tersebut digunakan sebagai penanda diangkatnya seseorang sebagai bangsawan. Saat ini fungsi nafiri menjadi lebih berkurang karena hanya digunakan pada acara-acara kerajaan atau perayaan-perayaan yang dilakukan oleh masyarakat melayu.

Menurut kepercayaan orang Melayu Riau, ketika memainkan alat musik ini para pemainnya dirasuki oleh para dewa, mambang, dan peri. Sehingga seolah-olah mereka menyampaikan pesan akan terjadinya bahaya atau kejadian penting lainnya. Oleh karena itu, sebelum ditiup alat musik ini perlu dipusung yaitu diasapi di atas pedupaan. Nafiri ditiup dengan aliran udara yang tidak terputus selama dua atau tiga jam. Pemain Nafiri harus orang yang memiliki napas panjang, sehat badannya, dan memiliki teknik khusus sehingga tidak putus tiupannya. Nafiri ditiup hanya dengan tangan tangan kanan sedangkan tangan kirinya memegang bagian bawahnya.

Fungsi dan kegunaan

  1. Pengiring tarian tradisional, tari Inai, tari Jinugroho dan tari Olang.
  2. Sebagai alat musik yang utama di dalam musik robat yang merupakan musik yang dimainkan di lingkungan masyarakat.
  3. Sebagai melodi yang digunakan untuk menentukan gerakan-gerakan silat.
  4. Untuk penobatan raja-raja ketika Riau masih berbentuk kerajaan-kerajaan serta bangsawan.
  5. Tanda terhadap terjadinya peperangan, bencana, dan kematian.
  6. Alat yang digunakan sebagai penanda spiritual untuk memanggil dewa, roh, atau arwah nenek moyang.

Cara membuat Nafiri

Terbuat dari kayu yang berukuran 25 sampai 45 centimeter. Antara batang dengan dan tempat tiupnya diberi batas yang terbuat dari tempurung kelapa. Nafiri menggunakan semacam lidah yang terbelah dua terbuat dari daun kelapa yang muda atau ruas bambu yang sudah kering. Lidah tersebutlah yang disebut dengan vibrator yang akan mengeluarkan suara atau bunyi-bunyian. Lubang jari ada tiga buah yang besarnya kira-kira sebesar biji jagung untuk mengatur tinggi rendahnya nada. Pada bagian pangkalnya diberi sambungan berbentuk seperti bujur telur yang terpotong dan berongga untuk membuat volume yang dikeluarkan lebih besar. Musik yang dikeluarkan terdengar seperti meronta-ronta daripada melodi yang jelas untuk didengar.

Sepotong kayu yang telah dikerat menurut ukuran yang dikehendaki ditoreh besar dipangkalnya sehingga bentuknya mirip dengan telur yang sudah dipotong bagian ujungnya. Kemudian diberi bebatang, proses tersebut yang disebut dengan balan atau bakal nafiri. Kemudian balan tersebut diperhalus dengan menggunakan pisau raut dan digesek untuk dihaluskan dengan daun trap atau kelopak bunga sukon yang hanya ditemukan didaerah sumatera. Kemudian dilubangi dengan menggunakan gurdi kecil dan pahat, hal tersebut akan membuat nafiri tersebut berongga dengan tebal kulitnya kurang lebih setengah centimeter. Pada batang nafiri dibuat lubang-lubang jari dengan menggunakan besi yang dipanaskan. Cara memainkan dan membuat Nafiri diturunkan secara terus menerus dari generasi ke generasi oleh masyarakat Melayu Riau.

Pranala luar

  1. Makyong Diajukan RI, Malaysia Sebagai Catatan Sejarah Dunia
  2. Sejarah Pembinaan Balai Nobat Diarsipkan 2008-07-27 di Wayback Machine.

Referensi

  1. Hermawan. Agus. Budaya dan Adat Istiadat Riau. 1987. Jakarta: Resist Book
  2. Yayasan Bhakti Wawasan Nusantara. Profil Provinsi Repubik Indonesia: Riau. 1992. Jakarta: Yayasan Bhakti Nusantara

Read other articles:

اقتُرح دمج محتويات هذه المقالة مع المعلومات الموجودة في وزارة الكهرباء والطاقة المتجددة (مصر). (ناقش) هذه المقالة يتيمة إذ تصل إليها مقالات أخرى قليلة جدًا. فضلًا، ساعد بإضافة وصلة إليها في مقالات متعلقة بها. (مايو 2020) الجهاز التنفيذي للإشراف على مشروعات إنشاء المحطات النووية…

جزء من سلسلة مقالات حولالتخليق النووي مواضيع رئيسية تفاعلات الانصهار النجمي تخليق الانفجار العظيم النووي التخليق النووي في المستعر الأعظم تشظية الأشعة الكونية مواضيع متعلقة فيزياء فلكية اندماج نووي عملية التقاط النيوترون السريعة عملية التقاط النيوترون البطيئة انشطار نو…

Den här artikeln har skapats av Lsjbot, ett program (en robot) för automatisk redigering. (2016-01)Artikeln kan innehålla fakta- eller språkfel, eller ett märkligt urval av fakta, källor eller bilder. Mallen kan avlägsnas efter en kontroll av innehållet (vidare information) För andra betydelser, se Saint-Victor. Saint-Victor Kommun Land  Kanada Provins Québec Region Chaudière-Appalaches Höjdläge 255 m ö.h. Koordinater 46°08′41″N 70°55′06″V / …

Haidar al-Abadiحيدر العباديPerdana Menteri Irak ke-48Masa jabatan8 September 2014 – 25 Oktober 2018PresidenFuad MasumPendahuluNouri al-MalikiKetua Partai Dakwah IslamPetahanaMulai menjabat 8 September 2014PendahuluNouri al-MalikiWakil Ketua Partai Dakwah IslamMasa jabatan15 Januari 2007 – 8 September 2014PendahuluNouri al-MalikiPenggantiBaha ArajiMenteri KomunikasiMasa jabatan1 September 2003 – 1 Juni 2004PendahuluMuhammad Saeed al-SahhafPenggantiM…

For the successful re-flight of this mission, see Orbiting Carbon Observatory-2. Orbiting Carbon Observatory(OCO)An artist rendition of the OCO satellite as it would look in orbit.Mission typeClimatologyOperatorNASAMission durationLaunch failure2 years (planned) Spacecraft propertiesBusLEOStar-2ManufacturerOrbital Sciences[1]Launch mass530 kg (1,170 lb)[1]Payload mass150 kg (330 lb)[1]DimensionsStowed: 2.3 × 1.4 m (7.5 × 4.6&…

سباق كاديل ايفانز 2019 تفاصيل السباقسلسلة5. سباق كاديل ايفانزمنافسةطواف العالم للدراجات 2019 1.UWT‏التاريخ27 يناير 2019المسافات164 كمالبلد أستراليانقطة البدايةغيلونغنقطة النهايةغيلونغالفرق16عدد المتسابقين في البداية110عدد المتسابقين في النهاية99متوسط السرعة41٫95 كم/سالمنصةالفائ

This article uses bare URLs, which are uninformative and vulnerable to link rot. Please consider converting them to full citations to ensure the article remains verifiable and maintains a consistent citation style. Several templates and tools are available to assist in formatting, such as reFill (documentation) and Citation bot (documentation). (September 2022) (Learn how and when to remove this template message) Joakim LystadDirector-General of the Norwegian Food Safety AuthorityIn office2003

2014 single by The Magician featuring Years & YearsSunlightSingle by The Magician featuring Years & YearsReleased26 September 2014Recorded2014GenreHouse[1]Length3:47LabelFFRRSongwriter(s)Stephen FasanoOlly AlexanderMark RalphProducer(s)The MagicianThe Magician singles chronology When the Night Is Over (2013) Sunlight (2014) Together (2015) Years & Years singles chronology Take Shelter(2014) Sunlight(2014) Desire(2014) Sunlight is a song by Belgian DJ and record produc…

This article needs additional citations for verification. Please help improve this article by adding citations to reliable sources. Unsourced material may be challenged and removed.Find sources: Old Drumchapel – news · newspapers · books · scholar · JSTOR (October 2019) (Learn how and when to remove this template message) Human settlement in ScotlandOld DrumchapelHouses On Garscadden RoadOld DrumchapelLocation within GlasgowOS grid referenceNS51…

هذه المقالة يتيمة إذ تصل إليها مقالات أخرى قليلة جدًا. فضلًا، ساعد بإضافة وصلة إليها في مقالات متعلقة بها. (فبراير 2021) مستشفى ماتر دي   إحداثيات 35°54′07″N 14°28′36″E / 35.901827777778°N 14.476744444444°E / 35.901827777778; 14.476744444444  معلومات عامة الدولة مالطا  الاسم نسبة إلى مريم العذ

Обґрунтування добропорядного використання не вказано назву статті [?] Опис Historiaoficial.jpg Постер фільму Офіційна версія Джерело http://www.lib.washington.edu/media/oscars/images/foreignlanguage/historiaoficial.jpg Автор невідомий Час створення 1985 Мета використання Замінність Обсяг використаного матеріалу Н…

Edgar Nelson Transeau (1875–1960) was an American botanist and phycologist who served as president of the Botanical Society of America and the Ecological Society of America. Transeau was born in Williamsport, Pennsylvania, on October 21, 1875, and graduated from Franklin & Marshall College in 1897. He received a PhD from the University of Michigan in 1904, and in 1915 joined the faculty of Ohio State University where he spent the majority of his career, becoming professor emeritus in 1946.…

Investigational antipsychotic drug EvenamideClinical dataOther namesNW-3509; NW-3509AATC codeNoneIdentifiers IUPAC name 2-[2-(3-butoxyphenyl)ethylamino]-N,N-dimethylacetamide CAS Number1092977-61-1 YPubChem CID25105689ChemSpider44208827UNIION5S6N53JSChemical and physical dataFormulaC16H26N2O2Molar mass278.396 g·mol−13D model (JSmol)Interactive image SMILES CCCCOc1cccc(CCNCC(=O)N(C)C)c1 InChI InChI=1S/C16H26N2O2/c1-4-5-11-20-15-8-6-7-14(12-15)9-10-17-13-16(19)18(2)3/h6-8,12,17H,4-5,9…

Latvian basketball player (born 1995) Porzingis redirects here. For his brother, see Jānis Porziņģis. For other uses, see Porziņģis. Kristaps PorziņģisPorziņģis with the Washington Wizards in 2022No. 8 – Boston CelticsPositionPower forward / centerLeagueNBAPersonal informationBorn (1995-08-02) 2 August 1995 (age 28)Liepāja, LatviaListed height7 ft 2 in (2.18 m)[a]Listed weight240 lb (109 kg)Career informationNBA draft2015: 1st round, 4th …

Canadian punk rock band Some of this article's listed sources may not be reliable. Please help this article by looking for better, more reliable sources. Unreliable citations may be challenged or deleted. (August 2015) (Learn how and when to remove this template message) Closet MonsterOriginAjax, Ontario, CanadaGenresPunk rock, Pop punkYears active1997-2005, 2009LabelsUnderground OperationsMembersMark London SpicolukJesse ColburnAdam CyncoraAaron VerdonkWebsiteOfficial Myspace Closet Monster was…

Highway in Queensland Warrego HighwayQueenslandWarrego Highway (green on black)General informationTypeHighwayLength715 km (444 mi)Route number(s) State Highway M2(Ipswich Motorway – Pine Mountain Road, Brassall) National Highway A2(Pine Mountain Road, Brassall – Landsborough Highway) Alternate National Highway A2(Landsborough Highway – Mitchell Highway) Formerroute number National Highway 54 National Highway A2Major junctionsSE end Ipswich Motorway / Cunningham Highway, Ipswich, …

Hantam CommandoHantam Commando emblemCountry South AfricaAllegiance  Republic of South Africa  Republic of South Africa Branch  South African Army  South African Army TypeInfantryRoleLight InfantrySizeOne BattalionPart ofSouth African Infantry CorpsArmy Territorial ReserveGarrison/HQHantamMilitary unit Hantam Commando was a light infantry regiment of the South African Army. It formed part of the South African Army Infantry Formation as well as the South African Terr…

Ця стаття не містить посилань на джерела. Ви можете допомогти поліпшити цю статтю, додавши посилання на надійні (авторитетні) джерела. Матеріал без джерел може бути піддано сумніву та вилучено. (жовтень 2015) До мажор ПозначенняАнглійською C MajorНімецькою C-durПов'язані тональ…

Branch of physics seeking to explain chaotic dynamical systems in terms of quantum theory Part of a series of articles aboutQuantum mechanics i ℏ ∂ ∂ t | ψ ( t ) ⟩ = H ^ | ψ ( t ) ⟩ {\displaystyle i\hbar {\frac {\partial }{\partial t}}|\psi (t)\rangle ={\hat {H}}|\psi (t)\rangle } Schrödinger equation Introduction Glossary History Background Classical mechanics Old quantum theory Bra–ket notation Hamiltonian Interference Fundamentals Com…

Supercopa Xerox 2004ゼロックス スーパーカップ2014 XI Supercopa de Japón El Estadio Nacional de Tokio, sede de la final.Datos generalesSede Japón JapónCategoría Primera DivisiónFecha 6 de marzo de 2004Edición 11.ªOrganizador J. LeaguePalmarésCampeón Júbilo IwataSubcampeón Yokohama F. MarinosDatos estadísticosAsistentes 30 158Participantes 20 equipos Cronología 2003 2004 2005 [editar datos en Wikidata] La Supercopa de Japón 2004, también conocida como Supe…

Kembali kehalaman sebelumnya

Lokasi Pengunjung: 3.235.182.206