Share to: share facebook share twitter share wa share telegram print page

Air Merah, Arma Jaya, Bengkulu Utara

Air Merah
Negara Indonesia
ProvinsiBengkulu
KabupatenBengkulu Utara
KecamatanArma Jaya
Kode Kemendagri17.03.21.2011 Edit nilai pada Wikidata
Luas-
Jumlah penduduk-
Kepadatan-


Air Merah adalah salah satu desa di Kecamatan Arma Jaya, Kabupaten Bengkulu Utara, Bengkulu, Indonesia.

               Sejarah asal mula berdirinya Desa Air Merah, Desa Air Merah adalah nama suatu wilayah yang bermarga lais, ini menurut mantan Kepala Desa Zaman Suharto. Air artinya suci , merah artinya berani yang berarti desa yang suci dan berani pada aman dahulu. Desa Air Merah mulai terbentuk pada zaman 1965, dengan jumlah penduduk yang terdiri dari beberapa kelompok dengan jumlah penduduk yang masih sangat sedikit , dari kelompok itulah kemudian menyatu menjadi satu dan membuat suatu Desa di dekat sungai yang airnya agak kemerah-merahan.
             Pada saat itu Kepala Desa hanya ditunjuk oleh Warga dan tindak melalui pemilihan, maka terpilihlah Kepala Desa pertama yaitu Bapak Aliusar. Pada zaman itu hidup serba sulit, pakaian masih terbuat dari kulit kayu, untuk alat pertanian pun masih sangat sederhana sekali, akan tetapi, untuk kegiatan gotong royong sudah dilakukan rutin pada setiap kegiatan.
           Setelah kepimpinan Bapak Aliusar berakhir, maka terpilihlah kepala desa yang kedua yaitu Bapak Sai’in , pemilihan Kepala Desa yang kedua ini dilakukan dengan sistem kekeluargaan, artinya apabila banyak keluarga maka dialah yang menjadi pemenang. Selanjutnya pemilihan kepala desa yang ketiga terpilihlah Bapak Tihal, Bapak Tihal tidak begitu lama menjabat sebagai kepala desa, namun demikian Bapak Tihal termasuk pelopor pembangunan di desa air merah.
          Setelah kepemimpinan Bapak Tihal, Desa Air Merah melakukan pemilihan Kepala Desa yang baru lagi dan terpilihlah Bapak Rusli sebagai kepala desa yang keempat. Pada zaman Bapak Rusli inilah pembangunan mulai dilakukan, seperti pembangunan SD, Jalan Desa , Balai Desa ,dan lain-lain. Setelah kepemimpinan bapak rusli berakhir, maka diadakan Pemilihan Kepala Desa yang baru lagi yang kelima. Untuk Kepala Desa yang kelima. Untuk Kepala Desa yang kelima terpilihlah Bapak Arwis.
            Pada tahun 1999 kepala desa air merah dipimpin oleh Bapak Suhardi, pada tahun 2008 kepala desa dipilih kembali dan terpilihlah Bapak Suarno sebagai kepala desa yang ketujuh. Dan selanjutnya dipimpin oleh pejabat sementara ( PJS ) yaitu Bapak Suhar Ariswan Subono. Selanjutnya disambung dengan Bpk.Jamaridin, S.IP dan disambung Pejabat Sementara ( PJS) yaitu Bpk. Tamrin, S.IP, pada bulan juli tahun 2016 diadakan Pilkades Definitif yang di menangkan oleh Bapak Dahari dari tahun 2017- Mei 2022

Batas-Batas Desa Air Merah :

Sebelah Utara Berbatasan Dengan Rama Agung

Sebelah Selatan Berbatasan Dengan Desa Kalai Duai

Sebelah Timur Berbatasan Dengan Desa Pagar Ruyung

Sebelah Barat Berbatasan Dengan Desa Kalai Duai


Kembali kehalaman sebelumnya

Lokasi Pengunjung: 3.226.72.194