Share to: share facebook share twitter share wa share telegram print page

Yo (Kiril)

Huruf Kiril Yo
Penggunaan Fonetis:[jo]
Sampel suara
noicon
Alfabet Kiril
Huruf Slavia
АА́А̀А̂А̄ӒБ
ВГҐДЂЃЕ
Е́ÈЕ̂ЁЄЖЗ
З́ЅИИ́ЍИ̂Й
ІЇЈКЛЉМ
НЊОŌПРС
С́ТЋЌУУ́ У̀
У̂ӮЎФХЦЧ
ЏШЩЪЫЬЭ
ЮЯ
Huruf non-Slavia
ӐА̊А̃Ӓ̄ӔӘӘ́
Ә̃ӚВ̌ҒГ̑Г̣Г̌
ҔӺҒ̌ӶД̌Д̣Д̆
ӖЕ̄Е̃Ё̄Є̈ӁҖ
ӜҘӞЗ̌З̱З̣Ԑ
Ԑ̈ӠӢИ̃ҊӤҚ
ӃҠҞҜК̣ԚӅ
ԮԒӍӉҢԨӇ
ҤО́О̀О̆О̂О̃Ӧ
Ӧ̄ӨӨ̄Ө́Ө̆ӪҨ
ԤР̌ҎҪС̣С̱Т̌
Т̣ҬУ̃Ӱ Ӱ́Ӱ̄Ӳ
ҮҮ́ҰХ̣Х̱Х̮Х̑
ҲӼӾҺҺ̈ԦҴ
ҶӴӋҸҼҾЫ̆
Ы̄ӸҌЭ̆Э̄Э̇Ӭ
Ӭ́Ӭ̄Ю̆Ю̈Ю̈́Ю̄Я̆
Я̄Я̈ Я̈́ԜӀ
Huruf Kuno atau tidak digunakan
ҀѺ
ОУѠѼѾ
ѢѤѦ
ѪѨѬѮ
ѰѲѴѶԘ
ԀԔԖԠԢ
Ҧ
ԂԄԈԊԌ
ԎԆԞ
ԪԬГ̧Г̄

Yo, Jo, atau Io (Ё ё; italik: Ё ё; pengucapan bahasa Rusia: [jɵ]) adalah sebuah huruf dari Alfabet Kiril. Dalam Unicode, huruf Ё dinamai CYRILLIC CAPITAL/SMALL LETTER IO.

Dalam Inggris, huruf kiril Yo diromanisai menggunakan huruf Latin Ë (menurut ALA–LC dan Bahasa Inggris), ë atau () (BGN/PCGN) atau yo/jo (Transkripsi Ortografik) untuk Rusia, dan i͡o (ALA–LC), yo (BGN/PCGN), atau ë (BSI) untuk Belarusia. Dalam Sistem Internasional, Yo diromanisasi sebagai ë (ISO 9).

Itu berasal dari huruf kiril Ye (Е е).

Pengucapan

Bagian ini menjelaskan pengucapan dalam Rusia dan Belarusia. Bahasa lain mungkin memiliki perbedaan yang halus.

Huruf ё adalah suku kata yang ditekankan di sebagian besar kata Rusia dan Belarusia. Dalam bahasa Rusia, ё tanpa tekanan hanya muncul dalam bilangan majemuk dan beberapa suku turunan, yang dianggap sebagai pengecualian.

Ini adalah apa yang disebut vokal teriotasi. Pada posisi awal atau pasca-vokal, ini mewakili bunyi /jo/, seperti pada 'York'. Hal yang sama berlaku jika salah satu dari ъ, ь mendahului ё.

Huruf ё juga menunjukkan fonem /o/ bersama dengan palatalisasi dari konsonan sebelumnya (jika memungkinkan). Tidak ada bunyi /j/ yang muncul antara konsonan dan vokal dalam kasus ini.

Pengucapan yang tepat dari bunyi vokal ё dapat bervariasi karena alofon dalam Rumpun bahasa Slavia. Dalam bahasa Rusia, ini dilafalkan [jɵ], dengan vokal [ɵ] yang mirip dengan bird di Selandia Baru atau bahasa Inggris Afrika Selatan; lihat palatalisasi untuk beberapa latar belakang.

Penggunaan

Yo pertama kali digunakan dalam Rusia, tetapi statusnya dalam bahasa tersebut sekarang menjadi ambigu. Yo muncul sebagai huruf diskrit dalam alfabet Kiril Belarusia, Rusyn, bahasa Mongolia dan banyak Rumpun bahasa Kaukasus dan Rumpun bahasa Turkik.

Rusia

Putri Yekaterina Dashkova mengusulkan pembuatan ё

Huruf Yo atau Jo adalah huruf ketujuh dalam abjad, tetapi meskipun menunjukkan bunyi yang berbeda dari Ye, huruf ini sering diperlakukan sebagai huruf yang sama untuk abjadisasi dan penyortiran. Dalam kamus, ёж (landak) muncul setelah едо́к (orang yang makan) dan sebelum е́здить (naik). Biasanya dicetak sebagai е. Bagian bawah bagian cukup menjelaskan Ё mewakili fonem /o/ setelah /j/ atau konsonan lembut (atau terkadang setelah ж, ш), dan harus selalu dengan tekanan. Itu bergantian dengan е, ditulis dalam posisi tanpa tekanan. ё tanpa tekanan hanya muncul dalam kata pinjaman yang jarang, dalam kata majemuk (dalam hal ini dapat dianggap memiliki tekanan sekunder; terutama, ё muncul pada kata yang mengandung bagian трёх- 'tiga-' dan четырёх- 'empat-'), turunan dari nama huruf ё itu sendiri (ёфика́тор - yoficator), dalam kata pinjaman (кёнигсбе́ргский - kata sifat dari Königsberg, сёрфинги́ст dari surfing - peselancar, сёдзё - shōjo, гёмбёц - gömböc).

Dalam bahasa Rusia modern, refleks Slavonia Umum /e/ di bawah tekanan dan mengikuti konsonan terpalatalisasi tetapi tidak mendahului konsonan palatalisasi adalah /o/. Bandingkan, misalnya, bahasa Rusia моё mojo ("ku" neuter nominatif dan singular akusatif) dan bahasa Polandia/bahasa Ceko/Bahasa Slovakia/Bahasa Serbia-Kroasia/Bahasa Slovenia moje. Namun, karena perubahan bunyi terjadi setelah pengenalan tulisan, huruf е tetap ditulis pada posisi tersebut. Baru pada abad ke-18 upaya dilakukan untuk merepresentasikan suara dalam tulisan.

Sejak pertengahan 1730-an, muncul secara sporadis sebagai іо atau і͡о, sebuah digraf yang secara resmi diadopsi pada tanggal 18 November 1783 pada sesi Dewan Akademi Rusia di bawah kepresidenan Putri Yekaterina Dashkova, dan digunakan dalam Kamus Akademi (1789–1794), tetapi tidak pernah mendapatkan popularitas yang besar.

Kombinasi bunyi [jo] (dan [o] setelah konsonan lunak) yang dibentuk dalam pengucapan bahasa Rusia untuk waktu yang lama tidak menemukan ekspresi apa pun pada surat itu. Pada pertengahan abad ke-18, penunjukan dalam bentuk huruf IO di bawah tutup umum diperkenalkan untuk mereka, tetapi tidak praktis dan jarang digunakan. Varian yang digunakan: tanda о, ьо, їô, ió, ио.

Pada 1783, alih-alih opsi yang ada, huruf "Ё" diusulkan. Namun, dalam pers, ini pertama kali digunakan hanya dua belas tahun kemudian pada tahun 1795. Ada anggapan tentang pengaruh alfabet Swedia.

Pada tanggal 29 November (18 November, gaya lama), pada tahun 1783, direktur Akademi Ilmu Pengetahuan St. Petersburg, Putri Yekaterina Romanovna Dashkova, mengadakan salah satu pertemuan pertama Rusia Akademi, dihadiri oleh Gavrila Derzhavin, Denis Fonvizin, Ivan Lepyokhin, Yakov Knyazhnin, Metropolitan Gavril Petrov dari St. Sebuah proyek untuk kamus Slavonik-Rusia lengkap, "Kamus Akademi Rusia" 6 volume yang diterbitkan kemudian, telah dibahas. Akademisi akan pulang, ketika Yekaterina Romanovna bertanya kepada para sarjana yang berkumpul apakah ada di antara mereka yang bisa menulis kata yolka (ёлка, 'pohon cemara'). Awalnya mereka mengira sang putri sedang bercanda, tetapi menulis kata itu sebagai "іолка" dia bertanya, "Apakah pantas untuk mewakili satu suara dengan dua huruf?" Mengomentari bahwa "pelafalan ini telah diperkenalkan oleh kebiasaan, yang harus diakomodasi dengan segala cara yang memungkinkan, selama tidak bertentangan dengan akal sehat", Dashkova mengusulkan untuk menggunakan huruf baru "Ё" untuk mewakili pengucapan ini. Argumen Dashkova terbukti meyakinkan, dan Metropolitan Gavril dipercaya untuk mengevaluasi huruf baru tersebut.

Pada 18 November 1783 huruf "ё" mendapat pengakuan resmi.

Huruf ё pertama kali digunakan dalam cetakan pada tahun 1795 oleh penyair Ivan Dmitriev. Itu digunakan oleh penulis berpengaruh seperti Nikolai Mikhailovich Karamzin dan Gavrila Derzhavin, yang meyakinkan penerimaannya dalam norma sastra.[1]

Diaresis tidak muncul di atas huruf lain dalam bahasa Rusia. Tidak ada gunanya kecuali untuk membedakan antara е dan ё.

Kecuali untuk periode singkat setelah Perang Dunia II, penggunaan ё tidak pernah wajib dalam ortografi standar Rusia. Pada umumnya, ini hanya digunakan dalam kamus dan literatur pedagogis yang ditujukan untuk anak-anak dan siswa bahasa Rusia sebagai bahasa kedua. Jika tidak, е digunakan, dan ё hanya muncul jika diperlukan untuk menghindari ambiguitas (seperti untuk membedakan antara все ("setiap orang" ) dan всё ("semuanya") jika tidak jelas dari konteksnya) atau dalam kata-kata (terutama kata benda yang tepat) yang pengucapannya mungkin tidak familiar bagi pembaca. Rekomendasi terbaru (2006) dari Russian Language Institute adalah menggunakan ё dalam kata benda yang tepat untuk menghindari pengucapan yang salah.[2] Namun, diizinkan untuk menandai ё setiap kali muncul,[2] yang merupakan pilihan beberapa penulis dan majalah Rusia.

Fakta bahwa ё sering diganti dengan е dalam cetakan sering menyebabkan kebingungan baik bagi orang Rusia maupun non-Rusia, karena membuat kata dan nama Rusia lebih sulit untuk menjadi ditranskrip. Salah satu masalah yang berulang adalah dengan nama keluarga Rusia, karena -ев (-ev) dan -ёв (-yov) adalah akhiran yang umum . Oleh karena itu, dunia berbahasa Inggris mengenal dua pemimpin bekas Uni Soviet sebagai Khrushchev dan Gorbachev, tetapi nama keluarga mereka diakhiri dengan bahasa Rusia dengan -ёв, lebih baik ditranskripsi -yov (itulah sebabnya banyak penutur bahasa Inggris mengucapkan nama-nama ini seolah-olah diakhiri dengan -ov tetapi mereka mengejanya dengan -ev).

Penting untuk dicatat bahwa karena ё biasanya membuat suku kata ditekankan: "Khrushch(e)v" dan "Khrushch(o)v" mungkin terdengar sangat berbeda, karena penutur bahasa Inggris secara tradisional mengalihkan tekanan ke suku kata pertama. Beberapa kata dan nama juga berubah dalam bahasa Rusia karena kebingungan: ё beberapa telah diganti dengan е, dan beberapa е diganti dengan ё.

Munculnya komputer memiliki pengaruh besar pada proses substitusi ё dengan е untuk alasan yang berlawanan: saat ini, alfabet Rusia berisi 33 huruf termasuk ё, dan perancang halaman kode biasanya lebih memilih untuk menghilangkan ё sehingga semua huruf Rusia dapat ditempatkan ke dalam bagian-bagian dari 16 huruf (16, seperti pangkat 2 lainnya, sering kali lebih disukai dalam komputasi daripada angka lainnya). Beberapa contohnya adalah halaman karakter pra-Unicode 866 untuk Microsoft DOS dan 1251 untuk Microsoft Windows. Karena dalam kedua kasus, ё ditempatkan di luar posisi abjad yang benar, ini membuat penyortiran teks menjadi lebih rumit. Pengembang perangkat lunak kemudian akan memilih untuk mengganti semua huruf ё dengan е pada tahap awal pemrosesan teks untuk menyederhanakan tahap selanjutnya.

Transkripsi kata asing

Ё dapat digunakan dalam kata asing yang ditranskrip ke bahasa Rusia yang berasal dari bahasa yang menggunakan bunyi /ø/, dieja eu/ö/ő/ø (Prancis, bahasa Jermanik selain bahasa Inggris, bahasa Uralik), seperti "Gerhard Schröder", yang nama belakangnya ditransliterasikan sebagai Шрёдер (tetapi ё - digunakan sedikit bahasa Bulgaria menggunakan ьo untuk vokal yang sama) karena kemiripannya dengan bunyi asli bahasa Rusia [ɵ]. Surat ini juga sering digunakan untuk menyalin vokal bahasa Inggris /ɜr/, dalam nama seperti Роберт Бёрнс untuk "Robert Burns" atau Хёрст untuk "Hearst"/"Hurst"/"Hirst".

Namun, bunyi [jo], dalam kata-kata dari bahasa Eropa, biasanya ditranskripsikan ke dalam bahasa Rusia sebagai йо pada posisi awal dan pasca-vokal dan ьo setelah konsonan: Нью-Йорк untuk "New York" dan батальон untuk "batalion". Pengecualian yang jelas adalah kata Rusia untuk "serius", yang dieja серьёзный bukan сериозный. Namun, ini karena kata ini berasal dari bahasa Prancis sérieux dengan bunyi /ø/. (Pada abad ke-19 dan awal abad ke-20, kedua ejaan tersebut digunakan.[3] Ejaan dengan иоіо dalam ortografi pra-1918— didasarkan pada bahasa Latin seriosus.)

Huruf ё biasanya digunakan untuk menyalin bahasa Jepang ke dalam Kiril Rusia, muncul di Transkripsi Rusia ke Jepang yang akan muncul sebagai yo (よ), kyo (きょ), sho (しょ) dll. dalam Romanisasi Hepburn, tetapi ada beberapa ejaan tradisional yang melanggar aturan ini. Misalnya, "Yokohama" dieja dalam bahasa Rusia dengan Ио, bukan Ё. Demikian pula, ё digunakan untuk mentranskrip ke Kiril Rusia dan di bahasa Korea yang berbunyi romanisasi sebagai yo. Dalam transkripsi tersebut, serta dalam bahasa selain Rusia di mana ё digunakan, penggunaan ё daripada е adalah wajib.

Masalah hukum

Diperkirakan bahwa huruf ё ditemukan di setidaknya 2500 nama keluarga yang digunakan di Rusia dan negara bagian bekas Uni Soviet lainnya. Biasanya seseorang yang memiliki salah satu dari nama belakang ini memiliki beberapa dokumen resmi (paspor, kartu identitas, akta nikah dan kelahiran, surat kepemilikan properti, dll.) yang namanya ditulis dengan ё, dan beberapa yang menggunakan е sebagai gantinya. Dalam situasi lain, akta kelahiran anak mungkin memiliki ё dan surat identitas orang tua semuanya memiliki е. Kadang-kadang ketidakcocokan seperti itu menyebabkan masalah bagi warga negara yang menerima warisan atau menyelesaikan transaksi properti.[4]

Belarusia dan Rusyn

Yo adalah huruf ketujuh dari alfabet Belarusia dan huruf kesembilan dari Alfabet Prešov Rusyn Slovakia, dalam alfabet Rusyn Pannonia, Yo tidak ada.

Dalam bahasa Belarusia dan Prešov Rusyn, huruf е dan ё terpisah dan tidak dapat dipertukarkan.

Dungan

Berbeda dengan sistem ejaan Rusia, ё adalah wajib dalam alfabet Kiril yang digunakan oleh Dungan. Dalam bahasa itu, perbedaan е/ё sangat penting, karena yang pertama digunakan untuk menulis suku kata yang akan memiliki ejaan pinyin ye di Mandarin, dan yang terakhir digunakan untuk suku kata yang muncul sebagai yao di pinyin. Ё sangat menonjol dalam ejaan Dungan karena suku kata yang sangat umum muncul sebagai yang dalam Pinyin dieja ён dalam Dungan.


Huruf Terkait

Kode Komputasi

Informasi karakter
Pratayang Ё ё
Nama Unicode CYRILLIC CAPITAL LETTER IO CYRILLIC SMALL LETTER IO
Pengodean decimal hex dec hex
Unicode 1025 U+0401 1105 U+0451
UTF-8 208 129 D0 81 209 145 D1 91
Referensi karakter numerik Ё Ё ё ё
Referensi karakter bernama Ё ё
KOI8-R and KOI8-U 179 B3 163 A3
CP 866 240 F0 241 F1
Windows-1251 168 A8 184 B8
ISO 8859-5 161 A1 241 F1
Mac Cyrillic 221 DD 222 DE

Lihat pula

Pranala luar

  1. ^ Е. В. Пчелов, "Буква ё в русской азбуке и письменности",Палеография и кодикология: 300 лет после Монфокона. Материалы (Ред.М.В.Бибиков и др.), Москва, 2008: стр.139–148
  2. ^ a b «Правила русской орфографии и пунктуации. Полный академический справочник. Под ред. В. В. Лопатина», ЭКСМО, 2006. Стр. 20, § 5
  3. ^ Я.К.Грот, Русское правописание, 15-ое изд., Санктпетербург, 1902, p.84
  4. ^ Буквоеды, Novoye Delo, 2009 -06-18
Kembali kehalaman sebelumnya

Lokasi Pengunjung: 44.211.26.178