Share to: share facebook share twitter share wa share telegram print page

Suku Singkil

Singkil
Upacara khitanan adat Singkil.
Jumlah populasi
74.000[1]
Daerah dengan populasi signifikan
Aceh
(terutama di Subulussalam, Aceh Singkil, Aceh Selatan, dan Aceh Tenggara)
Bahasa
Bahasa Singkil
Agama
Mayoritas
Islam Suni (90%[2])
Kelompok etnik terkait

Singkil adalah salah satu kelompok etnis yang menyebar dan menetap di wilayah Subulussalam, Aceh Singkil, dan sebagian wilayah Aceh Selatan dan Aceh Tenggara di Aceh. Dalam etnis Batak Pakpak, Singkil termasuk ke dalam suak Boang.

Bahasa

Peta rumpun bahasa Batak. Terlihat bahwa bahasa Singkil merupakan penyebaran dari bahasa Batak Karo.

Bahasa Singkil adalah bahasa asli masyarakat Singkil yang dituturkan di wilayah Subulussalam, Aceh Singkil, dan sebagian wilayah Aceh Selatan dan Aceh Tenggara. Bahasa ini merupakan penyebaran dari bahasa Batak Karo.

Namun, bahasa Singkil di sisi lain mempunyai keunikannya sendiri, yakni berupa kosakata yang jauh berbeda dengan bahasa Batak Karo serta mempunyai ciri khas seperti huruf r diucapkan kh.

Budaya

Berdadoes Singkil, tari perang.

Etnis Singkil memiliki budaya tersendiri yang banyak dipengaruhi oleh tradisi keislaman. Meski serumpun, etnis ini memiliki adat dan budaya yang berbeda dengan etnis Batak Pakpak. Hal ini dikarenakan masyarakat Singkil mayoritas beragama Islam sedangkan masyarakat Batak Pakpak mayoritas beragama Kristen.

Selain itu, etnis Singkil lebih banyak bercampur dengan etnis-etnis pendatang, seperti Batak Pakpak, Batak Karo, Minangkabau, dan Aceh.

Marga

Pemandangan desa dengan tentara di Aceh Singkil (ca. 1890—ca. 1920).

Secara umum, nama marga yang digunakan oleh masyarakat Singkil relatif sama dengan marga-marga yang ada di etnis Batak Pakpak, Batak Karo, Batak Alas, Batak Kluet, Gayo, Batak Toba, dan sedikit sisanya adalah marga yang berasal dari suku Minangkabau dan Aceh.

Daftar marga Singkil

Beberapa marga yang terdapat dalam etnis Singkil, di antaranya adalah:

Adapun beberapa marga Singkil yang berasal dari keturunan Minangkabau yang telah berasimilasi menjadi masyarakat Singkil sejak berabad-abad yang lalu, yaitu:

Agama

Masyarakat Singkil (ca. 1900).

Masyarakat Singkil mayoritas beragama Islam. Agama Islam diyakini telah menyebar sejak beberapa abad ke daerah Singkil. Kemudian juga dari kekuasaan Kesultanan Aceh yang pernah menguasainya selama beberapa abad.


Referensi

  1. ^ "Singkil Malay in Indonesia". Joshua Project (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 7 September 2023. 
  2. ^ "Singkil Malay in Indonesia". Joshua Project (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 7 September 2023. 


Baca informasi lainnya:
Kembali kehalaman sebelumnya

Lokasi Pengunjung: 44.192.15.251