Share to: share facebook share twitter share wa share telegram print page

Sukjong dari Joseon

Sukjong dari Joseon
Raja Joseon
Raja Joseon
Berkuasa1674-1720 (46 tahun)
PendahuluRaja Hyeonjong
PenerusRaja Gyeongjong
Kelahiran1661
Istana Changdeok, Joseon
Kematian1720
?
AyahRaja Hyeonjong
IbuRatu Myeongseong
PasanganRatu
Ratu Ingyeong
Ratu Inhyeon
Ratu Inwon
Selir Agung Istana
Selir Hui dari klan Jang
Selir Suk dari klan Choe
Selir Myeong dari klan Park
Selir Yeong dari klan Kim
Sukjong dari Joseon
Hangul
숙종
Hanja
肅宗
Alih AksaraSukjong
McCune–ReischauerSukchong
Nama lahir
Hangul
이순
Hanja
李焞
Alih AksaraI Sun
McCune–ReischauerI Sun


Sukjong (Hangeul: 숙종대왕) (16611720, memerintah dari tahun 16741720) merupakan raja ke-19 Dinasti Joseon, Korea.

Biografi

Raja Sukjong dilahirkan pada tanggal 15 Agustus 1661, putra Raja Hyeonjong dan Ratu Myeongseong di Istana Changdeok. Namanya adalah Yi Sun. Ia menjadi Putra Mahkota pada tahun 1667 pada usia 7 tahun dan pada tahun 1674, pada usia 14 tahun, ia menjadi raja Dinasti Joseon yang ke-19.

Raja Sukjong merupakan seorang politisi yang cerdas, tetapi pemerintahannya ditandai oleh pertengkaran intens beberapa fraksi di dalam Dinasti Joseon. Sukjong sering mengganti fraksi yang berkuasa dengan yang lainnya untuk menguatkan otoritas kerajaan. Dengan pergantian tersebut, yang disebut dengan hwanguk (환국 換局), dibaca pergantian negara, fraksi yang kalah dsingkirkan seluruhnya dari politik dengan eksekusi dan diasingkan. Walaupun demikian, pergantian yang semrawut itu tidak memengaruhi populasi umum secara signifikan, dan pemerintahannya dianggap sebagai salah satu dari masa kemakmuran.

Pertengkaran Fraksi

Di awal tahun pemerintahan Sukjong, fraksi Selatan dan Barat berselisih tentang upacara Pemakaman Kerajaan, masalah yang kelihatannya kecil mengenai periode berkabung untuk Ratu Insun. Fraksi Selatan menuntut bahwa periode berkabung harus dilakukan selama satu tahun dan sebaliknya fraksi Barat membantah bahwa periode berkabung selama sembilan bulan. Satu tahun masa berkabung berarti Hyojong dianggap sebagai putra tertua dan periode sembilan bulan menandakan bahwa Hyojong tidak dianggap sebagai putra tertua, diikuti dengan peraturan yang memerintah di dalam kelas Yangban. Dengan kata lain, fraksi Barat melihat keluarga kerajaan sebagai kelas yangban yang pertama daripada kelas yang terpisah di mana peraturan lainnya diterapkan. Kedua fraksi tersebut juga berada di dalam konflik dengan isu memerangi Dinasti Qing, yang dianggap sebagai negara barbar (yang beda dengan Dinasti Ming) yang mengancam keamanan nasional Joseon. Fraksi Selatan yang dipimpin oleh Huh Jeok dan Yoon Hyu, mendukung perang melawan Qing dan fraksi Barat pertama-tama ingin fokus di dalam mengembangkan kondisi domestik.

Sukjong mulanya berpihak pada fraksi Selatan, tetapi pada tahun 1680, Huh Jeok dituduh berkhianat oleh fraksi Barat, yang mengakibatkan Huh Jeok dan Yoon Hyu di eksekusi dan pemberantasan dari fraksi Selatan. Insiden ini disebut Kyungshin hwanguk (경신환국). Sekarang yang berkuasa, fraksi Barat dipisah menjadi fraksi Noron (Pelajaran Lama) yang dipimpin oleh Song Siyeol, dan fraksi Soron (Pelajaran Baru), yang dipimpin oleh Yoon Jeung. Setelah 9 tahun berkuasa, Noron ambruk ketika Sukjong menggulingkan Ratu Inhyeon, yang di dukung oleh fraksi Barat, dan menunjuk Selir Hee dari klan Jang (atau Selir Jang) sebagai ratu yang baru. Fraksi Barat membuat geram Sukjong ketika mereka menentang pelantikan putra Selir Jang (selir Hui) sebagai putra mahkota. Fraksi Selatan, yang mendukung Selir Jang dan putranya, mendapatkan kembali kekuasaan dan menyingkirkan fraksi Barat, mengeksekusi Song Siyeol sebagai tindakan balas dendam. Ini dinamakan Gisa hwangguk (기사환국).

Lima tahun kemudian pada tahun 1694, fraksi Selatan merencakan pemberantasan lainnya terhadap fraksi Barat, menuduh mereka berkonspirasi untuk menempatkan kembali Ratu Inhyeon yang diasingkan, ketika Sukjong mulai menyesal telah mengasingkan Ratu Inhyeon dan menyayangi Selir Suk dari Wangsa Choi (Selir Choi), sekutu Ratu Inhyeon dan fraksi Noron. Marah dengan usaha fraksi Selatan yang memberantas fraksi Barat, Sukjong tiba-tiba berbalik memberantas faksi Selatan dan membawa fraksi Barat kembali berkuasa. Fraksi Selatan tidak pernah pulih dari pukulan ini, juga disebut Gapsul hwanguk (갑술환국). Sukjong menurunkan gelar Ratu Jang (selir Hui) menjadi Selir Jang dan menempatkan kembali Ratu Inhyeon. Selir Jang akhirnya dieksekusi dengan minum racun karena mengutuk Ratu Inhyeon serta diduga membunuh Ibu suri Myongseong atau Ibu dari Raja Sukjong yang kemudian meninggal. Fraksi Soron mendukung Putra Mahkota, putra Selir Jang, dan fraksi Noron mendukung putra Selir Choi, Yeonying-gun (Geum) (kemudian menjadi Yeongjo). Mendiang Ratu Inhyeon dan Ratu yang baru Inwon (Ratu Baru yang menggantikan Mendiang Ratu Inhyeon karena selir Choi menolak permintaan Raja Sukjong untuk menjadi Ratu dan hidup bahagia bersama sang Raja), tidak memiliki keturunan.

Pada tahun 1718, Sukjong membiarkan putra mahkota, yang bakal menjadi Gyeongjong, memerintah negara sebagai seorang pemangku takhta kerajaan. Ia meninggal pada tahun 1720 konon setelah memberitahu Yi Yi-myoung untuk menunjuk Yeonying-gun sebagai ahli waris Kyungjong, tetapi tanpa kehadiran pencatat sejarah atau diari kerajaan. Wasiat ini mengakibatkan pemberantasan lain yang mengakibatkan 4 pemimpin Noron di eksekusi pada tahun 1721, diikuti oleh pemberantasan lainnya dengan eksekusi 8 anggota Noron pada tahun 1722.

Sukjong mereformasi sistem pajak dan mengizinkan kelas menengah dan anak-anak selir untuk maju ke posisi pemerintah yang lebih tinggi di provinsi-provinsi. Pada tahun 1712, pemerintahan Sukjong bekerja dengan Dinasti Qing, Tiongkok untuk menetapkan perbatasan nasional antara dua negara di Sungai Yalu dan Tumen. Pemerintah Jepang mengakui Pulau Ulleung dan Batu Liancourt sebagai wilayah Joseon pada tahun 1696. Pemerintahan Sukjong juga menyaksikan perkembangan pertanian dari provinsi jauh dan meningkatnya aktivitas budaya termasuk publikasi-publikasi.

Raja Sukjong memiliki 3 Ratu dan 7 Selir, 7 putra (2 dari mereka diragukan) dan 2 putri (lihat silsilah keluarga di bawah ini). Ia meninggal setelah 46 tahun memerintah pada tahun 1720 pada usia 60 tahun. Ia dimakamkan di Myeongreung (명릉) di provinsi Gyeonggi, Kota Goyang di dalam Pemakaman Lima Kerajaan Barat (西五陵 서오릉 seooreung).

Keluarga

Daftar Keluarga Sukjong

  • Ayahanda: Raja Hyeonjong (현종)
  • Ibunda: Ratu Myeongseong dari Cheopung Klan Kim (명성왕후 김씨)
  • Permaisuri:
  1. Ratu Ingyeong dari Klan Gwangsan Kim (인경왕후 김씨, 1661–1680)
  2. Ratu Inhyeon dari Klan Yeoheung Min (인현왕후 민씨, 1667–1701) - Tanpa keturunan
  3. Ratu Inwon dari Klan Gyeongju Kim (인원왕후 김씨, 1687–1757) - Tanpa keturunan
  • Selir:
  1. Selir Hui-bin dari Klan Indong Jang (희빈 장옥정, 1659-10 Oktober, 1701)
  2. Selir Suk-bin dari Klan Haeju Choi (숙빈 최씨, 1670-1718)
  3. Selir Myeong-bin dari Klan Miryang Park (명빈 박씨, ?-1703)
  4. Selir Yeong-bin dari Klan Andong Kim (영빈 김씨, 1699-1735)
  5. Selir Gwi-in dari Klan Gyeongju Kim (귀인 김씨, 1690-1735)
  6. Selir So-ui dari Klan Gangreung Yu (소의 유씨, ?-1707)
  7. Choi So-ui (소의 최씨)
  • Keturunan:
  1. Pangeran Yun (왕세자 1688-1724), Putra Tunggal Selir Hui dari Wangsa Indong Jang.
  2. Pangeran Seongsu (성수왕자), (Diragukan) Putra Selir Hui dari Wangsa Indong Jang.
  3. Pangeran Yeongsoo (영수왕자), (Yang Pertama Diragukan) Putra Selir Suk dari Wangsa Choi.
  4. Pangeran Yeoning (연잉군 1694–1776), Putra Tunggal Selir Suk dari Wangsa Choi.
  5. Seorang Putra tak bernama (Yang Kedua Diragukan) Selir Suk dari Wangsa Choi.
  6. Pangeran Yeonryeong (연령군, 1699–1719), Putra Tunggal Selir Myeong dari Wangsa Park.
  7. Seorang Putra Tunggal tak diketahui (Diragukan) Selir Choi So-ui.
  8. Dua orang putri tak bernama Ratu Ingyeong dari Wangsa Kim.

Catatan Para Permaisuri Sukjong

Ratu Ingyeong (1661–1680)

Putri Kim Man-gi[1] dan Nyonya Han.[2] Ia menikah di usia 10 tahun dengan Sukjong (yang ketika itu masih sebagai Putra Mahkota (王世子 왕세자 wangseja), gelarnya adalah Putri Mahkota (王世子嬪 왕세자빈 wangsejabin). Pada tahun 1674, bersama dengan kenaikan takhta suaminya, ia menjadi Permaisuri Joseon. Pada bulan Oktober 1680 (usia 19 tahun), ia sakit cacar dan meninggal 8 hari kemudian di Istana Changdeok. Ia dimakamkan di Ikneung (익릉) di Provinsi Gyeonggi. Ia memiliki 2 putri, yang mati lahir.

Ia diberikan gelar anumerta "Ratu Ingyeong, Gwangryeol Hyojang Myeonghyeon Seonmok Hyeseong Sunui" (광렬효장명현선목혜성순의인경왕후 光烈孝莊明顯宣穆惠聖純懿仁敬王后).

Ratu Inhyeon (1667–1701)

Putri Min Yoo-jung[3] dan Nyonya Song,[4] ia menjadi Permaisuri Sukjong dengan pernikahan pada tahun 1681. Ia mungkin dikenal sebagai salah satu Ratu terbaik di dalam Dinasti Joseon. Kehidupannya digambarkan di dalam banyak drama sejarah Korea. Ketika so-ui[5] Jang Ok-jeong melahirkan seorang putra pada tahun 1688, terjadi perselisihan berdarah yang dikenal sebagai Gisa Sahwa (기사사화). Selama ini, Sukjong ingin memberikan putra tertuanya (gelar wonja (元子 원자)[6]) gelar "Putra Mahkota" (王世子 왕세자 wangseja) dan ingin mempromosikan Nyonya Jang dari status So-ui ke status Hui-bin.[7] Aksi ini ditentang oleh fraksi Noron (dipimpin oleh Song Si-yeol, dengan Min Yoo-jung (ayahanda Inhyeon) sebagai anggotanya), dan hal ini didukung oleh fraksi Soron (di mana Jang Hui-jae (kemudian) kakanda Jang so-ui adalah salah seorang anggotanya). Sukjong menjadi marah dengan oposisi tersebut, dan banyak yang dibunuh termasuk Song Si-yeol. Banyak anggota termasuk Inhyeon dan keluarganya, dipaksa dibuang ke pengasingan. Ratu Inhyeon dipecat dan Jang so-ui menjadi Jang hui-bin, dan kemudian menjadi Permaisuri Ketiga.

Kemudian pada tahun 1694, Sukjong, merasa menyesal atas perbuatannya, dan menyerah kepada penempatan kembali Inhyeon, yang dipimpin oleh Soron (kejadian ini dikenal sebagai Gapsul Hwanguk (갑술환국)) Ia dibawa kembali ke istana dan dikembalikan statusnya sebagai Permaisuri, dengan Nyonya Jang diturunkan ke status hui-bin. Pada tahun 1701 di usia 34 tahun, ia jatuh sakit dan meninggal, penyebab penyakit tersebut tidak diketahui.[8]

Konon ketika Sukjong sedang berkabung atas kematian Inhyeon, ia memimpikannya mengenakan pakaian sobok yang penuh bersimbahan darah. Sukjong bertanya pada Inhyeon bagaimana ia meninggal, yang kemudian menunjuk ke arah kamar Jang Hui-bin (tanpa berkata apa-apa). Sukjong terbangun dari mimpinya dan pergi ke kamar Jang. Ketika mendekat, ia mendengar musik dan suara tertawa. Dengan menguping ia melihat Jang Hui-bin dengan seorang Shaman di dalam kamarnya, sedang berdoa untuk kematian Ratu, dan menusuk sebuah boneka dengan panah. Ketika hal tersebut dipergoki oleh Sukjong, ia (bersama dengan kakandanya) dieksekusi atas perbuatannya (dengan racun (사사 sasa)).

Salah satu pelayan Ratu menulis sebuah buku yang disebut Inhyeon Wanghu Jeon (仁顯王后傳 인현왕후전 Kisah Ratu Inhyeon), yang masih ada sampai sekarang. Ia dimakamkan di Myeongreung (명릉) Provinsi Gyeonggi, dan Sukjong kemudian dimakamkan dekat dengannya di area yang sama. Ia tidak memiliki keturunan dengan Sukjong.

Ia diberikan gelar anumerta "Ratu Inhyeon, Hyogyeong Sukseong Jangsun Wonhwa Uiyeol Jeongmok" (효경숙성장순원화의열정목인현왕후 孝敬淑聖莊純元化懿烈貞穆仁顯王后).

Ratu Inwon (1687–1757)

Putri Kim Joo-shin[9] dan Nyonya Jo dari Wangsa Imcheon Jo,[10] ia menikah dan menjadi[11] Permaisuri Ketiga Sukjong pada usia 15 tahun, pada tahun 1702, setelah kematian Inhyeon pada tahun 1701. Ia selamat dari penyakit cacar pada tahun 1711. Ia menjadi Ibu Suri (大妃 대비 daebi) setelah Sukjong meninggal dan anak tirinya (oleh Jang hui-bin) menjadi raja, dan Ibu Suri yang Agung (大王大妃 대왕대비 daewangdaebi) pada tahun 1724 setelah Gyeongjong (anak tirinya oleh Jang hui-bin) meninggal dan Yeongjo (anak tiri lainnya oleh Choi suk-bin), yang ia sayangi, menjadi raja. Ia tidak memiliki keturunan, dan meninggal pada tahun 1757 (usia 70 tahun), dan dimakamkan dekat dengan makam Sukjong dan Inhyeon di Provinsi Gyeonggi.

Ia diberikan gelar anumerta "Ratu Inwon, Hyesun Jagyeong Heonryeol Gwangseon Hyeonik Kangseong Jeongdeok Suchang Yeongbok Yunghwa Hwijeong Jeongwoon Jeongui Jangmok Inwon Wanghu" (혜순자경헌렬광선현익강성정덕수창영복융화휘정정운정의장목인원왕후 惠順慈敬獻烈光宣顯翼康聖貞德壽昌永福隆化徽精正運定懿章穆仁元王后).

Jang Hui-bin (1659–1701)

Ia hanya diketahui sebagai seorang keponakan yang pernah disingkirkan seorang pedagang yang bernama Jang Hyeon (장현) dan tidak ada catatan tentang siapa ayahandanya. Namun konon menurut sebuah legenda, ayahandanya adalah Jo Sa-seok (조사석; keponakan kedua Ibu Suri Jangryeol), karena ibu Ok-jeong (Nyonya Yoon) merupakan gundiknya yang terkenal.

Ok-jeong menjadi pelayan istana Ibu Suri Jangryeol (ratu kedua Injo) dengan rekomendasi Pangeran Dongpyeong (keponakan pertama Sukjong yang pernah dipecat). Kemudian pada tahun 1686, Sukjong bertemu dengannya setelah sebuah kunjungan dengan nenek buyut tirinya (Ibu Suri Jangryeol) dan menjadikannya selir dan memberinya gelar suk-won.[12] Pada tahun 1688, ia dipromosikan gelar so-ui, dan pada tahun 1688 ia melahirkan seorang putra, dan menjadi hui-bin. Ketika Inhyeon dipecat dan dibuang ke pengasingan pada bulan Mei 1688, ia menjadi Permaisuri Ketiga yang didukung oleh fraksi Soron, dan putranya dijadikan Putra Mahkota yang memberikan peluang untuk Gisa Hwanguk.

Kemudian pada tahun 1694, dengan penempatan kembali Inhyeon, Permaisuri dikembalikan statusnya menjadi hui-bin. Pada tahun 1701, Inhyeon meninggal karena sebuah penyakit yang tidak diketahui. Konon Sukjong memergoki Jang hui-bin, kakandanya Jang Hui-jae dan seorang Shaman menjampi-jampi kematian Inhyeon (ketika menusuk sebuah boneka dengan panah). Jang hui-bin, kakandanya, dan oknum-oknum yang terlibat ditahan dan di hukum mati dengan meminum racun. Ia berusia 42 tahun dan memiliki dua orang anak: Gyeongjong dan Pangeran Seongsu (diragukan).

Setelah peristiwa ini, Sukjong mengeluarkan hukum yang melarang selir-selir diizinkan menjadi Permaisuri di kemudian hari. Jang hui-bin meninggalkan banyak cerita-cerita rakyat termasuk ketamakannya akan kekuasaan, dan sebuah cerita tentang kejadian sebelum kematiannya dengan putranya (kemudian Putra Mahkota (bakal Gyeongjong).[13]

Walaupun demikian, karena ia merupakan ibu dari Putra Mahkota, ia diberikan gelar anumerta "Nyonya Oksan, Selir Istana yang Agung; Selir Prefektur yang Agung Wangsa Indong Jang" (대빈궁옥산부대빈장씨 大嬪宮玉山府大嬪張氏).

Choe Suk-bin (1670-1718)

Tidak ada catatan tentang kehidupannya sebelum ia menjadi selir Sukjong. Ia adalah seorang pelayan air di dalam istana, dibawah Ratu Inhyeon. Di suatu malam, ia berdoa di dalam kamarnya untuk kesehatan Inhyeon, ketika Sukjong yang lewat di depannya setelah bepergian dari luar istana mendengarnya dan tersentuh akan ketulusan hatinya (Sukjong yang sedang menyesal pada saat itu), menjadikannya sebagai selirnya. Ia menjadi suk-ui setelah melahirkan seorang putra pada tahun 1694. Selain anak ini, ia memiliki 2 orang putra lainnya (keduanya diragukan). Setelah Pangeran Yeoning (Yeongjo) lahir pada tahun 1694, ia dipromosikan menjadi "suk bin" Ia diberikan gelar anumerta "Nyonya Hwagyeong, Selir Suk dari Wangsa Choi" (화경숙빈최씨 和瓊淑嬪崔氏).

Park myeong-bin

Tidak ada catatan hanya sebuah kenyataan bahwa ia merupakan putri dari seorang Yangban. Ia memiliki satu orang putra, Pangeran Yeonryeong.

Nama Lengkap Anumertanya

  • Raja Sukjong Hyeoneui Gwangyun Yeseong Yeongryeol Yumo Yeongun Hongin Jundeok Baecheon Habdo Gyehyu Dokgyung Jeongjung Hyeopgeuk Sineui Daehun Jangmun Heonmu Gyungmyung Wonhyo yang Agung Korea
  • 숙종현의광윤예성영렬유모영운홍인준덕배천합도계휴독경정중협극신의대훈장문헌무경명원효대왕
  • 肅宗顯義光倫睿聖英烈裕謨永運洪仁峻德配天合道啓休篤慶正中協極神毅大勳章文憲武敬明原孝大王

Silsilah

Raja Injo
Yi Ho, Raja Hyojong
Permaisuri Han
(Ratu Inyeol)
Yi Yeon, Raja Hyeonjong
Jang Yu, Pangeran Bongrim
Permaisuri Jang
(Ratu Inseon)
Nyonya Kim, Permaisuri Putri Yeongga
Yi Sun, Raja Sukjong
Kim Yuk
Kim Woomyeong, Pangeran Cheongpung
Nyonya Yun
Permaisuri Kim
(Ratu Myeongseong)
Song Guktaek
Nyonya Song, Permaisuri Putri Deokeun
Nyonya Kang

Kebudayaan Modern

Referensi

  1. ^ Entitled as "Internal Prince Gwangseong" (광성부원군).
  2. ^ Entitled as "Lady Seowon, Princess Consort to the Internal Prince" (서원부부인).
  3. ^ Entitled as "Internal Prince Yeoyang" (여양부원군).
  4. ^ Entitled as "Lady Eunseong, Princess Consort to the Internal Prince" (은성부부인).
  5. ^ So-ui is the 3rd highest title for a King's concubine.
  6. ^ Literally the "First Son".
  7. ^ Bin (translated as "Royal Noble Consort") is the highest title for a King's concubine, just under the Queen.
  8. ^ Others say she had been poisoned
  9. ^ Entitled as "Internal Prince Gyeongeun" (경은부원군)
  10. ^ Entitled as "Lady Garim, Princess Consort to the Internal Prince" (가림부부인)
  11. ^ Actually, she was the 4th Queen Consort, but is officially the 3rd official Queen Consort. Jang Ok-jeong was the 3rd Queen Consort, but was ousted upon Queen Inhyeon's reinstatement.
  12. ^ Suk-won is the 8th title for a King's concubine.
  13. ^ Jang hui-bin severely beat and mutilated Gyeongjong, leaving him feeble minded and impotent http://www.royalark.net/Korea/korea6.htm

Lihat pula

Sukjong dari Joseon
Lahir: 7 Oktober 1661 Meninggal: 12 Juli 1720
Gelar kebangsawanan
Didahului oleh:
Hyeonjong
Raja Joseon
1674–1720
bersama dengan Gyeongjong (1718–1720)
Diteruskan oleh:
Gyeongjong

Read other articles:

German sociologist and philosopher (1858–1918) Georg SimmelBorn1 March 1858Berlin, Kingdom of PrussiaDied26 September 1918(1918-09-26) (aged 60)Strassburg, German EmpireNationalityGermanAlma materUniversity of Berlin (PhD)Era19th-century philosophyRegionWestern philosophySchoolNeo-KantianismLebensphilosophie[1]InstitutionsUniversity of BerlinUniversity of StrasbourgNotable studentsGyörgy Lukács, Robert E. Park, Max SchelerMain interestsPhilosophy, sociologyNotable ideasForm…

سافيناميد يعالج مرض باركنسون[1]  اعتبارات علاجية معرّفات CAS 133865-89-1  ك ع ت N04BD03  بوب كيم 131682  ECHA InfoCard ID 100.120.167  درغ بنك 06654  كيم سبايدر 116349  المكون الفريد 90ENL74SIG  كيوتو D10158  ChEMBL CHEMBL396778  بيانات كيميائية الصيغة الكيميائية C₁₇H₁₉FN₂O₂[2]  محددات ا…

  لمعانٍ أخرى، طالع شجاع (توضيح). شجاع تقسيم إداري البلد إيران  إحداثيات 38°54′01″N 45°38′45″E / 38.900278°N 45.645833°E / 38.900278; 45.645833  تعديل مصدري - تعديل   شجاع هي قرية في مقاطعة جلفا، إيران. عدد سكان هذه القرية هو 2,287 في سنة 2006.[1] مراجع ^ تعداد سكان جمهورية إيران ا…

Gazave Gemeente in Frankrijk Situering Regio Occitanie Departement Hautes-Pyrénées (65) Arrondissement Bagnères-de-Bigorre Kanton Neste, Aure et Louron Coördinaten 43° 2′ NB, 0° 27′ OL Algemeen Oppervlakte 7,17 km² Inwoners (1 januari 2020) 71[1] (10 inw./km²) Hoogte 517 - 1211 m Overig Postcode 65250 INSEE-code 65190 Foto's Kerk Saint-Barthélemy Portaal    Frankrijk Gazave is een gemeente in het Franse departement Hautes-Pyrénées (regio Occitanie) en tel…

Romanian government office A prefect (Romanian: prefect) in Romania represents the Government in each of the country's 41 counties, as well as the Municipality of Bucharest. History The prefecture of the former Târnava-Mică County in Diciosânmartin (now Târnăveni) The office traces its origin to the ispravnici who held office in the Danubian Principalities before these united in 1859. Two laws of 1864 introduced the office of prefect into the new Romanian state, modelled on the French equiv…

Atlas Delmenhorst kan verwijzen naar: Atlas Delmenhorst (1973) - voormalige voetbalclub (1973-2002) Atlas Delmenhorst (2012) - actieve voetbalclub Bekijk alle artikelen waarvan de titel begint met Atlas Delmenhorst of met Atlas Delmenhorst in de titel. Dit is een doorverwijspagina, bedoeld om de verschillen in betekenis of gebruik van Atlas Delmenhorst inzichtelijk te maken. Op deze pagina staat een uitleg van de verschillende betekenissen van Atlas Delmenhorst en verwij…

село Ісаківці Старий міст через Збруч у селі ІсаківціСтарий міст через Збруч у селі Ісаківці Країна  Україна Область Хмельницька область Район Кам'янець-Подільський район Громада Жванецька сільська громада Основні дані Засноване 1493 Населення 64 Площа 0,548 км² Густота…

Lakewood EstaciónUbicaciónCoordenadas 47°09′11″N 122°29′56″O / 47.153, -122.499Dirección 11424 Pacific Highway SW,Lakewood, WA 98499Datos de la estaciónInauguración 2012Servicios N.º de andenes 1 plataforma lateralN.º de vías 1Propietario Sound TransitAdministración Sound TransitLíneas Terminal ← Línea South → South Tacoma Mapa Lakewood Ubicación de la estación Lakewood[editar datos en Wikidata] Lakewood es una estación en la Línea South del…

Der Titel dieses Artikels ist mehrdeutig. Siehe auch: Bärental. Wappen Deutschlandkarte 48.0736111111118.9277777777778669Koordinaten: 48° 4′ N, 8° 56′ O Basisdaten Bundesland: Baden-Württemberg Regierungsbezirk: Freiburg Landkreis: Tuttlingen Gemeindeverwal­tungsverband: Donau-Heuberg Höhe: 669 m ü. NHN Fläche: 12,69 km2 Einwohner: 495 (31. Dez. 2022)[1] Bevölkerungsdichte: 39 Einwohner je km2 Postleitzahl: 78580 Vorw…

Korean baseball player (born 1987) The native form of this personal name is Ryu Hyun-jin. This article uses Western name order when mentioning individuals. In this Korean name, the family name is Ryu. Baseball player Hyun-jin RyuRyu with the Los Angeles Dodgers in 2013Free agent PitcherBorn: (1987-03-25) March 25, 1987 (age 36)Incheon, South KoreaBats: RightThrows: LeftProfessional debutKBO: April 12, 2006, for the Hanwha EaglesMLB: April 2, 2013, for the L…

De Gran's plot of de methode van Gran is in de analytische chemie een algoritme om vanuit een serie tijdens een potentiometrische titratie verzamelde meetpunten een equivalentiepunt te berekenen. Het gevolgde algoritme is algemeen geaccepteerd, strikt rekenkundig, eenvoudig in een computerprogramma te vertalen en het ondervangt het belangrijkste bezwaar tegen de methode van de tweede afgeleide. Het belangrijkste voordeel van het algoritme is dat alle in de berekening meegenomen meetwaarden even …

Cricket governing body in Tamil Nadu, India Tamil Nadu Cricket AssociationSportCricketJurisdictionTamil NaduAbbreviationTNCAFounded1932 (1932)AffiliationBoard of Control for Cricket in IndiaHeadquartersM.A. Chidambaram StadiumLocationChennai, Tamil Nadu, IndiaPresidentDr. P. Ashok Sigamani SecretaryShri R. I. PalaniOfficial websitewww.tnca.cricket The Tamil Nadu Cricket Association (TNCA) is the governing body of cricket activities in the Indian state of Tamil Nadu. It is affiliated with th…

Overview of the foreign relations of Ethiopia Politics of Ethiopia ConstitutionPresidency Constitution History President (List) Sahle-Work Zewde Executive Prime Minister (List) Abiy Ahmed Deputies Debretsion Gebremichael Demeke Mekonnen Muktar Kedir Council of Ministers Legislature House of Federation House of Peoples' Representatives Judiciary Federal Supreme Court Elections Recent elections Presidential: 20132018 Parliamentary: 20152021 NEBEPolitical parties Administrative divisions Regions Zo…

Canonmills Clock Baxters Land lintel dated 1686 Canonmills is a district of Edinburgh,[1] the capital of Scotland. It lies to the south east of the Royal Botanic Garden at Inverleith, east of Stockbridge and west of Bellevue, in a low hollow north of Edinburgh's New Town. The area was formerly a loch which was drained in three phases in the 18th and 19th centuries, disappearing finally in 1865. History Holyrood Abbey Formerly a small village, Canonmills owes its origins and name, in the …

Part of the 2019 Irish local elections 2019 Galway County Council election ← 2014 24 May 2019 2024 → All 39 seats on Galway County Council20 seats needed for a majority   First party Second party Third party   Party Fianna Fáil Fine Gael Sinn Féin Seats won 15 11 1 Seat change 3 1 2   Fourth party Fifth party Sixth party   Party Green Republican Sinn Féin Independent Seats won 1 1[a] 10 Seat change 1 1 Results by local elec…

Defunct flying squadron of the Royal Air Force No. 253 (Hyderabad State) Squadron RAFActive7 Jun 1918 - 31 May 191930 Oct 1939 - 16 May 194718 Apr 1955 – 2 Sep 1957Country United KingdomBranch Royal Air ForceNickname(s)Hyderabad StatePatronThe Nizam of Hyderabad[1]Motto(s)Come one, Come allInsigniaSquadron badge heraldryThe back of a dexter arm embowed, fessewise, in Mogul armour, the hand holding an Indian battle-axe.[1]Squadron codeTL (April to September 1939)[2]1950s…

Multiplayer online video game Bin WeevilsDeveloperBin Weevils Limited55 Pixels LtdTypeMassive multiplayer online gameLaunch dateSeptember 2007; 16 years ago (2007-09)DiscontinuedJanuary 16, 2021; 2 years ago (2021-01-16)Platform(s)Windows, macOS, browsers Bin Weevils was a British MMORPG (Massively multiplayer online role-playing game) involving a virtual world containing a range of online games and activities. The game was developed by 55 Pixels Limited …

Suara MerdekaPerekat Komunitas Jawa TengahTipeSurat kabar harianFormatBroadsheetPemilikSuara Merdeka NetworkPendiriH. HetamiPemimpin redaksiGunawan PermadiWakil editorAgus Toto Widyatmoko, Triyanto TriwikromoDidirikan11 Februari 1950; 73 tahun lalu (1950-02-11)BahasaIndonesiaPusatMenara Suara MerdekaJalan Pandanaran No. 30Kelurahan Pekunden, Kecamatan Semarang TengahKota Semarang, Jawa Tengah 50134Surat kabar saudariWawasanISSN2615-2614Situs webwww.suaramerdeka.com Suara Merdeka adalah sebu…

Proposed railway line in the state of Kerala in India Sabarimala RailwayOverviewNative nameശബരിമല റെയിൽവേStatusUnder constructionOwnerIndian RailwaysLocaleKeralaTerminiAngamaly (Ernakulam)Erumeli (Kottayam)Stations20 (proposed)Websitewww.sr.indianrailways.gov.inServiceTypeRegional railHeavy railLight railServices1Operator(s)Southern Railway zoneDepot(s)KollamErnakulamRolling stockWDP-4TechnicalLine length111 km (69 mi)Number of tracks1Track gauge1,676 mm …

This article needs additional citations for verification. Please help improve this article by adding citations to reliable sources. Unsourced material may be challenged and removed.Find sources: When the World Screamed – news · newspapers · books · scholar · JSTOR (September 2015) (Learn how and when to remove this template message) Short story by Arthur Conan DoyleWhen the World ScreamedShort story by Arthur Conan DoyleCountryUnited KingdomLanguageEn…

Kembali kehalaman sebelumnya

Lokasi Pengunjung: 34.204.198.73