Share to: share facebook share twitter share wa share telegram print page

Sekolah Tinggi Teknik Kelautan Balik Diwa

Mari mengenal Institut Teknologi dan Bisnis Maritim (ITBM Balik Diwa Makassar).

https://stitek-balikdiwa.ac.id/ Diarsipkan 2021-12-18 di Wayback Machine.

GAMBARAN SINGKAT

Institut Teknologi dan Bisnis Maritim (ITBM) Balik Diwa Makassar adalah salah satu perguruan tinggi di Indonesia Timur yang berfokus pada bidang kelautan dan Perikanan. Perguruan tinggi ini sebelumnya bernama Sekolah Tinggi Teknologi Kelautan (STITEK) Balik Diwa Makassar. STITEK Balik Diwa Makassar resmi berdiri dan beroperasi setelah diterbitkannya Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 70/D/O/2001 tanggal 5 Juli 2001 tentang "Pemberian Izin Penyelenggaraan Program-Program Studi dan Pendirian Sekolah Tinggi Teknologi Kelautan (STITEK) di Makassar" yang diselenggarakan oleh Yayasan Pendidikan Balik Diwa Makassar.

Hingga, pada tahun 2021, kampus ini resmi bertransformasi bentuk dari Sekolah Tinggi menjadi Institut dan memiliki nama baru yakni ITBM Balik Diwa Makassar. Perubahan bentuk ini sesuai dengan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 81/E/O/2021 tentang "Izin Perubahan Bentuk STITEK menjadi ITBM Balik Diwa Makassar yang diselenggarakan oleh Yayasan Pendidikan Balik Diwa Makassar". Juga ditandai dengan penandatanganan perubahan bentuk oleh Kepala LLDIKTI IX dan Ketua Yayasan Pendidikan Balik Diwa pada Rabu, (14/4/2021). Yayasan Pendidikan Balik Diwa Makassar dalam mengemban amanah untuk memajukan pendidikan di bidang Kelautan dan Perikananan di Indonesia juga telah mengantar perguruan tinggi ini meraih Predikat Akreditasi B dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) sejak Tahun 2015.

PROGRAM STUDI

ITBM Balik Diwa Makassar kini memiliki 4 (empat) program studi jenjang S1 (Sarjana) dan 1 (satu) program studi jenjang S2 (Magister). Program studi tersebut antara lain : (1) Program Studi S1Teknologi Hasil Perikanan dengan Akreditasi B. (2) Program Studi S1 Teknologi Penangkapan Ikan dengan Akreditasi B. (3) Program Studi S1 Akuakultur dengan akreditasi B. 4) Program Studi S1 Ilmu Kelautan dengan akreditasi B. 5) Program Studi S2 Sumber Daya Akuatik dengan akreditasi B.

PRESTASI

  • ITBM Balik Diwa Makassar berhasil mempertahankan Akreditasi Institusi B berdasarkan Surat Keputusan BAN-PT No. 72/SK/BAN-PT/Ak-PPJ/PT/IV/2020 sejak tahun 2015.
  • ITBM Balik Diwa Makassar (Dulu: STITEK Balik Diwa Makassar) berhasil menjadi Top 8 Perguruan Tinggi Swasta "Terbaik" dalam lingkup LLDIKTI Wilayah IX 2021.
  • ITBM Balik Diwa Makassar (Dulu: STITEK Balik Diwa) didaulat sebagai Top 4 Perguruan Tinggi Swasta dengan "Kinerja Terbaik" se-Sulawesi dalam acara LLDIKTI 9 Awards 2020.
  • Mahasiswa ITBM Balik Diwa Makassar juga telah banyak mengukir prestasi mahasiswa di berbagai ajang nasional maupun internasional. Misalnya, Juara 1 Pemilihan Mahasiswa Berprestasi tingkat Kopertis IX Tahun 2016, Juara 3 Pemilihan Mahasiswa Berprestasi tingkat Kopertis IX Tahun 2017, dan Harapan 1 Pemilihan Mahasiswa Berprestasi tingkat Kopertis IX tingkat Kopertis IX tahun 2019. Kampus Biru ini juga turut ambil bagian dalam Olimpiade Sains tingkat Wilayah, Juara 2 Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia, memperoleh Silver medals dalam Lomba Paduan Suara Malaysian International Coral, dan berbagai prestasi lainnya.
  • Sehari sebelum Peringatan HUT Kemerdekaan Indonesia yang ke-76, Prof. Dr. Muh. Akmal Ibrahim, M.Si yang merupakan Rektor ITBM Balik Diwa Makassar mendapatkan penghargaan sebagai Tokoh Peduli Pendidikan dari Unsur Pimpinan Perguruan Tinggi 2021 yang ditetapkan oleh Kepala LLDIKTI Wilayah IX pada Senin, (16/7/2021).

LOKASI

ITBM Balik Diwa Makassar berlokasi di Jalan Perintis Kemerdekaan VIII No. 8, Tamalanrea, Makassar, Sulawesi Selatan. Pada awalnya, perguruan tinggi ini berlokasi di Jl. Taman Makam Pahlawan No. 1-3 Makassar dalam rentang tahun 2001-2003 dengan status sewa. Kemudian, pada tahun 2004, perguruan tinggi ini berhasil memiliki kampus permanen sendiri di Jl. Perintis Kemerdekaan VIII No. 8 Tamalanrea, Makassar. Kampus ITBM Balik Diwa Makassar dikenal dengan istilah "Kampus Biru" dikarenakan warna kampus, logo, hingga aksesorisnya yang dominan biru; terinspirasi dari warna laut yang menjadi ciri khas kampus ini.

CONTACT PERSON

ITBM Balik Diwa Makassar membuka program studi S1 dan S2 bagi seluruh anak bangsa yang ingin mengembangkan keilmuannya di bidang kelautan dan perikanan. Kesempatan bergabung dapat dilakukan dengan mendaftar melalui website (pendaftaran.stitek-balikdiwa.ac.id), kontak whatsapp (0811-4088-22), atau datang langsung ke kampus yang beralamat di Jl. Perintis Kemerdekaan Km. VIII No. 8, Makassar sebelum tanggal 31 Juli 2020. Dapat juga melalui link website resmi beriku: https://stitek-balikdiwa.ac.id/ Diarsipkan 2021-12-18 di Wayback Machine.

Information related to "Sekolah Tinggi Teknik Kelautan Balik Diwa" :

Baca informasi lainnya:
Kembali kehalaman sebelumnya

Lokasi Pengunjung: 34.204.169.230