Share to: share facebook share twitter share wa share telegram print page

Sekolah Dasar Ar Rahman Islamic School

sekolah indonesia kota kinabalu foto sekolah al madinah cibinong sekolah marisi medan sekolah samaria kudus uang sekolah sma kolese gonzaga sekolah ct arsa sukoharjo sekolah internasional di banjarmasin sekolah salman alfarisi sekolah penabur bsd sekolah maitreyawira kisaran sekolah bina bhakti foto sekolah insan prestasi (pg, tk & sd) kota denpasar foto osvia adalah sekolah sekolah merah putih sekolah kristen tunas harapan bogor alamat sekolah murid merdeka sekolah mutiara islam sekolah budi agung sekolah pelangi indonesia bahasa krama sekolah sekolah ar ruhama …

sekolah abdi siswa foto sekolah pelita hati jember sekolah joglo 01 biaya sekolah al azhar syifa budi talaga bestari sekolah alam cilacap sekolah advent balikpapan sekolah internasional di tegal sekolah darussalam medan sekolah daar en nisa bogor xxxx sekolah sekolah alam al izzah sekolah pinus sekolah imelda rantau prapat sekolah bali hati foto gambar sekolah biaya sekolah paramount palembang sekolah anak indonesia biaya sekolah charis malang sekolah highscope medan sekolah galatia jakarta barat sekola…

biaya sekolah mitra harapan madiun sekolah kedinasan di banjarmasin sekolah advent jakarta sekolah alam ungaran sekolah kfc sekolah luar biasa negeri (slbn) 6 jakarta foto uang sekolah smp santo thomas 1 medan sekolah niken salindri sekolah kowal sekolah islam terpadu khairul imam sekolah tinggi ilmu ekonomi makassar maju niken salindri sekolah dimana sekolah vincent rompies sekolah jenderal sudirman medan sekolah global mandiri sekolah anbata medan neona sekolah dimana nama sekolah basmalah gralind sekolah pelangi alexandria sekolah kemurnian ii foto sekol…

Daftar Isi

  1. Sejarah Fort Rotterdam Makassar: Jejak Penjelajahan Abadil
  2. Arsitektur Kuat Fort Rotterdam: Membangun untuk Kekuatan dan Elegansi
  3. Eksplorasi di Dalam Benteng: Mengenal Lebih Dekat Bangunan dan Ruangannya
  4. Jejak Kolonial Belanda di Fort Rotterdam: Kisah dan Dampaknya bagi Makassar
  5. Tempat Peninggalan Budaya: Museum La Galigo dan Museum Negeri La Galigo
  6. Rekonstruksi dan Restorasi: Memastikan Kelangsungan Sejarah di Tengah Zaman Modern
  7. Berjalan-jalan di Taman Somba Opu: Rehat yang Menyejukkan di Tengah Sejarah
  8. Event dan Festival di Fort Rotterdam: Merayakan Warisan Budaya
  9. Potensi Pariwisata Fort Rotterdam: Peluang dan Tantangan
  10. Kesimpulan: Terus Hidup, Fort Rotterdam Makassar!

1. Sejarah Fort Rotterdam Makassar: Jejak Penjelajahan Abadil

Pernahkah Anda bertanya-tanya tentang jejak sejarah yang terkubur di balik tembok-tembok batu kokoh Fort Rotterdam? Benteng ini memiliki kisah panjang yang menghubungkan era kolonial hingga masa modern. Dibangun pada abad ke-17 oleh Sultan Gowa, benteng ini awalnya dikenal sebagai Ujung Pandang dan merupakan pusat perdagangan yang penting. Namun, pada tahun 1667, benteng ini jatuh ke tangan Belanda dan berganti nama menjadi Fort Rotterdam. Sejak itu, ia menjadi pusat administrasi Belanda di wilayah timur Indonesia.

Selama perjalanan waktu, Fort Rotterdam menjadi saksi bisu peristiwa penting, mulai dari ekspedisi perdagangan hingga pertempuran berdarah. Seiring berjalannya waktu, benteng ini bertransformasi menjadi lambang perlawanan dan kebangkitan bangsa. Penasaran dengan lebih banyak detail tentang cerita menarik di baliknya?

2. Arsitektur Kuat Fort Rotterdam: Membangun untuk Kekuatan dan Elegansi


Bayangkan diri Anda berada di dalam benteng megah ini. Anda akan langsung terkesima oleh arsitektur kokoh dan elegan yang memadukan gaya Eropa dengan sentuhan lokal. Konstruksi batu bata merah yang mendominasi menciptakan suasana kokoh, sementara dekorasi dan hiasan khas Makassar menambah kesan indah. Sistem pertahanannya dirancang dengan cerdik, mengingat posisi strategisnya sebagai benteng pertahanan.

Meskipun telah mengalami beberapa pemugaran, Fort Rotterdam tetap memancarkan keanggunan sejarahnya. Bagaimana rasanya berada di tengah-tengah kemegahan arsitektur ini? Simak lebih lanjut untuk mengetahui lebih banyak rahasia di balik tembok-temboknya!

3. Eksplorasi di Dalam Benteng: Mengenal Lebih Dekat Bangunan dan Ruangannya

Jika Anda berkunjung ke Fort Rotterdam, jangan lupa untuk melakukan eksplorasi menyeluruh. Ada banyak ruangan menarik untuk dipelajari, seperti Bastion Belgica yang menjadi ikon benteng, serta Benteng Somba Opu yang pernah digunakan sebagai penjara. Museum La Galigo, yang merupakan bekas rumah residen Gubernur, akan membawa Anda melintasi kisah masa lalu.

Setiap sudut benteng ini mengandung banyak cerita menarik. Tak hanya arsitekturnya yang memukau, tetapi juga benda-benda peninggalan yang dipamerkan di museum. Siapkan kamera Anda dan nikmati petualangan tak terlupakan di dalam kompleks Fort Rotterdam!

4. Jejak Kolonial Belanda di Fort Rotterdam: Kisah dan Dampaknya bagi Makassar

Belanda telah berperan besar dalam sejarah Fort Rotterdam. Ketika mengunjungi benteng ini, Anda akan menemukan banyak bukti dari masa kekuasaan Belanda yang meninggalkan jejak yang tak terlupakan. Tanggal-tanggal tertentu, Anda bahkan bisa bertemu pemeran sejarah yang berperan sebagai orang-orang Belanda dari masa lalu. Ini adalah kesempatan unik untuk "bertemu" dengan sejarah hidup! Bagaimana pengaruh Belanda membentuk wajah Fort Rotterdam yang kita kenal hari ini? Lanjutkan membaca untuk menemukan jawabannya.

5. Tempat Peninggalan Budaya: Museum La Galigo dan Museum Negeri La Galigo

Tidak lengkap rasanya mengunjungi Fort Rotterdam tanpa melihat dua museum penting: Museum La Galigo dan Museum Negeri La Galigo. Museum La Galigo menyajikan koleksi seni dan artefak khas Sulawesi Selatan, termasuk ukiran kayu dan patung, serta sejarah La Galigo, epik kuno dari orang Makassar. Sementara itu, Museum Negeri La Galigo memberikan wawasan mendalam tentang kehidupan dan budaya masyarakat Makassar dari masa ke masa.

Dengan mengunjungi kedua museum ini, Anda akan mengalami perjalanan mendalam ke dalam kekayaan budaya Makassar. Kedua tempat ini adalah harta karun budaya yang tak ternilai harganya. Jadi, yuk kita berjalan-jalan dan menjelajahi warisan budaya yang mengesankan!

6. Rekonstruksi dan Restorasi: Memastikan Kelangsungan Sejarah di Tengah Zaman Modern

Setiap bangunan bersejarah pasti menghadapi tantangan waktu. Fort Rotterdam tidak terkecuali. Melihat pentingnya pelestarian sejarah ini, berbagai proyek rekonstruksi dan restorasi telah dilakukan untuk memastikan benteng ini tetap berdiri tegak dengan megah. Banyak pihak yang terlibat dalam upaya pelestarian ini, termasuk pemerintah dan masyarakat setempat.

Rekonstruksi dan restorasi ini adalah bentuk komitmen untuk menjaga kekayaan sejarah bangsa. Bagaimana prosesnya dilakukan? Bagian selanjutnya akan mengulas lebih lanjut tentang usaha-usaha ini.

7. Berjalan-jalan di Taman Somba Opu: Rehat yang Menyejukkan di Tengah Sejarah

Setelah puas menjelajahi dalam benteng, ayo berjalan-jalan santai di Taman Somba Opu yang menyejukkan. Taman ini terletak di halaman belakang Fort Rotterdam dan menyuguhkan pemandangan hijau yang menawan. Namanya berasal dari seorang raja legendaris Makassar, Sultan Hasanuddin, yang juga dikenal dengan sebutan "Somba Opu."

Taman Somba Opu adalah tempat yang cocok untuk beristirahat dan menyegarkan diri setelah menyelami sejarah di dalam benteng. Nikmati suasana damai dan hijau nan sejuk sambil merenungkan kenangan-kenangan indah dari perjalanan sejarah Anda.

8. Event dan Festival di Fort Rotterdam: Merayakan Warisan Budaya

Fort Rotterdam tidak hanya menjadi tempat bersejarah, tetapi juga panggung untuk berbagai acara dan festival budaya. Setiap tahun, banyak event dan festival digelar di area benteng ini untuk merayakan warisan budaya yang kaya.

Contoh event yang menarik adalah Festival Bahari, yang menghidupkan kembali tradisi bahari Makassar melalui pertunjukan budaya dan lomba perahu pinisi. Ada juga acara-acara seni dan budaya lainnya yang menampilkan kekayaan seni dan budaya lokal. Fort Rotterdam menjadi tempat yang menyenangkan untuk berpesta dan mengenal lebih dekat budaya Makassar.

9. Potensi Pariwisata Fort Rotterdam: Peluang dan Tantangan


Dengan kekayaan sejarah dan budayanya, Fort Rotterdam memiliki potensi besar dalam pariwisata. Namun, tentu saja, ada tantangan yang harus dihadapi untuk memaksimalkan potensi ini. Pengelolaan yang baik dan promosi yang efektif adalah kunci untuk menjadikan Fort Rotterdam sebagai daya tarik pariwisata yang unggul di Makassar.

Melihat dari sudut pandang pariwisata, bagaimana potensi Fort Rotterdam dapat ditingkatkan? Apa saja tantangan yang dihadapi? Mari kita bahas lebih lanjut di bagian selanjutnya.

10. Kesimpulan: Terus Hidup, Fort Rotterdam Makassar!

Selamat! Anda telah menjelajahi Fort Rotterdam Makassar, menyingkap jejak sejarah abadil dan pesona kultural yang tersembunyi. Dari arsitektur megah hingga koleksi museum, setiap sudut benteng ini menawarkan pengalaman unik yang tak terlupakan. Tempat ini adalah titik singgah yang ideal bagi para pecinta sejarah dan budaya, serta bagi siapa pun yang ingin mengeksplorasi warisan masa lampau yang hidup dalam dinamika zaman modern.

35

Information related to Sekolah Dasar Ar Rahman Islamic School


Baca juga artikel menarik lainnya:

Secara umum, ada banyak jenis aktor ekonomi di Indonesia. Para aktor ekonomi anak dari konsumen rumah tangga, produsen rumah produksi, rumah gubernur, dan komunitas luar negeri. Setiap aktor ekonomis memiliki kertas yang berbeda. Sebagai contoh, ini adalah peran penting dari pemilik toko sebagai produsen, konsumen, dan kontrol ekonomi. Selain itu, …

Komputer saat ini menjadi salah satu piranti elektronik yang tidak bisa dipisahkan dalam kehidupan sehari-hari kita, terutama dalam lingkungan pekerjaan, Hampir sebagian besar pekerjaan kantor pasti membutuhkan perangkat komputer untuk memudahkan pekerjaan yang tidak bisa dilakukan oleh manusia. Bagi kamu yang sudah terbiasa dengan bidang tersebut …

Tahukah kamu bahwa selain menyediakan program reguler, ternyata kampus-kampus tertentu juga mengadakan program kelas karyawan lho. Hmm, apa yang dimaksud dengan kelas karyawan? Apa bedanya dengan kelas reguler?Apa itu Kelas Karyawan?Sederhananya, kelas karyawan adalah program perkuliahan yang dikhususkan bagi mahasiswa yang sudah bekerja. Kuliah ke…

In the world of graphic design, the type of font used can directly influence how someone perceives what you want to convey, be it a message or what you want to sell, such as a product.That's why it's so important to choose carefully, not only the type of font, but also the combination with graphics and images, and colors, especially if you are goin…

Sebelum mengenal lebih jauh tentang DDL (Data Definition Language) dan DML (Data Manipulation Language), ada yang perlu diketahui sebelumnya, bahwa bahasan ini termasuk dalam teknologi database, yang meliputi metode atau teknik pengelolaan data, baik data teks gambar maupun data yang lain. Pengelolaan database dilakukan dengan menuliskan kode-kode …

Batas waktu pencairan Idul Fitri 1444 H atau pencairan Idul Fitri 2023 tinggal empat hari lagi. Hal itu sesuai dengan anjuran Menteri Tenaga Kerja (Menaker) Ida Fauziyah yang meminta pengusaha mencairkan THR paling lambat H-7 jelang Lebaran.Sesuai Surat Keputusan Bersama (SKB) Menteri Agama, Menaker, dan Menpan RB, lebaran tahun ini jatuh pada 22-2…

Memahami Hacking & TujuannyaSebelum membahas teknik dan metode hacking, ada baiknya jika Anda mengetahui apa itu hacking.Hacking bukan soal cara menggunakan tools, tapi hacking lebih ke teknik menggunakan skill agar bisa menguasai/mengambil alih sebuah komputer/sistem. Disini saya akan meluruskan pengertian "HACKING" yang ada di benak dan pemik…

Peneliti keamanan siber dari McAfee baru-baru ini menemukan malware baru bernama 'Goldoson' yang ganas. mencapai 60 aplikasi Android Google Play Store yang terdeteksi disusupi oleh malware berbahaya ini.Jumlah unduhan dari 60 aplikasi ini berjumlah lebih dari 100 juta unduhan. Malware ganar ini memang sengaja ditambahkan developer dalam proses peng…

The lion is known as the king of the jungle. But is it true that the lion most deserving of the title of the real king of the jungle? As we know, lions and tigers are two wild animals that have a ferocious and muscular physique. In the realm of liars, these two animals occupy the top position as predators on the food chain. Thanks to their stature,…

Online privacy is very important to maintain for the security of internet users' personal data. However, the problem is that platforms are not always the only ones who can spy on users.If you are not careful when browsing the internet, even strangers with malicious intent can gain access to browse user accounts.Even though they have tried to mainta…

2.1  Definisi Jaringan KomputerJaringan komputer adalah kumpulan dua atau lebih komputer yang saling berhubungan satu sama lain untuk melakukan kamunikasi data dengan menggunakan protokol komunikasi melalui media komunikasi (Kabel atau nirkabel), sehingga komputer-komputer tersebut dapat saling berbagi informasi, data,  bersama.  Dal…

Converting to Linux from Mac or Windows is rarely as painful an experience as many expect. That said, the sheer number of options available in Linux can be overwhelming for new users. And this is especially true when choosing your first Linux distribution (aka distro).There are hundreds, if not thousands, of Linux-based operating systems available.…

Berapa Biayanya untuk Memperbaiki Komputer Anda?Biaya perbaikan komputer dapat bervariasi berdasarkan sifat masalah dan di mana perbaikan dilakukan. Sebelum melakukan pekerjaan apa pun, biasanya ada baiknya untuk mendapatkan perkiraan dari bengkel untuk memastikan Anda mengetahui biaya perbaikan sepenuhnya.Biasanya biaya perbaikan komputer per jam …

Sebagai salah satu aplikasi media sosial terpopuler di dunia, dengan lebih dari 2,3 miliar pengguna aktif bulanan, Instagram adalah situs yang wajib digunakan bagi mereka yang ingin memperluas jejaring sosial mereka. Tidak ada jalan lain: media sosial telah menjadi bagian integral dari cara kita terhubung dengan orang lain secara online hari ini.Ku…

1. Taqabbalallaahu minna wa minkum, selamat Hari Raya Idul Fitri 1444 H, mohon maaf lahir dan batin.2. Selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawwal 1444 H, taqabbalallaahu minna wa minkum, mohon maaf lahir dan batin.3. Taqabbalallaahu minna wa minkum, taqabbal ya karim. Wa ja’alanallaahu wa iyyakum minal ‘aidin wal faizin wal maqbulin, kullu ‘ammin…

Kembali kehalaman sebelumnya

Lokasi Pengunjung: 18.206.194.21