Share to: share facebook share twitter share wa share telegram print page

STIE Muhammadiyah Bandung

STIE Muhammadiyah Bandung merupakan sebuah lembaga amal usaha yang bernaung di bawah naungan Persyarikatan Muhammadiyah, yang secara aktif dibina oleh Majelis Pendidikan Tinggi, Penelitian, dan Pengembangan (DIKTILITBANG) Pimpinan Pusat Muhammadiyah.

Sejarah pendirian STIE Muhammadiyah Bandung berawal dari inisiatif pengembangan amal usaha oleh Pimpinan Cabang Muhammadiyah Lengkong, yang awalnya dikenal sebagai Balai Pendidikan Dan Keterampilan Muhammadiyah (BPKM) sejak tahun 1984. Pada tahun 1992, BPKM kemudian berkembang menjadi sebuah lembaga pendidikan setara Diploma I yang diberi nama Pusat Ilmu Komputer Akuntansi Dan Manajemen Muhammadiyah (PIKAMM). Dengan berhasilnya PIKAMM meluluskan peserta didiknya hingga angkatan ke VIII, timbul pemikiran untuk mengembangkan lembaga ini menjadi perguruan tinggi.

Keputusan untuk mengembangkan PIKAMM menjadi perguruan tinggi diambil setelah melalui proses penilaian dan konsultasi dengan seorang staf kopertis wilayah IV Jabar pada tahun 1998. Melalui Rapat Kerja Pimpinan Cabang Muhammadiyah Lengkong, keputusan tersebut disetujui dan diresmikan sebagai salah satu prioritas program Pimpinan Cabang Muhammadiyah Lengkong.

Pendirian perguruan tinggi ini juga sejalan dengan harapan dan aspirasi warga Muhammadiyah yang telah lama mendambakan kehadiran Universitas Muhammadiyah di Kota Bandung. Universitas ini diharapkan dapat menjadi wahana dakwah melalui bidang Pendidikan Tinggi, yang bertujuan untuk mempersiapkan kader-kader yang tidak hanya berkualitas dalam IMTAQ (Ilmu Ma'rifat, Tauhid, Akhlak, dan Qaulan) namun juga mampu menguasai IPTEK (Ilmu Pengetahuan dan Teknologi).

Untuk mewujudkan rencana pendirian tersebut, Direktur Pusat Ilmu Komputer Akuntansi Dan Manajemen Muhammadiyah (PIKAMM) Drs. Asep Syamsul Arifin berdasarkan tugas dari PC. Muhammadiyah Lengkong Kota Bandung yang pada saat itu dipimpin oleh Drs. H. Saeful Azis, mulai melaksanakan pekerjaan pertamanya yaitu mencari bahan dan informasi mengenai prosedur dan persyaratan pendirian perguruan tinggi, melalui kegiatan silaturrahmi dengan orang-orang yang dinilai punya pengalaman mendirikan perguruan tinggi.

Dari beberapa orang yang pernah dihubungi, Dr. Ayi Kuntadi, MS. dinilai lebih memahami dan berpengalaman dalam hal mendirikan perguruan tinggi oleh karena itu Pimpinan Cabang Muhammadiyah Lengkong menyetujui dia untuk ditetapkan sebagai konsultan merangkap anggota tim pendiri STIE Muhammadiyah Bandung.

Untuk mempercepat proses pendirian maka, Pimpinan Cabang Muhammadiyah Lengkong menerbitkan SK. No.267/SK/I.A/I.b/1999, tanggal 9 Agustus 1999 tentang Penetapan Tim Pendiri STIE Muhammadiyah Bandung yang beranggotakan 17 orang yaitu:

Drs. Saeful Azis Drs. Endang Saefurachman Drs. H. Asep Sudrajat, MM. Moch. Mustapa, SE. Moch. Arifien Yosef Alamsyah Drs. Ayi Kuntadi, MS. Drs. Komarudin Saleh Mulyana, Lc. Drs. Asep Syamasul Arifin Rahmat Kurnia, SE. Drs. Ia Kurnia Fuadi Ali, SE. Moch. Farhan, Bsc Drs. Amir Lukman R. Soepomo Drs.Ec. Syamsudin A, SE.Ak.

Kegiatan pertama yang dilakukan tim adalah menyusun/membuat buku persyaratan yang terdiri dari Proposal, Statuta, Rencana Induk Pengembagan (RIP), Kurikulum, Tenaga pengajar/dosen dan Calon Mahasiswa, kemudian setelah persyaratan administrasi tersebut selesai dibuat, selanjutnya diserahkan kepada Kopertis Wilayah IV Jawa Barat untuk dipelajari dan kemudian diajukan kepada Dirjen Dikti DEPDIKNAS, untuk mendapatkan pertimbangan.

Kegiatan-kegiatan lain dalam upaya menunjang kelancaran proses pendirian tersebut diantaranya;

- Konsultasi secara rutin dengan Kopertis Wilayah IV Jawa Barat - Konsultasi dengan Majelis Dikti P.P. Muhammadiyah di Yogyakarta yang pada saat itu dipimpin oleh Prof. Dr. H. Umar A. Jenie, M.Sc - Kunjungan silaturrahmi kepada STIE Ahmad Dahlan dan UHAMKA di Jakarta, dalam upaya mendapatkan bantuan dan dukungan - Mengajukan permohonan rekomendasi kepada Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Barat untuk penetapan Ketua dan Pembantu Ketua serta pengurus BPH STIE Muhammadiyah Bandung - Melakukan sosialisasi ke Pimpinan Cabang Muhammadiyah se-Kota Bandung

Pada tanggal 30 Nopember 1999 diterima informasi dari kopertis wilayah IV Jabar bahwa usulan pendirian STIE Muhammadiyah Bandung disetujui oleh Dirjen Dikti Depdiknas melalui surat No. 1890/D.4II/12/99 tanggal 30 Nopember 1999, yang disampaikan kepada Kopertis Wilayah IV Jawa Barat.

Untuk menindak lanjuti surat persetujuan dari Dirjen Dikti tersebut, Kopertis Wilayah IV Jabar ;

1. Mengundang Pimpinan Cabang Muhammadiyah Lengkong untuk Verifikasi/Validasi data usulan pendirian STIE Muhammadiyah Bandung di kantor Kopertis pada tanggal 24 Februari 2000.

2. Menugaskan Tim Akreditasi untuk melakukan peninjauan lapangan dan verifikasi, di lokasi STIE Muhammadiyah Bandung pada tanggal 24 Maret 2000

Setelah kegiatan verifikasi/validasi dan peninjauan lapangan selesai dilaksanakan,maka pada tanggal 8 Juli 2000, Alhamdulillah SK.Mendiknas Nomor: 77/D/O/2000, tertanggal 9 Juni 2000 tentang izin pendirian STIE Muhammadiyah Bandung diterima oleh Pimpinan Cabang Muhammadiyah Lengkong yang diserahkan langsung oleh ketua Kopertis Wilayah IV Jawa Barat, Dr.Ir. Tresna Dermawan Khunaefi, dalam suatu acara di kampus STIE Muhammadiyah Jl. Karapitan No.143 Bandung

Pada saat awal pendirian STIE Muhammadiyah Bandung, secara kebetulan beberapa tokoh Pimpinan Pusat Muhammadiyah hadir di Bandung dalam rangka memenuhi undangan Pimpinan Cabang Muhammadiyah Lengkong untuk mengisi acara Tabligh Akbar. Pada kesempatan tersebut, dia memberikan sambutan dan dukungan terhadap rencana pendirian STIE Muhammadiyah Bandung antara lain;

- Bapak Prof. Dr. H. Amien Rais, MA., bertepatan dengan Milad Muhammadiyah pada tahun 1998 yang diselenggarakan di Aula Mesjid Raya Mujahidin. Dalam pidatonya dia menyinggung soal rencana pendirian STIE Muhammadiyah Bandung, dia menyambut baik dan berharap agar rencana tersebut dapat segera terwujud.

- Bapak Prof. Malik Fadjar, (setelah STIE Muhammadiyah berdiri) beberapa bulan sebelum dia diangkat menjadi Mendiknas, sempat berkunjung ke Kampus STIE Muhammadiyah Bandung, dan dia menyarankan agar kualitas kegiatan belajar mengajar dapat berkembang dengan baik maka untuk itu perlu perhatian yang cukup terhadap dosen, dan dia berharap STIE Muhammadiyah Bandung kelak bisa berkembang sebagaimana Universitas Muhammadiyah Malang yang telah dirintis dan dipimpin oleh dia.

- Bapak Prof. Dr. Dien Syamsudin, (setelah STIE Muhammadiyah berdiri) dia menyambut baik kehadiran STIE Muhammadiyah Bandung karena menurut dia mungkin Pimpinan Cabang Muhammadiyah Lengkong adalah satu-satunya Pimpinan Cabang yang mampu mendirikan Perguruan Tinggi.

Mendirikan Perguruan Tinggi memang tidak semudah sebagaimana mendirikan sebuah lembaga kursus atau toko untuk berjualan barang/makanan, karena selain persyaratan administrasi juga sarana dan pasilitas serta tenaga kependidikan harus sesuai dengan persyaratan pendirian perguruan tinggi. Selain itu sudah dapat diperkirakan bila kita berharap dari pendirian amal usaha tersebut bisa segera mendatangkan keuntungan materi untuk kepentingan persyarikatan, belum bisa dipastikan, karena biasanya perguruan tinggi yang baru berdiri. seperti bayi yang baru lahir, dia memerlukan perhatian, perawatan, pemberian makanan yang baik dan bergiji serta vitamin agar pertumbuhan dan perkembangannya berjalan normal serta sehat, sehingga dibutuhkan biaya perawatan dan pemeliharaan yang cukup besar bila menginginkan perguruan tinggi kita berkualitas dan profesional.

Oleh karena itu pada awal pendirian sempat terjadi sedikit pro dan kontra dikalangan warga Muhammadiyah tentang rencana pendirian STIE Muhammadiyah tersebut yang menjadi permasalahan adalah adanya kekhawatiran dari sementara warga Muhammadiyah sebagai berikut:

- Pendirian STIE Muhammdiyah Bandung akan menjadi beban bagi PC. Muhammadiyah Lengkong, karena biaya untuk penyelenggaraan Perguruan Tinggi sangat besar.

- Gedung yang akan dijadikan Perguruan Tinggi sangat kecil bila dibandingkan dengan Universitas Langlang Buana yang luas dan besar dan lokasinya tepat di depan calon kampus STIE Muhammadiyah Bandung sehingga akan sulit bersaing.

- Kontribusi secara materi dari Perguran Tinggi kepada persyarikatan akan memakan waktu yangcukup lama oleh karena itu ada yang menyarankan bahwa calon Kampus STIE Muhammadiyah Bandung sebaiknya digunakan untuk kegiatan ekonomi agar dapat menunjang kegiatan persyarikatan.

Walaupun demikian Alhamdulillah STIE Muhammadiyah Bandung kini telah berdiri, sebagai Perguruan Tinggi yang baru lahir tentu harus diperjuangkan oleh kita semua warga Muhammadiyah untuk dapat menjadi perguruan tinggi yang berkualitas dan menjadi tempat tujuan setiap warga Muhammadiyah khususnya umat Islam umumnya dalam meningkatkan jenjang pendidikannya.

Baca informasi lainnya:

Brazilian television series You can help expand this article with text translated from the corresponding article in Portuguese. (April 2020) Click [show] for important translation instructions. View a machine-translated version of the Portuguese article. Machine translation, like DeepL or Google Translate, is a useful starting point for translations, but translators must revise errors as necessary and confirm that the translation is accurate, rather than simply copy-pasting machine-translat…

Protection of wilderness areas in the U.S. The Wilderness Act protects exceptionally undisturbed natural areas and scenery, such as in the Ansel Adams Wilderness. The National Wilderness Preservation System (NWPS) of the United States protects federally managed wilderness areas designated for preservation in their natural condition. Activity on formally designated wilderness areas is coordinated by the National Wilderness Preservation System. Wilderness areas are managed by four federal land man…

Firearm intended for firing a junta of small to medium-sized pellets Not to be confused with Shogun. This article is about the type of gun. For other uses, see Shotgun (disambiguation). This article needs additional citations for verification. Please help improve this article by adding citations to reliable sources. Unsourced material may be challenged and removed.Find sources: Shotgun – news · newspapers · books · scholar · JSTOR (October 2018) (Learn ho…

Moss Beach Plaats in de Verenigde Staten Vlag van Verenigde Staten Locatie van Moss Beach in Californië Locatie van Californië in de VS Situering County San Mateo County Type plaats Census-designated place Staat Californië Coördinaten 37° 32′ NB, 122° 31′ WL Algemeen Oppervlakte 4,6 km² - land 4,6 km² - water 0,0 km² Inwoners (2000) 1.953 Hoogte 20 m Overig ZIP-code(s) 94038 FIPS-code 49446 Portaal    Verenigde Staten Moss Beach is een plaats (census-designated pla…

ПостроффPostroff   Країна  Франція Регіон Гранд-Ест  Департамент Мозель  Округ Саррбур-Шато-Сален Кантон Фенетранж Код INSEE 57551 Поштові індекси 57930 Координати 48°51′05″ пн. ш. 7°04′48″ сх. д.H G O Висота 227 - 334 м.н.р.м. Площа 5 км² Населення 208 (01-2020[1]) Густота 42,0 ос./

Universidad Autónoma de Chile Casa central (Temuco) en 2014Sigla UALema Duc in altumMás UniversidadTipo PrivadaFundación 11 de agosto de 1989 (34 años)LocalizaciónDirección Av. Alemania 1090 Temuco5 Poniente 1670TalcaAv. Pedro de Valdivia 425ProvidenciaAv. Ricardo Morales 3369El LlanoCoordenadas 33°25′39″S 70°36′41″O / -33.427555, -70.611492AdministraciónRector Teodoro Ribera Neumann[1]​Afiliaciones Corporación de Universidades PrivadasAcademiaEstudia…

Big Day Out Algemene informatie Locatie Sydney, Melbourne, Perth, Adelaide, Gold Coast en Auckland Oprichter Ken West en Vivian Lees Edities Aantal edities 13 Eerste editie 1992 Portaal    Muziek Big Day Out is een muziekfestival dat jaarlijks op verschillende locaties in Australië en Nieuw-Zeeland wordt gehouden. Het evenement werd opgericht door Ken West en Vivian Lees en begon in 1992 met Sydney als enige locatie. In de daaropvolgende jaren verspreidde het festival zich o…

حوامة تندر: هي مركبة قتالية ثقيلة إيرانية الصنع، والتي تُعتبَر إحدى المشاريع العسكرية لوزارة الدفاع الإيرانية وتتميز حوامة تندر بالقدرة على اجتياز المناطق الوعرة وقد تم تزويدها بأنظمة ألكترونية وقتالية لتعزيز قدرات القوات الإيرانية في العمليات الحربية البحرية، وكذلك تم

Samuil Jakowlewitsch Marschak auf einer sowjetischen Briefmarke 1987. Samuil Jakowlewitsch Marschak (russisch Самуил Яковлевич Маршак, wiss. Transliteration Samuil Jakovlevič Maršak; * 22. Oktoberjul. / 3. November 1887greg. in Woronesch; † 4. Juli 1964 in Moskau) war ein jüdisch-russischer Schriftsteller; bekannt vor allem durch seine Kinderliteratur und Übersetzungen englischer Gedichte (u. a. Shakespeares Sonette). Inhaltsverzeichnis 1 Leben…

  هذه المقالة عن مملكة هولندا. لمقاطعة سابقة في هولندا، طالع هولندا (مقاطعة). لاستخدامات أخرى، طالع هولندا (توضيح).   هولندا Nederland  (هولندية) هولنداعلم هولندا هولنداشعار هولندا موقع  هولندا  (أخضر داكن)– في أوروبا  (أخضر & رمادي داكن)– in the الا

Jake Allex MandusichJake Allex Mandusich, penerima Medal of HonorNama lahirAleksa MandušićLahir(1887-07-13)13 Juli 1887Prizren, Vilayet Kosovo, Kekaisaran UtsmaniyahMeninggal28 Agustus 1959(1959-08-28) (umur 72)Chicago, Illinois, ASTempat pemakamanPemakaman Monsteri Ortodoks Serbia Janasuci Sava, Libertyville, IllinoisPengabdianAmerika SerikatDinas/cabang Angkatan Darat Amerika SerikatPangkat SersanKesatuan Company H, 131st Infantry, 33rd Infantry DivisionPerang/pertempuranPerang Dunia I …

Fayçal Fajr Fajr bersama Caen 2011Informasi pribadiNama lengkap Fayçal FajrTanggal lahir 1 Agustus 1988 (umur 35)Tempat lahir Rouen, PrancisTinggi 178 m (584 ft)Posisi bermain Gelandang serangInformasi klubKlub saat ini GetafeNomor 21Karier junior1994–2000 Sotteville-Lès-Rouen2000–2003 Le Havre2003–2005 Rouen2005–2006 OisselKarier senior*Tahun Tim Tampil (Gol)2006–2008 Oissel 20 (4)2008–2011 Fréjus Saint-Raphaël 91 (12)2011–2014 Caen 78 (11)2014–2016 Elche 34 …

Museo Nacional de Ciencia e Historia Nuclear National Museum of Nuclear Science & History Vista del lugarUbicaciónPaís  Estados UnidosDivisión  Nuevo MéxicoLocalidad AlbuquerqueHistoria y gestiónInauguración 1969 (National Atomic Museum)2009 (actual)[editar datos en Wikidata] El Museo Nacional de Ciencia e Historia Nuclear (en inglés: National Museum of Nuclear Science & History[1]​[2]​ antes conocido como National Atomic Museum o bien Museo Naciona…

Collapse of communist control of Albania in the early 1990s This article needs additional citations for verification. Please help improve this article by adding citations to reliable sources. Unsourced material may be challenged and removed.Find sources: Fall of communism in Albania – news · newspapers · books · scholar · JSTOR (December 2017) (Learn how and when to remove this template message) Fall of communism in AlbaniaPart of Revolutions of 1989The t…

US navy surveillance satellite SOLRAD 4SOLRAD 4 satelliteNamesGRAB 3SOLar RADiation 4SR 4GREB 3Mission typeSolar X-RaysOperatorUnited States Naval Research Laboratory (USNRL)COSPAR ID1962-F02 (SR4GREB)Mission durationFailed to orbit Spacecraft propertiesSpacecraft typeSOLRADManufacturerNaval Research Laboratory (NRL)Launch mass25 kg (55 lb)Dimensions51 cm (20 in) Start of missionLaunch date24 January 1962, 09:30 GMTRocketThor-AblestarLaunch siteCape Canaveral, LC-17BContracto…

هذه المقالة يتيمة إذ تصل إليها مقالات أخرى قليلة جدًا. فضلًا، ساعد بإضافة وصلة إليها في مقالات متعلقة بها. (ديسمبر 2020) ديك هيس (بالإنجليزية: Dick Hess)‏  معلومات شخصية الميلاد 12 سبتمبر 1938  بيتسبرغ  الوفاة 6 سبتمبر 2013 (74 سنة) [1]  بيتسبرغ  مواطنة الولايات المتحدة  ال…

Figure in the Quran Zulkarnain redirects here. For the footballer, see Zulkarnain (footballer). Dhu al-Qarnayn building a wall with the help of Jinn to keep away Gog and Magog. Persian miniature from a book of Falnama copied for the Safavid Shah Tahmasp I (r. 1524–1576), currently preserved in the Chester Beatty Library, Dublin. Dhu al-Qarnayn, (Arabic: ذُو ٱلْقَرْنَيْن, romanized: Ḏū l-Qarnayn, IPA: [ðuː‿l.qarˈnajn]; lit. The Two-Horned One) appears i…

Chinese social networking website For other uses, see Douban (disambiguation). Douban豆瓣Type of siteWeb 2.0, Social network service, Online music, movie and book databaseAvailable inChineseKey peopleYang BoURLwww.douban.comCommercialYesRegistrationOptionalLaunchedMarch 6, 2005; 18 years ago (2005-03-06)Current statusActive Douban.com (Chinese: 豆瓣; pinyin: Dòubàn), launched on 6 March 2005, is a Chinese online database[1][2] and so…

American confectioner in Philadelphia Exterior, Shane Confectionery in Philadelphia Ryan Berley, co-owner of Shane Confectionery and the Franklin Fountain, pouring solution into molds to make clear toy candy External videos “Shane Confectionery”, Martha Stewart Living Shane Confectionery is an American candy shop and candy producer, located at 110 Market Street in Philadelphia, Pennsylvania.[1] Currently owned by Ryan and Eric Berley, it is considered the longest-running confectioner…

Pabellón Paeksang El Pabellón Paeksang es una estructura histórica que se ubica en el lugar de la antigua fortaleza de la ciudad de Anju, en la actual ciudad del mismo nombre, en la provincia de Pyongan del Sur. Es un Tesoro Nacional de Corea del Norte (#31). El nombre Paeksang significa cien paisajes, ya que desde él se pueden ver cien hermosos paisajes.[1]​ Historia El pabellón fue usado cómo puesto de mando de la fortaleza de Anju. Los primeros registros del pabellón se encuentra…

Kembali kehalaman sebelumnya

Lokasi Pengunjung: 3.235.20.185