Share to: share facebook share twitter share wa share telegram print page

Politeknik Pembangunan Pertanian Gowa

Politeknik Pembangunan
Pertanian Gowa
MotoBISA (Briliant, Innovative, Spiritful, Advanced)
JenisPerguruan Tinggi Negeri, Politeknik
DirekturDr. Detia Tri Yunandar, SP., M.Si
Alamat, , ,
Situs webhttps://www.polbangtan-gowa.ac.id

Politeknik Pembangunan Pertanian Gowa (disingkat Polbangtan Gowa) adalah perguruan tinggi dilingkungan Kementerian Pertanian Republik Indonesia yang menyelenggarakan pendidikan tinggi program vokasi dengan metode teaching factory dalam berbagai rumpun ilmu terapan, yang bertujuan untuk mendukung pembangunan pertanian.[1]

Sejarah

SPP/SPMA

Nama awal lembaga ini sebelum menjadi politeknik adalah SPP -SPMA Negeri Gowa pada tahun 1976-1987.

Diklat APP

Pada tahun 1987-1993 SPP-SPMA Negeri Gowa berganti menjadi Diklat APP Gowa. Lembaga ini memberikan peluang para penyuluh pertanian untuk mengikuti pendidikan jenjang Diploma III.

STPP Gowa

Pada tahun 2002, Akademi Penyuluhan Pertanian (APP) Gowa berganti strata yang awalnya Diploma III menjadi Diploma IV, diikuti perubahan nama lembaga menjadi Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian (STPP) Gowa. Program studi yang ditawarkan ada dua yaitu penyuluhan pertanian dan penyuluhan peternakan.

Politeknik Pembangunan Pertanian Gowa

Foto Gerbang Kampus I Polbangtan Gowa
Peta
Lokasi Kampus I Polbangtan Gowa

Berdasarkan Peraturan Menteri Pertanian Nomor 25/Permentan/OT.020/5/2018 tentang Organisasi dan Tata Kerja Politeknik Pembangunan Pertanian dan Peraturan Menteri Pertanian Nomor 36/Permentan/SM.220/8/2018 tentang Statuta Politeknik Pembangunan Pertanian lembaga ini bertransformasi menjadi Politeknik Pembangunan Pertanian Gowa.

Sistem Pendidikan

Teaching Factory (TEFA) yang ada di Politeknik Pembangunan Pertanian Gowa menjadi ciri pembeda dari beberapa sekolah tinggi lainnya. Teaching Factory merupakan suatu inkubator bisnis yang bisa dimanfaatkan mahasiswa dalam menumbuhkan dan menanamkan jiwa enterpreneur pengusaha muda bidang pertanian, yang nantinya berperan dalam terwujudnya lembaga pendidikan yang mandiri serta menghasilkan produk secara berkelanjutan.[2]

Tujuan

Menghasilkan lulusan yang kompeten dan profesional di bidang pertanian, perkebunan, dan peternakan, yang memiliki jiwa agrisociopreneurship, serta pengabdian kepada bangsa, dan negara.

Fungsi

  1. Pelaksanaan dan pengembangan pendidikan tinggi vokasi pertanian
  2. Pelaksanaan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat
  3. Pelaksanaan dan pengembangan sistem penjaminan mutu pendidikan
  4. Pelaksanaan dan peningkatan kerjasama, serta kemitraan kerja
  5. Pengelolaan administrasi umum
  6. Pengelolaan administrasi akademik, kemahasiswaan, dan alumni
  7. Pengelolaan teaching factory/teaching farm, kepustakaan, asrama, sarana dan prasarana lainnya
  8. Pelaksanaan pembinaan karakter. mental, minat dan bakat mahasiswa
  9. Pembinaan sivitas akademika

Program Studi

Program studi yang ada di Politeknik Pembangunan Pertanian Gowa adalah Penyuluhan Pertanian Berkelanjutan dan Penyuluhan Peternakan dan Kesejahteraan Hewan, kedua prodi ini pada jenjang sarjana terapan (Diploma IV) selain itu ada juga dua program studi baru dengan jenjang Diploma III yaitu Budidaya Tanaman Hortikultura dan Budidaya Ternak, keseluruhan prodi tersebut sudah mendapatkan izin dari DIKTI (Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia).[3] Politeknik Pembangunan Pertanian Gowa juga merupakan salah satu Politenik yang mengalami perluasan program studi dengan masuknya jurusan Perkebunan. Pembukaan program studi baru di bidang Perkebunan ini diharapkan mampu menenuhi kebutuhan tenaga ahli dan terampil untuk mencukupi kebutuhan suplai bidang kakao di kawasan Indonesia bagian timur.[2]

Diploma Program Studi Jurusan Lama Pendidikan Gelar
III Budidaya Tanaman Hortikultura Pertanian 3 Tahun A.Md.P
III Budidaya Ternak Peternakan 3 Tahun A.Md. Pt
IV Penyuluhan Pertanian Berkelanjutan Pertanian 4 Tahun S.Tr.P
IV Penyuluhan Peternakan dan Kesejahteraan Hewan Peternakan 4 Tahun S.Tr.Pt

Kampus

Lokasi Kampus Keterangan
Kampus I Kampus I Politeknik Pembangunan Pertanian Gowa berlokasi di Jalan Malino Km.7 Romanglompoa, Kecamatan Bontomarannu, Sungguminasa, Kabupaten Gowa
Kampus II Kampus II Politeknik Pembangunan Pertanian Gowa terketak di Dusun Bakunge, Desa Mappesangka, Kecamatan Ponre, Kabupaten Bone.

Keterangan: Berdasarkan artikel yang ada di situs www.bone.go.id [4]

Direktur Polbangtan Gowa

No Nama Lengkap Tempat / Tanggal Lahir Bidang Ilmu Periode Jabatan Foto
1. Dr. Ir. Syaifuddin, MP Ujung Panjang, 25 Februari 1965 Ilmu Pertanian 2017 - 2023
2. Dr. Detia Tri Yunandar, SP., M.Si Bandung, 05 Juni 1980 Ilmu Penyuluhan dan Komunikasi Pembangunan 2023 - Sekarang

Referensi

  1. ^ "Politeknik Pembangunan Pertanian Gowa | Profesional - Mandiri - Berdaya Saing" (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-12-24. 
  2. ^ a b "TEFA Kakao Polbangtan Gowa Semakin Erat dengan Dunia Industri". Tabloid Sinar Tani (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-12-24. 
  3. ^ Gowa, Polbangtan (2018-05-14). "Kuliah di Polbangtan Gowa, beasiswa dari Kementerian Pertanian dan tanpa pungutan". Makassar Terkini. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-12-24. Diakses tanggal 2019-12-24. 
  4. ^ BONE. "Mentan Resmikan Kampus II Polbangtan Gowa Jurusan Peternakan di Kecamatan Ponre | Website Resmi Pemerintah Kabupaten Bone". Diakses tanggal 2019-12-24. 
Kembali kehalaman sebelumnya

Lokasi Pengunjung: 3.236.142.143