Share to: share facebook share twitter share wa share telegram print page

Perjanjian Kemitraan Ekonomi Komprehensif Indonesia dan Chili merupakan suatu perjanjian bilateral perdagangan bebas antara Indonesia dan Chili. Perjanjian ini ditandatangani pada bulan Desember 2017 dan mulai berlaku sejak bulan Agustus 2019.

Isi perjanjian

Perjanjian ini menyatakan bahwa kedua negara akan secara bertahap menghapuskan bea masuk sejumlah produk satu sama lain - Indonesia akan menghapuskan bea masuk untuk 9.308 jenis produk Chili (seperti tembaga, minyak zaitun dan produk susu) dan Chili akan menghapuskan bea masuk untuk 7.669 jenis produk Indonesia (seperti kelapa sawit, alas kaki dan produk otomotif).[1] Dari 7,669 produk Indonesia dalam perjanjian, 6.904 jenis langsung dihapuskan bea masuknya sejak perjanjian mulai berlaku, sementara sisanya akan perlahan dihapuskan dalam jangka waktu 6 tahun.[2]

Proses perundingan

Kedua negara telah sepakat untuk membentuk suatu grup penelitian bersama (joint study group) untuk menilai potensi perjanjian dagang sejak bulan November 2008 dan pada bulan November 2009 hasil penelitian telah diterbitkan.[3] Meskipun begitu, putaran pertama perundingan baru dimulai lima tahun kemudian, takni bulan Mei 2014 di Santiago.[4] Putaran kedua perundingan baru dilangsungkan setelah tiga tahun lagi berlalu, yakni di Jakarta selama bulan Maret 2017.[5] Sepanjang sisa tahun 2017, tiga putaran perundingan kembali dilangsungkan dan berpuncak pada penandatanganan perjanjian kemitraan tersebut pada tanggal 14 Desember 2017 di Santiago, antara Mendag Indonesia Enggartiasto Lukita dan Menlu Chili Heraldo Muñoz [en].[6]

Badan legislatif kedua negara kemudian meratifikasi perjanjian tersebut, yakni Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia tanggal 6 Juni 2018 dan senat Chili tanggal 5 November 2018.[7][8] Isi perjanjian tersebut mulai berlaku pada tanggal 10 Agustus 2019.[9] Chili merupakan negara pertama di Amerika Latin yang memiliki perjanjian perdagangan bilateral dengan Indonesia.[10]

Di luar kesepakatan dalam hal perdagangan barang, perundingan antara kedua negara yang mencakup masalah perdagangan jasa ditargetkan mulai pada kuartal terakhir 2020.[11]

Referensi

  1. ^ "Indonesia aims to double trade with Chile under new partnership". Reuters (dalam bahasa Inggris). 11 Juni 2019. Diakses tanggal 27 Agustus 2020. 
  2. ^ "Perjanjian Dagang Indonesia-Chile Berlaku, RI Rilis 3 Regulasi". tirto.id. 12 Agustus 2019. Diakses tanggal 27 Agustus 2020. 
  3. ^ "Chile-Indonesia". sice.oas.org (dalam bahasa Inggris). Organization of American States. Diakses tanggal 27 Agustus 2020. 
  4. ^ "Chile e Indonesia inician negociaciones para un acuerdo comercial". La Información (dalam bahasa Spanyol). 26 Mei 2014. Diakses tanggal 27 Agustus 2020. 
  5. ^ "Chile reanudó negociaciones con Indonesia para alcanzar un acuerdo comercial". subrei.gob.cl (dalam bahasa Spanyol). Subsecretaría de Relaciones Económicas Internacionales de Chile. Diakses tanggal 27 Agustus 2020. 
  6. ^ "Indonesia-Chile Signed a Comprehensive Trade Agreement" (PDF) (dalam bahasa Inggris). Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia. 15 Desember 2017. Diakses tanggal 27 Agustus 2020. 
  7. ^ "DPR Setujui Ratifikasi Kerja Sama Dagang Indonesia-Chile". katadata.co.id. 7 Juni 2018. Diakses tanggal 27 Agustus 2020. 
  8. ^ San Juan, Patricia (28 November 2018). "Senado aprobó acuerdo comercial entre Chile e Indonesia y modernización del TLC con Canadá". La Tercera (dalam bahasa Spanyol). Diakses tanggal 27 Agustus 2020. 
  9. ^ "Indonesia-Chile CEPA to Come into Effect in August 2019". Indonesia Investments (dalam bahasa Inggris). 14 Juni 2019. Diakses tanggal 27 Agustus 2020. 
  10. ^ "Chile renueva sus acuerdos comerciales con Indonesia y Canadá". El Economista America (dalam bahasa Spanyol). 29 November 2018. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2018-11-29. Diakses tanggal 27 Agustus 2020. 
  11. ^ "Chile e Indonesia conmemoran un año de vigencia de su acuerdo comercial". subrei.gob.cl (dalam bahasa Spanyol). Subsecretaría de Relaciones Económicas Internacionales de Chile. 11 Agustus 2020. Diakses tanggal 27 Agustus 2020. 

Pranala luar

urutan alkitab perjanjian lama surat-surat dalam perjanjian baru yang ditujukan kepada umum dikenal dengan sebutan 27 kitab perjanjian baru daftar kitab perjanjian lama perjanjian london 1824 kelompok kitab suci perjanjian lama nabi-nabi besar dalam perjanjian lama perjanjian baru terdiri dari pada tahun 1972, presiden nixon dan brezhnev menandatangani sebuah perjanjian yang membatasi sistem misil antibalistik. perjanjian tersebut dikenal dengan sebutan isi perjanjian peking perjanjian lama dan baru ada berapa kitab perjanj…

kitab sejarah dalam perjanjian lama nama nama alkitab perjanjian lama nama nama kitab perjanjian lama perjanjian baru ada berapa kitab perjanjian baru alkitab kitab perjanjian baru urutan kitab perjanjian lama kisah penyembuhan dalam alkitab perjanjian baru perjanjian kawasan bebas nuklir urutan perjanjian baru kitab sejarah perjanjian lama contoh perjanjian internasional multilateral nama nama perjanjian baru perjanjian peking jumlah kitab perjanjian lama dan baru perjanjian versailles perjanjian multilateral contoh 10 contoh perjanjian mu…

apa saja kitab perjanjian lama pada tahun 1972, presiden nixon dan brezhnev menandatangani sebuah perjanjian yang membatasi sistem misil antibalistik. perjanjian tersebut dikenal dengan sebutan.. perjanjian lisboa perjanjian linggarjati urutan kitab perjanjian baru perjanjian roma urutan perjanjian lama perjanjian tordesillas perjanjian ottawa susunan kitab perjanjian baru perjanjian nystad isi perjanjian giyanti perjanjian baru perjanjian di malam keramat contoh perjanjian multilateral indonesia pembagian kitab perjanjian lama perjanjian lusaka…

 


 

Pendahuluan: Tikus Hidung Bintang (Sorex stellatus) adalah salah satu hewan yang menarik dan unik dalam kerajaan mamalia. Kecil namun penuh pesona, makhluk ini telah menarik perhatian ilmuwan dan pecinta alam di seluruh dunia. Artikel ini akan membawa Anda dalam perjalanan mengintip kedalam kehidupan dan keunikan tikus hidung bintang. Dari kebiasaan makan hingga adaptasi unik, mari kita melangkah lebih dekat ke dunia yang mungkin belum pernah Anda ketahui sebelumnya.

Daftar Isi:

  1. Menelusuri Jejak Tikus Hidung Bintang

    • Keunikan morfologi
    • Habitat dan persebaran
  2. Rahasia Hidup Malam Tikus Hidung Bintang

    • Pola aktivitas yang mengejutkan
    • Adaptasi untuk bertahan hidup
  3. Perburuan dan Makanan Tikus Hidung Bintang

    • Diet yang tidak biasa
    • Strategi berburu yang ciamik
  4. Komunikasi Tanpa Suara: Ultrasonik Tikus Hidung Bintang

    • Echolocation yang mengagumkan
    • Bahasa tubuh melalui suara ultrasonik
  5. Keunikan Reproduksi Tikus Hidung Bintang

    • Kehidupan sosial dan hierarki
    • Perjuangan bertahan dalam kelahiran
  6. Tikus Hidung Bintang dalam Kajian Ilmiah

    • Penelitian yang mengungkap misteri
    • Kontribusi pada pemahaman ekosistem
  7. Melampaui Batasan: Adaptasi Lingkungan Tikus Hidung Bintang

    • Suhu dingin dan adaptasi terhadap cuaca
  8. Studi Kasus: Tikus Hidung Bintang dan Lingkungan Perubahannya

    • Dampak perubahan iklim pada kelangsungan hidup
  9. Mengapresiasi Kehidupan Mikro: Tikus Hidung Bintang dan Ekosistemnya

    • Peran penting dalam rantai makanan
    • Ketergantungan lingkungan yang rumit
  10. Kesimpulan: Pesona Tersembunyi Tikus Hidung Bintang

    • Mengapresiasi keanekaragaman alam
    • Menjaga habitat untuk makhluk-makhluk unik

Sejarah: Tikus Hidung Bintang pertama kali dijelaskan oleh naturalis Prancis, Georges-Louis Leclerc, Comte de Buffon pada abad ke-18. Sejak itu, penelitian dan pengamatan lebih lanjut telah membongkar banyak rahasia kehidupan dan kebiasaan tikus ini.

Ulasan:

  1. Menelusuri Jejak Tikus Hidung Bintang
    Tikus Hidung Bintang memiliki karakteristik fisik yang membedakannya, terutama hidungnya yang panjang dan bintang kecil di bulu-bulunya. Habitatnya meliputi padang rumput, hutan, dan area bersemak, dengan penyebaran yang cukup luas di beberapa bagian dunia.


  2. Rahasia Hidup Malam Tikus Hidung Bintang

  1. tikus ini sebagian besar terjadi pada malam hari, di mana mereka mencari makanan dan menjalankan aktivitas sosialnya. Tikus Hidung Bintang memiliki adaptasi unik dalam bentuk tulang belakang yang fleksibel, memungkinkan mereka masuk ke celah-celah sempit dalam mencari makanan dan melarikan diri dari predator.


  2. Perburuan dan Makanan Tikus Hidung Bintang
    Tikus Hidung Bintang memiliki diet yang bervariasi, termasuk serangga, cacing, dan bahkan mamalia kecil lainnya. Adaptasi fisiologis seperti gigi yang kuat dan sistem pencernaan yang efisien memungkinkan mereka memanfaatkan sumber makanan yang beragam.

  3. Komunikasi Tanpa Suara: Ultrasonik Tikus Hidung Bintang
    Tikus Hidung Bintang menggunakan suara ultrasonik untuk berkomunikasi dan berburu. Mereka menghasilkan suara ultrasonik dan mendengarkan pantulan suara ini untuk mengetahui lingkungan sekitar mereka.


  4. Keunikan Reproduksi Tikus Hidung Bintang

  1. Tikus Hidung Bintang memiliki kehidupan sosial yang menarik, dengan hierarki yang terbentuk dalam kelompoknya. Proses reproduksinya melibatkan interaksi kompleks antara anggota kelompok, dan betina sering membantu dalam merawat anak-anak tikus.


  2. Tikus Hidung Bintang dalam Kajian Ilmiah
    Penelitian ilmiah tentang tikus hidung bintang telah membantu memahami peran pentingnya dalam ekosistem. Mereka membantu mengontrol populasi serangga dan menjadi makanan bagi predator tertentu.


  3. Melampaui Batasan: Adaptasi Lingkungan Tikus Hidung Bintang
    Tikus Hidung Bintang memiliki kemampuan adaptasi yang luar biasa terhadap suhu dingin. Bulu yang tebal dan metabolisme tinggi membantu mereka bertahan dalam kondisi lingkungan yang ekstrem.


  4. Studi Kasus: Tikus Hidung Bintang dan Lingkungan Perubahannya
    Perubahan iklim dapat berdampak pada habitat dan makanan tikus hidung bintang. Studi kasus ini mengilustrasikan bagaimana perubahan lingkungan dapat memengaruhi kelangsungan hidup spesies ini.


  5. Mengapresiasi Kehidupan Mikro: Tikus Hidung Bintang dan Ekosistemnya
    Tikus Hidung Bintang memiliki peran penting dalam menjaga keseimbangan ekosistem. Sebagai pemangsa serangga, mereka membantu menjaga populasi serangga yang mungkin menjadi hama tanaman.


  6. Kesimpulan: Pesona Tersembunyi Tikus Hidung Bintang
    Mengamati tikus hidung bintang membawa kita pada refleksi tentang betapa menakjubkannya keanekaragaman alam. Kita diingatkan untuk menjaga habitat dan lingkungan alamiah agar makhluk-makhluk unik seperti ini tetap dapat hidup dan berkembang.

Dengan segala keunikan dan pesonanya, Tikus Hidung Bintang merupakan contoh yang menarik tentang bagaimana makhluk kecil dapat memiliki dampak besar dalam ekosistem kita. Mengenal dan mengapresiasi keberadaan mereka memberi kita wawasan lebih dalam tentang keanekaragaman alam yang perlu dijaga.

349

Baca juga artikel menarik lainnya:

Memahami Hacking & TujuannyaSebelum membahas teknik dan metode hacking, ada baiknya jika Anda mengetahui apa itu hacking.Hacking bukan soal cara menggunakan tools, tapi hacking lebih ke teknik menggunakan skill agar bisa menguasai/mengambil alih sebuah komputer/sistem. Disini saya akan meluruskan pengertian "HACKING" yang ada di benak dan pemik…

2.1  Definisi Jaringan KomputerJaringan komputer adalah kumpulan dua atau lebih komputer yang saling berhubungan satu sama lain untuk melakukan kamunikasi data dengan menggunakan protokol komunikasi melalui media komunikasi (Kabel atau nirkabel), sehingga komputer-komputer tersebut dapat saling berbagi informasi, data,  bersama.  Dal…

1. Entry of Japan into Indonesia Of course, you still remember that Japan easily succeeded in controlling the regions of East Asia and Southeast Asia, including Indonesia. Why is that? Because: Japan has succeeded in destroying the United States Naval base at Pearl Harbor, Hawaii on December 7, 1941;The mother countries (England…

Pendahuluan suatu karya ilmiah atau tugas akhir merupakan bagian terpenting dari suatu karya ilmiah atau skripsi karena isi pendahuluan itu sendiri merupakan gambaran secara mendetail tentang penelitian yang Anda lakukan. Penulisan pendahuluan harus detail, mulai dari permasalahan yang diangkat dari penelitian Anda secara umum hingga hasil peneliti…

RPL adalah pengakuan atas Hasil Belajar yang diperoleh seseorang dari pendidikan formal, nonformal, informal, dan/atau pengalaman kerja sebagai dasar untuk melanjutkan pendidikan formal dan untuk melakukan penyetaraan dengan kualifikasi tertentu.Program RPL ini telah disesuaikan dengan Permenristekdikti No. 26 Tahun 2016. Yang menjelaskan bahwa ped…

Daftar Isi Pendahuluan Sejarah Monas: Monumen Nasional yang Menginspirasi Monas: Ikhtisar Arsitektur dan Desainnya yang Megah Makna Simbolis Monas: Kekuatan dan Persatuan Bangsa Menjelajahi Taman Monas: Ruang Hijau yang Menyegarkan Monas dalam Sejarah Perjuangan Indonesia Monas sebagai Daya Tarik Wisata: Mengungkap Keindahan dalam Setiap Sud…

Jenderal Sudirman: Pemimpin Perang dan Legenda NasionalPendahuluanSelamat datang dalam artikel makalah ini yang akan membahas sosok yang tidak asing lagi bagi sejarah Indonesia, yaitu Jenderal Sudirman. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi peran dan kontribusinya sebagai seorang pemimpin perang dan legenda nasional. Mari kita telusuri jejak hid…

Daftar IsiPendahuluanSejarah Durian MontongKarakteristik Durian MontongCara Memilih Durian Montong yang BaikMembuka Durian Montong dengan MudahMenikmati Durian Montong yang LezatDurian Montong dalam KulinerDurian Montong sebagai Bahan KesehatanMitos dan Fakta tentang Durian MontongKesimpulanPendahuluanHalo, pembaca yang budiman! Apa kabar? Kali ini…

Daftar IsiPendahuluanKenapa Memijat Bayi itu Penting?Persiapan sebelum Memijat BayiTeknik Dasar Memijat BayiMenjaga Ruangan yang Nyaman dan AmanMenggunakan Minyak atau Lotion yang AmanPemanasan dan Peregangan RinganGerakan Pijatan yang Lebih DalamMemijat Bagian-bagian Tubuh yang BerbedaManfaat Memijat BayiMeningkatkan Ikatan Emosional dengan BayiMe…

Daftar Isi:PendahuluanSejarah Becak SiantarCara Mengendarai Becak SiantarManfaat dan Keunikan Becak SiantarBecak Siantar dalam Kehidupan Sehari-hariPerkembangan Becak Siantar di Era ModernStudi Kasus: Peran Becak Siantar dalam PariwisataStatistik Mengenai Penggunaan Becak SiantarPerkembangan Industri Becak SiantarKesimpulanPendahuluanHalo, para pem…

Kembali kehalaman sebelumnya

Lokasi Pengunjung: 3.237.31.191