Share to: share facebook share twitter share wa share telegram print page

Netizen (acara televisi)

Netizen
GenreGelar wicara
PresenterCak Lontong
Surya Insomnia
Karina Nadila
Avan Putravan
Negara asalIndonesia
Bahasa asliBahasa Indonesia
Produksi
Lokasi produksiSound Stage NET., Graha Mitra, Karet Semanggi, Setiabudi, Jakarta Selatan
Durasi60 menit
Rumah produksiNET. Entertainment
DistributorNet Visi Media
Rilis asli
JaringanNET.
Format gambarHDTV (1080i 16:9)
Format audioDolby Digital 5.1
Rilis3 Juni (2021-06-03) –
25 Juni 2021 (2021-6-25)
Acara terkait
The Comment
Netijen (Trans TV)
D'Cafe (Trans7)
Kata Netizen (Kompas TV)
Kopi Pas Tenan (di antv)

Netizen (sebelumnya bernama The Netizen, dalam logonya ditulis NET.IZEN) adalah sebuah program gelar wicara yang tayang di NET. sejak 3 Juni 2021.[1] Acara ini dibawakan oleh Cak Lontong, Surya Insomnia, Karina Nadila dan Avan Putravan. Acara ini juga menghadirkan bintang tamu yang sedang viral di media sosial untuk membahas sejumlah isu viral menarik terkini di media sosial.[2][3]

Peran Cak Lontong dalam program ini sebenarnya mendampingi Surya yang kerap menghadirkan canda yang menarik. Plus, tentu dibantu Avan dan Karina yang memang jago dalam mengulik berbagai isu yang viral, mengorek lebih dalam para narasumber mengenai alasan mereka membuat konten viral. Karena biasanya, konten tersebut dibuat secara sengaja atau tak diniatkan.

Tim Netizen ingin mengetahui yang mereka lakukan itu sengaja untuk tujuan tertentu atau memang bukan sebuah kesengajaan. Kadang, ketika dikulik mungkin bisa saja sang bintang tamu justru kelabakan menjelaskannya. Di sisi lain, bisa saja pertemuan sang bintang tamu dengan warganet justru membangun respek satu dengan yang lainnya.[4]

Program Netizen membahas berbagai isu menarik yang muncul di media sosial, termasuk tentunya keberadaan beberapa figur selebritis di media sosial. Selain menghadirkan bintang tamu figur yang sedang viral di media sosial, acara ini juga mengajak sejumlah warganet menyampaikan opininya secara interaktif dalam membahas berbagai isu viral tersebut.

Pendapat warganet juga akan menjadi bagian dari survey atau polling, serta komentar yang akan dimunculkan dalam media live chat di Netizen. Program ini sebenarnya mereview langsung perilaku para pembuat konten media sosial yang viral di dunia maya.

Yang menarik adalah Netizen mempertemukan secara langsung figur-figur viral tersebut dengan para warganet. Warganet bisa bertanya dan berkomentar langsung mengkonfirmasi sumber konten yang viral, jadi bukan sekedar mencuit di media sosial saja.

Kehadiran Netizen merupakan warna baru program televisi yang menarik dari sebuah gelar wicara yang digarap secara interaktif dan menghibur berbasis informasi media sosial. Program Netizen menawarkan keseruan sebuah gelar wicara ringan bernuansa komedi dengan menghadirkan topik yang sedang viral yang dibahas dari dua sudut pandang, dari sisi figur publik yang terkait, maupun dari warganet. Layaknya isu yang kerap viral di media sosial, pro-kontra juga mewarnai pembahasan isu yang muncul dengan cara yang lebih terarah untuk meminimalisir sumbatan komunikasi yang mungkin kerap muncul di media sosial.

Saat ini, media sosial menjadi salah satu kanal yang cukup lekat dengan masyarakat, bahkan kerap menjadi sumber informasi yang berpengaruh kuat dalam keseharian. Tebaran informasi media sosial selayaknya mendapatkan verifikasi dari media arus utama agar informasi dapat diterima secara proporsional.

Semangat program Netizen mencoba menginspirasi pemirsa agar bijak dan bertanggungjawab memanfaatkan media sosial dengan mengajak warganet terlibat membahas dan berkomunikasi langsung dengan sumber isu yang ramai di media sosial.[5][6]

Mulai tanggal 10 Juni 2021 sejak episode 3, program ini yang awalnya berjudul The Netizen resmi berganti nama menjadi Netizen (dalam logonya ditulis NET.IZEN).

Mulai tanggal 1 Juli 2021, program ini dihentikan sementara karena penambahan slot drama Korea menjadi tiga kali sehari setiap hari dan tayang di jam 19.30 WIB[7] dan pengaruh naiknya kasus COVID-19 di Indonesia yang mengakibatkan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat[8] di kawasan Jawa-Bali dan mengakibatkan syuting sejumlah program di NET. berhenti untuk sementara waktu. Program ini kemudian dihentikan secara permanen.

Pembawa acara

Pembawa acara utama

Asisten pembawa acara

Pembawa acara tamu

Bintang tamu

Episode Tanggal Tayang Bintang Tamu
1
3 Juni 2021
Aldi Taher
Lee Jeong-hoon
Monique Oktaviani
2
4 Juni 2021
Denise Chariesta
Rangga Sasana
3
10 Juni 2021
Barbie Kumalasari
Uya Kuya
4
11 Juni 2021
Dinar Candy
Andika Mahesa
5
17 Juni 2021
Vicky Prasetyo
6
18 Juni 2021
Kekeyi
Lutfi Agizal
7
24 Juni 2021
Iis Dahlia
Rizki Syafaruddin
Ridho Syafaruddin
8
25 Juni 2021
Kalina Ocktaranny
Mumuk Gomez

Referensi

  1. ^ Riberu, Ade (2021-06-03). "Jadwal Acara NET TV Jumat 4 Juni 2021: Saksikan Hotel Del Luna, Like It, In The Kost, dan The Netizen - Flores Terkini". floresterkini.pikiran-rat.com. Diakses tanggal 2021-06-04. 
  2. ^ "The NET.izen TV OFFICIAL di Instagram "Netizen siap uji nyali? @netmediatama @suryainsomnia @caklontong The Net.izen, paling benar dan paling sempurna. #netizen_nettv"". Instagram. Diakses tanggal 2021-06-02. 
  3. ^ "The NET.izen TV OFFICIAL di Instagram "Ada yang baru di NET. Sekarang saatnya kalian para Netizen beraksi untuk mengomentari orang-orang yang lagi viral! Netizen, are you ready? @caklontong @suryainsomnia @karinadila8921 @avanputravan24 Mulai malam ini pkl 21.30 hanya di NET. The Netizen, paling benar dan paling sempurna."". Instagram. Diakses tanggal 2021-06-03. 
  4. ^ Noviandi, Ferry (2021-06-04). "Cak Lontong dan Surya Insomnia Pandu Acara The Net.izen". Suara.com. Diakses tanggal 2021-06-04. 
  5. ^ "Kocak, Ketika Cak Lontong dan Surya Insomnia Bersatu Kulik Isu Viral - News & Entertainment Fimela.com". m.fimela.com. Diakses tanggal 2021-06-04. 
  6. ^ Kintoko, Irwan Wahyu. "Dipandu Cak Lontong dan Surya Insomnia, NET Hadirkan 'The Net.izen' yang Mengulik Isu Viral Medsos". Tribunnews.com. Diakses tanggal 2021-06-04. 
  7. ^ "Sinopsis A Girl Who Can See Smell, Drama Park Yoo Chun Tayang di Net TV". matamata.com. 2021-07-01. Diakses tanggal 2021-07-01. 
  8. ^ Farisa, Fitria Chusna (2021-07-01). Meiliana, Diamanty, ed. "PPKM Darurat Jawa-Bali, Pilihan Jokowi Atasi Ledakan Pandemi, Berlaku Mulai Besok Selama 18 Hari". Kompas.com. Diakses tanggal 2021-07-08. 

Pranala luar

Baca informasi lainnya:
Kembali kehalaman sebelumnya

Lokasi Pengunjung: 44.220.62.183