Share to: share facebook share twitter share wa share telegram print page

Jalan Pramuka (Jakarta)

Jalan Pramuka dilihat dari JPO Halte Transjakarta Pramuka BPKP (2009)
Gedung Kampus Lembaga Bahasa LIA di Jalan Pramuka, Jakarta Timur

Jalan Pramuka adalah nama salah satu jalan utama Jakarta. Jalan ini menghubungkan Manggarai, Menteng, Matraman dan Rawamangun. Jalan ini membentang sepanjang 3,2 KM dari Pegangsaan, Menteng, Jakarta Pusat sampai Rawasari, Cempaka Putih, Jakarta Pusat. Jalan ini melintasi 8 Kelurahan, yaitu kelurahan:

Jalan ini merupakan kawasan pembatasan lalu lintas Ganjil-Genap (berlaku Senin-Jumat, Pukul 06:00-10:00 dan 16:00-21:00 WIB)[1] dan dilalui oleh TransJakarta Koridor 4.

Persimpangan

Jalan ini memiliki tiga persimpangan utama, yaitu:

  • Persimpangan Jalan Proklamasi (utara, menuju Menteng, Cikini, Gondangdia) dan Jalan Tambak (barat, menuju Stasiun Manggarai, Kuningan, Dukuh Atas)
  • Persimpangan Salemba (utara, menuju Senen, Gambir, dan Gunung Sahari) dan Matraman (selatan, menuju Jatinegara, Kampung Melayu, Cawang)
  • Persimpangan Pemuda (Menuju Rawamangun, Pulo Gadung dan Klender) dan Jalan Ahmad Yani (Menuju Cempaka Putih, Kelapa Gading, Kalimalang, dan Cawang)

Transportasi

Jalur Bus

Transjakarta

Jalan ini dilalui oleh jalur TransJakarta koridor 4 dengan rute Pulo Gadung 2 - Dukuh Atas 2. Halte-halte yang berada di jalan ini adalah:

Rute bus Transjakarta yang melewati Jalan Pramuka adalah:

Bus Lainnya

Selain Transjakarta, berikut ini adalah trayek bus lain yang melayani Jalan Pramuka:

Dalam budaya populer

Di dalam lagu grup band "The Upstairs" berjudul "Matraman", kawasan Jalan Pramuka disebutkan termasuk jembatan layang yang melintang di atas perempatan Matraman.

Lihat juga

Referensi

  1. ^ Ravel, Stanly, ed. (2022-06-26). "Jangan Lupa, Ganjil Genap Jakarta Berlaku di 25 Ruas Jalan Ini". Kompas.com. Diakses tanggal 2022-09-27. 
Jalan sebelumnya:

Jalan Tambak

Jalur Jalan Raya Pejompongan - Pulo Gadung Jalan berikutnya:

Jalan Pemuda


Baca informasi lainnya:
Kembali kehalaman sebelumnya

Lokasi Pengunjung: 44.220.62.183