Share to: share facebook share twitter share wa share telegram print page

I dengan titik (Kiril)

Huruf Kiril
I dengan titik
Penggunaan Fonetis:[i]
Nomor Kiril:10
Diambil dari:Huruf Yunani Iota (Ι ι)
Alfabet Kiril
Huruf Slavia
АА́А̀А̂А̄ӒБ
ВГҐДЂЃЕ
Е́ÈЕ̂ЁЄЖЗ
З́ЅИИ́ЍИ̂Й
ІЇЈКЛЉМ
НЊОŌПРС
С́ТЋЌУУ́ У̀
У̂ӮЎФХЦЧ
ЏШЩЪЫЬЭ
ЮЯ
Huruf non-Slavia
ӐА̊А̃Ӓ̄ӔӘӘ́
Ә̃ӚВ̌ҒГ̑Г̣Г̌
ҔӺҒ̌ӶД̌Д̣Д̆
ӖЕ̄Е̃Ё̄Є̈ӁҖ
ӜҘӞЗ̌З̱З̣Ԑ
Ԑ̈ӠӢИ̃ҊӤҚ
ӃҠҞҜК̣ԚӅ
ԮԒӍӉҢԨӇ
ҤО́О̀О̆О̂О̃Ӧ
Ӧ̄ӨӨ̄Ө́Ө̆ӪҨ
ԤР̌ҎҪС̣С̱Т̌
Т̣ҬУ̃Ӱ Ӱ́Ӱ̄Ӳ
ҮҮ́ҰХ̣Х̱Х̮Х̑
ҲӼӾҺҺ̈ԦҴ
ҶӴӋҸҼҾЫ̆
Ы̄ӸҌЭ̆Э̄Э̇Ӭ
Ӭ́Ӭ̄Ю̆Ю̈Ю̈́Ю̄Я̆
Я̄Я̈ Я̈́ԜӀ
Huruf Kuno atau tidak digunakan
ҀѺ
ОУѠѼѾ
ѢѤѦ
ѪѨѬѮ
ѰѲѴѶԘ
ԀԔԖԠԢ
Ҧ
ԂԄԈԊԌ
ԎԆԞ
ԪԬГ̧Г̄

I dengan titik (І і; italik: І і), atau lebih dikenal sebagai I desimal (и десятеричное, setelah itu dijadikan angka), adalah huruf dari Alfabet Kiril. Itu secara umum melambangkan Vokal takbulat tertutup depan /i/, seperti dalam pengucapan dari ⟨i⟩ dalam Indonesia "gila". Itu digunakan dalam ortografi dari Belarusia, Kazakh, Khakas, Komi, Rusyn Karpatia dan Ukraina dan lumayan sering, tetapi tidak selamanya, itu adalah bentuk lain dari Huruf Kiril I (И и) yang juga digunakan dalam Rusia dan bahasa lainnya. Huruf ini juga digunakan dalam Rusia sebelum 1918.

Dalam Ukraina, І adalah huruf keduabelas dari alfabet itu dimana itu melambangkan suara i dalam penulisannya. Ukraina menggunakan и untuk merepresentasikan suara ɪ. Dalam Belarusia, I adalah huruf kesepuluh dari Alfabet. Itu melambangkan vokal takbulat tertutup depan. Dua Rusyn Karpatia varietas standar menggunakan і, и dan ы untuk tiga suara yang berbeda: /i/, /ɪ/ dan /ɨ/, sebagai gantinya. Dalam Komi, і terjadi setelah konsonan д, з, л, н, с, dan т dan dipalatalisasi, ketika и melakukan. Di bahasa Kazakh dan Khakas, і melambangkan /ɪ/, di kata "bit". Di bahasa Kazakh, huruf itu terjadi di penganut asli kata bahasa Turkik. Sebagian kata pinjaman menggunakan и.[butuh rujukan]

Juga mirip huruf Latin I/i (dan J/j), titik diatas huruf itu muncul hanya pada huruf kecilnya dan hanya hurufnya ditambahkan dengan diaktritik diatasnya (terutama diaeresis, digunakan dalam catatan bahasa Ukraina untuk menotasikan huruf Yi dalam alfabet tersebut, dan makron). Bahkan ketika bentuk huruf kecil hadir tanpa diakritik lainnya, titik tersebut selalu tidak ada dalam teks sejarah (hal yang sama secara historis diterapkan pada huruf Romawi i dan j). Beberapa teks modern dan fon komputer modern, kecuali gaya kursif, tetap buang titik "lembut" pada huruf kecil, karena teks dapat dibaca tanpanya.

Referensi

'

Baca informasi lainnya yang berhubungan dengan : I dengan titik (Kiril)

Kembali kehalaman sebelumnya

Lokasi Pengunjung: 44.211.26.178