Share to: share facebook share twitter share wa share telegram print page

Heru Kesawa Murti

Heru Kesawa Murti
LahirAdrianus Heru Kesawa Murti
(1957-08-09)9 Agustus 1957
Yogyakara, Indonesia
Meninggal1 Agustus 2011(2011-08-01) (umur 53)
Yogyakarta, Indonesia
PekerjaanPenulis, aktor
Suami/istriMuji Rahayu
AnakAditya Kameswara, Surnia Sri Isyana
Orang tuaHandung Kussudyarsana

Heru Kesawa Murti (9 Agustus 1957 – 1 Agustus 2011) adalah seorang penulis naskah dan pemeran teater Indonesia. Ia pernah menempuh pendidikan di Sekolah Menengah Seni Rupa, Akademi Seni Rupa Indonesia Yogyakarta (tidak tamat), dan Fakultas Filsafat Universitas Gadjah Mada. Namanya dikenal luas di masyarakat, saat berperan dalam serial sinetron berbahasa Jawa Mbangun Desa yang ditayangkan seminggu sekali di TVRI Yogyakarta dari tahun 1988 sampai 2008. Ia berperan sebagai sebagai Pak Bina, nama tokoh yang ia perankan tersebut yang kemudian populer sebagai nama panggilannya.

Bersama dengan Susilo Nugroho, Jujuk Prabowo, Sepnu Heryanto dan Saptaria Handayaningsih (Alm) ia mendirikan Teater Gandrik pada tahun 1983. Bersama teater inilah kreativitas seninya terwadahi, karena naskah-naskah tulisannya dipentaskan, dan kekuatan keaktorannya dipertunjukkan. Selain di Teater Gandrik, ia menulis cerita pendek dan esei budaya yang dimuat di koran daerah dan ibu kota. Ia juga redaktur majalah pariwisata "Exploring Jogja", selain bermain sebagai aktor di panggung Teater Gandrik, ketoprak dan sinema elektronik, ia juga main dalam film: Malioboro, Anak-anak Borobudur, Cewek Saweran, My Friend My Dream, Kontak Tani, dll.

Naskah naskah karyanya antara lain; Orang-orang terasing, Kucing, Muara Putih Hati, Pena Tajam, Diam Itu Indah, Gincu, Surat Untuk Wakil Rakyat, serial mBangun Desa, serial Kompleks, serial Gatotkaca, serial Sirkuit Kemelut, Cinta dan Pasir, serial Malioboro, serial Cermin, serial Badut Pasti Berlalu, Dua Jaman, dll (naskah Sinetron). Tuan Residen, Kismet, Meh, Kontrang-Kantring, Pensiunan, Sinden, Pasar Seret, Isyu, Dhemit, Flu, Proyek, Juragan Abiyasa, Kera-kera, Orde Tabung, Upeti, Buruk Muka Cermin diJual, Brigade Maling, Departemen Borok, Parawira Pantene, Mas Tom (adaptasi dari "Tom Jones" - Henry Fielding) Pandol, Pasar Seret 3, dll (naskah drama pentas).

Bernama asli RM Adrianus Heru Kesawamurti, wafat pada Senin 1 Agustus 2011 pkl 12:00 WIB di rumahnya di bilangan Tegal Senggotan, Tirtonirmolo, Bantul, Yogyakarta dikarenakan serangan jantung. Almarhum sudah lama menderita sakit jantung koroner. Jenazah dimakamkan Selasa 2 Agustus 2011 pkl 14:00 WIB di makam keluarga Bagong Kussudiardja di dusun Sembungan, Tamantirto, Kasihan, Bantul.

Pranala luar

Information related to "Heru Kesawa Murti" :

Baca informasi lainnya:
Kembali kehalaman sebelumnya

Lokasi Pengunjung: 44.220.62.183