Share to: share facebook share twitter share wa share telegram print page

Hansel dan Gretel

Ilustrasi oleh Arthur Rackham, 1909

"Hansel dan Gretel" (/ˈhænsəl, ˈhɛn- ...ˈɡrɛtəl/; juga dikenal sebagai Hansel dan Grettel, Hansel dan Grethel, atau Bocah Kecil dan Gadis Kecil; bahasa Jerman: Hänsel und Gretel (Hänsel und Grethel)[a] [ˈhɛnzl̩ ʔʊnt ˈɡʁeːtl̩]) adalah sebuah cerita dongeng terkenal dari Jerman, yang dicatat oleh Grimm Bersaudara dan terbit pada 1812. Hansel dan Gretel adalah kakak beradik muda yang diculik oleh seorang penyihir kanibal yang tinggal di hutan, dalam sebuah rumah yang terbuat dari kue, manisan, permen dan beberapa makanan lainnya yang tak lebih dari sebuah khayalan. Dua anak tersebut kabur dengan selamat. Kisah tersebut diadaptasi ke berbagai media, terutama opera Hänsel und Gretel (1893) karya Engelbert Humperdinck. Di bawah sistem klasifikasi Aarne–Thompson, "Hansel dan Gretel" diklasifikasikan di bawah Kelas 327.

Alur Cerita

Hansel dan Gretel adalah cerita dengan latar belakang waktu Jerman abad pertengahan. Keduanya merupakan anak dari seorang pemotong kayu yang miskin. Ketika kelaparan besar melanda wilayah tempat tinggal mereka, sang ibu tiri memutuskan untuk membuang Hansel dan Gretel ke dalam hutan belantara dan meninggalkannya disana sehingga ia dan suaminya tidak akan mati kelaparan. Ayah dari kedua bersaudara awalnya tidak tega untuk membuang anaknya sendiri, tetapi kemudian, karena kelemahan hatinya, ia tidak bisa melawan istrinya. Hal ini telah didengar oleh Hansel dan Gretel sebelum mereka tertidur. Setelah kedua orang tuanya tidur, Hansel diam-diam keluar dan mengumpulkan kerikil putih sebanyak yang ia mampu.

Keesokan harinya, Hansel dan Gretel beserta orang tuanya pergi ke hutan. Secara diam-diam, Hansel menjatuhkan kerikil yang telah ia kumpulkan dan membentuk sebuah penunjuk jalan pulang. Sang ayah menyalakan api untuk kedua bersaudara, sementara ia mencari kayu di hutan. Setelah beberapa saat, mereka menyadari bahwa ayah mereka tidak kunjung datang. Gretel mulai menangis, tetapi Hansel berusaha meyakinkannya bahwa semua akan baik-baik saja. Ketika malam tiba, cahaya bulan terpantul dari kerikil putih yang sebelumnya dijatuhkan oleh Hansel sepanjang jalan. Mereka mengikuti kerikil itu dan berhasil sampai dirumah keesokan harinya. Ayah mereka merasa lega dan senang, kemudian memarahi diri sendiri karena telah meninggalkan mereka di hutan.

Beberapa waktu berlalu dan kelaparan kembali melanda. Kali ini, sang ibu tiri kembali memaksa ayah Hansel dan Gretel untuk membuang mereka ke hutan. Ia bahkan mengunci pintu rumah di malam hari sehingga Hansel tidak bisa mencari kerikil putih seperti sebelumnya. Hansel yang cerdik tidak kehabisan akal, ia membangi roti menjadi beberapa remah roti dan menyebarkannya di sepanjang jalan. Sayangnya, burung-burung memakan remah roti itu sehingga mereka tidak menemukan jalan pulang. Setelah mencari dan berjalan cukup lama, mereka menemukan rumah di tengah hutan yang terbuat dari roti, kue, dan gula.

Melihat rumah yang terbuat dari berbagai macam manisan, Hansel dan Gretel lantas memakan rumah itu karena mereka sangat lapar. Saat mereka sedang asyik mengunyah, seorang penyihir keluar dan mengundang mereka masuk. Ia menjadi sosok yang ramah dan menawarkan makanan serta tempat untuk berlindung. Setelah memberi mereka makan, penyihir itu menjebak Hansel dan Gretel, kemudian memaksa mereka melakukan pekerjaan rumah setiap hari. Sang penyihir terus menerus memberi makan agar Hansel dan Gretel bertambah gemuk. Penyihir itu berniat memakan Hansel dan Gretel.

Setelah beberapa lama, penyihir itu memutuskan bahwa hari ini adalah hari yang tepat untuk memakan kedua bersaudara. Gretel telah menyiapkan oven yang menyala untuk dirinya serta air yang mendidih untuk memasak Hansel. Penyihir itupun menyuruh Gretel untuk masuk ke dalam oven. Gretel yang mengetahui niat jahat penyihir pun menipunya dengan mengatakan bahwa ia tidak tahu bagaimana caranya masuk ke dalam oven. Karena kesal dan merasa bahwa Gretel bodoh, penyihir itu mencontohkan bagaimana seharusnya ia masuk ke dalam oven. Sang penyihir mendekatkan badannya ke oven, dan saat itulah Gretel mendorongnya masuk dan menutup pintu oven, kemudian kedua bersaudara itu kabur meninggalkan penyihir itu terbakar hidup-hidup. Mereka juga menemukan semacam harta karun dan mengambil sebagian perhiasan untuk dibawa pulang. Mereka sampai dirumah dengan selamat dan mendapat kabar bahwa ibu tirik mereka telah tiada dengan sebab yang tak diketahui, dan ayah mereka tidak pernah bahagia sejak mereka meninggalkan rumah. Keluarga itu hidup bahagia selamanya dengan kekayaan yang mereka dapatkan.

Sejarah dan ulasan

Ilustrasi oleh Theodor Hosemann

Jacob dan Wilheim Grimm mendengar “Hansel dan Gretel” dari teman Wilhelm dan calon istri Dortchen Wild, dan menerbitkannya di Kinder- und Hausmärchen pada tahun 1812. Dalam dongeng versi Grimms, istri sang pemotong kayu adalah ibu kandung dari Hansel dan Gretel serta yang disalahkan karena membuang mereka dibagi antara dia dan sang pemotong kayu. Dalam edisi terbaru, terdapat sedikit revisi yang dibuat antara lain: sang istri menjadi ibu tiri Hansel dan Gretel, sang penebang kayu yang menentang rencana sang istri untuk membuang anak mereka, dan beberapa acuan keagamaan dibuat. Urutan kejadian saat sang angsa menolong Hansel dan Gretel menyebrangi sungai ditambahkan pada edisi terbaru. Revisi lainnya dalam beberapa versi menyatakan bahwa sang Ibu meninggal dunia tanpa penyebab yang jelas, meninggalkan keluarga, atau menikah kembali dengan pria lain pada akhir cerita.

Dongeng ini bisa jadi bermula saat terjadinya Kelaparan Hebat di Abad Pertengahan (1315-1317), yang menyebabkan orang-orang putus asa membuang para anak kecil agar dapat menghidupi diri mereka sendiri atau bahkan menjadi kanibalisme.

Ahli cerita rakyat, Iona dan Peter Opie, menyatakan dalam The Classic Fairy Tales (1974) bahwa ‘Hansel dan Gretel’ merupakan bagian dari kumpulan dongeng Eropa khususnya sangat terkenal di daerah Baltic, mengenai anak-anak yang mengakali para orge hingga tanpa sadar jatuh ke tangan mereka. Dongeng ini memiliki kemiripian dengan bagian pertama dari “Hop-o’-My Thumb” (1607) karya Charles Perrault dan “Finette Cendron” (1721) karya Madame d'Aulnoy. Dikedua cerita tersebut, anak - anak yang terlantar menemukan jalan pulang mereka dengan mengikuti sebuah jalan kecil. Dalam "Clever Cinders", sang pahlawan wanita membakar sesosok raksasa dengan mendorongnya ke dalam sebuah oven yang merupakan cara serupa dengan pembunuhan terhadap penyihir yang dilakukan oleh Gretel, serta sebuah tipu daya yang menggunakan ranting dalam dongeng Swedia mirip dengan trik tulang kering milik Hansel. Seorang Ahli bahasa dan cerita rakyat, Edward Vajda, telah mengemukakan bahwa teori-teori ini menjelaskan mengenai pertumbuhan anak remaja menjadi usia dewasa, cerita tentang ritual peralihan yang masih ada di dalam masyarakat Proto-Indo-Eropa. Sebuah rumah yang terbuat dari makanan-makanan manis ditemukan pada abad ke 14 dalam sebuah naskah tentang negeri Cockayne.

Fakta bahwa sang ibu atau ibu tiri mati setelah Hansel dan Gretel membunuh penyihir seperti yang telah dikatakan oleh banyak pengkritik bahwa sang ibu atau ibu tiri dan penyihir itu secara implisit adalah wanita yang sama.[1]

Dalam kisah Russia Vasilisa the Beautiful, sang Ibu tiri juga mengirim anak tiri yang ia benci ke hutan untuk meminjam sebuah lampu ke saudarinya, yang ternyata adalah Baba Yaga, seorang penyihir kanibal. Selain menonjolkan pembahayaan terhadap anak-anak (yang juga setara dengan kepintaran mereka), cerita ini memiliki keseruan yang umum dengan memakan dan menyakiti anak-anak: sang Ibu atau Ibu tiri ingin menghindari kelaparan, dan si penyihir memikat mereka dengan rumah permen sehingga dia bisa memakan mereka kemudian. Dongeng lain dengan tipe seperti ini adalah dongeng asal Prancis, The Lost Children.[2]. Grimm bersaudara juga mengidentifikasi the French Cendron Dan Hop-o'-my thumb sebagai cerita yang berkaitan.

Makna kebudayaan

Staatsoper Wien 2015

Dongeng ini juga dapat dinikmati oleh banyak orang dalam bentuk pertujukan panggung, seperti opera Hänsel und Gretel oleh Engelbert Humperdinck­­­- salah satu opera yang masih dimainkan sampai sekarang. Penggambaran ulang modern dari dongeng ini adalah dongeng musikal Ami & Tami, karya Mátti Kovler yang diproduksi di Israel dan Amerika, kemudian dirilis sebagai album simfoni. Elemen dari cerita ini pernah digunakan di salah satu adegan klimaks film horror karya Wes Craven tahun 1994 yang berjudul New Nightmare. Jejak remah roti Hansel dan Gretel menjadi inspirasi elemen navigasi (di film tersebut), bernama “breadcrumbs”. Alat yang memungkinkan penggunanya untuk melacak jejak lokasi mereka di dalam program atau dokumen. Adaptasi terbaru dari dongeng ini adalah Gretel & Hansel, sebuah film horror Amerika tahun 2020 yang disutradarai oleh Oz Perkins.

Lihat juga

Catatan

  1. ^ Dalam bahasa Jerman, dua nama tersebut masing-masing adalah padanan dari Johannes ("Yohanes") dan Margarete ("Margaret")

Referensi

Pranala luar

Read other articles:

Federação Equatoriana de FutebolFederación Ecuatoriana de Fútbol (em castelhano) Fundação 30 de maio de 1925 (98 anos) Sede Av. Las Aguas y Calle AlianzaP.O. Box 09-01-7447Guaiaquil 593[1] Filiação à FIFA em 1926[1] Filiação à CONMEBOL em 1927[2] Presidente Jaime Estrada Medranda [1] Website fef.ec Seleção Masculina principal Treinador Jordi Cruijff[3] Seleção Feminina principal Treinador Emily Lima[4] Escudo utilizado até 2020.A Federación Ecuatoriana de Fútbol é a …

Para otros usos de este término, véase Augusto Ramírez. Augusto Ramírez Ocampo Ministro de Relaciones Exteriores de Colombia 1984-1986Presidente Belisario BetancurPredecesor Rodrigo Lloreda CaicedoSucesor Julio Londoño Paredes Alcalde Mayor de Bogotá agosto de 1982-julio de 1984Presidente Belisario BetancurPredecesor Hernando Durán DussánSucesor Hisnardo Ardila Díaz Información personalNacimiento 21 de septiembre de 1934 Colombia, BogotáFallecimiento 14 de junio de 2011, (77 año…

Australian hard rock band Kings of the SunAlso known asThe Young Lions,The Rich and Famous,Clifford Hoad's Kings of the SunOriginSydney, NSW, AustraliaGenresHard rock, pub rock, Southern rock, rock and roll, punk rock, pop rockYears active1986–1998, 2001–2009, 2010–presentLabelsMushroom Records,RCA Records,independentMembers Clifford Hoad Past members Jeffrey Hoad Anthony Ragg Rowie Riot Shar Roxxon Laurie Marlow Quentin Elliott Dave Talon Baron von Berg Darren Marlow Glenn Morris Chris Le…

This article is about the mukim. For the state constituency, see Kijal (state constituency). This article needs additional citations for verification. Please help improve this article by adding citations to reliable sources. Unsourced material may be challenged and removed.Find sources: Kijal – news · newspapers · books · scholar · JSTOR (October 2009) (Learn how and when to remove this template message) Town in Terengganu, MalaysiaKijalTownKijal BeachKij…

Danelaw ditunjukan berwarna emas pada peta. Danelaw (atau Danelagh, Bahasa Inggris Kuno: Dena lagu; Denmark: Danelagen), menurut catatan peristiwa Anglo-Saxon adalah bagian dari Britania Raya, kini Inggris utara dan timur, yang ditaklukan oleh bangsa Viking yang melakukan ekspansi pada abad ke-9. Dengan meningkatnya populasi dan produktivitas di Skandinavia, prajurit Viking mencari harta karun dan kejayaan di dekat Britania. Pranala luar [1] News Item: BBC Blood of the Vikings [2] BBC Viking His…

هذه المقالة يتيمة إذ تصل إليها مقالات أخرى قليلة جدًا. فضلًا، ساعد بإضافة وصلة إليها في مقالات متعلقة بها. (يونيو 2021) هناك العديد من التركيبة السكانية والمجموعات الفرعية المختلفة في الإسلام . العنف الطائفي بين المسلمين هو الصراع المستمر بين المسلمين من مختلف الطوائف، ومعظمه

Calzones rotos Zorritas (Chile)Bugnes de Lyon (Francia)Kleina (Islandia) Calzones rotos espolvoreados con azúcar flor.Tipo BuñueloConsumoOrigen Gastronomía chilenaDistribución Chile ChileDatos generalesIngredientes Básicos:Harina de trigoPolvos de hornearAzúcarAzúcar florHuevosRalladura de limónAceite vegetalOpcionales:MantequillaAguaLicorExtracto de vainillaLecheCanelaSimilares Sopaipilla dulceBerlinesaChurroFaworkiPicarónRosquillaSfrappole • Pestiño[editar datos en Wikida…

Liga Nacional Handebol País  Brasil Confederação PATHF Organizador Confederação Brasileira de Handebol Informações gerais Divisão Primeira divisão Torneios internacionais Panamericano de Clubes Temporadas Primeira temporada 1997 Temporada atual 2022 Primeiro campeão ADC Metodista Atual campeão Handebol Taubaté Maior campeão ADC Metodista e EC Pinheiros (8 títulos) A Liga Nacional de Handebol Masculino é a principal competição de clubes de handebol do Brasil. Organizada pela…

Спартак — термін, який має кілька значень. Ця сторінка значень містить посилання на статті про кожне з них.Якщо ви потрапили сюди за внутрішнім посиланням, будь ласка, поверніться та виправте його так, щоб воно вказувало безпосередньо на потрібну статтю.@ пошук посилань са

Kevin Burdette Kevin Burdette es un cantante (bajo) que nació y creció en Knoxville, Tennessee. Ha trabajado como solista en la Ópera Metropolitana, Ópera de Santa Fe,[1]​ Ópera de Seattle, Teatro Colón, Ópera de Dallas,[2]​ Ópera de San Diego, Ópera de Ciudad de la Nueva York,[3]​ Opéra de Montréal, Ópera Lírica de Boston,[4]​ Ópera Glimmerglass,[5]​ Ópera de Filadelfia, y en el Festival Spoleto,[6]​ así como en muchas compañías de ópera re…

ديفيد دورفمان معلومات شخصية الميلاد 7 فبراير 1993 (العمر 30 سنة)لوس أنجلوس مواطنة الولايات المتحدة  الحياة العملية المدرسة الأم كلية هارفارد للحقوقجامعة كاليفورنيا  المهنة ممثل اللغة الأم الإنجليزية  اللغات الإنجليزية  سنوات النشاط 1998-الآن المواقع IMDB صفحته على IMDB …

3669 ВертинськийВідкриттяВідкривач Карачкіна Людмила ГеоргіївнаМісце відкриття КрАОДата відкриття 21 жовтня 1982ПозначенняНазвана на честь Вертинський Олександр МиколайовичТимчасові позначення 1982 UO7 1972 TE2 1972 XD 1980 BG3 1984 KJКатегорія малої планети Астероїд головного поясуОрбі…

Distinguished Service Cross Bagian depan SalibPita dengan batang untuk penganugerahan selanjutnya Dianugerahkan oleh Kerajaan Bersatu Britania Raya dan Irlandia Jenis Tanda jasa militer Persyaratan penerima Inggris, mantan Persemakmuran Bangsa-Bangsa, dan pasukan aliansi Dianugerahkan atas dasar Keberanian selama operasi aktif melawan musuh di laut Status Masih dianugerahkan sampai sekarang Keterangan Berbentuk Salib perak dengan ujung tumpul bulat, ukuran 43mm tinggi dan lebar Statistik Ditetap…

Cet article concerne la compétition organisée selon les règles FIFA. Pour celle organisée selon les règles AMF, voir Championnat du monde de futsal AMF. Coupe du monde de futsal Généralités Sport futsal Création 1989 Autre(s) nom(s) (en) Futsal World Cup Organisateur(s) FIFA Éditions 9e en 2021 Catégorie Compétition internationale Périodicité tous les 4 ans Participants 24 (phase finale) Site web officiel fifa.com/futsalworldcup Palmarès Tenant du titre Portugal (2021) Plus ti…

Ni Putu Eka WiryastutiBupati Tabanan ke-10Masa jabatan17 Februari 2016 – 17 Februari 2021PresidenJoko WidodoGubernurMade Mangku PastikaI Wayan KosterPendahuluI Wayan Sugiada (Pj.)PenggantiI Gede Susila (Plh.)Masa jabatan2010–2015PresidenSusilo Bambang YudhoyonoJoko WidodoGubernurMade Mangku PastikaPendahuluNyoman Adi WiryatamaPenggantiI Wayan Sugiada (Pj.) Informasi pribadiLahir21 Desember 1975Tabanan, BaliKebangsaanIndonesiaSuami/istriBambang Aditya (2012-2017; bercerai)Sunting…

Wapen van de familie de Beauffort uit Artesië Het Kasteel de Beauffort in Linden Kasteel van Loyers Het kasteel van Bouchout in Meise De Beauffort is een adellijke Belgische familie, afkomstig uit Artesië, die niet te verwarren is met de familie Beaufort Spontin of met andere families de Beauffort in Frankrijk. Geschiedenis Artesië Heel wat de Beaufforts zijn in de kronieken te noteren vanaf de twaalfde eeuw. Verschillende onder hen trokken mee op kruistochten, onder meer in 1248 onder de lei…

ABC affiliate in Nampa, Idaho For other uses, see Kivi (disambiguation). Not to be confused with KVII-TV. KIVI-TVNampa–Boise, IdahoUnited StatesCityNampa, IdahoChannelsDigital: 24 (UHF)Virtual: 6BrandingIdaho News 6ProgrammingAffiliations6.1: ABCfor others, see § SubchannelsOwnershipOwnerE. W. Scripps Company(Scripps Broadcasting Holdings LLC)Sister stationsKSAW-LDHistoryFirst air dateFebruary 1, 1974 (49 years ago) (1974-02-01)Former call signsKITC (February–April 1974)K…

يفتقر محتوى هذه المقالة إلى الاستشهاد بمصادر. فضلاً، ساهم في تطوير هذه المقالة من خلال إضافة مصادر موثوق بها. أي معلومات غير موثقة يمكن التشكيك بها وإزالتها. (مايو 2019) هذه المقالة يتيمة إذ تصل إليها مقالات أخرى قليلة جدًا. فضلًا، ساعد بإضافة وصلة إليها في مقالات متعلقة بها. (ما…

BerberosaurusRentang fosil: Toarkium, 182–174 jtyl PreЄ Є O S D C P T J K Pg N Penempatan lapisan tidak pasti Restorasi hidup dan perbandingan ukuran Klasifikasi ilmiah Kerajaan: Animalia Filum: Chordata (tanpa takson): Dinosauria (tanpa takson): Saurischia (tanpa takson): Theropoda (tanpa takson): Averostra (tanpa takson): †Ceratosauria Genus: †Berberosaurus Spesies: †B. liassicus Nama binomial †Berberosaurus liassicusAllain et al., 2007 Sinonim Berbesaurus Torices et al.,…

السنه دى بتوافق فى التقويمين القبطى والمصرى 1704(قبطى), 6229(مصرى) شوف احداث السنه مواليد وفيات مواليد 1986 وفيات 1986 الفيه: الفيه 2nd قرون: قرن 19th – قرن 20th – قرن 21st عقود: عقد 1960  عقد 1970  – عقد 1980 –  عقد 1990  عقد 2000 سنين: 1984 1985 – 1986 – 1987 1988 1986 فى التقاويم التانيهتقويم م…

Kembali kehalaman sebelumnya

Lokasi Pengunjung: 44.211.31.134