Share to: share facebook share twitter share wa share telegram print page

Dewan Pariwisata Singapura

Dewan Pariwisata Singapura

Singapore Visitors Centre sepanjang Orchard Road, menyediakan informasi pariwisata untuk turis di Singapura
Informasi lembaga
Dibentuk1 Januari 1964; 60 tahun lalu (1964-01-01) (sebagai Dewan Promosi Pariwisata Singapura)
19 November 1997; 26 tahun lalu (1997-11-19) (sebagai Dewan Pariwisata Singapura)
Wilayah hukumPemerintah Singapura
Kantor pusatTourism Court, 1 Orchard Spring Lane, Singapore 247729
Pejabat eksekutif
  • Chaly Mah[1], Pemimpin
  • Keith Tan, Pejabat Eksekutif Tertinggi[2]
Lembaga indukKementerian Perdagangan dan Perusahaan
Situs webwww.stb.gov.sg

Dewan Pariwisata Singapura (bahasa Inggris: Singapore Tourism Board, singkatan: STB; Bahasa Melayu: Lembaga Pelancongan Singapura; Hanzi sederhana: 新加坡旅游局; Bahasa Tamil: சிங்கப்பூர் சுற்றுலா வாரியம்) adalah salah satu badan pemerintah Singapura di bawah Kementerian Perdagangan dan Perusahaan, bertugas memperkenalkan industri pariwisata di negeri itu.

Sejarah

Dewan ini didirikan pada tahun 1964 sebagai Dewan Promosi Pariwisata Singapura (Singapore Tourist Promotion Board/STPB). Pada tahun itu, ada 91.000 pengunjung. Tugas utama STPB was adalah mengkoordinasi usaha hotel, agen maskapai penerbangan, dan travel untuk mengembangkan industri pariwisata di negeri itu.

Kemudian, STPB mulai mengawali gagasan pemasaran baru untuk memperkenalkan gambaran Singapura ke seluruh dunia. Badan itu menciptakan Merlion, simbol yang berdasarkan pada legenda mistik Singapura, yang menjadi ikon destinasi Singapura. Dewan itu juga menyediakan perizinan agen perjalanan dan pelatihan pemandu wisata.

STPB secara aktif mempromosikan perkembangan prasarana, termasuk banguan hotel dan daya tarik wisata seperti Jurong Bird Park dan Pulau Sentosa yang kini menjadi pulau wisata terkenal untuk wisatawan setempat dan mancanegara. Dewan itu juga memasarkan kota sebagai tempat pertemuan dan even-even terorganisasi untuk menarik pengunjung.

Pada tahun 1980-an, beberapa daerah kultural bersejarah yang penting seperti Chinatown, Little India dan Arab Street dilestarikan. Tempat-tempat itu menunjukkan keragaman budaya Singapura dan menjadi tujuan wisata terkenal. Sungai Singapura mengalami program pembersihan besar-besaran dan daerah sepanjang sungai itu dikembangkan untuk restoran dan kesenangan wisatawan lain.

Dewan itu dinamai kembali sebagai Dewan Pariwisata Singapura (Singapore Tourism Board) pada tahun 1997. Dewan itu kini mengawasi semua segi pariwisata, termasuk alokasi sumber dana dan perencanaan strategis jangka panjang. Dewan itu mendirikan kantor di seluruh dunia untuk memasarkan secara aktif tujuan Singapura.

Industri pariwisata Singapura berkembang pesat semenjak STPB didirikan. Pada tahun 2004, ada 8 juta pengunjung. Pada tanggal 11 Januari 2005, MenPerinDag memperkenalkan tujuan penting Dewan Pariwisata Singapura untuk menggandakan kedatangan turis hingga 17 juta pada tahun 2015, Tourism 2015 lihat di sini.[pranala nonaktif permanen]

Lihat pula

Referensi

  1. ^ "Chaly Mah named as STB's new chairman". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2017-01-16. Diakses tanggal 15 January 2017. 
  2. ^ "Chief Executive for Singapore Tourism Board to Step Down 31 May 2018" (PDF). Ministry of Trade & Industry. 14 May 2018. Diakses tanggal 16 June 2018. 

Pranala luar

Baca informasi lainnya:
Kembali kehalaman sebelumnya

Lokasi Pengunjung: 100.26.196.222