Share to: share facebook share twitter share wa share telegram print page

Borong Bareng

Borong Bareng
IndustriE-commerce
DidirikanJuni 2020 (2020-06) in Jakarta, Indonesia
Pendiri
Kantor
pusat
Indonesia
PemilikPT Digital Imagination Space
Karyawan
50-100 (2020)
Situs webborongbareng.com

Borong Bareng merupakan platform e-commerce sosial pertama di Indonesia yang menerapkan nilai-nilai gotong royong rakyat Indonesia dalam pengembangannya. Borong Bareng bekerja sama dengan para pemilik bisnis dan produsen lokal dalam merintis usaha yang juga disebut toko daring ini. Borong Bareng diresmikan pada Juni 2020. Masyarakat Indonesia dapat mengakses aplikasi Borong Bareng melalui Google Play Store untuk Android dan App Store untuk iOS.

Para pengguna Borong Bareng juga disebut sebagai Sobat BoBa.

Sejarah

Borong Bareng diluncurkan di Indonesia pada bulan Juni 2020 di bawah naungan PT Digital Imagination Space oleh Dary Aulia Muhammad. Dalam dua bulan setelah peluncuran resminya, Borong Bareng tercatat mempunyai lebih dari 300,000 pengguna di Indonesia, yang kebanyakan berada di Pulau Jawa dan Bali.

Borong Bareng didirikan dengan tujuan awal menyediakan produk dengan harga yang lebih terjangkau bagi konsumen, serta mempermudah akses berbagai produk bagi para penggunanya.

Sistem Kerja

Borong Bareng menerapkan fitur Slash, Super Deal dan Group Buy'. Metode pembayaran pada platform ini dapat dilakukan melalui Cash on Delivery (COD), serta mobile banking (m-banking) atau e-wallet seperti Gopay, OVO, dan lain-lain. Borong Bareng juga merintis kerja sama dengan Midtrans, yang merupakan payment gateway terbesar di Indonesia.

Pengguna diharuskan untuk mendaftarkan diri dan memasukkan alamat pengiriman sebelum dapat menggunakan fitur-fitur yang ada di platform Borong Bareng.

Fitur Slash

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk memangkas harga produk yang ingin dibeli. Pengguna dapat mengundang pengguna lain dan mempercepat proses pemangkasan untuk harga yang lebih rendah. Selain pemangkasan harga, pengguna juga mempunyai kesempatan untuk mendapatkan produk secara cuma-cuma.

Fitur Super Deal

Fitur Super Deal hanya diberlakukan di platform Borong Bareng pada pukul 10 pagi dan 8 malam. Seluruh pengguna Borong Bareng dapat membeli produk apapun dengan harga serendah Rp9.900 pada waktu yang sudah ditentukan.

Fitur Group Buy

Group buy merupakan salah satu fitur yang diperuntukkan kepada pengguna untuk memperoleh harga yang lebih rendah. Group buy mengumpulkan banyak orang dalam satu kelompok transaksi agar harga produk yang diinginkan menjadi lebih rendah.

Untuk menggunakan fitur ini, pengguna dapat bergabung pada group yang sudah dibuat oleh orang lain, ataupun membuat group baru.

Produk dan mitra

Berbagai kategori produk yang terdaftar di Borong Bareng diantaranya adalah perabotan rumah tangga, produk elektronik, barang keseharian, serta hasil pertanian dan perkebunan (produk segar).

Borong Bareng menjalin kerja sama dengan para pengusaha dan kios-kios lokal, serta pemilik usaha kecil. Salah satu dari mitra pertama Borong Bareng adalah Trisonic, yang merupakan produsen alat-alat elektronik lokal asal Indonesia.

Mitra yang bekerja sama dengan Borong Bareng untuk produk segar adalah Eden Farm, sebuah perusahaan start-up Indonesia di bidang agrikultur yang berpusat di Jakarta.

Daerah layanan

Saat ini, daerah pelayanan Borong Bareng belum mencakup seluruh Indonesia dan jasa pengiriman masih berpusat di Pulau Jawa dan Bali.

Kegiatan sosial

Setelah diresmikan ditengah masa pandemi COVID-19, Borong Bareng telah membantu mendonasikan 40.000 masker kesehatan dan 200 pakaian alat pelindung diri (APD) ke Rumah Sakit Umum Pusat Fatmawati dan Rumah Sakit Umum Pusat Persahabatan yang berada di Jakarta.

Borong Bareng juga memberi bantuan berupa kebutuhan sehari-hari dan perlengkapan kesehatan kepada beberapa pedagang kaki lima (PKL) dan komunitas yang terkena dampak pandemi COVID-19

Pranala luar

Situs web resmi Diarsipkan 2016-01-09 di Wayback Machine.

Situs YouTube resmi

Akun LinkedIn resmi

Akun Instagram dan Facebook resmi

Information related to "Borong Bareng" :

Baca informasi lainnya:
Kembali kehalaman sebelumnya

Lokasi Pengunjung: 44.220.62.183