Share to: share facebook share twitter share wa share telegram print page

Batang Kapas, Pesisir Selatan

Batang Kapas
Kantor camat Batang Kapas
Kantor kecamatan Batang Kapas
Negara Indonesia
ProvinsiSumatera Barat
KabupatenPesisir Selatan
Pemerintahan
 • CamatWendra Rovikto, SSTP, M. Si[1]
Populasi
 • Total31,334 jiwa
Kode Kemendagri13.01.04 Edit nilai pada Wikidata
Kode BPS1302080 Edit nilai pada Wikidata
Luas359,07 km²
Nagari/kelurahan9 Nagari

Batang Kapas adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, Indonesia, dan beribu Kecamatan Pasar Kuok.[1] Luas wilayah Kecamatan Batang Kapas sebesar 359,07 km² atau 6,24% dari luas Kabupaten Pesisir Selatan. Topografi daerahnya datar dan berbukit-bukit sebagai perpanjangan dari Bukit Barisan dengan tinggi permukaan laut 2-25 meter. Luas kawasan hutan mencapai 59,51% dari luas wilayah, lahan budidaya pertanian sebesar 22,5% dan perumahan / pemukiman sebesar 9,74% dan sisanya 8,25% terdiri dari rawa - rawa dan alang - alang.

Batang Kapas merupakan salah satu dari 12 Kecamatan yang ada di Kabupaten Pesisir Selatan yang terletak hampir dipertengahan, berbatas dengan Kecamatan IV Jurai Painan di sebelah utara dan dengan Kecamatan Sutera di sebelah selatan. Kecamatan Batang Kapas mempunyai jumlah penduduk 31.334 jiwa terdiri dari 15.415 laki-laki dan 16.017 perempuan dengan kepadatan 87,26 jiwa/km2. Terdiri dari tiga wilayah Kerapatan Adat Nagari yaitu IV Koto Hilie, Nagari IV Koto Mudiak dan Nagari Taluk tetapi mempunyai sembilan Kenagarian sebagai Wilayah Administrasi Pemerintahan, karena Nagari IV Koto Hilie Kec. Batang Kapas telah mengalami pemekaran yaitu Nagari Koto Nan Duo IV Koto Hilie dan Koto Nan Tigo IV Koto Hilie sehingga menjadi tiga Pemerintahan Nagari yaitu Kenagarian IV Koto Hilie, Koto Nan Duo IV Koto Hilie dan Kenagarian Koto Nan Tigo IV Koto Hilie. Untuk Nagari IV Koto Mudiek telah terjadi tiga Pemekaran Nagari yaitu Kenagarian Teratak Tempatih, Kenagarian Sungai Nyalo, dan Kenagarian Tuik sehingga menjadi empat Pemerintahan Nagari yaitu: Kenagarian IV Koto Mudiek (Lubuk Nyiur, Kenagarian Teratak Tempatih, Kenagarian Sungai Nyalo dan Kenagarian Tuik. Nagari Taluk juga telah pemekaran nagari menjadi dua kenagarian yaitu: Kenagarian Taluk dan Kenagarian Taluk Tigo Sakato.

Di Batang kapas juga terdapat beberapa kawasan wisata diantaranya Pantai Tan Sridano, Pantai Labuang Baruak, Sungai Tawa Indah, Bantu Nan Duo, dan banyak lainnya. Selain itu, daerah Batang Kapas juga memiliki wisata kuliner yang ikonik diantaranya adalah Pinukuik Enggi, Kue Mangkuak Badeta dan makanan khas lainya.

Di sektor pendidikan daerah ini memiliki dua Sekolah Menengah atas/Sederajat yaitu SMAN 1 Batang Kapas yang berada di Anakan dan SMAN 2 Batang Kapas yang berlokasi di Tuik sedangkan untuk Sekolah Menengah Pertama/Sederajat adalah SMPN 1 Batang Kapas, SMPN 2 Batang Kapas, SMPN 3 Batang Kapas, SMPN 4 Batang Kapas, MTSN 12 Pesisir Selatan dan MTsS.

Batas Wilayah

Utara Kecamatan IV Jurai, Painan
Timur Kabupaten Solok Selatan
Selatan Kecamatan Sutera
Barat Samudera Indonesia

Lokasi Jenis & koordinat

Batang Kapas, dengan lintang -1,48 (1 ° 28 '60 S) dan bujur 100,6 (100 ° 35' 60 E), adalah (aliran) hidrografi terletak di Indonesia yang merupakan bagian dari Asia.

Nagari-Nagari di Batang Kapas

Kecamatan Batang Kapas memiliki sembilan nagari, yaitu:

  1. Nagari IV Koto Hilie, terdiri dari enam kampung:
    1. Kampung Teluk Betung
    2. Kampung Jalamu
    3. Kampung Pasar Kuok
    4. Kampung Koto Tuo
    5. Kampung Limau Sundai
    6. Kampung Bukit Tambun Tulang
  2. Nagari Koto Nan Duo IV Koto Hilie terdiri dari empat kampung:
    1. Kampung Anakan
    2. Kampung Sapan
    3. Kampung Teluk Kasai
    4. Kampung Sei. Bungin
  3. Nagari Koto Nan Tigo IV Koto Hilie terdiri tiga dari kampung:
    1. Kampung Kalumpang
    2. Kampung Limau Manis
    3. Kampung Sei. Pampan
  4. Nagari IV Koto Mudiek terdiri dari tiga kampung:
    1. Kampung Kapalo Banda
    2. Kampung Lubuk Bangka
    3. Kampung Balai Lamo
  5. Nagari Teratak Tempatih terdiri dari dua kampung:
    1. Kampung Teratak Tempatih
    2. Kampung Padang Galundi
  6. Nagari Sungai Nyalo terdiri dari tiga kampung:
    1. Kampung Sungai Nyalo
    2. Kampung Taman Bunga Tanjung
    3. Kampung Gurun Laweh
  7. Nagari Tuik terdiri dari tiga kampung:
    1. Kampung Tuik
    2. Kampung Koto Gunung
    3. Kampung Baru
  8. Nagari Taluk terdiri dari tiga kampung:
    1. Kampung Limpaso
    2. Kampung Pasar Taluk
    3. Kampung Ujung Batu
  9. Nagari Taluk Tigo Sakato terdiri dari tiga kampung:
    1. Kampung Tanjung Kandis
    2. Kampung Koto Panjang
    3. Kampung Koto Keduduk

Objek Wisata Batang Kapas

  1. Pantai Nyiur Melambai
  2. Teluk Tempurung
  3. Koto Gunuang
  4. Lubuk Kuali Teluk Betung
  5. Balon Palo Banda Jalamu
  6. Balimau Paga Kampuang Anakan (Setiap Awal Ramadan)
  7. Pantai Taluak Kasai
  8. Taluak Sungai Bungin
  9. Pantai Sungai Tawa dan Gunung Anakan
  10. Pulau Keong/Batu Nago Labuang Baruak Tuhan menciptakan alam ini sangat indah dan menakjubkan. Khusus di Batang Kapas, Pesisir Selatan tepatnya di depan Bukit Pulai ada pulau yang bentuknya sangat unik. Keunikan terlihat ketika berdiri di Pantai Sungai Nipah. Layangkan pandangan agak keselatan, tepat di depan ujung Bukit Pulai siapapun akan melihat keajaiban alam. Keajaiban itu adalah sebuah pulau mirip keong (molusca) sedang berjalan. Mungkin jaraknya dari pinggir Pasir Sungai Nipah sekitar 3 hingga 4 KM saja.
Tak banyak pengguna jalan atau mereka yang singgah di bibir pantai Sungai Nipah menyadari bahwa di depannya ada pulau yang sangat menarik untuk di lihat. Bahkan masyarakat Pesisir Selatan sendiri juga banyak tidak tahu. Masyarakat di sekitar daerah ini justru menamakan pulau tersebut dengan Pulau Batu Nago. Bukan Pulau Keong atau sejenisnya. Pulau ini terdiri dari batu karang. Dari kejauhan terlihat mirip sekali dengan keong yang sedang melata.
Cangkang keong berada di bagian barat dan kepalanya tampak terjulur menghadap timur, dan nyaris mencium sebuah karang yang semakin dekat ke ujung Bukit Pulai. Di bagian kepalanya juga tampak seperti dilengkapi dengan aksesoris menyerupai antena keong.
Bagi masyarakat nelayan, pulau ini tidak memiliki arti besar selain seonggok karang besar, dan pada bagian ujung baratnya ditumbuhi pepohonan kelapa dan tumbuhan pantai nan rimbun lainnya. Namun akan lain halnya bagi mereka yang suka dengan sesuatu yang unik, pulau ini justeru menjadi sesuatu hal yang menarik. Oleh Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, pulau mirip keong berjalan ini memang belum dikelola untuk tujuan kepariwisataan. Hanya saja keberadaan pulau itu telah menambah daya tarik dan daya dukung kawasan yang ada di sekitar Sungai Nipah.
Bahkan, sejumlah pengembang wisata telah berhasil menjadikan beberapa tempat di kawasan ini sebagai pusat wisata keluarga, misalnya panorama Bukit Ransam, Pasir Sungai Nipah. Paling tidak ada tiga titik yang telah dikembangkan untuk tujuan wisata keluarga disini. Ketiga kawasan wisata ini selain mengandalkan keelokan pasir dan air laut yang bersih juga mengandalkan pemandangan Pulau Keong tersebut. Bila anda berkesempatan lewat di kawasan ini, yang jaraknya sekitar enam kilometer dari Kota Painan, maka akan merasa takjub melihat ciptaan yang maha kuasa tersebut.

Potensi Alam

Kondisi alam yang dimiliki Kecamatan Batang Kapas tidak jauh berbeda dengan kecamatan lainnya di Kabupaten Pesisir Selatan umumnya. Sebagian besar wilayah Kecamatan Batang Kapas sebelah timur adalah hutan sehingga masyarakat dapat bekebun di bukit dan mengelola hutan kayu jati, kebun kopi, karet, cengkih, coklat dan gambir. Di sektor pertanian lahan budidaya masyarakat adalah bercocok tanam dengan memanfaatkan lahan persawahan untuk tanaman pangan seperti: padi, jagung, kacang tanah dan ubi kayu. Sektor perkebunan rakyat dipergunakan untuk penanaman karet, coklat, pinang, kelapa, kelapa sawit dan durian. Sektor peternakan di kecamatan ini masyarakatnya memelihara ternak berupa: sapi, kerbau, kambing dan unggas. Di sektor perikanan, karena Kecamatan Batang Kapas langsung berbatasan dengan pantai di sebalah barat mata pencaharian adalah nelayan seperti di Teluk Betung, Teluk Kasai Sungai Bungin, dan Muaro Bukit Tambun Tulang serta ditemui juga tambak-tambak ikan di wilayah ini.

Sarana Pendidikan

Sarana pendidikan yang dimiliki saat ini:

  1. Sebanyak 8 taman Kanak-kanak (TK)
  2. Sebanyak 32 Sekolah Dasar (SD)
  3. Sebanyak 5 Sekolah Senengah Pertama (SMP) dan 2 Madrasah Tsanawiah (MTs)
  4. Sebanyak 2 Sekolah Menengah Atas (SMA).

Jika dilihat dari potensi anak-anak didik di Batang Kapas sangat layak untuk berdirinya SMK. Selain itu keberadaan SMK ini juga akan bisa menampung siswa dari kecamatan yang berdekatan dengan kecamatan ini (tetangga). Disamping itu Madrasah Aliyah (MA) juga dibutuhkan untuk meningkatkan kualitas keagamaan masyarakat setempat.

Sarana Kesehatan

Sarana kesehatan masyarakat di Kecamatan Batang Kapas adalah Puskesmas, terdapat dua unit Puskesmas yaitu: Puskesmas Pasar Kuok di Nagari IV Koto Hilie dan Puskesmas IV Koto Mudik di Kampung Baru. Puskesmas pembantu sebanyak enam unit, terletak di Nagari Koto Nan Duo, Nagari IV Koto Mudik, Koto Nan Tigo IV Koto Hilie, Nagari Taluk, Nagari Sungai Nyalo dan Nagari Tuik. Dan Posyandu sebanyak 47 unit yang tersebar di seluruh nagari.

Sarana Ibadah

Sarana Ibadah di Batang Kapas terdapat:

  1. Sebanyak 34 unit Masjid.
  2. Sebanyak 4 unit Musholla.
  3. Sebanyak 62 unit Langgar.

Masjid terbesar di Batang Kapas adalah Masjid Baitul Makmur yang terletak di depan Pasar Inpres Batang Kapas, Masjid Baitul Makmur pada tahun 2014 menyelenggarakan MTQ Ke 37 Tingkat Kabupaten Pesisir Selatan. Begitu juga di Anakan memiliki Masjid Ikhlasul Munawwarah, di Tuik dengan Masjid Al Jihad, di Taluk dengan Masjid Al Jadid, di Jalamu dengan Masjid Nur Muhammad dan di Limau Sundai dengan Masjid Taqwa Muhammadiyah.

Sejarah

Sejak awal abad 18 masyarakat Batangkapas sudah eksis di Pesisir Selatan, terbuktinya dengan sudah adanya terombo atau silsilah (ranji) yang disusun oleh kelompok-kelompok suku (kaum) dalam masyarakat, misalnya suku koto kaum datuak Rajo alam (1510) dan rajo intan Yang bermukim di koto tuo dan rumah tinggi.

Pada tahun 1662, diadakan sebuah perjanjian rahasia di sebuah pulau kecil di laut Batangkapas (Taluak Kasai atau Taluak Tampuruang). Hadir tokoh masyarakat Bandar Sepuluh yang dikenal sebagai kekuasaan Sidi Rajo yang digelari Belanda dengan Rajo Rampok . Tapi kemudian perjanjian rahasia itu bocor dan tersebar sampai ke Tiku (Pariaman) ketika Panglima Belanda datang ke sana. Sebagai tindak lanjut hasil perjanjian itu, dibicarakan kembali di Painan, dihadiri wakil Salido, Painan, Indrapura, Tiku dan Padang. Sialnya perjanjian itu bocor lagi. Isinya diketahui Panglima Aceh di Pariaman, sehingga pantai pesisir dikawal ketat oleh Aceh. Bahkan Aceh membuat strategi ingin memutus jalur dagang pelabuhan penting Indrapura, Tiku dan Pulau Cingkuk, dan mengalihkan ke Pelabuhan di Aceh.

Sungguhpun perjanjian Batangkapas yang kemudian dikukuhkan di Painan yang kemudian dikenal dengan kontrak Painan, hasilnya tetap dibawa ke Batavia (Jakarta), oleh wakil pesisir selatan dan utara bersama pimpinan VOC Groenewegen, tanggal 26 Maret 1663 (Sumber: Agus Yusuf, 1986). Isi perjanjian itu secara essensial bahwa perdagangan lada dan emas hak monopoli VOC (sebuah kepura-puraan yang memicu kemarahan Aceh). Tetapi kepura-puraan itu dikhawatiri jadi preseden buruk, tidak banyak dipahami sebagai taktik dan strategi memancing kemarahan Aceh. Sehingga terjadinya pro dan kontra terhadap perjanjian yang kontroversial itu. Bahkan ada yang menuduh Painan (Pesisir Selatan) benar-benar memihak dan menjual bangsa kepada Belanda. Yang kontra (penentang) perjanjian beraksi mendekati Panglima Aceh dan yang menyetujui perjanjian seperti memihak Belanda.

Sandiwara Batang Kapas

Pada zaman Hindia Belanda sudah terkenal Sandiwara Batang Kapas yang bertujuan untuk mengelabui penjajah Belanda.

Saat Aceh mundur itu, rakyat yang terkonsentrasi di Bayang segera berbalik arah menentang Belanda terang-terangan. Sidi Naro yang digelari Belanda Rajo Rampok (kemudian mendapat kuasa di Batang Kapas, makamnya masih terdapat di tengah pasar dari Pasar Kuok ibu negeri Batang kapas. Tidak banyak informasi Sidi Naro berkuasa setelah raja Batang Kapas Raja Lele Garam, yang seangkatan dengan masa pemerintahan Muhammad Syah di Indrapura), ikut mengempur Belanda dan berpihak kepada Bayang. Mendengar Bayang siap-siap menggempur Salido yang diperkuat Sidi Naro, penduduk ketakutan dan mengungsi ke pulau-pulau sekitar termasuk kepulau Cingkuk dekat benteng Belanda. Benar saja tanggal 7 Juni 1663, Bayang yang mempunyai sense of bolonging serta kuat memiliki solidaritas primordialis yang berbobot wawasan kebangsaan dan dibakar oleh semangat jihad Islam, mencintai tanah air bagian dari iman, yang digerakan dari pusat pendidikan surau Tuanku Bayang, tidak lagi mengasih ampun Belanda. Bayang menyerang Salido tempat kedudukan Groenewengen pimpinan VOC itu. Perang Bayang pertama meletus, pasca perjanjian Painan.K Di pihak lain seperti di Batang Kapas yang tadinya berpura-pura berteman dengan Belanda (disebut Sandiwara Batang kapas) dengan indikasi adanya perjanjian dengan Belanda sebagai cikal bakal Perjanjian Painan, serta merta orang Batang Kapas berontak ikut membantu Raja Adil dari Majunto dekat Indrapura, menyerang kerajaan Indrapura yang dipimpin Muhammad Syah. Raja Adil yang tadinya tidak tahu lalu menentang perjanjian Batang Kapas, meningkatkan aksinya menyerang Muhammad Syah yang memihak Belanda. Kekuatan Raja Adil selain di bantu Raja Batang Kapas Raja Lela Garam, diperkuat pula barisan Raja Kambang. Tetapi seperti perang Bayang 1663, Raja Adil, meskipun semua daerah yang baru saja takluk di bawah Indrapura berpihak kepadanya, namun Raja Adil akhirnya tidak berkutik. Karena tadinya Sultan Muhammad Syah di Indrapura seperti duduk di atas bara meminta bantuan VOC di pulau Cingkuk. (N.St Iskandar 1981:133).

Referensi

Pranala luar

Read other articles:

У этого термина существуют и другие значения, см. VISA (значения). Visa Inc. Тип Публичная компания Листинг на бирже NYSE: V Основание 1958 Основатели Ди Хок[d] Расположение  США: Сан-Франциско Калифорния Ключевые фигуры Джозеф Сандерс (Председатель)Райан Макинерни (Президент)Альфре

  لمعانٍ أخرى، طالع وزارة التربية والتعليم (توضيح). وزارة التربية والتعليم الفلسطينية وزارة التربية والتعليم (فلسطين) تفاصيل الوكالة الحكومية البلد دولة فلسطين  تأسست عام 1994 المركز رام الله31°53′49″N 35°12′12″E / 31.8969376°N 35.2032678°E / 31.8969376; 35.2032678   الإدارة م

State park in Door County, Wisconsin Peninsula State ParkIUCN category V (protected landscape/seascape)Aerial view; Fish Creek is the developed area on the leftShow map of WisconsinShow map of the United StatesLocationDoor, Wisconsin, United StatesCoordinates45°9′4″N 87°13′3″W / 45.15111°N 87.21750°W / 45.15111; -87.21750Area3,776 acres (15.28 km2)Established1909Governing bodyWisconsin Department of Natural ResourcesWebsitePeninsula State Park Penins…

A Date with DestinyDateMarch 11, 1989VenueCaesars Palace in Paradise, NevadaTitle(s) on the lineWBC Continental Americas heavyweight titleTale of the tapeBoxer Michael Dokes Evander HolyfieldNickname Dynamite The Real DealHometown Akron, Ohio Atlanta GeorgiaPre-fight record 37–1–2 20–0Height 6 ft 3 in (191 cm) 6 ft 1 in (185 cm)Weight 225 lb (102 kg) 208 lb (94 kg)Style Orthodox OrthodoxRecognition WBC Continental Americas heavyweight champ…

artikel ini perlu dirapikan agar memenuhi standar Wikipedia. Tidak ada alasan yang diberikan. Silakan kembangkan artikel ini semampu Anda. Merapikan artikel dapat dilakukan dengan wikifikasi atau membagi artikel ke paragraf-paragraf. Jika sudah dirapikan, silakan hapus templat ini. (Pelajari cara dan kapan saatnya untuk menghapus pesan templat ini) Simpang DuaKecamatanSimpang DuaPeta lokasi Kecamatan Simpang DuaTampilkan peta KalimantanSimpang DuaSimpang Dua (Indonesia)Tampilkan peta IndonesiaKo…

السيتوكينينات صنف من الهرمونات النباتية التي تحث انقسام الخلايا.[1][2][3] اكتشف في عام 1941 في حليب جوز الهند على يد العالم فولك سكوغ في جامعة ويسكنسن-ماديسون. وفي سنة 1952 تمكن Miller من استخلاصه من بطارخ الرنجة وفي 1964 ثم تمكن Jehan وآخرون من اكتشافه في النباتات المزهرة. واكت…

هذه مقالة غير مراجعة. ينبغي أن يزال هذا القالب بعد أن يراجعها محرر مغاير للذي أنشأها؛ إذا لزم الأمر فيجب أن توسم المقالة بقوالب الصيانة المناسبة. يمكن أيضاً تقديم طلب لمراجعة المقالة في الصفحة المخصصة لذلك. (يوليو 2019) AEW ديناميت علي TNT   النوع مصارعة محترفة الترفيه الرياضي ت

Indonesian politician Christina AryaniMember of People's Representative CouncilIncumbentAssumed office 1 October 2019ConstituencyJakarta II Personal detailsBorn (1975-07-17) 17 July 1975 (age 48)Jakarta, IndonesiaPolitical partyGolkar Christina Aryani (born 17 July 1975) is an Indonesian lawyer and politician of the Golkar party who is a member of the People's Representative Council, serving since 2019. Early life and education Christina Aryani was born in Jakarta on 17 July 1975 to Ari…

Tukang SolderStiker label singel Tukang SolderLagu oleh AdikarsoSisi-BO, DengarlahFormatpelat 10GenrePopDurasi2:59LabelIrama L. 568-138PenciptaAmin Usman Tukang Solder adalah sebuah lagu yang diciptakan oleh Amin Usman dan dinyanyikan oleh Adikarso, diiringi orkes Lima Serama pimpinan Amin Usman. Di sisi-B dari singel ini terdapat lagu O, Dengarlah yang dinyanyikan oleh Myra. Pada tahun 1960, lagu ini dirilis pada album kompilasi Papaja Mangga Pisang Djambu sebagai lagu ketujuh pada album terseb…

Etymology of placenames derived from Celtic languages This article needs additional citations for verification. Please help improve this article by adding citations to reliable sources. Unsourced material may be challenged and removed.Find sources: Celtic toponymy – news · newspapers · books · scholar · JSTOR (June 2008) (Learn how and when to remove this template message) Map of Celtic-influenced regions of Europe, in dark green 1 and 2 : regions wh…

Artikel ini sebatang kara, artinya tidak ada artikel lain yang memiliki pranala balik ke halaman ini.Bantulah menambah pranala ke artikel ini dari artikel yang berhubungan atau coba peralatan pencari pranala.Tag ini diberikan pada Januari 2023. Give It All AwayBerkas:Give it all away cover.jpgAlbum studio karya Theo TamsDirilis19 Mei 2009DirekamWellesley Sound, Blackfoot South StudioTorontoGenrePopLabelSony Music KanadaProduserGreg JohnstonKronologi Theo Tams Give It All Away(2009) Singel da…

Este artículo o sección tiene referencias, pero necesita más para complementar su verificabilidad.Este aviso fue puesto el 6 de enero de 2017. Roscón de Reyes tradicional sin relleno. Roscones de Reyes rellenos de nata Roscón de Reyes (Castellón, España) El roscón de Reyes (en algunos países de Hispanoamérica rosca de Reyes o pastel de Rey) es un bollo elaborado con una masa dulce con forma de toroide adornado con rodajas de fruta confitada, escarchada o cristalizada de colores variado…

Subgroup of Slavic peoples who speak the South Slavic languages This article needs additional citations for verification. Please help improve this article by adding citations to reliable sources. Unsourced material may be challenged and removed.Find sources: South Slavs – news · newspapers · books · scholar · JSTOR (June 2022) (Learn how and when to remove this template message) South Slavs  Countries where a South Slavic language is the nationa…

American modern pentathlete Margaux IsaksenMargaux Isaken in 2016Personal informationNationalityAmericanBorn (1991-10-07) October 7, 1991 (age 32)Fayetteville, ArkansasHeight5 ft 10 in (178 cm)[1]Weight133 lb (60 kg)[1]SportCountry United StatesSportModern PentathlonCoached byJanusz Pyciak-Peciak Medal record World Championships 2015 Berlin Mixed Relay Pan American Games 2011 Guadalajara Individual Margaux Isaksen (born October 7, 1991) is a mod…

Uang kertas 10 pound Australia (£10) adalah nilai uang kertas yang pertama kali dikeluarkan di Australia pada tahun 1913 sampai desimalisasi di mata uang Australia untuk penggantinya oleh uang kertas 20 dolar Australia pada tahun 1966. Uang kertas ini menampilkan potret di Arthur Phillip dan mantel lengan. Pranala luar (Inggris) Museum of Australian Currency Notes Diarsipkan 2011-03-12 di Wayback Machine. (Inggris) Australian stamp Diarsipkan 2009-08-04 di Wayback Machine. lbsMata uang Australi…

2010 video gameFootball Manager 2011Developer(s)Sports InteractivePublisher(s)SegaSeriesFootball ManagerPlatform(s)Windows, Mac OS X, PlayStation Portable, iOSReleaseWindows, Mac OS XEU: 5 November 2010[2]NA: 9 November 2010[1]PSPPAL: 26 November 2010[4]NA: 7 December 2010[3]iOSWW: 16 December 2010[5]Genre(s)Sports, simulationMode(s)Single-player, multiplayer Football Manager 2011 (often abbreviated to FM11) is a football manager simulation video game. It …

American actor (1887–1958) For other uses, see Tim Moore (disambiguation). Tim MooreTim Moore as Kingfish on CBS TV's The Amos 'n' Andy ShowBornHarry Roscoe Moore(1887-12-09)December 9, 1887Rock Island, Illinois, U.S.DiedDecember 13, 1958(1958-12-13) (aged 71)Los Angeles, California, U.S.OccupationActorYears active1898–1958Spouses Hester Moore ​ ​(m. 1908; dissolved 1915)​ Gertie Brown ​ ​(m. 1915; die…

Jean-Paul RappeneauRappeneau pada 2009Lahir8 April 1932 (umur 91)Auxerre, Yonne, PrancisPekerjaanSutradara, penulis latar Jean-Paul Rappeneau (kelahiran 8 April 1932) adalah seorang sutradara dan penulis latar Prancis. Ia mulai masuk perfilman sebagai asisten dan penulis latar dalam kolaborasi dengan Louis Malle dalam film Zazie dans le metro pada 1960 dan Vie privee pada 1961. Pada 1964, ia bekerjasama menulis latar untuk L' Homme de Rio, yang dibintangi oleh Jean-Paul Belmondo. Film perta…

Warner Bros. Home EntertainmentSebelumnyaWCI Home Video (1978–1980)Warner Home Video (1980–2016)JenisDivisi video rumah dari Warner Bros.IndustriVideo rumahDidirikan1978; 44 tahun lalu (1978)KantorpusatBurbank, California, Amerika SerikatTokohkunciRonald J. Sanders, presidenProdukPerilisan video fisik dan digitalIndukWarner Bros.Situs webSitus web resmi Warner Bros. Home Entertainment adalah cabang distribusi video rumah dari Warner Bros., sebuah subsidier Time Warner. Didirikan pada 19…

Demon, ogre or giant from Persian mythology This article is about the ancient Iranian demons. For other uses, see Deva (disambiguation). Daiva redirects here. For the form of birth control, see Estradiol enantate/algestone acetophenide. Part of a series onZoroastrianism Primary topics Ahura Mazda Zarathustra Asha Vohu Manah Persia/Iran Faravahar Avestan Divine entities Amesha Spentas Yazatas Ahuras Daevas Fravashi Angra Mainyu Scripture and worship Avesta Ashem Vohu Ahuna Vairya Yenghe hatam Air…

Kembali kehalaman sebelumnya

Lokasi Pengunjung: 34.204.198.73