Share to: share facebook share twitter share wa share telegram print page
Bahasa Rwanda
Ikinyarwanda
(O)Runyarwanda
Dituturkan di
EtnisHutu, Tutsi
Penutur
9,8 juta (2007)[1]
Status resmi
Bahasa resmi di
 Rwanda
Kode bahasa
ISO 639-1rw
ISO 639-2kin
ISO 639-3kin
Artikel ini mengandung simbol fonetik IPA. Tanpa bantuan render yang baik, Anda akan melihat tanda tanya, kotak, atau simbol lain, bukan karakter Unicode. Untuk pengenalan mengenai simbol IPA, lihat Bantuan:IPA
L • B • PW
Info templat
Bantuan penggunaan templat ini
Pemberitahuan
Templat ini mendeteksi bahwa artikel bahasa ini masih belum dinilai kualitasnya oleh ProyekWiki Bahasa dan ProyekWiki terkait dengan subjek.

Apa tujuan penilaian artikel?

Sistem penilaian memungkinkan ProyekWiki memantau kualitas artikel dalam bidang subjeknya, dan memprioritaskan pengerjaan artikel ini

Siapa yang dapat menilai artikel?

Secara umum, siapa pun dapat menambah atau mengubah peringkat artikel. Namun, menilai sebuah artikel sebagai "Kelas-A" umumnya membutuhkan persetujuan dari setidaknya dua penyunting, dan label "AB" dan "AP" hanya boleh digunakan pada artikel yang telah diulas dan saat ini ditetapkan sebagai artikel bagus atau artikel pilihan.
22.32, Minggu, 1 Oktober, 2023 (UTC) • hapus singgahan

Kinyarwanda (kadang-kadang juga disebut Rwanda, Ruanda atau Rwandan) adalah dialek bahasa Rwanda-Rundi yang dituturkan oleh 12 juta orang di Rwanda dan Uganda selatan. Bahasa ini merupakan bahasa resmi Rwanda.

Penduduk Rwanda dan Burundi terdiri dari tiga kelompok etnis: Hutu (84%), Tutsi (15%), dan Twa (1%) (orang pigmi). Fakta bahwa kelompok etnis tersebut menuturkan bahasa yang sama kemungkinan merupakan sebab dari jumlah Hutu yang jauh lebih besar.

Fonologi

Konsonan

Labial Alveolar Post-alveolar Palatal Velar Glottal
Nasal m n ɲ ŋ
Plosive p   b t   d c   ɟ k   ɡ
Affricate ts        
Fricative f   v s   z ʃ   ʒ ç     h    
Approximant j w
Rhotic ɾ

Vokal

Depan Belakang
Tertutup i u
Tertutup pertengahan e o
Terbuka a

Bunyi

A a B b C c Cy cy D d E e F f G g H h I i
J j Jy jy K k L l M m N n Nk nk Nt nt Ny ny O o
P p R r S s Sh sh T t U u V v W w Y y Z z

Contoh terjemahan

Terjemahan
Yego Ya
Oya Tidak
Uvuga icyongereza? Apakah kamu bisa bahasa Inggris?
Bite? Apa kabar?
Mwaramutse Hi/Selamat pagi
Amata Susu
Ejo Kemarin
Ejo hazaza Besok
Nzaza ejo Saya akan datang besok
Ubu Sekarang

Catatan kaki

  1. ^ Nationalencyklopedin "Världens 100 största språk 2007" The World's 100 Largest Languages in 2007

Referensi

  • Gordon, Raymond G., Jr. (ed.) (2005). Ethnologue: Languages of the World (edisi ke-15th ed.). Dallas: SIL. 
  • Habumuremyi, Emmanuel; et al. (2006). IRIZA-STARTER 2006: The 1st Kinyarwanda–English and English–Kinyarwanda Dictionary. Kigali: Rural ICT-Net. 
  • Jouannet, Francis (ed.) (1983). Le Kinyarwanda, langue bantu du Rwanda (dalam bahasa French). Paris: SELAF. 
  • Kimenyi, Alexandre (1980). A Relational Grammar of Kinyarwanda. University of California Press. 

Pranala luar

cerita spongebob dalam bahasa inggris cerita misteri bahasa inggris cerita dongeng lutung kasarung bahasa sunda bahasa muyu bahasa spanyol digunakan oleh negara alkitab bahasa ibrani online queen bee bahasa indonesia bahasa ingrid bahasa latin kuno kata serapan dari bahasa daerah pemerolehan bahasa kedua bahasa krama indramayu bahasa sumba timur bahasa cocos bahasa wotu stadion bahasa inggris bahasa krama sekolah translate bahasa inggris yang baik dan benar bahasa kawi adalah bahasa flores dongeng bahasa sunda doa salam maria bahasa inggris bahasa sangihe sehari hari berikut merupakan tipe d…

bahasa tombulu istilah bahasa sunda kuno bahasa sunda bahasa nasional myanmar terjemahan bahasa dayak ngaju kursus bahasa belanda di tangerang jenis bahasa sunda bahasa khek singkawang bahasa kaili bahasa ternate arti abuya dalam bahasa arab kata-kata bahasa gayo boboiboy bahasa indonesia gemini dalam bahasa yunani kiamat artinya dalam bahasa arab bahasa inggris mata sipit percakapan bahasa nias dan artinya bahasa bare'e bahasa hakka singkawang arti balepe dalam bahasa manado bahasa manggarai sehari hari bahasa batak merupakan bahasa daerah yang…

translate bahasa indonesia ke bangladesh bahasa inggris kuno bahasa tidore asli jawak bahasa pontianak bahasa brunei translate bahasa negara myanmar kincah dalam bahasa pontianak artinya bahasa pesisir sibolga fungsi bahasa pemrograman yang paling tepat adalah bahasa aceh aku sayang kamu pinjam buku alkitab bahasa batak toba kamus bahasa ocu kamus bahasa binan bahasa ibrani komik dewasa bahasa indo bahasa papua selatan teka-teki bahasa bugis dan artinya translate bahasa duri enrekang ke bahasa indonesia bahasa korowai kata-kata bahasa dayak ngaju kalimat kata kerja ba…

 


 

Daftar Isi

  1. Sejarah Layangan: Dari Awal Mula Hingga Populer di Seluruh Dunia
  2. Pemilihan Bahan yang Tepat: Sayap Layangan yang Kuat dan Kokoh
  3. Desain yang Menarik: Ciptakan Layangan dengan Gaya Pribadi Anda
  4. Perakitan dan Teknik Pengikatan: Langkah-langkah untuk Membuat Layangan yang Aman
  5. Proses Pewarnaan yang Kreatif: Warna-warni di Langit yang Luas
  6. Studi Kasus: Inspirasi dari Layangan-Layangan Terkenal di Dunia
  7. Tips dan Trik Terbang: Menerbangkan Layangan dengan Lancar dan Stabil
  8. Cara Mengatasi Masalah: Solusi untuk Tantangan yang Mungkin Anda Hadapi
  9. Layangan Khusus Cuaca: Menerbangkan Layangan di Berbagai Kondisi Cuaca
  10. Keamanan dan Etika: Menjaga Keselamatan dan Lingkungan

Sejarah Layangan: Dari Awal Mula Hingga Populer di Seluruh Dunia

Sebagai langkah awal dalam pembuatan layangan, mengenal sejarah layangan adalah penting. Layangan pertama kali ditemukan di Cina kuno sekitar 2.800 tahun yang lalu. Dalam sejarahnya, layangan digunakan untuk tujuan militer, komunikasi, hingga merayakan perayaan. Namun, seiring berjalannya waktu, layangan menjadi hobi yang populer di seluruh dunia. Dari Cina, layangan menyebar ke berbagai negara seperti Jepang, Korea, India, dan akhirnya sampai ke Eropa dan Amerika. Setiap budaya memberikan sentuhan unik pada desain dan gaya layangan mereka, mencerminkan warisan budaya mereka.

Pemilihan Bahan yang Tepat: Sayap Layangan yang Kuat dan Kokoh

Layangan Sayap Delta

Pemilihan bahan yang tepat untuk layangan adalah langkah awal yang penting. Pertimbangkan untuk menggunakan bahan ringan dan tahan lama agar layangan Anda mampu terbang dengan baik. Salah satu desain populer adalah layangan sayap delta yang memiliki daya angkat yang baik dan mudah dikendalikan. Bahan-bahan seperti kertas tahan angin, plastik ringan, atau bahkan kain dapat menjadi pilihan yang bagus.

Desain yang Menarik: Ciptakan Layangan dengan Gaya Pribadi Anda

Layangan Desain Unik Menghadirkan layangan dengan desain unik adalah langkah yang mengasyikkan dalam proses pembuatan. Biarkan imajinasi Anda mengalir dan eksplorasi berbagai bentuk dan warna. Anda bisa membuat desain layangan berbentuk hewan favorit, tokoh film, atau objek yang mewakili kepribadian Anda. Contohnya, jika Anda menyukai hewan, desain layangan kucing lucu dengan ekor panjang yang berkibar di udara akan mencuri perhatian semua orang.

Perakitan dan Teknik Pengikatan: Langkah-langkah untuk Membuat Layangan yang Aman

Perakitan Layangan Saat perakitan, pastikan untuk mengikuti langkah-langkah yang tepat dan cermat agar layangan Anda aman dan stabil saat terbang. Pastikan untuk memperhatikan teknik pengikatan dan menyambungkan rangka dengan kuat. Jangan lupa untuk mengecek kekuatan dan kestabilan layangan sebelum melepaskannya ke udara.

Proses Pewarnaan yang Kreatif: Warna-warni di Langit yang Luas

Proses pewarnaan adalah momen kreatif di mana Anda bisa memberikan karakter dan keindahan visual pada layangan Anda. Gunakan cat, spidol, atau stiker untuk memberikan sentuhan akhir pada desain Anda. Warna-warni cerah akan membuat layangan Anda terlihat menakjubkan terbang di langit biru.

Studi Kasus: Inspirasi dari Layangan-Layangan Terkenal di Dunia

Ambil inspirasi dari layangan-layangan terkenal di dunia yang telah mencatat sejarah penerbangan yang mengesankan. Misalnya, ada layangan Hata, layangan tradisional dari Jepang, yang memiliki bentuk unik dan indah. Sementara itu, layangan "Box Kite" diciptakan oleh Lawrence Hargrave di tahun 1893 dan menginspirasi banyak model layangan modern.

Tips dan Trik Terbang: Menerbangkan Layangan dengan Lancar dan Stabil

Menerbangkan layangan dengan lancar membutuhkan latihan dan beberapa tips praktis. Saat menerbangkan layangan, berdirilah menghadap angin untuk mendapatkan angin terbaik yang mengalir ke layangan Anda. Selain itu, jaga tali dengan cermat agar layangan tetap terkendali dan stabil saat berada di udara.

Cara Mengatasi Masalah: Solusi untuk Tantangan yang Mungkin Anda Hadapi

Tidak selalu semua berjalan mulus saat menerbangkan layangan. Mungkin ada situasi seperti layangan tidak naik, berputar-putar, atau kesulitan mengendalikan arahnya. Pelajari cara mengatasi masalah-masalah ini dengan solusi sederhana, misalnya dengan menyesuaikan panjang tali atau menyesuaikan desain layangan.

Layangan Khusus Cuaca: Menerbangkan Layangan di Berbagai Kondisi Cuaca


213

Baca juga artikel menarik lainnya:

Memahami Hacking & TujuannyaSebelum membahas teknik dan metode hacking, ada baiknya jika Anda mengetahui apa itu hacking.Hacking bukan soal cara menggunakan tools, tapi hacking lebih ke teknik menggunakan skill agar bisa menguasai/mengambil alih sebuah komputer/sistem. Disini saya akan meluruskan pengertian "HACKING" yang ada di benak dan pemik…

Converting to Linux from Mac or Windows is rarely as painful an experience as many expect. That said, the sheer number of options available in Linux can be overwhelming for new users. And this is especially true when choosing your first Linux distribution (aka distro).There are hundreds, if not thousands, of Linux-based operating systems available.…

Berapa Biayanya untuk Memperbaiki Komputer Anda?Biaya perbaikan komputer dapat bervariasi berdasarkan sifat masalah dan di mana perbaikan dilakukan. Sebelum melakukan pekerjaan apa pun, biasanya ada baiknya untuk mendapatkan perkiraan dari bengkel untuk memastikan Anda mengetahui biaya perbaikan sepenuhnya.Biasanya biaya perbaikan komputer per jam …

Sebagai salah satu aplikasi media sosial terpopuler di dunia, dengan lebih dari 2,3 miliar pengguna aktif bulanan, Instagram adalah situs yang wajib digunakan bagi mereka yang ingin memperluas jejaring sosial mereka. Tidak ada jalan lain: media sosial telah menjadi bagian integral dari cara kita terhubung dengan orang lain secara online hari ini.Ku…

RPL adalah pengakuan atas Hasil Belajar yang diperoleh seseorang dari pendidikan formal, nonformal, informal, dan/atau pengalaman kerja sebagai dasar untuk melanjutkan pendidikan formal dan untuk melakukan penyetaraan dengan kualifikasi tertentu.Program RPL ini telah disesuaikan dengan Permenristekdikti No. 26 Tahun 2016. Yang menjelaskan bahwa ped…

Pendahuluan Menjelaskan pentingnya meningkatkan trafik website. Mengapa meningkatkan trafik penting untuk keberhasilan online. Pemahaman Target Audiens Mengapa memahami target audiens kritis dalam meningkatkan trafik. Cara mengidentifikasi dan memahami target audiens Anda. Optimasi Konten untuk SEO …

PengantarSelamat datang dalam artikel ini yang akan membahas sejarah yang menarik dan unik mengenai sungai Bengawan Solo. Sungai ini memiliki peran penting dalam perkembangan sejarah Indonesia, dan melalui pembahasan ini, Anda akan mempelajari fakta-fakta menarik tentangnya. Mari kita mulai!Daftar IsiSejarah Awal Sungai Bengawan SoloLegenda Rara Me…

Daftar Isi Pendahuluan Sejarah Monas: Monumen Nasional yang Menginspirasi Monas: Ikhtisar Arsitektur dan Desainnya yang Megah Makna Simbolis Monas: Kekuatan dan Persatuan Bangsa Menjelajahi Taman Monas: Ruang Hijau yang Menyegarkan Monas dalam Sejarah Perjuangan Indonesia Monas sebagai Daya Tarik Wisata: Mengungkap Keindahan dalam Setiap Sud…

Daftar IsiPendahuluanKenapa Memijat Bayi itu Penting?Persiapan sebelum Memijat BayiTeknik Dasar Memijat BayiMenjaga Ruangan yang Nyaman dan AmanMenggunakan Minyak atau Lotion yang AmanPemanasan dan Peregangan RinganGerakan Pijatan yang Lebih DalamMemijat Bagian-bagian Tubuh yang BerbedaManfaat Memijat BayiMeningkatkan Ikatan Emosional dengan BayiMe…

Daftar IsiKata PengantarSejarah Tembakau DeliMengenal Tembakau DeliProses Budidaya Tembakau DeliPemanenan dan Pengolahan Tembakau DeliBerbagai Jenis Produk Tembakau DeliManfaat dan Risiko Mengkonsumsi Tembakau DeliStudi Kasus: Industri Tembakau Deli di IndonesiaTips Membeli dan Menyimpan Tembakau DeliKesimpulanDaftar PustakaKata PengantarSelamat da…

Information related to Bahasa dan Bahasa Kinyarwanda

Kembali kehalaman sebelumnya

Lokasi Pengunjung: 18.206.194.21